Cek seluruh balasan dari Tokopedia Care di sini
Kembali ke Pusat Bantuan

Kebijakan Penalti Pengguna

Terkait transaksi:
Total:
Kebijakan Penalti Pengguna merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Tokopedia. Kebijakan mengenai tindakan pelanggaran dan penalti Pengguna  tunduk pada Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, dan Kebijakan Penalti Pengguna (“Kebijakan Penalti”) yang tertulis di bawah ini. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna secara hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.tokopedia.com, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Kebijakan Penalti. Kebijakan Penalti ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Tokopedia. Jika Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Kebijakan Penalti ini, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.tokopedia.com.

A. Definisi
  1. Tokopedia adalah PT Tokopedia dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.tokopedia.com, yakni situs pencarian toko dan barang yang dijual oleh penjual terdaftar.
  2. Situs/Aplikasi adalah situs www.tokopedia.com milik Tokopedia yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau iOS.
  3. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Tokopedia, termasuk namun tidak terbatas pada Pembeli, Penjual maupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs/Aplikasi.
  4. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu barang kepada para Pengguna Situs Tokopedia.
  5. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan pembelian atas Barang yang dijual oleh Penjual di Situs/Aplikasi.
  6. Barang adalah benda yang berwujud/memiliki fisik yang dapat diantar/memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Barang, maupun benda non-fisik, tidak termasuk Angsuran Kredit, Tagihan Kartu Kredit, Reksadana dan Emas.
  7. Promo adalah segala bentuk promosi atau penawaran yang ditampilkan pada Situs/Aplikasi, dimana bentuk promosi tetap tunduk pada Ketentuan Situs dan segala peraturan perundang-undangan terkait yang berlaku.
  8. Kebijakan Penalti adalah kebijakan penerapan penalti dalam bentuk tertentu yang diberlakukan atas tindakan-tindakan pelanggaran tertentu yang dilakukan oleh Pengguna dalam menggunakan Situs/Aplikasi.
  9. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, dan setiap Syarat dan Ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan Penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.

B. Ketentuan Umum
  1. Apabila terdapat jenis pelanggaran yang belum disebutkan dalam Kebijakan Penalti ini, maka Pengguna memahami dan menyetujui Tokopedia berhak dan berwenang menentukan bahwa pelanggaran tersebut termasuk dalam salah satu kategori pelanggaran di bawah sesuai dengan definisinya.
  2. Kebijakan Penalti ini tidak menghapuskan ketentuan lain yang mempunyai unsur penalti atau sanksi yang dicantumkan dalam Ketentuan Situs. Apabila ada pertentangan mengenai ketentuan penalti dalam Ketentuan Situs dengan Kebijakan Penalti ini maka ketentuan penalti dalam Kebijakan Penalti ini yang berlaku.
  3. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa selain penalti yang disebutkan pada Kebijakan Penalti ini, apabila diperlukan, Tokopedia juga berhak mengambil dan melakukan segala tindakan hukum terhadap Pengguna termasuk namun tidak terbatas baik secara pidana, perdata, dan tindakan hukum lainnya yang dimungkinkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
  4. Kebijakan Penalti ini dapat diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu oleh Tokopedia dan dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan Situs/Aplikasi, maka Pengguna dianggap menyetujui dan tunduk terhadap segala perubahan-perubahan dalam Kebijakan Penalti ini.

C. Ketentuan Penalti
Berikut di bawah ini adalah jenis tindakan-tindakan pelanggaran Pengguna terhadap Ketentuan Situs maupun peraturan perundang-undangan yang berlaku beserta bentuk penalti yang berhak dan dapat dikenakan oleh Tokopedia kepada Pengguna, yang dibagi menjadi beberapa kategori sebagaimana berikut:
User-added image
User-added image

Apakah artikel ini membantu?

Terima kasih atas masukanmu

Artikel Terkait

Butuh bantuan lebih lanjut?

Tim Tokopedia Care kami selalu siap untuk melayani selama 24/7

Beritahu kami alasannya
Total:
Pilih