Pencarian populer

-icon

Bantuan

Lihat Semua Topik

    Panduan Sanggahan Laporan Pelanggaran Konten Produk

    Toppers, berikut pertanyaan-pertanyaan terkait panduan sanggahan laporan pelanggaran konten produk di Tokopedia:
    • Pelapor
    • Terlapor

    Q: Mengapa pelaporan hak merek saya ditolak oleh Tokopedia?
    Apabila pelaporan Toppers ditolak, alasan penolakan akan diinformasikan melalui email. Jika kamu memiliki sanggahan atas penolakan tersebut, silakan membalas pada email notifikasi yang sudah dikirimkan tim investigasi Tokopedia.

    Q: Bagaimana caranya saya melaporkan produk Penjual yang menjual produk yang dilarang?
    Cara melaporkan produk yang melanggar ketentuan Tokopedia dapat kamu lihat pada link berikut ini.

    Q: Saya Ingin melaporkan produk saya yang dijual oleh Penjual di Tokopedia. Tolong bantu hapus produk saya yang dijual Penjual di Tokopedia
    Apabila kamu ingin melaporkan produk yang melanggar Hak Merk/Hak Cipta/SIUPL pada toko, silakan membaca dan memahami terlebih dahulu konten pelaporan produk di sini bagian Pelaporan Pelanggaran KI. Cara melaporkan produk, dapat kamu lakukan sesuai dengan langkah - langkah pada bagian Instruksi. Setelah melakukan pelaporan, nantinya kendala kamu akan dilakukan pengecekan lebih lanjut oleh Tim Investigasi Tokopedia.

    Q: Bagaimana saya bisa melaporkan hak merek saya jika sertifikatnya belum ada?
    Apabila kamu ingin melaporkan produk yang melanggar Hak Merk/Hak Cipta/SIUPL pada toko, kami sarankan untuk dapat melengkapi semua data yang sudah tertulis lengkap di sini bagian Pelaporan Pelanggaran KI. Data tersebut akan dibutuhkan untuk mempercepat proses investigasi. Dapat kami sampaikan, bahwa semua dokumen penunjang bersifat wajib dan prosedur sudah sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.

    Q: Bagaimana cara saya melaporkan Pelanggaran Izin Edar Alat Kesehatan?
    Toppers dapat mengajukan laporan Pelanggaran Izin Edar Alat Kesehatan apabila kamu mengetahui dan/atau menemukan adanya konten penawaran produk yang tidak memiliki Izin Edar Alat Kesehatan. 
    Pelaporan dapat kamu lakukan melalui halaman berikut di sini. Untuk jenis pelaporan ini dan untuk membuktikan laporan, kamu wajib melampirkan bukti Izin Edar Alat Kesehatan yang masih berlaku dan diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

    Q: Kenapa produk saya diturunkan/dihapus?
    Konten produk Toppers saat ini kami turunkan karena kami telah menerima laporan dari pemegang hak resmi atas produk yang kamu tawarkan melalui situs/aplikasi Tokopedia. Kami telah melakukan pemeriksaan terhadap kebenaran dokumen yang dilampirkan oleh pelapor dalam laporannya dan sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku, kami berkewajiban untuk melakukan penurunan konten produk. Produk kamu dilaporkan karena adanya dugaan: (i) Pelanggaran Merek; atau (ii) Pelanggaran Hak Cipta; atau (iii) Pelanggaran Izin Edar BPOM; atau (iv) Pelanggaran Izin Usaha Penjualan Langsung; atau (v) Pelanggaran Izin Edar Alat Kesehatan.
    Selengkapnya, dapat kamu cek di sini pada bagian Pencegahan Pelanggaran KI.

    Q: Siapa yang melaporkan produk saya?
    Konten produk kamu dilaporkan oleh pemegang hak resmi atau kuasa dari pemegang hak resmi produk yang kamu tawarkan melalui situs/aplikasi Tokopedia. Kontak pelapor telah kami cantumkan pada email Informasi Dugaan Pelanggaran yang telah kami kirimkan kepada kamu.

    Q: Produk saya diturunkan karena laporan dugaan Pelanggaran Merek
    Pemegang merek melaporkan adanya dugaan pelanggaran merek pada produk yang kamu tawarkan, pastikan bahwa kamu hanya menjual produk yang tidak melanggar merek terdaftar. Apabila kamu merasa bahwa laporan tersebut adalah suatu kesalahan, kamu dapat menghubungi pelapor melalui kontak yang telah diteruskan pada email Informasi Dugaan Pelanggaran yang telah kami kirimkan kepada kamu.

    Q: Produk saya diturunkan karena laporan dugaan Pelanggaran Hak Cipta
    Pemegang hak cipta melaporkan adanya dugaan pelanggaran hak cipta pada produk yang kamu tawarkan, pastikan bahwa kamu hanya menjual produk yang tidak melanggar hak cipta. Apabila kamu merasa bahwa laporan tersebut adalah suatu kesalahan, kamu dapat menghubungi pelapor melalui kontak yang telah diteruskan pada email Informasi Dugaan Pelanggaran yang telah kami kirimkan kepada kamu .

    Q: Produk saya diturunkan karena laporan dugaan Pelanggaran Izin Edar BPOM
    Pemegang Izin Edar BPOM produk yang kamu tawarkan melaporkan bahwa produk kamu tidak memiliki izin edar BPOM sehingga dilarang untuk diperjualbelikan. Apabila kamu merasa bahwa laporan tersebut adalah suatu kesalahan, kamu dapat menghubungi pelapor melalui kontak yang telah diteruskan pada email Informasi Dugaan Pelanggaran yang telah kami kirimkan kepada kamu.

    Q: Produk saya diturunkan karena laporan dugaan Pelanggaran Izin Usaha Penjualan Langsung
    Pelapor menginformasikan bahwa produk yang kamu tawarkan melalui situs/aplikasi Tokopedia merupakan produk yang harus dijual secara langsung/MLM sehingga dilarang untuk dijual melalui marketplace.

    Q: Apakah saya bisa kembali menjual produk yang sama?
    Kami tidak menyarankan kamu untuk mengunggah kembali konten produk yang sama karena pelapor dapat melaporkan kembali produk tersebut untuk diturunkan. Apabila kamu melakukan pelanggaran berulang kali, maka kamu dapat dikenakan sanksi sesuai dengan Kebijakan Penalti.

    Q: Apakah konten produk yang telah diturunkan dapat diaktifkan kembali?
    Apabila kamu merasa bahwa pelapor melakukan kesalahan atau kamu memiliki hak untuk menawarkan produk tersebut melalui situs/aplikasi Tokopedia, maka kamu dapat melakukan sanggahan secara langsung kepada pelapor dan meminta produk kamu diaktifkan kembali.
    Pastikan kamu melampirkan data berikut ini ketika melakukan sanggahan:

    1. Izin/lisensi atau penunjukan dari pemegang KI.
    2. Sertifikat KI milik kamu sendiri.
    3. Produk yang berbeda dengan KI yang dilaporkan.

    Q: Saya ingin melakukan sanggahan
    Toppers dapat langsung menghubungi pelapor melalui kontak yang telah kami cantumkan pada email Informasi Dugaan Pelanggaran yang telah kami kirimkan kepada kamu. 
    Kami menyarankan kamu untuk mempersiapkan dokumen atau bukti lainnya yang mempertegas hak kamu untuk kemudian diserahkan kepada pelapor, seperti:
    1. Izin/lisensi atau penunjukan dari pemegang KI.
    2. Sertifikat KI milik kamu sendiri.
    3. Produk yang berbeda dengan KI yang dilaporkan.
    Apabila laporan berasal dari luar negeri, kami sarankan agar kamu berkomunikasi melalui email dan menggunakan Bahasa Inggris.

    Q: Pelapor menolak sanggahan saya
    Apabila pelapor menolak sanggahan kamu atau tidak tercapai kesepakatan, maka produk kamu tidak dapat diaktifkan kembali. Kami hanya dapat mengaktifkan kembali produk kamu setelah adanya instruksi dari pelapor.

    Q: Pelapor menerima sanggahan saya dan membolehkan produk saya diaktifkan kembali
    Apabila pelapor menerima sanggahan Toppers dan memperbolehkan kamu menawarkan produk tersebut melalui situs/aplikasi Tokopedia, mohon untuk meminta pelapor agar mengirimkan email konfirmasi kepada Tim Legal Tokopedia untuk pengaktifan kembali produk kamu.

    Q: Pelapor tidak merespon sanggahan saya
    Apabila Toppers telah berupaya menghubungi pelapor (minimal 3 kali dalam 14 hari ) namun belum mendapatkan respon, mohon untuk menghubungi kami melalui Tokopedia Care dan menginformasikan kendala kamu beserta dengan bukti lampiran upaya kamu menghubungi pelapor. Harap diperhatikan bahwa beberapa pelapor berdomisili di luar negeri sehingga kamu harus menggunakan Bahasa Inggris dalam komunikasi kamu.

    Q: Masih banyak produk serupa namun mengapa hanya produk saya yang diturunkan?
    Tokopedia hanya menurunkan produk yang dilaporkan oleh pemegang hak resmi atau kuasa dari pemegang hak resmi. Segala kewenangan terkait produk mana yang dilaporkan ada sepenuhnya pada pihak pelapor.

    Q: Dimana saya bisa menemukan kontak pelapor atas produk saya yang dilaporkan?
    Kontak pelapor telah kami cantumkan pada email Informasi Dugaan Pelanggaran yang telah kami kirimkan kepada kamu.

    Q: Produk yang seperti apa yang bisa dijual di Tokopedia agar tidak terindikasi melanggar syarat dan ketentuan?
    Kamu dapat mengetahui Jenis barang atau produk yang dilarang/dibatasi di Tokopedia di sini. Mohon senantiasa tidak menjual produk yang dilarang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

    Q: Mengapa nama toko saya diubah sepihak?
    Nama toko diubah karena ada laporan pemilik Brand tersebut bahwa brand tersebut tidak boleh dipergunakan tanpa izin pemilik brand.

    Artikel Terkait

    tokopedia
    © 2009 - 2021, PT Tokopedia