Pencarian populer

-icon

Bantuan

Lihat Semua Topik

    Pertanyaan Seputar Bebas Ongkir

    Kini Toppers tidak perlu khawatir dengan biaya Ongkir, di Tokopedia telah hadir fitur baru yaitu Bebas Ongkir. Fitur Bebas Ongkos Kirim adalah fitur yang dapat digunakan oleh penjual untuk mendapatkan gratis ongkos kirim untuk layanan instant, same day, reguler, dan cargo. Fitur ini bisa digunakan apabila penjual melakukan transaksi di toko dengan jenis Power Merchant (aktif) & Official Store. 

    Selain itu untuk pembeli juga harus mengaktifkan kurir/pengiriman Sicepat atau AnterAja agar penjual bisa menggunakan fitur ini. Apabila ingin mengetahui info lebih lengkap, silakan cek di sini.
     

    Perhatian! Toppers, sebelum menggunakan fitur Bebas Ongkir, pastikan kamu sudah membaca dan memahami syarat dan ketentuan yang berlaku dan pastikan kamu sudah verifikasi akun hingga 100%. 

    • Info Umum Penjual
    • Info Umum Pembeli
    • Biaya Layanan
    • Kuota

    Perhatian!

    1. Pastikan kamu sudah mengaktifkan pinpoin di toko kamu. Informasi selengkapnya klik di sini.
    2. Apabila biaya layanan Bebas ongkir kamu tidak sesuai, silakan klik di sini.
     

    Q: Kapan fitur Bebas Ongkir akan tersedia?
    Fitur Bebas Ongkir sudah bisa digunakan untuk semua pengguna. Perlu diingat bahwa fitur ini hanya akan muncul di aplikasi Tokopediamu.

    Q: Apakah fitur Bebas Ongkir ini bisa digunakan untuk semua pesanan?
    Ya, fitur Bebas Ongkir ini dapat digunakan untuk semua pesanan di Power Merchant dan Official Store yang telah mengaktifkan layanan Bebas Ongkir. 

    Q: Apa saja yang penting bagi seller untuk bisa memberikan fitur Bebas Ongkir kepada pembeli?

     

    1. Seller harus memiliki status Power Merchant aktif atau menjadi Official Store.
    2. Seller mengaktifkan fitur Bebas Ongkir pada Halaman Tokopedia Seller pada bagian “Iklan & Promosi”.
    3. Seller berada di area dengan layanan SiCepat Pick Up atau Anteraja.
    4. Seller harus melengkapi nomor telepon dan memastikan alamat sudar benar.
    5. Seller harus menggunakan fitur AWB otomatis dan non tunai (pelajari lebih lanjut di sini) serta harus mencetak label pengiriman atau menuliskan kode booking di kemasan paket.
    6. Seller harus memastikan berat yang tertera sudah akurat dan menggunakan kurir yang sesuai dengan pilihan pembeli.
    Q: Bagaimana cara mengaktifkan kurir pengiriman SiCepat dan Anteraja?
    Seller bisa mengaktifkan layanan pengiriman SiCepat dan/atau Anteraja Reguler di halaman pengaturan pengiriman.

    Q: Apakah Seller bisa menggunakan kurir pengiriman SiCepat & Anteraja Reguler tanpa menggunakan fitur Bebas Ongkir?
    Bisa, walaupun seller menonaktifkan layanan Bebas Ongkir, seller tetap dapat menggunakan layanan kurir pengiriman SiCepat & Anteraja pada toko Seller dengan memastikan layanan kurir SiCepat dan Anteraja tetap aktif.

    Q: Apakah saat Seller mengaktifkan Fitur Bebas Ongkir, Seller harus melakukan aktivasi SiCepat dan/atau Anteraja lagi?
    Tidak perlu. Apabila sebelumnya Seller belum mengaktifkan SiCepat atau Anteraja Reguler dan mengaktifkan Fitur Bebas Ongkir, maka secara otomatis layanan pengiriman SiCepat dan/atau Anteraja akan diaktifkan selama berada dalam daerah jangkauan.

    Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi kurir pengiriman untuk melakukan pick up ke toko saya?
    Layanan pickup kurir memiliki jangka waktu pickup yang berbeda, yaitu:
    1. SiCepat : 1 x 24 jam sejak dilakukan permintaan Pickup oleh Penjual
    2. Anteraja : 1 x 24 jam sejak dilakukan permintaan Pickup oleh Penjual 

    Q: Bagaimana jika alamat toko saya tidak dalam coverage area pihak SiCepat atau Anteraja?
    Untuk saat ini fitur Bebas Ongkir hanya bisa digunakan seller yang berada di area dengan layanan SiCepat Pick Up atau Anteraja. Apabila alamat toko seller tidak berada dalam jangkauan area SiCepat atau Anteraja, maka seller tidak bisa mengaktifkan fitur Bebas Ongkir.

    Q: Jika pesanan saya sudah diverifikasi, apakah masih bisa mengubah jasa kurir SiCepat & Anteraja? 
    Tidak bisa, fitur Bebas Ongkir ini tidak berlaku jika seller atau pembeli mengubah kurir.

    Q: Apa yang terjadi apabila seller menggunakan kurir selain SiCepat dan/atau Anteraja Reguler pada transaksi Bebas Ongkir?
    Seller akan mendapatkan penalti sebesar maksimal subsidi ongkos kirim pada transaksi tersebut. Misalnya buyer membeli produk A dengan subsidi ongkos kirim Rp 10.000 dan menggunakan kurir SiCepat. Seller memproses transaksi tersebut dengan menggunakan kurir TIKI. Maka pada saat transaksi selesai, maka seller akan dikenakan penalti sebesar Rp 10.000 serta tidak akan dikenakan biaya layanan Bebas Ongkir.

    Q: Mengapa terkadang saya mendapatkan pesanan dengan menggunakan Bebas Ongkir Non Reguler?
    Pesanan Bebas Ongkir Non Reguler adalah pesanan Bebas Ongkir dengan menggunakan kurir pengiriman GoSend, Grab, SiCepat Cargo, atau JNE Trucking. Hal terpenting yang perlu diingat adalah bahwa Tokopedia akan selalu memilihkan pilihan pengiriman terbaik untuk para pengguna Tokopedia. Pembeli hanya akan mendapatkan Bebas Ongkir Non Reguler apabila nilai ongkos kirim dengan menggunakan layanan pengiriman Reguler dikurangi dengan nilai Bebas Ongkir lebih besar dari nilai ongkos kirim dengan menggunakan layanan pengiriman Instant/ Same Day/ Cargo.
    Misalnya:
    User-added image

    Q: Kenapa kemarin saya bisa mendapatkan pesanan Bebas Ongkir Non Reguler tetapi hari ini saya mendapatkan Bebas Ongkir Reguler? Kenapa berbeda-beda?
    Bebas Ongkir Non Reguler bersifat situasional dimana hanya akan muncul apabila:
    1. Seller mengaktifkan kurir pengiriman Non Reguler (Instant/ Same Day/ Cargo)
    2. Nilai ongkos kirim dengan menggunakan layanan pengiriman Reguler dikurangi dengan nilai Bebas Ongkir lebih besar dari nilai ongkos kirim dengan menggunakan layanan pengiriman Instant/ Same Day/ Cargo. 
    3. Namun, apabila ternyata nilai ongkos kirim reguler nett yang harus Pembeli bayarkan sudah lebih kecil daripada pilihan ongkos kirim dari layanan pengiriman lainnya, maka fitur Bebas Ongkir Non Reguler tidak akan muncul.
    4. Dengan demikian,Tokopedia akan memilihkan kurir pengiriman Non Reguler / Reguler berdasarkan dari jumlah nilai Ongkos kirim yang lebih murah ditambah dengan nilai subsidi dari Tokopedia.

    Q: Apakah Seller tetap mendapatkan cashback dari pengiriman yang menggunakan online booking seperti yang diberikan setiap bulannya?
    Seller tidak akan mendapatkan cashback dari pesanan yang menggunakan Bebas Ongkir. Akan tetapi, seller tetap dapat memperoleh cashback dari pesanan yang tidak menggunakan fitur ini.

    Q: Mengapa cashback pengiriman yang seller dapatkan tidak sesuai dengan jumlah resi pengiriman SiCepat dan Anteraja?
    Cashback pengiriman untuk SiCepat dan Anteraja hanya berlaku untuk pengiriman non Bebas Ongkir.

    Q: Apakah fitur ini harus dibuat manual oleh Seller melalui voucher toko atau otomatis di set oleh Tokopedia?
    Untuk setiap seller yang sudah mengaktifkan Bebas Ongkir, maka fitur ini akan otomatis tersedia di tokomu untuk setiap pembeli yang memenuhi syarat dan ketentuan. 

    Q: Apa yang terjadi jika saya melakukan perubahan pengiriman dari cashless menjadi reguler?
    Apabila terdapat kasus perubahan metode pengiriman dari cashless menjadi reguler dan menggunakan AWB yang sudah terdaftar di marketplace lain, maka Tokopedia akan melakukan pengambilan subsidi ongkos kirim.
    Misal: Penjual seharusnya mengirim dengan menggunakan kurir SiCepat Cashless, tetapi Penjual merubahnya menjadi kurir SiCepat Reguler dan AWB Reguler tersebut sudah terdaftar pada marketplace lain, maka Tokopedia akan memotong saldo Penjual sebesar subsidi ongkos kirim pada order tersebut.

    Q: Apa yang terjadi apabila terjadi perbedaan berat barang, alamat pengiriman, atau pemilihan kurir pengiriman saat saya melakukan proses pengiriman barang?
    Penjual harus memastikan bahwa berat barang telah sesuai pada saat proses pengiriman barang. Apabila terdapat perbedaan berat barang pada saat dilakukan penimbangan oleh kurir maka:
    1. SiCepat: Pengiriman akan dilanjutkan oleh pihak SiCepat tanpa konfirmasi ke pihak Penjual dengan ketentuan selisih ongkos kirim akan dibebankan kepada Penjual dengan dilakukan pemotongan pada Saldo Penghasilan Penjual. Sehingga Penjual harus memastikan berat produk yang dicantumkan sudah sesuai dengan memperhatikan berat dan volume produk.
    2. Anteraja: Apabila Penjual tidak mau menanggung selisih ongkos kirim yang terjadi, Anteraja akan membatalkan pengiriman barang dan barang akan dikembalikan kepada Penjual di tempat saat dilakukan penjemputan paket.

    Q: Apa yang terjadi apabila transaksi yang menggunakan fitur Bebas Ongkir tersebut mengalami masalah dan terjadi pengembalian dana di pusat resolusi?
    Biaya Layanan Bebas Ongkir yang dibebankan kepada Seller hanya dihitung berdasarkan jumlah produk yang diterima oleh buyer. Berikut adalah simulasinya:
    User-added image

    Q: Apakah Seller bisa menonaktifkan Fitur Bebas Ongkir?
    Bisa, seller bisa menonaktifkan fitur Bebas Ongkir nya kapan saja dengan cara menonaktifkan layanan Bebas Ongkir pada Halaman Tokopedia Seller pada bagian “Iklan & Promosi”  lalu pilih “Bebas Ongkir”.

    Q: Dimana saya bisa pelajari lebih lanjut?
    Simak syarat dan ketentuan Fitur Bebas Ongkir di sini.

    Q: Sebagai pembeli, bagaimana cara saya menggunakan fitur Bebas Ongkir?
    Pembeli dapat menggunakan fitur Bebas Ongkir di aplikasi Tokopedia dengan ketentuan berikut:

    1. Pembeli bisa bertransaksi seperti biasanya.
    2. Pembeli dapat melihat logo Bebas Ongkir User-added image pada produk dan seller yang mengaktifkan fitur Bebas Ongkir.
    3. Bebas Ongkir akan muncul pada pilihan logistik instant, same day, reguler, atau cargo untuk layanan logistik Grab, Gosend, SiCepat, Anteraja, dan JNE.
    4. Bebas Ongkir akan diterapkan pada transaksi.

    Q: Kapan dan bagaimana cara saya mendapatkan Bebas Ongkir Non Reguler dan Bebas Ongkir Reguler?
    Tokopedia akan selalu memilihkan pilihan pengiriman terbaik untuk kamu. Kamu hanya akan mendapatkan Bebas Ongkir Non Reguler apabila nilai ongkos kirim dengan menggunakan layanan pengiriman Reguler dikurangi dengan nilai Bebas Ongkir lebih besar dari nilai ongkos kirim dengan menggunakan layanan pengiriman Instant/ Same Day/ Cargo.
    Misalnya:
    User-added image
     

    Q: Siapa saja kurir pengiriman Mitra yang berpartisipasi dalam fitur Bebas Ongkir?

    1. Instant & Same Day: Grab, Gojek, dan Anteraja
    2. Reguler: SiCepat dan Anteraja 
    3. Cargo: SiCepat dan JNE

    Q: Berapakah nominal biaya kirim yang ditanggung oleh Tokopedia untuk fitur Bebas Ongkir ini?
    1. Untuk transaksi minimal Rp 50.000nominal yang ditanggung adalah:
      • Pengiriman Non Reguler (Instant/ Same Day/ Cargo) adalah sebesar Rp 5.000.
      • Pengiriman Reguler adalah sebesar Rp 20.000 (dua puluh ribu Rupiah) untuk pengiriman Intraisland (dalam pulau yang sama) dan Rp 40.000 (empat puluh ribu Rupiah) untuk pengiriman Interisland (antar pulau).
    2. Untuk transaksi minimal Rp 250.000nominal yang ditanggung adalah:
      Rp 50.000 (lima puluh ribu Rupiah) untuk pengiriman interisland (antar pulau).

    Sebagaimana diatur di dalam tabel  dibawah ini:
    User-added image

    Contoh: Apabila Pembeli membeli barang senilai Rp 50.000 dengan lokasi Pengiriman dari pulau Bali ke Pulau Nusa Tenggara, maka subsidi ongkos kirim yang diberikan adalah maksimal Rp 20.000, sedangkan apabila Pembeli membeli barang senilai Rp 50.000 dengan lokasi Pengiriman dari Pulau Bali ke Pulau Jawa, maka subsidi ongkos kirim yang diberikan adalah maksimal Rp 40.000.
    Namun jika Pembeli membeli barang dengan nilai Rp 250.000 dengan lokasi Pengiriman dari Pulau Bali ke Pulau Jawa, maka subsidi ongkos kirim yang diberikan adalah Rp 50.000.

    Q: Apakah Bebas Ongkir berlaku untuk semua pilihan pembayaran?
    Fitur Bebas Ongkir dapat digunakan untuk semua metode pembayaran yang tersedia di Tokopedia.

    Q: Apakah fitur Bebas Ongkir ini bisa digunakan untuk semua pesanan?
    Ya, fitur Bebas Ongkir ini dapat digunakan untuk semua pesanan di Power Merchant dan Offical Store yang memiliki logo Bebas Ongkir User-added image yang memenuhi syarat dan ketentuan.

    Q: Apa yang terjadi jika ongkir melebihi batas Bebas Ongkir?
    Jika ongkir melebihi batas Bebas Ongkir, pembeli harus membayar sisa ongkir.
    Contoh: Total ongkir adalah Rp 70.000, pembeli mendapat subsidi ongkir Rp 20.000 maka pembeli harus membayar Rp 50.000 (Rp 70.000 - Rp 20.000).

    Q: Apakah ada minimal transaksi untuk menggunakan fitur Bebas Ongkir ini?
    Ya ada, minimum transaksi adalah Rp 50.000. Syarat dan ketentuan dapat berubah sewaktu-waktu.

    Q: Jika pesanan saya sudah diverifikasi, apakah masih bisa mengubah jasa kurir SiCepat & Anteraja? 
    Tidak bisa, fitur Bebas Ongkir ini tidak berlaku jika seller atau pembeli mengubah kurir.

    Q: Jika pesanan saya sudah diverifikasi, apakah masih bisa melakukan perubahan alamat pengiriman?
    Tidak bisa, fitur Bebas Ongkir ini tidak berlaku jika seller atau pembeli merubah alamat pengiriman.

    Q: Mengapa kemarin saya bisa mendapatkan fitur Bebas Ongkir Non Reguler tetapi hari ini saya mendapatkan Bebas Ongkir Reguler?
    Bebas Ongkir Non Reguler bersifat situasional, dimana hanya akan muncul apabila nilai ongkos kirim dengan menggunakan layanan pengiriman Reguler dikurangi dengan nilai Bebas Ongkir lebih besar dari nilai ongkos kirim dengan menggunakan layanan pengiriman Instant/ Same Day/ Cargo. 
    Sehingga apabila ternyata nilai ongkos kirim reguler nett yang harus kamu bayarkan sudah lebih kecil daripada pilihan ongkos kirim dari layanan pengiriman lainnya, maka fitur Bebas Ongkir Non Reguler tidak akan muncul.

    Q: Jika saya menambah pesanan melalui aplikasi, tapi menyelesaikan pesanan (membayar) lewat desktop, apakah saya masih bisa menikmati fitur Bebas Ongkir?
    Tidak, kamu harus menyelesaikan pesanan lewat aplikasi untuk menikmati Bebas Ongkir.

    Q: Jika saya menambah pesanan melalui desktop, tapi menyelesaikan pesanan (membayar) lewat aplikasi, apakah saya masih bisa menikmati fitur Bebas Ongkir?
    Bisa. Tetapi, ketika kamu berbelanja di desktop, logo Bebas Ongkir tidak akan muncul pada produk.

    Q: Apakah saya sebagai Seller harus membayar untuk memberikan fitur Bebas Ongkir ke pembeli saya?
    Ya. Seller berstatus Power Merchant akan dikenakan biaya layanan bebas ongkir.

    Q: Sejak kapan Seller harus membayar biaya layanan untuk fitur Bebas Ongkir?
    Sejak tanggal 13 Juli 2020, seluruh transaksi yang terjadi dengan Bebas Ongkir dikenakan biaya layanan.

    Q: Berapa biaya layanan yang harus dibayarkan oleh Seller untuk memberikan fitur Bebas Ongkir ke Pembeli?
    Sejak tanggal 13 Juli 2020, seluruh transaksi yang terjadi dengan Bebas Ongkir akan dikenakan biaya layanan sebesar 2.5% maks Rp 10.000 per kuantitas produk yang berhasil terjual.
    Mulai tanggal 10 Desember 2020, biaya layanan bebas ongkir yang dibebankan ke Seller akan memiliki nilai maksimal senilai biaya bebas ongkir yang didapat oleh pembeli.

    Q: Mengapa fitur Bebas Ongkir menggunakan biaya layanan? Apa keuntungan untuk seller?
    Dengan skema terbaru Bebas Ongkir berbayar sejak tanggal 13 Juli 2020, seller akan mendapatkan kesempatan lebih unggul dengan menawarkan promosi tepat yang paling dibutuhkan pembeli, cukup dengan membayar biaya layanan untuk setiap transaksi berhasil dengan layanan Bebas Ongkir.
    Keuntungan yang didapatkan oleh seller melalui layanan Bebas Ongkir adalah: 

    1. Jadi toko yang menarik bagi pembeli 
      Logo Bebas Ongkir pada tampilan produk yang menarik pembeli 
    2. Toko makin mudah ditemukan 
      Tampil pada pencarian dengan filter Bebas Ongkir 
    3. Kesempatan untuk mengikuti promo eksklusif Tokopedia 
      Berkesempatan untuk ikut berbagai promo eksklusif Tokopedia 
    4. Biaya terjangkau 
      Cukup bayar untuk transaksi berhasil dengan layanan Bebas Ongkir saja 
    Q: Apakah saya akan mendapat penggantian selisih biaya layanan bebas ongkir pada transaksi 13 Juli - 9 Desember karena adanya batas nilai biaya layanan Bebas Ongkir sejak 10 Desember 2020?
    Mohon maaf, Penjual tidak akan mendapatkan pengembalian biaya layanan tersebut. Namun mulai 10 Desember transaksi di toko penjual akan mengikuti biaya layanan dengan batas nilai maksimal yang baru.

    Q: Bagaimana mekanisme detail biaya layanan fitur Bebas Ongkir dan biaya Layanan Power Merchant?
    Biaya layanan fitur Bebas Ongkir adalah 2.5% maks Rp 10.000 per kuantitas produk yang berhasil terjual, sedangkan biaya layanan Power Merchant adalah 1% dari produk yang berhasil terjual.

    Order yang menggunakan fitur Bebas Ongkir dan memiliki status order akhir Finished (selesai) yang akan dilakukan pengambilan biaya layanan, baik itu status order selesai secara normal maupun sempat dilakukan komplain via Pusat Resolusi dari buyer.
    Referensi cara perhitungannya adalah sebagai berikut:

     Produk A Produk BTotal Biaya Layanan 
    Harga awal produk 50,000 500,000 
    Direct discount product (e.g. slash price, merchant direct discount voucher) 5,000 - 
    Harga akhir produk 45,000 500,000 
    Kuantitas 2 1 
    Total Harga Akhir Produk= 45,000 x 290,000= 500,000 x 1500,000 
    Biaya Layanan Power Merchant= 1% x 90,000900= 1% x 500,0005,0005,900
    Biaya Layanan Bebas Ongkir Awal= 2.5% x 90,0002,250= 2,5% x 500,00012,500= 2,250 + 12,500
    Biaya Layanan Maksimal Per Produk 2,250 

    10,000

    12,250
    Biaya Bebas Ongkir Yang Didapat oleh Pembeli    10,000
    Biaya Layanan Bebas Ongkir Final *   = 10,000 
    Total Biaya Layanan yang dibebankan ke Seller= 15,900 

    *nilai biaya layanan bebas ongkir final tidak akan melebihi nilai bebas ongkir yang didapat oleh pembeli per tanggal 10 Desember 2020

    Q: Apakah saya juga akan dikenakan biaya layanan Bebas Ongkir untuk transaksi Bebas Ongkir Non Reguler?
    Tidak.

    Q: Apakah Biaya Layanan Bebas Ongkir sebesar 2.5% sudah termasuk pajak?
    Biaya Layanan sebesar 2.5% sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10% dan akan dibayarkan kepada Tokopedia tanpa ada pengurangan. Pajak Penghasilan (PPh) sehubungan dengan fitur Bebas Ongkir ini akan ditanggung, dilaporkan, dan diurus sendiri oleh Seller berdasarkan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku di Indonesia.

    Q: Kapan kuota Fitur Bebas Ongkir ditambahkan ke akun pembeli? 
    Kuota Fitur Bebas Ongkir akan ditambahkan ke akun pembeli setiap hari senin pukul 00:00.

    Q: Berapa jumlah maksimal pembeli bisa menggunakan fitur ini dalam satu minggu?
    Satu orang pembeli akan mendapatkan kuota fitur Bebas Ongkir sesuai dengan Membership Status. Fitur Bebas Ongkir ini meliputi Bebas Ongkir dengan pengiriman non reguler dan reguler. Syarat dan ketentuan dapat berubah sewaktu-waktu.

    Per tanggal 26 April - 2 Mei 2021, berikut adalah kuota Bebas Ongkir yang dimiliki oleh setiap user sesuai dengan Membership Statusnya:

    1. Silver: (50x/Pengguna/Minggu)
    2. Gold: (50x/Pengguna/Minggu)
    3. Platinum: (50x/Pengguna/Minggu)
    4. Diamond: (50x/Pengguna/Minggu)

    Lalu di tanggal 3 - 9 Mei 2021, ada penyesuaian kuota Bebas Ongkir yang dapat pembeli nikmati, sehingga total kuota pada minggu tersebut menjadi:
    1. Silver: (50x/Pengguna/Minggu)
    2. Gold: (50x/Pengguna/Minggu)
    3. Platinum: (50x/Pengguna/Minggu)
    4. Diamond: (50x/Pengguna/Minggu)

    Batas maksimal penggunaan kuota tersebut di atas adalah tanggal 9 Mei 2021. Per tanggal 10 - 16 Mei 2021, kuota fitur Bebas Ongkir akan menjadi seperti berikut:
    1. Silver: (50x/Pengguna/Minggu)
    2. Gold: (50x/Pengguna/Minggu)
    3. Platinum: (50x/Pengguna/Minggu)
    4. Diamond: (50x/Pengguna/Minggu)

    Batas maksimal penggunaan kuota tersebut di atas adalah tanggal 16 Mei 2021. Per tanggal 17 - 23 Mei 2021, kuota fitur Bebas Ongkir akan menjadi seperti berikut:
    1. Silver: 4x seminggu
    2. Gold: 6x seminggu
    3. Platinum: 8x seminggu
    4. Diamond: 12x seminggu
     
    Q: Apakah kuota Fitur Bebas Ongkir dapat diakumulasi di minggu-minggu berikutnya?
    Apabila terdapat sisa kuota Fitur Bebas Ongkir dari minggu sebelumnya, maka secara otomatis kuota Fitur Bebas Ongkir tersebut akan dianggap hangus. Pembeli dapat melihat sisa kuota Fitur Bebas Ongkir setiap minggu di sini.

    Q: Bagaimana perhitungan kuota Fitur Bebas Ongkir jika terjadi perubahan Membership Status?
    Jika pembeli mengalami perubahan Membership Status di pertengahan minggu, maka kuota Fitur Bebas Ongkir Membership Status yang baru akan langsung diberlakukan saat itu juga, misalnya:
    1. Silver Member yang mempunyai sisa kuota Fitur Bebas Ongkir 1x per minggu, naik level menjadi Gold Member di hari Rabu. Secara otomatis, kuota Fitur Bebas Ongkir pembeli tersebut akan disesuaikan menjadi 3x yang dapat digunakan sampai minggu tersebut berakhir. 
    2. Gold Member yang mempunyai sisa kuota Fitur Bebas Ongkir 3x per minggu, turun level menjadi Silver Member pada pertengahan minggu. Secara otomatis, kuota Fitur Bebas Ongkir pembeli tersebut akan disesuaikan menjadi 2x yang dapat digunakan sampai minggu tersebut berakhir.

    Q: Bagaimana perhitungan kuota Fitur Bebas Ongkir jika terjadi pembatalan pesanan?
    Apabila pesanan terjadi pembatalan, maka perlakuan kuota Fitur Bebas Ongkir adalah sebagai berikut:
    1. Apabila pesanan dibuat dan terjadi pembatalan di minggu yang sama, maka kuota Fitur Bebas Ongkir akan dikembalikan dan siap digunakan untuk pesanan selanjutnya. 
    2. Namun, apabila pesanan dibuat dan terjadi pembatalan di minggu yang berbeda, maka kuota Fitur Bebas Ongkir akan dianggap hangus.

    Artikel Terkait

    tokopedia
    © 2009 - 2021, PT Tokopedia