Total Donasi
Rp
Donatur
Partner Kami
Penyaluran Donasi Dari Gala Dana Ini

Dana yang dikumpulkan melalui Tokopedia akan disalurkan untuk Palu oleh Community Development Center ILUNI UI (Ikatan Alumni Universitas Indonesia) yang khusus bergerak dalam bidang pelayanan dan bantuan masyarakat.

Dalam melakukan bantuan penanganan bencana, ComDev ILUNI UI membagi fokus mereka ke dalam dua kegiatan:

  • Tanggap Darurat: tanggap darurat dan manajemen keadaan darurat di titik-titik bencana, yang meliputi penyediaan pangan, selimut, pendampingan trauma, layanan kesehatan dan dapur umum
  • Rehabilitasi dan Pemulihan: mencakup pembangunan infrastruktur dan pendampingan trauma untuk mengembalikan ritme hidup penyintas bencana ke kondisi semula lewat penampungan sementara dan pusat komunitas

Pelaporan Dampak dan Akuntabilitas

  • Laporan berkala akan disampaikan secara terbuka melalui website
  • Laporan pertanggungjawaban akhir akan disusun setelah kegiatan selesai
  • Laporan keuangan akan diaudit oleh Kantor Akuntan Publik sesudah kegiatan selesai dan diumumkan secara terbuka

Tentang Community Development Center ILUNI UI

Community Development Center ILUNI UI atau yang dikenal sebagai ComDev ILUNI UI adalah bagian dari ILUNI UI (Ikatan Alumni Universitas Indonesia) yang bergerak dalam bidang pelayanan dan bantuan masyarakat. ComDev ILUNI UI meliputi kegiatan di bidang pengembangan literasi di daerah, pembangunan perpustakaan, kegiatan pelayanan kesehatan, seperti operasi katarak gratis di berbagai daerah, kegiatan pasar murah menjelang Lebaran, serta kegiatan anti narkoba.

Dalam dua tahun terakhir ini, Comdev ILUNI UI telah ikut dalam penanganan bencana di Garut, Aceh, dan Lombok. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini FAQ

Perkembangan Donasi Palu Lewat ILUNI UI

Sampai 15 Oktober 2018, penyaluran bantuan terus dilakukan berdasarkan kebutuhan di lapangan.

Tim Gala Dana Palu yang dalam penyaluran bantuannya dilakukan oleh tim community development (comdev) ILUNI UI telah melakukan beberapa hal, diantaranya:

  • Penyaluran bantuan medis dilakukan oleh tim medis dari FKUI/RSCM dengan tim gelombang ke-3 sebanyak 19 orang telah tiba di Palu.
  • Penyaluran kebutuhan darurat seperti makanan pokok antara lain nasi, telur, dan ikan asin.
  • Penyaluran kebutuhan kesehatan primer (pembalut, masker, dll) sejak minggu lalu kepada korban terdampak.
  • Saat ini, Tim Comdev ILUNI UI tengah bersiap membangun basecamp untuk hunian sementara, serta menjalin kerja sama dengan otoritas setempat (Gubernur, Pangdam dan Kapolda) yang merupakan elemen kritikal dalam operasi bantuan tanggap bencana.

Setelah melakukan orientasi dan diskusi kebutuhan tim medis RSCM/FKUI dengan ketua tim Dr.Habib dan Dr.Wildan.


Di tempat ini akan dibangun posko hunian sementara yang akan difokuskan pada kegiatan pemulihan dan rehabilitasi, serta menjalin kerja sama dengan otoritas lokal seperti Gubernur, Pangdam dan Kapolda yang merupakan elemen kritikal dalam operasi bantuan tanggap bencana.


Rekrutmen tenaga lokal untuk membuat laporan administratif dari kegiatan yang dilakukan.




Orientasi pasar persiapan belanja logistik tambahan dan rencana dapur umum, sesuai dengan kebutuhan dan permintaan masyarakat yang menginginkan makanan non instan.


Pembelian kebutuhan darurat seperti makanan, kebutuhan kesehatan primer (obat -obatan, pembalut, masker, dll) sudah dilakukan. Proses pembelian dilakukan di Palu, untuk membantu perputaran perekonomian daerah tersebut.


Kegiatan Psikososial awal dengan anak - anak korban gempa & tsunami


Penyerahan bantuan 2 ton beras, 50 kg ikan asin, dll kepada masyarakat Kaili Da'a


Penyerahan simbolis bantuan logistik untuk masyarakat penyintas bencana Dusun 3, Desa Bangga, Sigi kepada Sekdes.


Assessment kebutuhan dukungan Psikososial kelompok rentan & manula.


Dukungan psikososial anak - anak Dusun 3, Desa Bangga, Sigi.


Tim ILUNI UI dibantu juga oleh elemen - elemen dari ILUNI Menwa UI dan Mapala UI selain FKUI dan RSCM.

Kedepannya kami akan membangun hunian sementara termasuk juga fasilitas umum seperti MCK, listrik (berbasis solar cell, dll), juga taman bacaan.