Pencarian populer

Seputar Penjualan-icon

Seputar Penjualan

Lihat Semua Topik

Seputar Penjualan

Syarat dan Ketentuan Jaminan Belanja di Official Store

Syarat dan Ketentuan Jaminan Official Store merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Tokopedia. Penggunaan layanan Official Store tunduk pada Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, dan Syarat dan Ketentuan yang tertulis di bawah ini. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban pengguna secara hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.tokopedia.com, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Tokopedia. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.tokopedia.com.

A. Definisi
  1. Tokopedia adalah PT Tokopedia dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.tokopedia.com, yakni situs pencarian toko dan Barang yang dijual oleh penjual terdaftar.
  2. Situs/Aplikasi adalah situs www.tokopedia.com milik Tokopedia yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau iOS.
  3. Official Store merupakan ruang khusus yang disediakan bagi akun-akun Penjual atau Partner yang berdasarkan pengakuannya merupakan distributor atau pemegang hak merek/brand yang resmi dan sah untuk menjual produk mereka secara online melalui website Tokopedia.
  4. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Tokopedia, termasuk namun tidak terbatas pada Pembeli, Penjual maupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs/Aplikasi.
  5. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu barang kepada para Pengguna melalui Situs/Aplikasi.
  6. Partner adalah Penjual yang telah mendaftarkan tokonya di laman pendaftaran Official Store dan telah melalui kurasi oleh pihak Tokopedia.
  7. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan pembelian atas Barang yang dijual oleh Partner melalui Situs/Aplikasi.
  8. Jaminan Official Store adalah benefit tambahan untuk Pengguna atas transaksi pembelian pada toko Official Store berupa jaminan Pasti Ready, Pasti Ori, dan Garansi Tujuh Hari.
  9. Pasti Ready adalah jaminan ketersediaan Barang yang diberikan oleh Partner pada Official Store melalui Tokopedia terhadap proses pemesanan melalui toko Official Store, dimana kompensasi akan diberikan kepada Pengguna apabila Official Store melakukan pembatalan transaksi karena Barang tidak tersedia.
  10. Pasti Ori adalah jaminan keaslian Barang yang diberikan oleh Partner pada Official Store melalui Tokopedia terhadap Barang yang dibeli di toko Official Store, dimana kompensasi akan diberikan kepada Pengguna apabila Barang tersebut terbukti tidak asli.
  11. Garansi Tujuh Hari adalah jaminan pengembalian jika barang rusak atau tidak sesuai deskripsi.
  12. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan ini dan setiap Syarat dan Ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
  13. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan untuk menggunakan program Official Store.

B. Umum
  1. Jaminan Official Store hanya berlaku bagi Pengguna terdaftar di Situs/Aplikasi yang melakukan transaksi pembelian Barang melalui toko Official Store Partner.
  2. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa penyediaan Barang, pengiriman Barang dan pengelolaan toko Official Store tidak dilakukan oleh Tokopedia melainkan dilakukan oleh masing-masing toko Official Store.
  3. Pembeli hanya dapat mengajukan klaim/komplain melalui kanal dan prosedur yang telah disediakan pada Situs/Aplikasi.
  4. Pengguna memahami dan menyetujui untuk tunduk dan mengikuti proses dan keputusan atas klaim/komplain sebagaimana tertera DI SINI.
  5. Tokopedia berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada menarik subsidi atau cashback, membatalkan benefit Tokopoints, pencabutan Promo, membatalkan transaksi, menahan dana, serta hal-hal lainnya jika ditemukan adanya manipulasi, pelanggaran maupun pemanfaatan Promo untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran-pelanggaran Syarat dan Ketentuan Tokopedia dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.

C. Pasti Ready
  1. Pembeli akan mendapatkan uang kembali (refund) sebesar 100% dan kompensasi berupa voucher cashback maksimal Rp50.000 (lima puluh ribu Rupiah) dengan minimum belanja Rp50.000 (lima puluh ribu Rupiah) jika Pembeli gagal mendapatkan produk setelah pembayaran terverifikasi.
  2. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa Pembeli wajib memperhatikan deskripsi Produk dan/atau informasi yang diberikan Penjual kepada Pembeli melalui fitur Chat dan/atau fitur Diskusi pada aplikasi Tokopedia terkait ketentuan penjualan dan/atau jumlah ketersediaan Produk milik Penjual pada Situs/Aplikasi.
  3. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa voucher cashback Pasti Ready pada Situs/Aplikasi yang didapatkan oleh Pembeli dari 1 (satu) Toko adalah maksimal 1 (satu) kali dalam 1 (satu) bulan.
  4. Kompensasi hanya berlaku jika Pembeli tidak mendapatkan pesanan setelah pembayaran terverifikasi dengan alasan:
    • Partner menolak Pesanan;
    • Partner mengabaikan pesanan (tidak menerima pesanan hingga batas waktu);
    • Partner tidak memasukkan nomor resi yang valid hingga batas waktu.
  5. Kompensasi tidak berlaku jika Pembeli tidak melakukan Klaim pada voucher cashback dalam kurun waktu 10 (sepuluh) hari setelah transaksi dibatalkan oleh Partner melalui sistem Tokopedia.
  6. Kompensasi tidak berlaku jika Partner telah memasukkan nomor resi yang valid, termasuk apabila transaksi dibatalkan di Pusat Resolusi.
  7. Kompensasi tidak berlaku jika pembatalan pesanan terjadi atas permintaan Pembeli.
  8. Pembeli wajib mengikuti prosedur klaim kompensasi Pasti Ready.

D. Pasti Ori
  1. Pembeli akan mendapatkan uang kembali (refund) sebesar 100% dan kompensasi 200% dari harga barang dengan maksimal pengembalian senilai Rp. 20.000.000,- (dua puluh juta Rupiah) jika barang yang dibeli di toko Official Store terbukti tidak asli.
  2. Kompensasi hanya berlaku untuk Pembeli yang dapat membuktikan bahwa produk pesanannya tidak asli dengan melampirkan bukti-bukti.
  3. Maksimum klaim kompensasi Pasti Ori dalam periode satu tahun adalah 2 (dua) kali.
  4. Tokopedia berhak menolak pengajuan kompensasi jika bukti yang disertakan tidak jelas, tidak lengkap, atau barang terbukti asli setelah diverifikasi.
  5. Jika komplain disetujui, Pembeli akan mendapat refund 100% dari total harga barang, tidak termasuk ongkir dan biaya lainnya.
  6. Jika pengajuan klaim diverifikasi, kompensasi yang diberikan adalah sejumlah dana yang akan diberikan ke Saldo Refund senilai 2 (dua) kali harga produk yang dibayarkan dengan penggantian maksimal sebesar Rp 20.000.000 (dua puluh juta Rupiah).
  7. Pembeli akan mendapatkan uang kembali (refund) apabila Partner tidak memberikan tanggapan atas komplain Pembeli dalam kurun waktu 1x24 jam. Investigasi akan dilakukan untuk menentukan apakah Pembeli berhak atau tidak mendapatkan kompensasi selain refund.
  8. Pembeli wajib mengikuti prosedur klaim kompensasi Pasti Ori.

E. Garansi Tujuh Hari
  1. Pembeli dapat mengajukan pengembalian jika barang rusak atau tidak sesuai deskripsi. Garansi pengembalian ini berlaku 7 (tujuh) hari sejak Pembeli mengajukan komplain di Pusat Resolusi.
  2. Pembeli akan otomatis menggunakan layanan asuransi pengiriman tanpa dikenakan biaya tambahan.
  3. Syarat dan ketentuan selengkapnya mengenai layanan asuransi pengiriman dapat dibaca DISINI.
  4. Pembeli wajib mengikuti prosedur klaim Garansi Tujuh Hari.
tokopedia
© 2009 - 2021, PT Tokopedia