Pencarian populer

Pembayaran-icon

Pembayaran

Lihat Semua Topik

Pembayaran

Apa itu DANA?

DANA adalah dompet digital yang didesain untuk menjadikan setiap transaksi non-tunai dan non-kartu secara digital, baik online maupun offline dapat berjalan dengan cepat, praktis dan tetap terjamin keamanannya.

DANA menjadi salah satu metode pembayaran resmi di Tokopedia untuk digunakan bertransaksi online apa saja, dari berbelanja berbagai produk hingga membayar tagihan. DANA akan muncul menjadi pembayaran setelah Pengguna melakukan aktivasi terlebih dahulu di aplikasi Tokopedia.

Q: Apa keuntungan menggunakan DANA di Tokopedia?
Terdapat beberapa keuntungan yang dapat kamu terima jika sudah mengaktifkan DANA di Tokopedia, yaitu sebagai berikut:

  1. DANA dapat digunakan sebagai metode pembayaran berbagai transaksi produk Tokopedia, dari belanja hingga tagihan produk digital.
  2. Dapat melakukan transaksi dengan praktis dan cepat karena pembayaran akan langsung terverifikasi tanpa harus berpindah aplikasi.
  3. Bisa menggunakan promo-promo transaksi di Tokopedia.

Q: Bagaimana cara melakukan aktivasi pembayaran DANA di Tokopedia?
Sebelum melakukan pembayaran menggunakan DANA di Tokopedia, kamu perlu melakukan aktivasi DANA terlebih dahulu, berikut cara aktivasi DANA di Tokopedia:
  1. Pada halaman beranda Tokopedia klik Menu Utama atau > Akun Saya > Pembayaran Instan > Pilih DANA, atau langsung melalui tautan berikut ini.
    Metode Bayar DANA di Tokopedia Metode Bayar DANA di Tokopedia
  2. Kemudian kamu akan diminta untuk melakukan konfirmasi untuk menyesuaikan nomor handphone yang akan diaktifkan akun DANA-nya. Pastikan bahwa nomor handphone DANA dan Tokopedia sama dan masih aktif, ya!. Apabila sudah sesuai, kamu bisa klik Sambungkan DANA dan Continue.
    Metode Bayar DANA di Tokopedia  Metode Bayar DANA di Tokopedia  Metode Bayar DANA di Tokopedia
  3. Masukkan PIN DANA kamu dan kode OTP yang dikirim ke nomor handphone kamu. Apabila sudah terkonfirmasi, maka kamu sudah berhasil mengaktifkan DANA di Tokopedia.
    Metode Bayar DANA di Tokopedia Metode Bayar DANA di Tokopedia   Metode Bayar DANA di Tokopedia

Q: Bisakah saya menghubungkan akun DANA ke beberapa akun Tokopedia?
1 Akun DANA hanya dapat dihubungkan dengan 1 akun Tokopedia, di mana nomor handphone yang digunakan di akun Tokopedia dan DANA harus sama dan masih aktif, ya.

Q: Bagaimana saya bisa menggunakan pembayaran DANA di Tokopedia?
Untuk dapat menggunakan DANA di Tokopedia, kamu perlu melalukan aktivasi terlebih dahulu. Kemudian pastikan saldo DANA kamu cukup dan tidak melebihi limit untuk melakukan transaksi.

Apabila saldo DANA kamu cukup untuk transaksi, kamu akan diarahkan ke halaman DANA untuk input dan konfirmasi PIN. Informasi selengkapnya kamu bisa akses di sini.

Q: Berapa nominal minimal dan maksimal pembayaran menggunakan DANA di Tokopedia?
Nominal transaksi menggunakan DANA di Tokopedia Rp1, sedangkan batas maksimal pembayarannya adalah Rp2.000.000 dalam satu transaksi (untuk Non-Premium User) dan Rp20.000.000 dalam satu transaksi (untuk Premium User), serta Rp20.000.000 per bulan (untuk Non-Premium User) dan Rp40.000.000 per bulan (untuk Premium User).

Q: Bagaimana saya melihat riwayat transaksi DANA di Tokopedia?
Toppers bisa melihat riwayat transaksi DANA di Tokopedia pada aplikasi DANA.

Q: Saya tidak bisa aktivasi/linking DANA di Tokopedia
Pastikan kamu sudah menambahkan nomor pada akun Tokopedia dan nomor yang kamu gunakan sama. Karena 1 nomor hanya bisa untuk 1 akun saja.

Q: Saya belum memiliki akun DANA
Toppers dapat membuat akun DANA terlebih dahulu atau dapat membuat akun DANA ketika proses linking. Selengkapnya dapat dicek pada artikel Cara Melakukan Aktivasi Pembayaran DANA di Tokopedia.

Q: Saya pengguna baru di Tokopedia. Apakah saya juga perlu mendaftar di DANA?
Ya, kamu perlu mendaftarkan akun di DANA atau saat kamu melakukan “Sambungkan Akun” kamu bisa sekaligus mendaftarkan akun DANA. Perlu diketahui juga, ketika kamu mendaftar di Tokopedia, kami akan memberikan kamu pilihan opsional untuk menggunakan nomor handphone untuk:

  1. Jika kamu belum memiliki akun DANA: Buat akun baru DANA menggunakan nomor handphone dan segera sambungkan ke akun Tokopedia.
  2. Jika kamu sudah memiliki akun DANA dengan nomor handphone: Sambungkan akun Tokopedia kamu yang baru ke akun DANA yang sudah ada.

Q: Saya pelanggan Tokopedia dan DANA. Saya menggunakan dua nomor handphone yang berbeda/sama untuk masing-masing aplikasi? Apa yang harus saya lakukan?
  1. Jika kamu menggunakan nomor handphone yang sama di kedua aplikasi:
    • Kamu akan dapat menyambungkan akun mu dengan validasi One Time Password (OTP) yang akan kami kirimkan ke nomor handphone yang aktif dan terverifikasi di akun mu saat ini
  2. Jika kamu menggunakan nomor handphone yang berbeda di kedua aplikasi:
    • Kami hanya mengizinkan penyambungan akun menggunakan nomor handphone yang sama karena tujuan keamanan. Jika kamu menggunakan nomor handphone yang berbeda, selama proses penautan akun, kamu dapat memilih untuk mengubah nomor kamu saat ini.

Jika kamu ingin mengubah nomor handphone di salah satu aplikasi kamu harus mengikuti proses yang biasa dilakukan di setiap aplikasi. Misalnya, selama proses penautan akun di Tokopedia, jika kamu memilih untuk mengubah nomor handphone DANA kamu, kamu harus mengubahnya langsung di aplikasi DANA.

Jika kamu memutuskan untuk tidak menyambungkan akun Tokopedia dan DANA, tidak ada perubahan yang akan terjadi. Kamu tetap dapat menggunakan kedua nomor handphone di kedua aplikasi seperti biasa.

Q: Saya ingin melakukan perubahan nomor handphone pada aplikasi DANA dan Tokopedia. Apakah saya harus melakukan perubahan pada kedua aplikasinya?
Jika kamu telah menyambungkan akun Tokopedia dan DANA kamu, kemudian kamu ingin mengubah nomor handphone di salah satu aplikasi, kamu harus mengikuti proses yang biasa dilakukan di setiap aplikasi. Setelah proses selesai, akun Tokopedia dan DANA kamu akan tidak tersambung dan kamu perlu menyambungkan kembali akun Tokopedia kamu dengan akun DANA kamu untuk menikmati berbagai manfaat yang akan membuat pembelian, perjalanan, dan pengalaman kamu secara keseluruhan dalam menggunakan DANA dan Tokopedia menjadi lebih baik.

Q: Apakah saya dapat menyambungkan beberapa akun?
Saat ini kamu hanya dapat menyambungkan 1 akun DANA ke 1 akun Tokopedia.

Q: Pembayaran apa sajakah yang saat ini yang dapat menggunakan DANA?
Saat ini DANA hanya dapat digunakan untuk transaksi Marketplace (non Flash Sale) dan transaksi produk digital (contoh: Pulsa, PLN, dll.)

Artikel Terkait

tokopedia
© 2009 - 2024, PT Tokopedia