Pencarian populer

Komplain Pesanan-icon

Komplain Pesanan

Lihat Semua Topik

Komplain Pesanan

Pertanyaan Seputar Pusat Resolusi Terkait Penjual

  1. Apa yang baru dari Pusat Resolusi?
    Jawab:
     Tokopedia menghadirkan pengalaman penyelesaian komplain baru melalui Pusat Resolusi versi terbarunya. Pembeli dan penjual dapat cek langsung perkembangan komplain tanpa harus menunggu maupun menekan tombol bantuan admin. Update bisa langsung Anda cek pada kolom atas halaman komplain seperti berikut:
    User-added image

  2. Kenapa ada perubahan flow penanganan di resolusi?

    Jawab: Perubahan flow penanganan pusat resolusi diupayakan untuk mempermudah proses komplain, seperti Toppers tidak perlu lagi menunggu admin untuk mengetahui respon/jawaban penjual dan pembeli.
     

  3. Mengapa tombol "Minta Bantuan" tidak muncul? 

    Jawab: Hal ini dikarenakan kendala Anda secara otomatis akan ditangani tim Tokopedia Care dalam 2x24 jam, sejak komplai Anda tidak menemui kesepakatan (ditolak) dengan penjual.
     

  4. Apakah saya masih bisa berdiskusi dengan penjual?

    Jawab: Tentu, Anda masih bisa berdiskusi dengan penjual untuk mencapai kesepakatan solusi. 
     

  5. Mengapa saya tidak bisa pilih solusi saat ajukan komplain?  

    Jawab: Tidak perlu khawatir, saat pusat resolusi mengetahui pilihan masalah yang Anda pilih sistem komplain akan langsung bantu pilihkan solusi terbaik untuk penjual maupun pembeli.
     

  6. Bagaimana jika solusi yang dipilihkan saya ingin ganti (ubah solusi)? 

    Jawab: Jika Anda sebagai penjual ingin mengubah solusi pada saat pertama kali terima komplain, maka Anda bisa klik Pilih Solusi dan memilih salah satu solusi yang tersedia.
    Kami sarankan untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan pembeli atas solusi yang dapat disanggupi. Diskusi dapat diupayakan sebelum countdown pada tampilan halaman komplain seller berakhir.

    Jika Anda sebagai pembeli, ubah solusi saat ini hanya tersedia untuk kendala produk tidak sesuai dan rusak pada saat pembuatan komplain dilakukan.
     

  7. Saya komplain beberapa produk dengan masing-masing masalah. Mengapa tiket komplain saya menjadi banyak? 

    Jawab: Agar komplain yang sudah dibuat dapat terfokus pada produk-produk yang berkendala saja, sehingga produk yang tidak berkendala dapat diteruskan ke penjual.
     

  8. Bagaimana cara menanggapi komplain pembeli? 

    Jawab: Penjual dapat respon komplain pembeli dengan tekan Pilih solusi jika detail komplain dan solusi yang diajukan pembeli dapat diterima. Lalu tekan Tolak pengajuan jika komplain maupun solusi yang diajukan pembeli tidak dapat disetujui.

    Catatan: Tombol tolak pengajuan tidak tersedia pada komplain pesanan belum diterima. Anda bisa konfirmasikan pengiriman paket dengan infokan nomor resi dengan menekan tombol Pilih solusi kemudian pilih Minta Tokopedia Investigasi Kiriman.
     

  9. Mengapa saya tidak bisa ajukan solusi pengembalian dana (refund)? 

    Jawab: Jika Anda mengalami kendala atas produk yang diterima, Anda bisa upayakan retur-refund. Saat ini pengembalian dana hanya terdapat pada kendala perbedaan ongkos kirim.
     

  10. Jaminan apa yang bisa Pusat Resolusi berikan jika barang returnya berkendala? 

    Jawab: Tidak perlu khawatir, jika barang retur yang diterima berkendala, penjual dapat konfirmasikan kendala yang dihadapi dengan tekan tombol Lainnya. Informasikan kendala barang retur secara detail, berikut dengan dokumentasi yang diberikan akan membantu admin dalam melakukan investigasi dan penyelesaian komplain.
     

  11. Mengapa muncul countdown pada tampilan pusat resolusi saya? 

    Jawab: Jika countdown muncul pada halaman pusat resolusi Anda, maka Anda bisa cek kolom status atau kolom pesan dari admin. Berikut kondisinya:
    Kolom pesan dari admin: Jika terdapat konfirmasi dari admin, Anda bisa lengkapi apa yang admin ajukan sebelum countdown berakhir
    Kolom status: Jika countdown muncul dikarenakan adanya arahan untuk Anda, maka Anda harus memberikan action komplain dengan memilih salah satu tombol yang tersedia pada halaman komplain Anda.
    User-added image
     

  12. Bagaimana cara melihat komplain lebih dari satu barang dan satu kendala? 

    Jawab: Anda bisa lihat keseluruhan update atas komplain Anda melalui halaman komplain Saya.
     

  13. Mengapa komplain saya tertutup? 

    Jawab: Hal ini bisa terjadi karena beberapa sebab berikut; tidak merespon komplain, tidak memenuhi permintaan admin, admin telah memberi solusi, atau pembeli membatalkan komplain.
     

  14. Mengapa ongkir saya tidak dikembalikan (cashless courier)? 

    Jawab: Ongkir tidak dapat dikembalikan untuk transaksi yang sudah terjadi proses kirim.
     

  15. Komplain sudah selesai, namun mengapa dana belum saya terima? 

    Jawab: Tidak perlu khawatir, Anda bisa pastikan terlebih dahulu apakah terdapat komplain lain atas invoice yang sama pada halaman komplain Anda. Jika terdapat komplain lain yang masih berjalan, Anda bisa tunggu terlebih
    dahulu keseluruhan komplain pada invoice tersebut selesai.
     

  16. Saya setuju dengan proses retur tukar barang yang berkendala dengan pembeli, apakah ongkir saya akan diganti?

    Jawab: Tidak perlu khawatir, melalui pusat resolusi yang baru kini Anda bisa ajukan refund ongkir pengembalian barang yang sudah Anda keluarkan saat mengirimkan barang ke pembeli atas kendala produk tidak sesuai. Cek syarat dan ketentuan selengkapnya disini dan ketahui juga cara pengajuannya disini.

tokopedia
© 2009 - 2021, PT Tokopedia