Pencarian populer

Seputar Pembelian-icon

Seputar Pembelian

Lihat Semua Topik

Seputar Pembelian

Apa itu TokoPoints?

Hai Toppers, kini ada fitur baru yaitu TokoPoints. Cashback akan masuk ke TokoPoints dan TokoPoints bisa digunakan sebagai potongan pembayaran. Untuk lebih jelasnya, simak informasi selengkapnya berikut ini:
  • FAQ
  • S&K
  • Cara Menggunakan TokoPoints
  • Cara Memperoleh TokoPoints

Q: Apa itu TokoPoints?
TokoPoints adalah satuan nilai baru sebagai bentuk pencairan Cashback tokopedia yang tidak dapat dicairkan maupun ditambahkan secara mandiri (top-up). Kamu dapat melihat jumlah TokoPoints yang kamu miliki di halaman Points Center yang dapat diakses dari halaman Homepage, Global Menu, dan Akun.

Q: Bagaimana cara mendapatkan TokoPoints?
Kamu bisa dapat Tokopoints dengan transaksi pakai kupon cashback Tokopoints dan main Tap Tap Kotak.

Q: Bagaimana cara menukarkan TokoPoints?
Kamu dapat menukarkan TokoPoints sebagai potongan pembayaran di transaksi Marketplace, dan Digital kecuali angsuran kredit, kartu kredit, e-money dan produk Digital Food & Voucher. Perlu diingat, bahwa penukaran TokoPoints untuk transaksi digital tidak dapat menggunakan promo.

Q: Berapa nominal 1 TokoPoints dalam Rupiah?
1 TokoPoints = 10 Rupiah

Q: Apakah akan ada masa kadaluarsa dari saldo TokoPoints?
TokoPoints akan kadaluarsa pada akhir tahun berikutnya.
Contoh: Kamu mendapatkan TokoPoints di 2020 maka, TokoPoints akan habis masa kadaluarsanya pada 31 Desember 2021.

Q: Kenapa jumlah TokoPoints yang saya terima tidak sesuai?
Sesuai syarat dan ketentuan pada halaman ini jumlah cashback, penukaran, dan/atau pengembalian TokoPoints akan dibulatkan jika ditemukan jumlah TokoPoints yang tidak sama dengan Rp 10 (sepuluh Rupiah). Jumlah TokoPoints yang kurang dari Rp 5 (lima Rupiah) akan dibulatkan ke bawah dan jumlah TokoPoints yang lebih dari sama dengan Rp 5 (lima Rupiah) akan dibulatkan ke atas. 

Jumlah Cashback, pengembalian TokoPoints, dan Penukaran TokoPoints akan mengalami pembulatan sebagai berikut:
(Rp 1.00X), X = Rp 1 sampai Rp 4 =  pembulatan ke bawah
(Rp 1.00X), X = Rp 5 sampai Rp 9 = pembulatan ke atas

Contoh 1
Jumlah cashback yang diterima pengguna :
 Rp 1,457 , pengguna akan mendapatkan 146 Point
 Rp 1,452 , pengguna akan mendapatkan 145 Point

Contoh 2
Jumlah Total pembayaran pengguna :
 Rp 1,457 , pengguna perlu menukarkan 146 Point
 Rp 1,452 , pengguna perlu menukarkan 145 Point

Q: Apakah ada maksimal jumlah TokoPoints yang bisa saya miliki?
Tidak ada, kamu tidak memiliki batasan jumlah maksimal TokoPoints.

Q: Apakah ada minimal dan maksimal penukaran TokoPoints?
Tidak, tidak ada minimum dan maksimal penukarannya.

Q: Dimana saya bisa melihat saldo TokoPoints?
Kamu bisa melihat saldo TokoPoints di halaman Homepage, halaman Akun, dan Global Menu. Kamu juga dapat melihat detail TokoPoints di halaman Point Center.

Q: Dimana saya bisa melihat riwayat TokoPoints?
Kamu bisa melihat riwayat TokoPoints pada halaman Point Center. Kamu juga dapat mengakses halaman tersebut dari Homepage, Akun, dan Global Menu.

Q: Apakah jumlah TokoPoints akan mempengaruhi tingkat keanggotaan (Membership) saya?
Tidak, tidak akan mempengaruhi tingkat keanggotaan. Tingkat keanggotaan masih berdasarkan jumlah transaksi atau seberapa banyak yang telah keluarkan untuk transaksi sesuai syarat dan ketentuan di halaman Rewards.

Q: Bisakah saya mengatur berapa banyak jumlah TokoPoints yang akan digunakan untuk pembayaran?
Tidak, kamu tidak dapat menginput berapa banyak TokoPoints yang ingin digunakan. Kamu hanya bisa memilih ingin menggunakan atau tidak TokoPointsnya.

Q: Apakah saya bisa membayar penuh dengan TokoPoints?
Ya bisa. Kamu bisa membayar total tagihan dengan menukarkan TokoPoints.

Q: Apakah saya bisa menggunakan OVO Points bersamaan dengan TokoPoints sebagai pembayaran?
Ya, bisa. Kamu bisa menggunakan TokoPoints bersamaan dengan metode pembayaran lainnya di transaksi Marketplace selama sesuai dengan Syarat dan Ketentuan promo.

Q: Bisakah saya menggunakan promo Cashback/Diskon/Gratis Ongkir ketika menukarkan TokoPoints dan/atau OVO Points?
Ya, bisa. Untuk penggunaan promo bisa digunakan secara bersamaan dengan penukaran TokoPoints dan/atau Ovo Points. Namun, untuk benefit dari penggunaan promo cashback akan diprorata selama sesuai dengan Syarat dan Ketentuan promo.Untuk contoh perhitungan cashback secara prorata dapat merujuk pada tabel dibawah ini.

Harga Produk

IDR 1.000.000

Pengiriman

Bebas Ongkir

Kupon cashback

50% up to IDR 100.000 (10.000 TokoPoints)

TokoPoints yang digunakan :

IDR 900.000 (90.000 TokoPoints)

Cash

IDR 100.000

Total cashback yang didapat

50%*(cash/total)*Harga produk

50%*(100.000/1.000.000)*1.000.000

= IDR 50.000 (5.000 TokoPoints)


Q: Apakah saya bisa menggunakan Bebas Ongkir ketika menukarkan TokoPoints dan/atau OVO Points?
Ya, bisa. Kamu bisa menggunakan Bebas Ongkir dan menukarkan TokoPoints secara bersamaan selama sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Bebas Ongkir.

Q: Bagaimana jika sebagian transaksi saya terbatalkan?
Untuk transaksi yang terbatalkan, Cashback TokoPoints akan terkalkulasi secara prorata.

Q: Bagaimana dengan OVO Points saya?
Kamu masih bisa menggunakan OVO Points untuk pembayaran.

Q: Apakah saya masih bisa mendapatkan OVO Points?
Kamu masih bisa mendapatkan OVO Points dari promo yang cashbacknya dicairkan dalam bentuk OVO Points.

Q: Bagaimana dengan Tokopedia Gift Card saya?
Tokopedia Gift Card tetap akan masuk ke OVO Points setelah kamu melakukan penukaran.

A. DEFINISI

  1. Tokopedia adalah PT Tokopedia dan termasuk seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, yakni suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal dengan situs www.tokopedia.com, yakni situs pencarian toko dan barang yang dijual oleh Penjual. 
  2. Situs/Aplikasi adalah situs www.tokopedia.com milik Tokopedia yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau iOS.
  3. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Tokopedia, termasuk namun tidak terbatas pada Pembeli, Penjual, dan pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs/Aplikasi.
  4. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas barang yang dijual oleh Penjual di Situs/Aplikasi.
  5. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu barang kepada para Pembeli di Situs/Aplikasi.
  6. Produk Fisik adalah barang atau benda yang berwujud/memiliki fisik yang dapat diantar/memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman barang dan  dijual oleh Penjual di Situs/Aplikasi.  
  7. Produk Digital adalah layanan pembayaran atau pembelian produk tidak berwujud/tidak memiliki fisik dan tidak memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman barang, termasuk namun tidak terbatas pada produk top-up, tagihan, travel, dan entertainment, kecuali untuk produk tagihan kartu kredit, uang elektronik, dan/atau angsuran kredit pada Situs/Aplikasi. 
  8. TokoPoints adalah program loyalitas khusus dibuat oleh Tokopedia yang diberikan dalam atau satuan nilai yang dapat diperoleh dan dikumpulkan oleh Pembeli setelah melakukan transaksi pembelian Produk Fisik pada Situs/Aplikasi dengan menggunakan kode promo, Kupon, dan/atau kupon penjual tertentu dan/atau dapat digunakan dan ditukarkan sebagai unsur pengurang harga atas transaksi pembelian Produk Fisik dan/atau Produk Digital pada Situs/Aplikasi.
  9. Kupon adalah berbagai manfaat yang dapat dinikmati Pembeli secara gratis yang dapat diakses pada halaman kupon saya dan halaman pakai promo di keranjang.
  10. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan ini, dan setiap syarat dan ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
  11. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan sehubungan dengan TokoPoints. 

 
B. UMUM

  1. Tokopedia berwenang untuk melakukan (i) pembatalan manfaat TokoPoints; (ii) penahanan TokoPoints; (iii) pembatalan transaksi; dan/atau (iv) penutupan akun Pengguna, tanpa pemberitahuan sebelumnya, untuk sementara atau untuk selamanya, dalam hal diduga dan/atau terdapat tindakan kecurangan dari Pengguna yang merugikan pihak Tokopedia dan/atau melanggar Syarat dan Ketentuan Situs, dan/atau ketentuan hukum yang berlaku.
  2. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa 1 (satu) Pembeli hanya boleh menggunakan 1 (satu) akun Tokopedia untuk penggunaan TokoPoints. Jika ditemukan pembuatan lebih dari 1 (satu) akun oleh 1 (satu) Pembeli yang sama dan/atau nomor handphone yang sama dan/atau ID pelanggan yang sama dan/atau identitas pembayaran yang sama dan/atau riwayat transaksi yang sama, maka Pembeli tidak akan mendapatkan manfaat dari TokoPoints.
  3. Apabila Pembeli memiliki perselisihan dengan satu atau lebih Pembeli lainnya, Pembeli melepaskan Tokopedia (termasuk Induk Perusahaan, Direktur, dan karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya, yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut. Dengan demikian maka Pembeli dengan sengaja melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang lain) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.
  4. Syarat dan Ketentuan ini dapat diubah dan diperbaharui dari waktu ke waktu. Tokopedia menyarankan agar Pembeli membaca secara saksama dan memeriksa Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun, dengan mengakses Situs/Aplikasi, maka dianggap telah membaca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini.
  5. Dengan menggunakan TokoPoints, maka Pembeli dianggap telah memahami dan mematuhi Syarat dan Ketentuan ini serta Ketentuan Situs.


C. KETENTUAN TOKOPOINTS

  1. TokoPoints dapat diperoleh, digunakan, dan/atau ditukarkan oleh Pembeli yang telah terdaftar pada Situs/Aplikasi.
  2. TokoPoints hanya dapat diperoleh oleh Pembeli secara langsung setelah melakukan transaksi pembelian Produk Fisik pada Situs/Aplikasi yang menggunakan Kupon atau kode promo TokoPoints tertentu sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini dan Ketentuan Situs. Jumlah total TokoPoints yang diperoleh Pembeli sesuai dengan nominal yang tertera pada Kupon atau kode promo TokoPoints.
  3. TokoPoints dapat digunakan dan ditukarkan sebagai unsur pengurang harga atas transaksi pembelian Produk Fisik, Produk Digital, beserta layanan lainnya seperti proteksi Produk Fisik, pembulatan dengan emas, dan asuransi perjalanan. Penggunaan dan penukaran TokoPoints dapat digabungkan dengan metode pembayaran lainnya yang dipilih oleh Pembeli sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini dan Ketentuan Situs. 
  4. TokoPoints yang digunakan dan ditukarkan sebagai unsur pengurang harga atas transaksi pembelian Produk Digital tidak dapat digabung dengan promo lainnya.
  5. TokoPoints bukan merupakan metode pembayaran pada Situs/Aplikasi, melainkan dapat digunakan dan ditukarkan sebagai unsur pengurang harga atas transaksi pembelian Produk Fisik dan/atau Produk Digital sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih oleh Pembeli. Penggunaan dan penukaran TokoPoints tersebut akan mengurangi jumlah TokoPoints yang dimiliki oleh Pembeli.
  6. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa nilai 1 (satu) TokoPoints yang dimiliki oleh Pembeli setara dengan Rp 10 (sepuluh Rupiah).
  7. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa jumlah TokoPoints yang diperoleh Pembeli akan dilakukan pembulatan jika jumlah TokoPoints yang diperoleh tersebut tidak dapat dihitung atau dilakukan penyetaraan yang sesuai dengan Rp 10 (sepuluh Rupiah). Jumlah TokoPoints yang kurang dari Rp 5 (lima Rupiah) akan dibulatkan ke bawah dan jumlah TokoPoints yang lebih dari atau sama dengan Rp 5 (lima Rupiah) akan dibulatkan ke atas. 
    Contoh:
    a. Jumlah 12.4 TokoPoints akan dibulatkan menjadi 12 TokoPoints; dan/atau
    b. Jumlah 12.5 TokoPoints akan dibulatkan menjadi 13 TokoPoints.
  8. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa tidak ada batasan minimal dan maksimal dari jumlah TokoPoints yang dapat dimiliki oleh Pembeli serta yang dapat digunakan dan dan ditukarkan oleh Pembeli sebagai unsur pengurang harga atas transaksi pembelian Produk Fisik dan/atau Produk Digital di Situs/Aplikasi.
  9. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa TokoPoints yang telah diperoleh Pembeli memiliki masa berlaku penggunaan dan penukaran, yakni sampai dengan akhir tahun berikutnya setelah TokoPoints diperoleh. Pembeli wajib memperhatikan masa berlaku penggunaan dan penukaran dari TokoPoints milik Pembeli. Apabila Pembeli tidak menggunakan dan menukarkan jumlah TokoPoints yang dimiliki Pembeli sampai dengan masa berlaku penggunaan dan penukaran berakhir, maka jumlah TokoPoints yang dimiliki oleh Pembeli tersebut akan hangus dan tidak dapat digunakan.
    ContohPembeli yang memperoleh TokoPoints sebesar 1000 (seribu) TokoPoints pada Januari 2020 sampai dengan Desember 2020, maka seluruh TokoPoints akan hangus dan tidak dapat digunakan lagi pada 31 Desember 2021.
  10. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa dalam hal Pembeli menggunakan dan/atau menukarkan TokoPoint untuk transaksi Produk Fisik dan/atau Produk Digital namun dilakukan pembatalan oleh Pembeli maupun Penjual sebelum transaksi selesai, maka dapat dilakukan pengembalian TokoPoints dalam batas waktu 1x24 jam setelah pengajuan pengembalian diterima dan TokoPoints akan dikembalikan pada TokoPoints milik Pembeli.
  11. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa TokoPoints yang dimiliki Pembeli tidak dapat dijual kembali, diuangkan, dan/atau dipindahtangankan kepada pihak lain.
  12. Tokopedia sewaktu-waktu dapat mengadakan kegiatan promo sehubungan dengan TokoPoints, dengan Syarat dan Ketentuan yang berbeda pada masing-masing kegiatan promo. Pembeli dihimbau untuk membaca dengan seksama Syarat dan Ketentuan dari kegiatan promo tersebut. 

D. KETENTUAN PEMBELI

  1. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa Tokopedia berwenang sewaktu-waktu untuk melakukan perubahan ketentuan atas penyetaraan nilai TokoPoints dengan Rupiah, skema pembulatan TokoPoints, cara perolehan TokoPoints, cara penggunaan dan penukaran TokoPoints, dan/atau pengembalian TokoPoints milik Pembeli. 
  2. Dalam hal dilakukan perubahan ketentuan atas penyetaraan nilai TokoPoints dengan Rupiah, maka Pembeli memahami dan menyetujui bahwa seluruh nilai TokoPoints yang telah dimiliki Pembeli akan mengikuti penyetaraan nilai TokoPoints yang terbaru.
    Contoh
    Pada bulan Mei 2021, Pembeli memiliki TokoPoints sebanyak 100 (seratus) TokoPoints (atau setara dengan Rp1000 (seribu rupiah), dimana penyetaraan nilai 1 (satu) TokoPoints pada waktu itu adalah Rp 10 (sepuluh rupiah). 
    Pada bulan Desember 2021, Tokopedia melakukan perubahan ketentuan atas penyetaraan nilai TokoPoints dengan Rupiah, dimana nilai 1 (satu) TokoPoints menjadi setara dengan Rp12 (dua belas Rupiah). 
    Atas perubahan tersebut maka 100 (seratus) TokoPoints yang dimiliki Pembeli akan mengikuti penyetaraan nilai terbaru, menjadi setara dengan Rp1.200 (seribu dua ratus Rupiah).
  3. Tokopedia berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada membatalkan transaksi, melakukan moderasi atau pemblokiran akun, serta hal-hal lainnya jika ditemukan adanya manipulasi, pelanggaran maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran-pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Situs Tokopedia, dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia.
  4. Pembeli wajib untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan khusus yang berlaku untuk penggunaan Kupon atau kode promo tertentu. Tokopedia tidak dapat bertanggungjawab atas kelalaian Pembeli dalam mematuhi syarat dan ketentuan tersebut

 
E. PENGGUNAAN DATA

  1. Pengguna menyetujui dan memberikan wewenang kepada Tokopedia untuk menyimpan informasi milik Pengguna dan/atau informasi lainnya yang tercantum atas perolehan, kepemilikan, dan/atau penggunaan dan penukaran TokoPoints pada Situs/Aplikasi.
  2. Tokopedia memiliki kewenangan untuk menolak atau menghapus secara sebagian maupun keseluruhan dari profil Pengguna dan data yang relevan yang dianggap melanggar Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Situs Tokopedia, dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara republik Indonesia.
  3. Tokopedia tidak akan memberikan, menyebarluaskan, dan/atau membuat dapat diakses secara publik data Pengguna tanpa adanya persetujuan terlebih dahulu, kecuali dalam keadaan yang diharuskan secara hukum sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Oleh karena itu, Pengguna diharapkan untuk membaca Kebijakan Privasi yang dapat dilihat DISINI.

Toppers, belanja di Tokopedia semakin hemat dengan menggunakan Tokopoints sebagai potongan pembayaran saat melakukan transaksi. Berikut cara menggunakan Tokopoints:

  1. Masukkan produk yang kamu pilih ke Keranjang belanja.
  2. Klik Beli dan pilih Kurir, jika kamu punya Tokopoints kamu bisa menggunakan Tokopoints yang kamu miliki.
  3. Pada halaman pembayaran Geser toggle Tukar Tokopoints.
    User-added image
  4. Kemudian klik Bayar, akan muncul halaman berikut.
    User-added image

Toppers, belanja di Tokopedia semakin hemat dengan menggunakan kupon saat melakukan transaksi. Berikut cara menggunakan kupon TokoPoints:

  1. Masukkan produk yang kamu pilih ke Keranjang belanja.
  2. Klik Makin Hemat Pakai Promo.
    User-added image
  3. Pilih Kupon dengan benefit ke Tokopoints dari daftar kupon yang tersedia.
    User-added image
  4. Kamu akan mendapatkan notifikasi penggunaan Kupon berhasil.
  5. Setelah kamu melakukan konfirmasi penerimaan transaksi, cek Points Center kamu untuk jumlah cashback kamu terima.
    User-added image

Sebelum menggunakan kupon ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:
  1. Syarat dan Ketentuan berlaku - Pastikan pesanan kamu sesuai syarat dan ketentuan penggunaan kupon.
  2. Batas penggunaan kupon - Masing-masing kupon memiliki batas penggunaan yang berbeda.
  3. Cek masa berlaku kupon - Setiap kupon yang dikeluarkan memiliki masa berlakunya. Pastikan kupon yang digunakan masih dalam waktu promo.

Artikel Terkait

tokopedia
© 2009 - 2021, PT Tokopedia