Pencarian populer

Seputar Pembelian-icon

Seputar Pembelian

Lihat Semua Topik

Seputar Pembelian

Apa Itu Program Tokopedia Tukar Tambah?

Program Tokopedia Tukar Tambah adalah program terbaru dari Tokopedia yang memungkinkan Pembeli untuk melakukan tukar tambah handphone lamanya dengan potongan harga untuk pembelian handphone baru di situs Tokopedia.
  • Buyer
  • Seller

Pertanyaan Pembeli Seputar Tukar Tambah

Q: Apakah program ini berlaku untuk seluruh Indonesia?  
Ya, kini fitur Tukar Tambah sudah berlaku di seluruh Indonesia kecuali kota Batam. 

Q: Bagaimana cara saya melakukan program Tokopedia Tukar Tambah?

Berikut cara mengikuti program Tokopedia Tukar Tambah:

  1. Download aplikasi Tokopedia di handphone Android atau iOS kamu.
  2. Cari jenis handphone baru yang kamu inginkan dari toko-toko yang mengikuti program Tokopedia Tukar Tambah.
  3. Pilih tombol Tukar Tambah untuk menjalankan sistem pengecekkan terhadap handphone kamu sekarang.
  4. Setelah melakukan pengecekkan, sistem kami akan memberikan harga terhadap handphone kamu. Apabila kamu setuju dengan harga yang diberikan, segera selesaikan transaksi dan pilih jadwal penjemputan handphone yang mau ditukarkan dan pemberian handphone baru yang sesuai dengan jadwal.
  5. Terdapat 2 jenis kurir yang dapat kamu pilih:
    • Laku6 Express: Pihak kurir akan melakukan pengambilan gadget baru ke alamat dan jadwal yang telah kamu setujui secepatnya. Dengan catatan, bahwa layanan Laku6 Express hanya bisa dilakukan di Jabodetabek saja.    

    • Indomaret/Indo Paket: Apabila kamu memilih jenis kurir ini, maka kamu harus memilih lokasi gerai Indomaret untuk mengambil paket gadget baru yang sudah kamu pesan. sebutkan "Tukar Paket Tokopedia" kepada pegawai gerai. Maka pegawai gerai akan memasukan nomor IMEI untuk verifikasi. 


Apabila sudah selesai Gadget Baru akan segera kamu dapatkan. Layanan ini tersedia untuk untuk seluruh wilayah Indonesia kecuali Batam.

Q: Bagaimana cara Tokopedia menentukan harga handphone lama saya? 
Harga dari handphone kamu sekarang ditentukan berdasarkan hasil tes yang Kamu telah lakukan di aplikasi Tokopedia yang mencakup pengecekkan software & hardware.                    
                                                                                                        
Q: Bagaimana saya mengetahui apakah program Tokopedia Tukar Tambah bisa saya gunakan di product yang ingin saya beli?
Program tukar tambah saat ini hanya berlaku untuk kategori handphone dan beberapa produk elektronik lainnya seperti tablet, smartwatches, audio, powerbank, laptop dan kamera. Untuk mengetahui apakah produk yang kamu inginkan dapat menggunakan tukar tambah atau tidak, silahkan pilih halaman produk yang ingin kamu beli dan cari pilihan tukar tambah.

Q: Apakah saya perlu memberikan aksesoris original dan kotak handphone lama saya?
Tidak, untuk mengikuti produk tukar tambah, kamu hanya memerlukan handphone saja.

Q: Bagaimana mekanisme biaya pembatalan?
Mekanisme biaya pembatalan adalah biaya pembatalan yang dibebankan kepada Pembeli apabila terdapat pembatalan transaksi yang disebabkan oleh Pembeli. Terdapat tiga jenis pembatalan transaksi yaitu:

  1. Pembeli meminta transaksi dibatalkan setelah penjual menerima pesanan.
  2. Perbedaan nomor IMEI dengan yang terdaftar di sistem Tokopedia saat penukaran terjadi.
  3. Pembeli tidak bisa ditemui untuk melakukan penukaran handphone lama dengan handphone baru.
  4. Seluruh data yang terdapat pada Perangkat Elektronik tidak dihapuskan dan / atau dikeluarkan sebelum melakukan serah terima dengan kurir, termasuk namun tidak terbatas pada sandi (password), akun (google account, iCloud, Mi account, dan akun lainnya yang tersimpan pada Perangkat Elektronik).

Berikut tabel pembagian Biaya Pembatalan:
User-added image

Contoh Pembelian:
User-added image

Contoh Pembelian Batal:
User-added image
Tambahkan Catatan
Biaya Pengiriman & Asuransi setiap transaksi akan berbeda setiap transaksi berdasarkan jenis layanan kurir & alamat buyer. 
 

Q: Mengapa saya tidak dapat melakukan pembatalan pada transaksi tukar tambah?
Kamu dapat melakukan pembatalan transaksi tukar tambah, Apabila pesanan belum diproses oleh penjual. Apabila pesanan sudah diproses penjual maka kamu tidak dapat membatalkan pesanan. 

Q: Apa yang akan terjadi dengan data-data yang terdapat di handphone lama saya?
Kamu diharuskan untuk menghapus semua data pribadi yang terdapat di handphone kamu sebelum menyerahkannya kepada pihak kurir. Tokopedia, Penjual & Laku6 tidak bertanggungjawab apabila masih terdapat data-data di handphone lama.

Q: Apakah bisa saya mendapatkan handphone lama saya kembali?
Tokopedia tidak dapat mengembalikan handphone lama kamu apabila telah diserahkan kepada pihak kurir.

Q: Bagaimana cara saya mengirimkan handphone lama saya ke Tokopedia?

  1. Apabila kamu memilih Layanan Pengiriman Laku6 Express, maka Pihak kurir akan melakukan pengambilan handphone lama dan mengantarkan gadget baru kamu sesuai dengan lokasi dan jadwal yang telah Kamu tentukan. 
  2. Dan apabila kamu memilih Indomaret/Indo Paket, maka kamu harus membawa handphone lama yang akan kamu jual ke gerai Indomaret untuk melakukan penukaran dengan gadget baru yang sudah kamu pesan saat mendapat notifikasi bahwa gadget baru sudah tiba di gerai Indomaret.

Q: Dapatkah saya menukarkan lebih dari 1 handphone bekas di dalam 1 transaksi?
Untuk saat ini kamu hanya bisa menukarkan 1 handphone di dalam 1 transaksi.

Q: Jenis tes seperti apa yang Tokopedia lakukan untuk handphone lama saya dan mengapa?
Berikut jenis tes yang Tokopedia lakukan:
User-added image

Q: Apa yang akan terjadi apabila kondisi atau IMEI number handphone lama saya tidak sesuai dengan yang saya berikan kepada Tokopedia pada saat penyerahan kepada pihak kurir?
Apabila nomor IMEI dari handphone lama kamu tidak sesuai dengan yang terdaftar di sistem Tokopedia, maka transaksi kamu akan kami batalkan. Kamu akan mendapatkan refund atas biaya yang telah kamu bayarkan beserta potongan Biaya Pembatalan.

Q: Apakah saya bisa mengatur jadwal pengambilan handphone lama saya?

  1. Apabila kamu memilih Layanan Pengiriman Laku6 Express, maka kamu dapat melakukan pengaturan jadwal melalui telepon dengan kurir yang terkait setelah kamu melakukan pembayaran.
  2. Apabila kamu memilih Indomaret/Indo Paket, maka kamu harus membawa handphone lama untuk melakukan penukaran saat menerima notifikasi bahwa gadget baru sudah tiba di Indomaret yang kamu pilih. Batas waktu pengambilan adalah 2x24 Jam setelah gadget baru sampai di gerai Indomaret pilihan kamu. 

Q: Apakah aman melakukan program tukar tambah (trade-in) di Tokopedia?
Jelas aman, karena Tokopedia tukar tambah bekerja sama dengan Laku6 yang merupakan situs jual beli yang dikelola perusahaan yang sudah berbadan hukum, atas nama PT. Laku6 Online Indonesia.

Q: Apa saya bisa menjual handphone ke Tokopedia?
Apabila kamu hanya ingin menjual handphone lama kamu tanpa harus menukar tambah ke gadget baru, maka kamu bisa mencoba fitur Langsung Laku yang ada di Tokopedia.

Q: Apa Tokopedia memberikan layanan kredit/cicilan?
Ya, saat ini tersedia layanan cicilan berbunga tanpa kartu kredit dan ada juga program cicilan kartu kredit 0%.

Q: Apa harga HP yang tertera di Tokopedia bisa nego?
Tidak, semua harga yang tertera adalah harga Net/Pas dan kamu tidak bisa melakukan nego harga.

Q: Untuk pengiriman luar dan dalam Jakarta, siapa yang membayar ongkos kirim?
Semua ongkos kirim saat ini ditanggung oleh Pembeli.

  1. Apabila kamu memilih Layanan Pengiriman Laku6 Express, maka biaya ongkos kirim flat.
  2. Apabila kamu memilih Indomaret/Indo Paket, maka biaya ongkos kirim akan disesuaikan dengan jarak antara lokasi Penjual dengan Lokasi Gerai Indomaret Pilihan kamu. 


Q: Berapa lama kira-kira saya akan mendapatkan handphone baru saya?

Apabila kamu memilih Layanan Pengiriman Laku6 Express maka: 
  1. Apabila toko memproses pesanan kamu sebelum jam 12 siang, maka pihak kurir akan mengambil Gadget Baru kamu di toko yang knda pilih di hari yang sama, lalu di kemudian hari (H+1), kurir akan mengantarkan handphone baru kamu bersamaan dengan pengecekkan handphone lama Kamu.
  2. Apabila toko memproses pesanan kamu setelah jam 12 siang, maka pihak kurir akan mengambil gadget baru kamu di toko yang kamu pilih keesokan harinya, Lalu di kemudian hari (H+2), kurir akan mengantarkan handphone baru kamu bersamaan dengan pengecekkan handphone lama kamu.
  3. Proses pick up dilakukan di hari kerja (Sabtu/Minggu/Tanggal Merah tidak ada proses pick up dan akan dilakukan di hari kerja selanjutnya).
  4. Jadwal pengantaran bisa kamu tentukan berdasarkan kesepakatan dengan kurir terkait. Namun, apabila kamu mendadak berhalangan pada jam yang telah ditentukan, kamu dapat mengatur kembali jadwal dengan maksimal 1 kali pergantian.
Apabila kamu memilih Indomaret/Indo Paket
  1. Apabila toko telah memproses pesanan, maka toko harus mengirimkan Gadget Baru ke Indomaret terdekat lokasi toko. Kemudian (H+1) gadget baru akan mulai di kirimkan menuju Gerai Indomaret pilihan kamu. 
  2. Proses pengiriman menuju Gerai Indomaret pilihan dapat berlangsung selama 2-5 Hari, berdasarkan jarak antara Gerai Indomaret asal dimana seller drop barang dan Gerai Indomaret Tujuan yang telah dipilih. 


Q: Apakah saya perlu melakukan tes lagi apabila tes sebelumnya telah berhasil?
Tidak perlu, hasil pengecekkan handphone lama kamu akan kami simpan selama 7 hari setelah pengecekkan pertama.

Q: Apakah saya dapat membeli barang lain bersamaan dengan program tukar tambah di 1 keranjang yang sama?
Tentu bisa, namun untuk saat ini terbatas hanya untuk produk digital saja.

Q: Mengapa transaksi tukar tambah tidak dapat melakukan Konfirmasi Penerimaan barang? 
Kamu tidak dapat melakukan konfirmasi penerimaan barang apabila handphone lama belum sampai ke gudang. Silakan menunggu 3x24 jam hari kerja setelah handphone baru diterima untuk update status transaksi.

Pertanyaan Penjual Seputar Tukar Tambah

Q: Apa saja syarat untuk mengikuti program/fitur Trade In? 
  1. Toko Official Store dan Power Merchant
  2. Toko dalam status aktif
  3. Toko tidak dalam moderasi atau dalam pengawasan
  4. Toko harus memiliki riwayat transaksi
  5. Penetapan harga toko tidak jauh berbeda dengan harga pasar
  6. Toko memiliki minimal 5 produk aktif yang memenuhi syarat untuk Tukar Tambah
  7. Syarat produk tersebut harus dalam kategori Handphone, Tablet, Audio, Kamera, Laptop, Smart Watch, Game Console, Powerbank, Audio dengan harga diatas Rp. 250.000

Q: Apa yang harus saya persiapkan apabila toko saya mengikuti program/fitur Trade In?
Pastikan Kamu adalah Seller Official Store dan Power Merchant dengan kriteria diatas. Lalu kamu hanya perlu mengisi dan mengirimkan konfirmasi kesediaan mengikuti program/fitur Tukar Tambah melalui form ini. Dan setelah program aktif, pastikan kamu memiliki ketersediaan stok barang agar tidak terjadi pembatalan di kemudian hari. 

Q: Apabila saya sudah mengisi form, berapa lama saya akan dihubungi? 
Apabila kamu sudah mengisi form, silakan menunggu maksimal 3x24 jam hari kerja untuk dilakukan review oleh tim terkait untuk proses pengajuan.  

Q: Apakah ada biaya tambahan apabila saya mengikuti program/fitur Trade In?
Tidak ada biaya tambahan, termasuk tidak ada biaya tambahan untuk pengiriman.

Q: Apakah saya harus menanggung biaya handphone lama/bekas dari pembeli?
Tidak, seller tidak menanggung biaya handphone lama buyer dan akan tetap menerima hasil penjualan dengan harga penuh sesuai harga produk yang dijual. handphone lama/bekas dari buyer akan diambil oleh Pihak Laku6 yang merupakan partner resmi dari Tokopedia.

Q: Apa keuntungan mengikuti program/fitur Trade In bagi toko saya?
Program Trade In merupakan program/fitur terbaru dari Tokopedia yang akan mendapatkan eksposur khusus dan juga promo cashback untuk setiap buyer yang melakukan transaksi Tukar Tambah. Hal ini dapat meningkatkan potensi penjualan pada toko kamu.

Q: Apakah dengan mengikuti program/fitur Trade In nantinya akan berpengaruh ke shop score saya?
Program/fitur Trade In tidak akan mempengaruhi performa shop score kamu.

Q: Bagaimana cara memproses pesanan Tukar Tambah?
  • Pesanan Tukar Tambah dengan Kurir Laku6 Express:
  1. Apabila terdapat transaksi Tukar Tambah dengan pilihan kurir Laku6 Express maka Seller harus mempersiapkan Gadget baru yang sudah dipesan oleh Toppers dan menunggu agar paket di pick up oleh kurir. Kurir yang melakukan pick up adalah kurir dari Laku6 Express dan Alfatrex.
  2. Apabila konfirmasi Terima Order dilakukan sebelum jam 12 siang, maka barang akan di-pick up kurir di hari yang sama. Namun apabila konfirmasi Terima Order dilakukan setelah jam 12 siang, maka barang akan di-pick up keesokan harinya (H+1). Nantinya pihak Laku6 akan menelpon untuk melakukan konfirmasi pick up di hari H. Proses pick up dilakukan di hari kerja (Sabtu/MInggu/Tanggal Merah tidak ada proses pick up dan akan dilakukan di hari kerja selanjutnya).
  • Pesanan Tukar Tambah dengan Indomaret/Indo Paket:
Apabila terdapat transaksi Tukar Tambah dengan pilihan logistik Indomaret/Indo Paket, maka seller harus membersiapkan Gadget baru yang dipesan oleh Toppers dan mencetak label pengiriman / menyertakan kode booking yang sudah terdapat pada menu pilihan. Kemudian seller harus melakukan drop of Gadget baru tersebut ke Gerai Indomaret terdekat. Batas waktu untuk drop Gadget baru adalah 1x24 Jam setelah terima order.
User-added image
User-added image
Info selengkapnya mengenai Layanan IndoPaket, kamu bisa klik DI SINI.

Q: Bagaimana cara saya mengetahui kapan barang saya akan di-pick up oleh kurir jika buyer memilih layanan Laku6 Express?
Untuk layanan Laku6 Express, apabila konfirmasi Terima Order dilakukan sebelum jam 12 siang, maka barang akan di-pick up kurir di hari yang sama. Namun jika konfirmasi Terima Order dilakukan setelah jam 12 siang, maka barang akan di-pick up keesokan harinya (H+1). Nantinya pihak Laku6 akan menelpon untuk melakukan konfirmasi pick up di hari H. Proses pick up dilakukan di hari kerja (Sabtu/MInggu/Tanggal Merah tidak ada proses pick up dan akan dilakukan di hari kerja selanjutnya).

Q: Siapa yang akan pick up barang saya jika buyer memilih layanan Laku6 Express?
Kurir yang akan melakukan pick up adalah kurir dari LakuSend atau Alfatrex.

Q: Apa yang harus saya lakukan jika barang saya belum di-pick up oleh kurir?
Pastikan kapan waktu saat kamu melakukan konfirmasi Terima Orderan. Untuk mencegah terjadinya pembatalan secara otomatis, kamu dapat menghubungi pusat bantuan Tokopedia

Q: Apa yang saya lakukan jika barang saya sudah di-pick up oleh kurir, namun status masih belum berubah?
Apabila barang sudah di-pick up oleh kurir namun status belum berubah, seller dianjurkan untuk menghubungi pusat bantuan Tokopedia.

Q: Apakah saya bisa mengirimkan barang saya langsung kepada pembeli jika kurir belum melakukan pick up di toko saya?
Seller dilarang keras melakukan pengiriman langsung kepada pembeli. Berikut yang dapat kamu perhatikan jika kurir belum melakukan pick up di Toko kamu:

Pastikan kembali kapan waktu saat kamu melakukan konfirmasi Terima Pesanan.
Tokopedia tidak bertanggung jawab atas segala akibat kerugian yang timbul jika seller melakukan pengiriman sendiri menggunakan kurir pihak ketiga lainnya ataupun kurir toko sendiri.

Q: Bagaimana kalau buyer ingin melakukan pembatalan, sedangkan pesanan sudah saya terima?
Silakan sarankan buyer untuk menghubungi Tokopedia melalui Pusat Bantuan untuk mengajukan pembatalan.

Q: Apakah saya bisa mengirimkan barang saya langsung kepada pembeli jika kurir belum melakukan pick up di toko saya?
Apabila Pesanan Tukar Tambah dengan Kurir Laku6 Express: Seller dilarang keras melakukan pengiriman langsung kepada pembeli. Berikut yang dapat kamu perhatikan jika kurir belum melakukan pick up di Toko kamu:
  1. Pastikan kembali kapan waktu saat kamu melakukan konfirmasi Terima Pesanan.
  2. Tokopedia tidak bertanggung jawab atas segala akibat kerugian yang timbul jika seller melakukan pengiriman sendiri menggunakan kurir pihak ketiga lainnya ataupun kurir toko sendiri.

Apabila pesanan Tukar Tambah dengan Indomaret/Indo Paket, maka seller harus melakukan drop off di Indomaret terdekat dengan mencetak label pengiriman. Seller dilarang keras untuk mengirimkan melalui pilihan kurir lainnya.

Q: Apa yang terjadi jika transaksi Tukar Tambah batal?
Apabila terjadi pembatalan transaksi Tukar Tambah, maka gadget baru yang sudah di pick up atau di drop off oleh seller akan dikembalikan kepada alamat seller yang sudah terdaftar di Tokopedia.

Artikel Terkait

tokopedia
© 2009 - 2021, PT Tokopedia