Pencarian populer

Seputar Penjualan-icon

Seputar Penjualan

Lihat Semua Topik

Seputar Penjualan

Informasi Tentang Pembatalan Instan dari Pembeli

Toppers, saat calon Pembeli sudah melakukan pembayaran, ada saja hal-hal yang dapat membuat mereka membatalkan pesanan. Apalagi, kini calon Pembeli dapat melakukan pembatalan pesanan maksimal 3 jam setelah pembayaran terverifikasi.

Apa itu Pembatalan Pesanan?
Pembatalan pesanan adalah proses transaksi yang sudah diverifikasi namun dibatalkan oleh salah satu pihak, baik Pembeli maupun penjual. Meskipun tidak menyebabkan kerugian secara finansial, hal ini akan menciptakan hilangnya peluang sukses transaksi bagi Seller. Pembatalan pesanan bisa disebabkan oleh berbagai alasan, seperti salah memasukkan alamat, salah memilih produk, atau stok barang habis. 

Jika sebelumnya Pembeli harus mendapatkan persetujuan penjual untuk membatalkan pesanan mereka, kini Pembeli dapat melakukan pembatalan secara  instan dengan maksimal 3 jam setelah pembayaran terverifikasi. Toppers jangan khawatir, perubahan ini tidak akan merugikan kamu. Berikut mekanisme pesanan dibatalkan instan.

  1. Pesanan baru yang masuk dan belum diterima oleh Penjual, dapat dibatalkan secara instan oleh Pembeli. 
  2. Pesanan yang sudah diterima oleh Penjual tidak dapat dibatalkan secara instan oleh Pembeli.
  3. Skor performa toko Penjual akibat batal instan tidak akan dikurangi.
  4. Pesanan yang dilayani Tokopedia (TokoCabang) tidak dapat dibatalkan secara instan oleh Pembeli, namun harus mengajukan pembatalan ke pihak Penjual.
Walau tidak mengurangi performa toko, tapi kamu juga perlu melakukan berbagai langkah untuk mengurangi adanya pembatalan pesanan.

Berikut adalah hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi pembatalan pesanan:

  1. Melakukan prediksi penjualan
    Memprediksi penjualan yang akan terjadi dapat membantu kamu mengetahui berapa produk yang akan terjual di masa depan. Ada berbagai cara memprediksi penjualan, satu cara termudah yang dapat dilakukan adalah menggunakan data penjualan di masa lalu. Dengan melakukan prediksi penjualan, Kamu dapat memperkirakan kapan produk akan habis.

  2. Masukkan stok produk sesuai dengan jumlah stok sebenarnya
    Terkadang, Penjual sering lupa mengganti status stok barang menjadi tidak aktif atau mengganti produk menjadi nol ketika produk kosong, sehingga terpaksa Pembeli melakukan pembatalan pesanan. Oleh karena itu, kamu harus rutin meng-update stok produk di halaman Daftar Produk

  3. Cepat membalas pesanan
    Penyebab lain pembatalan pesanan adalah Penjual tidak merespon pesanan dalam waktu yang cukup lama. Untuk mengatasi hal ini, kamu harus selalu memantau toko online-mu. Cara lain adalah dengan mengaktifkan notifikasi di handphone dan men-download aplikasi Tokopedia Seller agar dapat terus memantau pesanan dengan mudah melalui handphone, sehingga kamu selalu mendapatkan notifikasi ketika ada pesanan masuk.

  4. Gunakan varian dan deskripsi produk dengan lengkap
    Toppers juga perlu mencantumkan varian produk dengan lengkap jika produkmu memiliki berbagai macam ukuran atau warna agar calon Pembeli dapat langsung memilih produk sesuai keinginannya tanpa membatalkan pesanan. Jangan lupa untuk menggunakan deskripsi produk yang lengkap agar calon Pembeli mendapatkan informasi yang diinginkan.

Toppers, itulah penjelasan lengkap mengenai pembatalan instan setelah pembayaran yang terverifikasi oleh tokopedia. Jangan lupa ikuti tips-tips di atas untuk mengurangi pembatalan pesanan di tokomu ya.

Pertanyaanmu belum terjawab?

Kami siap bantu atasi kendalamu

tokopedia
© 2009 - 2021, PT Tokopedia