Pencarian populer

Seputar Penjualan-icon

Seputar Penjualan

Lihat Semua Topik

Seputar Penjualan

Syarat dan Ketentuan Power Merchant dan Power Merchant PRO

Syarat dan Ketentuan Power Merchant dan Power Merchant PRO merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Tokopedia Penggunaan layanan Power Merchant dan Power Merchant PRO tunduk pada Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, dan Syarat dan Ketentuan yang tertulis di bawah ini. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban pengguna secara hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.tokopedia.com, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Tokopedia. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.tokopedia.com.
 
A. Definisi
  1. Tokopedia adalah PT Tokopedia dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.tokopedia.com,  yaitu situs pencarian toko dan Barang yang dijual oleh Penjual.
  2. Situs/Aplikasi adalah situs www.tokopedia.com milik Tokopedia yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau iOS.
  3. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan pembelian atas Barang yang dijual oleh Penjual di Situs/Aplikasi.
  4. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko serta melakukan penawaran dan/atau penjualan atas suatu Barang kepada para Pengguna melalui Situs/Aplikasi.
  5. Power Merchant adalah layanan pada Situs/Aplikasi Tokopedia yang memberikan kemudahan bagi Penjual untuk mengelola toko online dengan beragam fasilitas eksklusif yang disediakan oleh Tokopedia.
  6. Power Merchant PRO adalah perluasan layanan dari keanggotaan Power Merchant pada Situs/Aplikasi yang memberikan kelebihan-kelebihan dan kemudahan bagi Anggota Power Merchant PRO untuk meningkatkan pengelolaan toko online dengan beragam fasilitas eksklusif terdepan yang disediakan oleh Tokopedia.
  7. Anggota Power Merchant atau Anggota Power Merchant PRO adalah Penjual yang telah memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Tokopedia dan telah mengaktifkan dan tergabung dalam keanggotaan Power Merchant atau Power Merchant PRO.
  8. Anggota Power Merchant adalah Penjual yang telah mengaktifkan dan tergabung dalam keanggotaan Power Merchant.
  9. Transaksi Selesai adalah pada saat Pembeli sudah melakukan konfirmasi penerimaan Barang sehingga status transaksi dinyatakan selesai oleh Situs/Aplikasi.
  10. Biaya Layanan adalah biaya yang dibebankan kepada Anggota Power Merchant atas setiap Transaksi Selesai.
  11. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan ini dan setiap Syarat dan Ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
  12. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan untuk menggunakan Power Merchant.
 
B. Umum
  1. Anggota Power Merchant dan Anggota Power Merchant PRO dapat mengakses fitur-fitur Power Merchant dan Power Merchant PRO, termasuk namun tidak terbatas pada fasilitas eksklusif untuk mengelola toko online yang disediakan khusus oleh Tokopedia melalui Situs/Aplikasi dengan mengaktifkan layanan tersebut pada laman https://seller.tokopedia.com/edu/skema-keanggotaan-seller-tokopedia.
  2. Dengan mengaktifkan Power Merchant dan Power Merchant PRO, Penjual dianggap telah memahami dan akan mematuhi Syarat dan Ketentuan ini.
  3. Anggota Power Merchant dan Power Merchant PRO tidak dapat mengalihkan status keanggotaan yang melekat pada akunnya kepada akun lain.
  4. Tokopedia berwenang, tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Anggota Power Merchant dan Power Merchant PRO, untuk melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan, termasuk namun tidak terbatas pada menghentikan dan/atau mencabut layanan atau manfaat Power Merchant dan Power Merchant PRO, dan untuk menutup toko atau akun untuk sementara atau untuk selamanya, apabila Anggota Power Merchant terindikasi melakukan tindak kecurangan dan/atau pelanggaran Ketentuan Situs dan/atau ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia. Dengan demikian, Anggota Power Merchant dan Power Merchant PRO memahami dan menyetujui bahwa setiap kerugian yang timbul akibat dari tindakan tersebut di atas bukanlah tanggung jawab Tokopedia. 
  5. Tokopedia berwenang untuk mengubah layanan atau manfaat Power Merchant dan Power Merchant PRO tanpa pemberitahuan dan/atau persetujuan dari Anggota Power Merchant dan Power Merchant PRO.
  6. Syarat dan Ketentuan ini dapat diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu, Tokopedia menyarankan agar Pengguna membaca secara seksama dan memeriksa Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun, dengan mengakses Situs/Aplikasi Tokopedia, maka dianggap telah membaca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini.

C. Konten
  1. Anggota Power Merchant  dan Power Merchant PRO memahami dan menyetujui untuk bertanggung jawab penuh terhadap konten yang diunggah dan ditampilkan pada Situs/Aplikasi.
  2. Anggota Power Merchant dan Power Merchant PRO memahami dan menyetujui untuk melepaskan Tokopedia dari segala tuntutan ganti rugi dan menjaga Tokopedia (termasuk induk maupun anak perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk namun tidak terbatas pada biaya hukum yang wajar dan upaya hukum lainnya, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul, dalam hal konten yang diunggah dan ditampilkan Anggota Power Merchant dan Power Merchant PRO melanggar Ketentuan Situs, peraturan hukum yang berlaku, serta hak-hak pihak ketiga.
  3. Tokopedia menghormati hak-hak pemilik kekayaan intelektual dan menjaga kenyamanan transaksi jual-beli pada Situs/Aplikasi. Dalam hal terdapat laporan pelanggaran kekayaan intelektual, Tokopedia dapat atas kebijaksanaan mutlak mengambil tindakan tanpa memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anggota Power Merchant dan Power Merchant PRO berupa penghapusan konten.

D. Keterbatasan dan Perubahan Layanan
  1. Tokopedia akan memberikan upaya yang wajar dalam memberikan pelayanan dan operasional Power Merchant dan Power Merchant PRO.
  2. Tokopedia berwenang, secara berkala dan sewaktu-waktu, untuk mengubah atau menghentikan, untuk sementara atau permanen, sebagian atau seluruh fungsi dan fitur dari Power Merchant, dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya, untuk setiap gangguan, modifikasi, atau penghentian layanan Power Merchant dan Power Merchant PRO atau fungsi atau fitur daripadanya.
  3. Anggota Power Merchant dan Power Merchant PRO memahami, menyetujui, dan menerima bahwa Tokopedia tidak memiliki kewajiban untuk memelihara, mendukung, atau memperbarui layanan Power Merchant dan Power Merchant PRO, atau untuk menyediakan semua atau fitur tertentu pada layanan Power Merchant dan Power Merchant PRO.

E. Pembayaran dan Perhitungan Biaya Layanan Power Merchant
  1. Penjual yang telah mengaktifkan fitur Power Merchant atau Power Merchant PRO akan terdaftar menjadi Anggota Power Merchant atau Power Merchant PRO, dan akan dikenakan Biaya Layanan yang akan terpotong secara otomatis dari setiap Transaksi Selesai.
  2. Pemotongan Biaya Layanan akan berlaku sampai masa aktif Power Merchant atau Power Merchant PRO selesai.
  3. Penjual yang berstatus Power Merchant mulai tanggal 14 Juni 2021 akan dikenakan Biaya Layanan yang akan terpotong secara otomatis sebesar 1,25% (satu koma dua puluh lima persen) dari setiap harga produk dalam 1 (satu) kali transaksi.  Nilai Biaya Layanan sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10% (sepuluh persen).
  4. Penjual yang berstatus Power Merchant PRO mulai tanggal 14 Juni 2021 akan dikenakan Biaya Layanan yang akan terpotong secara otomatis sebesar 1,5% (satu koma lima persen) dari setiap harga produk dalam 1 (satu) kali transaksi. Nilai Biaya Layanan sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10% (sepuluh persen).
  5. Apabila Pembeli melakukan transaksi pembelian Barang yang dijual oleh Anggota Power Merchant atau Power Merchant PRO menggunakan promo yang disubsidi oleh Tokopedia, maka besaran Biaya Layanan yang akan dikenakan adalah harga awal (sebelum dikurangi potongan harga atau diskon).
  6. Apabila Pembeli melakukan transaksi pembelian Barang yang dijual oleh Anggota Power Merchant atau Power Merchant PRO menggunakan promo yang diberikan oleh Penjual Anggota Power Merchant dan Power Merchant PRO atas biayanya sendiri tanpa disubsidi oleh Tokopedia (dalam bentuk potongan harga atau cashback), maka besaran Biaya Layanan yang akan dikenakan adalah harga akhir (setelah dikurangi potongan harga atau cashback).
  7. Apabila terdapat lebih dari 1 (satu) Stock Keeping Unit dalam 1 (satu) transaksi, nilai promo akan dibagi secara proporsional untuk setiap Stock Keeping Unit berdasarkan harga produk.
  8. Hasil perhitungan laporan Biaya Layanan pada setiap transaksi yang dikenakan Biaya Layanan akan dikirimkan oleh Tokopedia melalui Riwayat Saldo kepada seluruh Anggota Power Merchant dan Power Merchant PRO setelah transaksi selesai.
  9. Apabila terdapat selisih antara perhitungan Biaya Layanan, maka nominal Biaya Layanan yang dianggap benar merupakan yang tertera di dalam Riwayat Saldo yang dikirimkan oleh Pihak Tokopedia.
  10. Transaksi penjualan yang akan dikenakan Biaya Layanan adalah semua transaksi penjualan dimana pembayaran pesanan dari Pembeli terverifikasi pada saat Penjual masih menjadi anggota Power Merchant atau Power Merchant PRO.
  11. Tokopedia berwenang untuk sewaktu-waktu mengubah Biaya Layanan Power Merchant dan/atau Power Merchant PRO maupun skema layanan Power Merchant dan/atau Power Merchant PRO dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  12. Anggota Power Merchant dan/atau Power Merchant PRO tidak dapat mengajukan pembatalan atau pengembalian dana atas pembayaran Biaya Layanan yang berhasil dilakukan pada sistem.
  13. Simulasi atas perhitungan Biaya Layanan dapat dilihat DISINI.

F. Penghentian dan Perpanjangan Power Merchant
  1. Power Merchant akan otomatis aktif selama 30 (tiga puluh) hari sejak tanggal diaktifkannya fitur Power Merchant oleh Penjual.
  2. Keanggotaan Power Merchant akan otomatis diperpanjang selama 30 (tiga puluh) hari berikutnya apabila Anggota Power Merchant tidak menonaktifkan keanggotaan Power Merchant.
  3. Penjual memahami dan menyetujui bahwa Tokopedia berdasarkan hasil penilaian performa toko dapat menonaktifkan status keanggotaan Power Merchant atau menurunkan status keanggotaan menjadi Reguler Merchant apabila dinilai tidak memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh Tokopedia dan Tokopedia akan secara otomatis mengaktifkan kembali status keanggotaan Power Merchant apabila performa toko Penjual sudah mencapai persyaratan yang ditentukan oleh Tokopedia.
  4. Penjual yang berstatus sebagai Power Merchant dapat menonaktifkan keanggotaan sebagai Power Merchant kapanpun. Namun pengakhiran keanggotaan baru akan berlaku efektif di hari pertama setelah masa aktif yang sedang berlangsung berakhir. 
    Contoh: Penjual A menjadi Power Merchant pada tanggal 1 Juli 2019 dan berlaku hingga 31 Juli 2019. Pada tanggal 15 Juli 2019, Penjual A menonaktifkan Power Merchant. Maka keanggotaan Power Merchant  akan efektif berakhir pada tanggal 31 Juli 2019.

G. Pengaktifan, Perpanjangan dan Penghentian Power Merchant PRO
  1. Power Merchant PRO akan otomatis aktif selama 30 (tiga puluh) hari sejak tanggal diaktifkannya fitur Power Merchant PRO oleh Penjual apabila memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Tokopedia yang dapat dilihat DISINI.
  2. Keanggotaan Power Merchant PRO akan otomatis diperpanjang selama 30 (tiga puluh) hari berikutnya apabila Anggota Power Merchant PRO tidak menonaktifkan keanggotaan Power Merchant dan/atau masih memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Tokopedia.
  3. Penjual memahami dan menyetujui bahwa Tokopedia berdasarkan hasil evaluasi skor performa toko mingguan dapat menonaktifkan sementara keanggotaan Power Merchant PRO dan menurunkan status keanggotaan menjadi Reguler Merchant apabila performa toko Penjual tidak memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh Tokopedia.
  4. Penjual memahami dan menyetujui bahwa berdasarkan evaluasi bulanan Tokopedia dapat menonaktifkan status Power Merchant PRO secara Permanen dan menurunkan  status keanggotaan menjadi Power Merchant atau Reguler Merchant.
  5. Status keanggotaan Power Merchant PRO yang dinonaktifkan sementara akan secara otomatis diaktifkan kembali oleh Tokopedia di periode minggu berikutnya setelah Penjual kembali memenuhi persyaratan evaluasi skor performa toko mingguan yang dapat dilihat DISINI. Status keanggotaan yang dinonaktifkan permanen dapat diaktifkan kembali secara manual apabila performa toko Penjual sudah mencapai persyaratan keanggotaan Power Merchant PRO.
  6. Penjual yang berstatus sebagai Power Merchant PRO dapat menonaktifkan keanggotaan sebagai Power Merchant PRO kapanpun. Namun pengakhiran keanggotaan baru akan berlaku efektif di hari pertama setelah masa aktif yang sedang berlangsung berakhir.
    Contoh: Penjual A menjadi Power Merchant pada tanggal 1 Juli 2019 dan berlaku hingga 31 Juli 2019. Pada tanggal 15 Juli 2019, Penjual A menonaktifkan Power Merchant. Maka keanggotaan Power Merchant  akan efektif berakhir pada tanggal 31 Juli 2019.
tokopedia
© 2009 - 2021, PT Tokopedia