Pencarian populer

-icon

Bantuan

Lihat Semua Topik

    PeduliLindungi di Tokopedia

    Tokopedia sebagai salah satu platform digital lokal Indonesia ingin ikut membantu pemerintah dalam upaya pelacakan penyebaran Covid-19 secara digital di Indonesia, oleh karena itu Tokopedia bekerjasama dengan Kementrian Kesehatan Indonesia membuat sebuah integrasi dimana seperti yang kita ketahui sekarang jika ingin memasuki tempat umum masyarakat diwajibkan untuk melakukan Check In/Check Out di aplikasi PeduliLindungi, melihat hal tersebut untuk memudahkan pengguna Tokopedia dan seluruh masyarakat Indonesia maka nantinya para pengguna dapat mengaksesnya langsung dari aplikasi Tokopedia.
    • Cara Check In/ Check Out
    • FAQ
    1. Buka aplikasi Tokopedia, pada halaman utama, temukan icon PeduliLindungi.
      User-added image
    2. Klik icon PeduliLindungi, nantinya kamu akan diarahkan ke halaman Check In PeduliLindungi.
      User-added image
    3. Toppers diwajibkan untuk mengaktifkan lokasi, agar nantinya dapat memudahkan kami dalam menyesuaikan lokasi kamu saat ini, silakan klik Aktifkan.
      User-added image
    4. Isi Nama Lengkap dan NIK sesuai dengan data yang ada pada KTP kamu, ingat pastikan data yang diisi sudah sesuai ya.
      User-added image
    5. Jika data yang diisi sudah sesuai Toppers wajib menceklis checkbox Syarat dan Ketentuan, sebelum kamu menceklis pastikan kamu sudah membaca Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi dari PeduliLindungi ya. Setelah diceklis, klik Lanjut Scan QR.
      User-added image
    6. Kemudian klik Lanjut Scan QR. Jika kamu ingin melakukan pergantian data yang sebelumnya sudah diisi, silakan klik Ganti NIK maka nantinya kamu akan dibawa ke halaman awal pengisian data diri.
      User-added image
    7. Untuk melanjutkan ke proses scan QR, maka kamu diwajibkan untuk memberikan akses kamera, silakan klik Izinkan.
      User-added image
    8. Setelah akses diberikan, silakan arahkan kamera handphone kamu ke QR Code PeduliLindungi. Pastikan QR Code yang akan discan sudah sesuai dari PeduliLindungi ya.
      User-added image
    9. Setelah QR Code berhasil ter-scan, maka nantinya akan muncul halaman konfirmasi. Pastikan lokasi Check In kamu sudah sesuai ya. Jika sudah klik Check-In.
      User-added image
    10. Proses Check In sudah berhasil. Jangan lupa untuk melakukan Check Out kembali setelah kamu selesai melakukan kunjungan ya, untuk cara melakukan Check Out bisa mengikuti panduan yang sama saat ingin Check In ya.
      User-added image
      *Informasi Tambahan:
      Ada beberapa indikator yang menunjukkan apakah Toppers bisa melakukan check in atau tidak, yaitu
      • Apabila kamu sudah melakukan 2x vaksin maka notifikasi “Check In Berhasil” yang akan muncul adalah berwarna hijau diikuti warna yang sama pada banner QR Code dan kamu berhasil melakukan proses Check In.
        User-added image
      • Apabila kamu baru melakukan 1x vaksin maka notifikasi “Check In Berhasil” yang akan muncul adalah berwarna kuning diikuti warna yang sama pada banner QR Code dan kamu berhasil melakukan proses Check In.
        User-added image
      • Apabila kamu belum melakukan vaksin maka notifikasi “Check In Gagal” yang akan muncul adalah berwarna merah diikuti warna yang sama pada banner QR Code dan kamu tidak berhasil melakukan proses Check In.
        User-added image
      • Apabila kamu terdeteksi suspek, probable, konfirmasi atau kontak erat Covid-19 maka notifikasi “Check In Gagal” yang akan muncul adalah berwarna hitam diikuti warna yang sama pada banner QR Code dan kamu tidak berhasil melakukan proses Check In.
        User-added image

    Informasi Umum

    Q: Apakah yang dimaksud dengan fitur PeduliLindungi dalam aplikasi Gojek dan Tokopedia?
    Fitur PeduliLindungi dalam aplikasi Gojek dan Tokopedia adalah sebuah fitur berbasiskan integrasi sistem sebagai hasil kerja sama resmi antara GoTo Group dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Fitur ini memungkinkan pengguna kedua aplikasi tersebut melakukan scan QR Code pada waktu check-in dan check-out di lokasi publik langsung dalam aplikasi, tanpa harus mengunduh aplikasi lain.

    Q: Siapa sajakah yang dapat menggunakan fitur PeduliLindungi dalam aplikasi Gojek dan Tokopedia?
    Saat ini, fitur dalam aplikasi Gojek ini hanya dapat digunakan oleh WNI maupun WNA yang telah memiliki NIK.

    Q: Bagaimanakah cara menggunakan fitur PeduliLindungi dalam aplikasi Gojek?
    Pengguna yang telah mendapatkan fitur ini dapat mengklik icon Check In di halaman utama aplikasi Gojek (tersedia di sistem operasi Android saja). Masukkan nama lengkap serta NIK untuk pendaftaran awal, lalu klik Lanjut Scan QR sambil mengarahkan kamera ke QR Code di pintu masuk. Tunjukkan hasil check-in ke petugas di pintu masuk dan jangan memasuki tempat jika hasil check-in berwarna merah atau hitam.

     

    Keamanan Data Pribadi

    Q: Apa sajakah data pribadi yang harus saya berikan?
    Untuk menggunakan fitur ini, pengguna diharuskan memasukkan nama lengkap dan NIK yang akan divalidasi sistem PeduliLindungi dan Dukcapil untuk kesesuaiannya.

    Q: Apakah data pribadi yang saya berikan aman?
    Fitur ini tidak menyimpan data pribadi dalam kedua aplikasi Gojek dan Tokopedia, melainkan hanya meneruskan data pengguna ke sistem PeduliLindungi dan Dukcapil untuk melakukan validasi NIK. Data pribadi dikirimkan langsung secara aman ke PeduliLindungi dengan standar industri terkait keamanan transmisi data.

    Q: Data apa sajakah yang dikumpulkan dan disimpan oleh Gojek dan Tokopedia secara langsung untuk integrasi ini?
    Data pengguna yang sudah melakukan validasi NIK disimpan dalam aplikasi Gojek dan Tokopedia dengan hanya berupa token terenkripsi yang secara desain tidak dapat digunakan oleh kedua aplikasi untuk mengidentifikasi pengguna secara individu. Data ini tidak disimpan di server Gojek maupun Tokopedia. Kedua aplikasi juga tidak menyimpan data lokasi saat check-in dan check-out ataupun meneruskannya ke sistem lainnya.

    Q: Data apa sajakah yang dikumpulkan dan disimpan oleh Gojek dan Tokopedia yang secara tidak langsung berkaitan dengan integrasi ini?
    Gojek dan Tokopedia mengumpulkan data jumlah pengunjung secara agregat untuk keperluan pemeliharaan dan pengembangan sistem. Agregasi tidak dilakukan dalam level individu, kelompok, maupun lokasi. 
     

    Kendala Penggunaan

    Q: Saya tidak dapat menemukan icon Check-In dalam aplikasi Gojek atau icon PeduliLindungi dalam aplikasi Tokopedia.
    Fitur ini dikembangkan secara bertahap dan akan tersedia untuk seluruh pengguna dalam waktu dekat.

    Q: Saya mendapatkan pesan error “sesuaikan nama dan NIK Anda dengan KTP”. 
    Mohon untuk memeriksa apakah nama lengkap dan NIK Anda sesuai dengan yang tertera pada KTP Anda. Segala proses verifikasi dilakukan oleh PeduliLindungi dan apabila ada kesalahan teknis dapat menghubungi call center PeduliLindungi di 119 atau email ke pedulilindungi@kominfo.go.id .

    Q: Saya mendapatkan pesan error “scan QR melebihi radiusnya”. 
    Sistem mendeteksi lokasi Anda terlalu jauh dari lokasi check-in. Mohon pastikan GPS Anda dinyalakan dan akses lokasi telah diberikan kepada fitur ini. Kami juga menyarankan untuk mengecek ke aplikasi berbasis lokasi lainnya (seperti Google Maps) untuk memastikan apakah lokasi Anda telah dideteksi dengan benar oleh handphone Anda.

    Q: Saya mendapatkan pesan error “Internal Server Error”.
    Integrasi PeduliLindungi dengan aplikasi Gojek dan Tokopedia sedang mengalami kendala, mohon mencoba lagi setelah beberapa saat atau gunakan langsung aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan proses check-in.

    Q: Saya mendapatkan pesan error “Anda masih check in di tempat ini”.
    Anda sudah ter check-in dalam lokasi tersebut. Jika situasi operasional mengharuskan Anda untuk memperlihatkan kembali layar hasil check-in, kami menyarankan untuk melakukan check- out lalu check-in kembali.

    Q: Saya mendapatkan pesan error “Anda belum melakukan check in”.
    Anda belum terdata oleh sistem telah melakukan check-in di lokasi. Mohon arahkan kamera check-in ke QR Code untuk melakukan check-in, bukan check-out. 

    Q: Saya lupa melakukan check-out di lokasi
    Kami menyarankan Anda untuk menuju ke pintu keluar lokasi untuk melakukan check-out. Jika tidak memungkinkan, tidak perlu khawatir karena sistem akan melakukan check-out secara otomatis setiap 24 jam.

    Q: Saya tidak bisa melakukan check in dikarenakan masih terdata sebagai pasien positif COVID-19, padahal saat ini saya sudah sembuh dan hasil test PCR saya sudah negatif, kenapa?
    Ada kemungkinan saat Anda melakukan test PCR Negatif bukan di fasilitas kesehatan yang terdaftar di PeduliLindungi sehingga datanya tidak terupdate di data PeduliLindungi. Kami sarankan Anda dapat melakukan pengecekan kembali d fasilitas kesehatan yang sudah terdaftar di sini.

    Artikel Terkait

    Pertanyaanmu belum terjawab?

    Kami siap bantu atasi kendalamu

    tokopedia
    © 2009 - 2021, PT Tokopedia