Wujudkan Mimpi Perempuan Dimulai dari Tokopedia

2 months ago | TopDonasiBebas

Setiap mimpi akan menemukan jalannya bila diiringi usaha dan tekad yang kuat. Tak dinyana, mimpi kerap berakhir menjadi angan semata tatkala terbatasnya daya dan upaya. Bahkan di masa sekarang ini, kondisi tersebut masih berlaku, termasuk untuk kaum perempuan.

 

Seperti yang dialami oleh Yuli, ibu tiga anak yang berjuang demi mewujudkan mimpinya memiliki gelar sarjana, gelar yang ia telah memimpikan sejak kecil. Yuli mengupayakan berbagai cara, salah satunya berjualan donat dengan penjualan yang cukup memuaskan. Tak diduga, jalan menuju sarjana ternyata datang dari kepala sekolah PAUD tempat ia sering membantu beraktivitas disamping kegiatan berjualannya.

Akhirnya, Yuli berhasil melanjutkan pendidikan di STIT Tarbiyatun Nisa. Dengan ketekunannya, ia mampu membayar semua biaya pendidikan dari hasil usahanya. Hingga sekarang, Yuli memasuki tahun ke-6 menjadi seorang guru di PAUD dan mengajar di Madrasah Ibtidaiyah. Yuli percaya bahwa sekali mimpi tercapai, saatnya untuk bermimpi lebih tinggi.

 

Ibu Yuli, berjualan donat demi melanjutkan pendidikan sarjana.

Mimpi Bisa Diwujudkan Semua Orang

 “Walaupun cacat, tapi saya mampu.”

Lain lagi kisah yang dihadapi Paini, penerima penghargaan Kartini Award tahun 2012. Sejak kecil, wanita yang dikenal dengan sebutan ibu para penyandang cacat ini memiliki keterbatasan fisik. Namun, nyatanya hal tersebut tak menyurutkan mimpinya.

Sosoknya yang pekerja keras menjadikannya tak mudah menyerah meski memiliki keterbatasan fisik. Ia tak ingin kondisinya itu menjadi dalih untuk mengemis, mengharap belas kasihan orang lain, ataupun bermalas-malasan di rumah. Meski lahir dengan tangan dan kaki tak sempurna, Paini tetap bersemangat dan memegang teguh prinsip tersebut.

Berbagai profesi telah ia coba jalani. Mulai dari membuka warung makan di lokasi konstruksi bangunan, menjual botok, gorengan dan sayuran, hingga berjualan mainan anak dengan berkeliling kampung. Semua itu ia lakukan guna memperjuangkan hidupnya dan untuk membantu memberdayakan kaum difable lain. Paini memberi tempat tinggal dan makan gratis di rumah kontrakannya di daerah Rawa Lumbu Bekasi.

 

Ibu Paini, berjuang demi membantu kesejahteraan kaum difabel.

Tak mudah bagi seorang Paini, namun ia sosok pekerja keras dan dermawan. Ia membantu penyandang cacat untuk bisa bertahan hidup dengan keterampilan. Sebut saja Neneng Sukmawati. Paini dengan tangan terbuka mau membantu Neneng dan bersedia menampung Neneng untuk tinggal bersamanya.

Selama 1.5 tahun Neneng ikut menumpang hidup di Rumah Paini. Dengan berbekal ketrampilan menjahit yang diperoleh di Panti dulu Neneng mulai membuka usaha jahit kecil-kecilan.

Di bulan April 2013, Dompet Dhuafa melalui Masyarakat Mandiri mengadakan program Pendampingan Ekonomi Komunitas Difable. Melalui program pendampingan ekonomi untuk komunitas difable ini, Neneng mendapatkan bantuan modal senilai Rp3.000.000. Ini digunakan untuk membeli mesin jahit baru beserta perlengkapannya yang disetting khusus untuk penyandang difable seperti Neneng.

Sebagai peserta program Dompet Dhuafa, Neneng dan teman-teman difable lainnya mendapatkan peningkatan kapasitas melalui kegiatan pelatihan seperti pelatihan kewirausahaan, pelatihan managerial koperasi dan pelatihan pengelolaan aneka usaha. Seperti halnya Yuli, lewat program Yayasan Cinta Anak Bangsa, ia dapat terbantu dalam mewujudkan mimpinya.

Para perempuan-perempuan diatas merupakan beberapa contoh dari banyak perempuan yang memiliki cita-cita dan impian. Meski begitu, hambatan dan tantangan yang tak terelakkan bisa saja menghentikan mimpi mereka.

Bersamaan dengan International Women’s Day yang jatuh di bulan Maret 2017, Tokopedia bekerja sama dengan BAZNAS, Dompet Dhuafa, PKPU, YCAB, Aksi Cepat Tanggap dan Rumah Zakat mendukung program-program pemberdayaan perempuan Indonesia lewat program TopDonasi Bebas Tokopedia.

 Dengan menyumbangkan donasi minimum Rp25.000, Anda sudah bisa membantu mewujudkan mimpi perempuan Indonesia dengan berdonasi di Tokopedia. Berikut langkah-langkah berdonasi di TopDonasi Bebas Tokopedia :

  1. Masuk ke halaman www.tokopedia.com

  2. Klik Donasi

  3. Pilih Lembaga Donasi

  4. Masukkan nominal donasi

  5. Klik Salurkan Donasi

  6. Selesai

 Kini saatnya beri perhatian kepada kaum perempuan lewat dukungan untuk mengembangkan diri demi kesejahteraan dan hidup yang lebih baik. Mari dukung kesejahteraan perempuan dan bantu wujudkan mimpi perempuan Indonesia lewat kebaikan dimulai dari Tokopedia.