Salurkan Bantuan Untuk Sesama
Donasi
Donasi Palu
Rumah Yatim
Baznas
YCAB
Dompet Dhuafa
PKPU
Rumah Zakat
ACT
LAZ Al-Azhar
NU Care-LAZISNU
Yayasan Tangan Pengharapan
YPAC

Donasi YPAC Lebih Mudah Mulai Aja Dulu di Tokopedia

Mengapa Bayar Donasi YPAC di Tokopedia?

Setiap manusia memiliki harkat dan martabat yang sama, terlepas dari berbagai kekurangan yang mereka miliki. Oleh karena itu, mereka juga memiliki hak untuk mengembangkan kualitas hidupnya. Tidak berbeda dengan anak-anak disabilitas yang memiliki kekurangan secara fisik. Masyarakat wajib membina mereka agar bisa mendapatkan kesempatan yang sama dengan anak-anak normal lainnya sehingga mampu menjadi generasi penerus bangsa. Untuk itulah, YPAC bekerjasama dengan Tokopedia menyediakan layanan untuk melakukan bantuan bagi anak-anak disabilitas yang membutuhkan.

Dengan metode pembayaran yang lengkap, mengirimkan donasi YPAC lewat Tokopedia akan menjadi lebih mudah. Pembayaran donasi dapat dilakukan melalui Virtual Account, Internet Banking, TokoCash, hingga pembayaran di Alfamart atau Indomaret terdekat. Transaksi yang tersedia selama 24 jam secara online ini tentunya akan memudahkan Anda melakukan pembayaran dimanapun dan kapanpun yang Anda inginkan. Hanya dengan mengakses laman Donasi Online Tokopedia dan menentukan jumlah donasi yang diinginkan lalu klik Bayar, transaksi akan segera diproses dan bukti pembayaran akan segera dikirimkan langsung ke e-mail Anda.

Selain Donasi Online untuk YPAC, Anda juga bisa melakukan pembayaran dan pembelian untuk beragam produk-produk digital lain yang tersedia di Tokopedia. Entah itu Tagihan BPJS Kesehatan, Tagihan Pascabayar, Tagihan Gas PGN hingga Tagihan Paket Data. Tidak perlu khawatir transaksi tidak aman karena Tokopedia merupakan partner resmi pembayaran donasi YPAC di Indonesia. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, Mulai Aja Dulu bayar donasi online YPAC sekarang juga hanya di Tokopedia!

Cara Donasi YPAC di Tokopedia

Beli ini itu, bayar ini itu, dan sekarang untuk menyumbang bagi lembaga sosial juga bisa dimulai dari Tokopedia!

Apa itu YPAC?

YPAC atau yang juga dikenal dengan Yayasan Pembinaan Anak Cacat, adalah sebuah yayasan yang diprakarsai oleh Almarhum Prof Dr. Soeharso, seorang dokter spesialis bedah tulang yang pertama kali mengusahakan adanya rehabilitasi untuk penyandang cacat di Indonesia.  YPAC didirikan pertama kali pada tahun 1953 di daerah Solo. Pada 5 November 1954, Ibu Hj. Armistiani Soemarno (Almh.) yang merupakan istri Gubernur DKI Jakarta waktu itu, mendirikan yayasan yang sama di Jakarta yang kemudian dikenal dengan YPAC Cabang Jakarta.

Sebagai permulaan dari inisiasinya, Pusat Rehabilitasi (Rehabilitasi Centrum) didirikan beliau pada tahun 1952 guna memberikan pelayanan untuk para korban dari revolusi perang kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan banyaknya penyakit yang mewabah, seperti poliomyelitis, di beberapa daerah, Pusat Rehabilitasi ini awalnya lebih terfokus pada penanganan kasus polio yang diderita anak-anak balita Jakarta kala itu. Setelah sempat diabaikan selama beberapa waktu karena tidak tersedianya fasilitas yang memadai, Prof. Dr. Soeharso lalu memutuskan untuk membentuk Yayasan Penderita Anak Tjattjat (YPAT) yang merupakan cikal-bakal dari YPAC di kemudian hari. Sejalan dengan modernisasi yang terjadi di dunia kedokteran, YPAC mulai menyediakan penangan untuk kasus-kasus lain, salah satunya seperti Cerebral Palsy.

Sebagai organisasi swasta non-pemerintah, YPAC merupakan yayasan nirlaba sosial yang bertujuan untuk memberikan kesadaran lebih pada masyarakat dalam mengembangkan pribadi dan memiliki tanggung jawab sosial terhadap sesama. YPAC menitikberatkan baktinya pada pembinaan anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus dengan melakukan berbagai kegiatan seperti bantuan terapi maupun pendidikan formal dan non-formal sesuai dengan keadaan masing-masing. Dengan melakukan hal tersebut, YPAC berkeinginan untuk mempersiapkan anak-anak ini agar dapat tetap memberikan dampak yang berguna sebagai anggota masyarakat di kemudian hari.

Alamat Kantor YPAC

YPAC Jakarta

Jl. Hang Lekiu III No.19

Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

No. Telepon: 021-7243123, 021- 7264051

 

YPAC Malang

Jl. R. Tumenggung Suryo 39, Bunulrejo, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 65126

No. Telepon: (0341) 491994

 

YPAC Surabaya

Jl. Semolowaru Utara 5 No.2A, Semolowaru, Sukolilo, Kota SBY,

Jawa Timur, 60119

No. Telepon: 031 5932438

 

YPAC Semarang

Jl. Kh Ahmad Dahlan 4, Pekunden, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50134

No. Telepon: (024) 8317382

 

YPAC Palembang

Jl. Sudarman Ganda Subrata, Suka Maju, Sako, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30163

No. Telepon: (0711) 7827555

 

YPAC Bali

Jl. I. Gusti Ngurah Rai, Jimbaran, Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361

 

YPAC Bandung

Jl. Taman Sari No. 31, Tamansari, Bandung Wetan, Tamansari, Bandung, Kota Bandung,

Jawa Barat 40116 No. Telepon: (022) 4238802

 

YPAC Medan

Jl. Adinegoro, Gaharu, Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20232

No. Telepon: 0823-6681-5284

Program YPAC

YPAC memiliki beberapa program yang dilakukan tidak hanya untuk melayani anak-anak berkebutuhan khusus tetapi juga masyarakat umum. Beberapa di antaranya, yaitu:

Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat (RBM)

Merupakan organisasi non-pemerintah yang menjadi bagian dari YPAC Nasional. Pembentukan organisasi ini berawal dari tidak meratanya pembinaan terhadap anak-anak yang hidup di daerah pedesaan, bahkan hingga mencapai 70% dari populasi keseluruhan. Untuk itu, YPAC mulai mengembangkan konsep RBM mereka sendiri. Organisasi RBM ini memberikan program yang membahas tentang pencegahan disabilitas dan penyediaan rehabilitasi agar masyarakat bisa lebih memahami masalah disabilitas serta menyediakan lingkungan yang lebih positif untuk meningkatkan kualitas hidup orang-orang dengan disabilitas

 

Kerjasama dengan Sekolah Khusus Mitra Ananda

YPAC juga melakukan kerjasama dengan Sekolah Khusus Mitra Ananda, yaitu lembaga pendidikan yang menawarkan berbagai pelayanan untuk anak-anak berkebutuhan khusus, diantaranya seperti pusat terapi untuk anak berkebutuhan khusus, pusat terapi anak autis, ADHD, Downsyndrome, disleksia dan lain-lain.

 

Rehabilitasi Internasional

YPAC juga telah bekerjasama dengan lembaga-lembaga yang mengadvokasikan penyetaraan bagi penyandang disabilitas dalam rehabilitasi Internasional.



Pusat Data, Info, Pelatihan, Penelitian Dan Pengembangan

Dalam menjalankan programnya, YPAC memiliki beberapa bidang yang dikhususkan untuk mempelajari lebih jauh tentang disabilitas. Bidang-bidang ini terbagi ke dalam; Bidang Pengolahan Data dan Informasi, Bidang Publikasi, Perpustakaan dan Kearsipan, serta Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan.

 

Rehabilitasi Dalam Keluarga

Tidak hanya anak-anak berkebutuhan khusus saja, YPAC juga memberikan pelayanan rehabilitasi bagi keluarga dari anak penyandang disabilitas. Hal ini dikarenakan keluarga merupakan bagian yang sangat penting dalam melakukan pembinaan kesejahteraan untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Diharapkan dengan adanya rehabilitasi ini, adalah untuk mencapai keberhasilan dari pembinaan anak-anak disabilitas dan memberikan mereka kemandirian serta penyetaraan yang sama.

Cara Donasi YPAC di Tokopedia

Kini, bayar donasi tidak perlu lagi repot-repot mendatangi langsung yayasan donasi, karena Tokopedia telah menyediakan fasilitas bayar donasi online hanya dengan melalui ponsel atau komputer yang memiliki koneksi internet. Berikut cara bayar donasi YPAC di Tokopedia:

  1. Kunjungi laman Tokopedia > Donasi.
  2. Pilih “YPAC” sebagai lembaga donasi.
  3. Pilih nominal donasi yang Anda inginkan.
  4. Rincian pembayaran akan otomatis muncul, kemudian klik Lanjut.
  5. Pilih metode pembayaran yang diinginkan.
  6. Sistem akan segera memproses pembayaran donasi Anda dan mengirimkan notifikasi pembayaran sukses dilakukan.

Cara Donasi YPAC Melalui Aplikasi Tokopedia

  1. Buka aplikasi Tokopedia di smartphone Anda. Apabila belum ada, Anda dapat mengunduhnya terlebih dahulu melalui Google Play Store atau App Store.
  2. Pilih Tagihan > Donasi.
  3. Pilih “YPAC” sebagai lembaga donasi.
  4. Pilih nominal donasi yang Anda inginkan.
  5. Rincian pembayaran akan otomatis muncul, kemudian klik Lanjut.
  6. Pilih metode pembayaran yang diinginkan.
  7. Sistem akan segera memproses pembayaran donasi Anda dan mengirimkan notifikasi pembayaran sukses dilakukan.

Cara Donasi YPAC dengan Pembayaran di Indomaret

  1. Kunjungi laman Tokopedia > Donasi.
  2. Pilih “YPAC” sebagai lembaga donasi.
  3. Pilih nominal donasi yang Anda inginkan.
  4. Akan muncul detail pembayaran, klik Lanjut.
  5. Pilih metode pembayaran Gerai Retail/Tunai, lalu pilih Indomaret. Klik Bayar Sekarang.
  6. Di halaman berikutnya akan muncul Kode Pembayaran.
  7. Tunjukkan kode tersebut ke kasir Indomaret terdekat untuk melakukan pembayaran. Pembeli akan dikenakan biaya administrasi Rp2.500.
  8. Anda akan mendapatkan struk pembayaran. Simpan struk tersebut sebagai bukti pembayaran.

Cara Donasi YPAC dengan Pembayaran di Alfamart

  1. Kunjungi laman Tokopedia > Donasi.
  2. Pilih “YPAC” sebagai lembaga donasi.
  3. Pilih nominal donasi yang Anda inginkan.
  4. Akan muncul detail pembayaran, klik Lanjut.
  5. Pilih metode pembayaran Gerai Retail/Tunai, lalu pilih Alfamart. Klik Bayar Sekarang.
  6. Di halaman berikutnya akan muncul Kode Pembayaran.
  7. Tunjukkan kode tersebut ke kasir Alfamart/Alfamidi/Lawson terdekat untuk melakukan pembayaran. Pembeli akan dikenakan biaya administrasi Rp2.500.
  8. Anda akan mendapatkan struk pembayaran. Simpan struk tersebut sebagai bukti pembayaran

Frequently Asked Question

Apa Kepanjangan dari YPAC?

YPAC merupakan singkatan dari Yayasan Pembinaan Anak Cacat.

 

Disalurkan Kemana Donasi Saya di YPAC?

Donasi yang telah Anda bayarkan kepada YPAC melalui Tokopedia akan sepenuhnya menjadi tanggung jawab dan wewenang dari pihak YPAC untuk kemudian disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Tokopedia hanya berperan sebagai perantara untuk menghubungkan pihak donatur dengan pihak YPAC.

Tokopedia Top Up
;