Pencarian populer

Seputar Penjualan-icon

Seputar Penjualan

Lihat Semua Topik

Seputar Penjualan

Syarat dan Ketentuan Langsung Laku

Syarat dan Ketentuan Langsung Laku merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Tokopedia. Penggunaan fitur Langsung Laku tunduk pada Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, dan Syarat dan Ketentuan yang tertulis di bawah ini. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban pengguna secara hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.tokopedia.com, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Tokopedia. Jika Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.tokopedia.com.

A.  Definisi
  1. Tokopedia adalah PT Tokopedia dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.tokopedia.com, yakni situs pencarian toko dan produk yang dijual oleh Penjual.
  2. Situs/Aplikasi adalah situs www.tokopedia.com milik Tokopedia yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau iOS.
  3. Mitra adalah PT Laku6 Online Indonesia, suatu perseroan terbatas yang bekerjasama dengan Tokopedia untuk menyediakan layanan Langsung Laku pada Situs/Aplikasi.
  4. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Tokopedia, termasuk namun tidak terbatas pada Pembeli, Penjual maupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs/Aplikasi.
  5. Ponsel Bekas adalah barang berupa telepon genggam dengan kondisi sudah digunakan yang dimiliki oleh Pengguna yang akan dijual melalui fitur Langsung Laku.
  6. Kurir adalah jasa pengiriman Barang yang disediakan bagi Pengguna pada Situs/Aplikasi.
  7. Biaya Pengiriman adalah seluruh biaya yang harus dibayar oleh Pengguna untuk proses penjemputan Ponsel Bekas oleh Kurir.
  8. Langsung Laku adalah fitur yang disediakan pada Situs/Aplikasi untuk memungkinkan Pengguna melakukan transaksi penjualan Ponsel Bekas.
  9. Transaksi Selesai adalah pada saat Pengguna sudah melakukan penyerahan Ponsel Bekas dan status transaksi dinyatakan selesai oleh Situs/Aplikasi.
  10. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan ini dan setiap syarat dan ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
  11. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan untuk penggunaan fitur Langsung Laku.
B.  Umum
  1. Langsung Laku hanya bisa digunakan oleh Pengguna yang terdaftar pada Situs/Aplikasi.
  2. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa fitur Langsung Laku disediakan oleh Mitra dan Tokopedia tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang diakibatkan oleh kelalaian Mitra.
  3. Tokopedia tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna
  4. Pengguna yang dapat menggunakan fitur Langsung Laku adalah Pengguna yang berdomisili di wilayah sebagaimana yang disebutkan pada FAQ Langsung Laku.
  5. Tokopedia berwenang untuk melakukan (i) pembatalan transaksi; (ii) pembatalan manfaat promo; (iii) pengembalian dana; (iv) pengenaan penalti/denda; serta (v) penutupan akun Pengguna tanpa pemberitahuan sebelumnya, untuk sementara atau untuk selamanya, dalam hal diduga dan/atau terdapat kegiatan Pengguna yang melanggar ketentuan hukum dan/atau Ketentuan Situs.
  6. Syarat dan Ketentuan ini dapat diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu, Tokopedia menyarankan agar Pengguna membaca secara seksama dan memeriksa Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun, dengan mengakses Situs/Aplikasi, maka dianggap telah membaca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini.
C. Verifikasi 
  1. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa dengan menggunakan fitur Langsung Laku, Pengguna wajib mengikuti semua prosedur yang terdapat dalam fitur Langsung Laku tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada mencantumkan nomor IMEI pada Ponsel Bekas dan menjalankan tes diagnosa pada Ponsel Bekas.
  2. Pengguna memahami dan menyetujui untuk memberikan informasi atau data yang valid. Apabila ditemukan bahwa data-data yang disampaikan oleh Pengguna tidak valid, maka segala kerugian yang timbul bukanlah tanggung jawab Tokopedia. 
  3. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa guna mematuhi Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2019 tentang Pengendalian Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi Yang Tersambung Ke Jaringan Bergerak Seluler Melalui Identifikasi International Mobile Equipment Identity (IMEI), Mitra berhak untuk menolak transaksi Langsung Laku apabila IMEI yang tercantum pada Ponsel Bekas tidak terdaftar dalam database pemerintah Republik Indonesia. 
  4. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Tokopedia berhak meneruskan data-data yang diberikan oleh Pengguna pada tahapan verifikasi kepada Mitra.
D. Pembayaran
  1. Pengguna yang telah melakukan verifikasi pada Ponsel Bekas akan diberikan harga taksiran akhir oleh Mitra untuk disetujui oleh Pengguna.
  2. Pengguna akan menanggung Biaya Pengiriman Ponsel Bekas oleh Kurir yang akan ditampilkan pada halaman pembayaran di Situs/Aplikasi.
  3. Pengguna akan mendapatkan pembayaran sebesar harga taksiran akhir yang ditampilkan pada halaman pembayaran di Situs/Aplikasi melalui Saldo Penghasilan setelah Transaksi Selesai.
E. Pengiriman & Penukaran
  1. Pengguna wajib mengikuti alur metode pengiriman sebagaimana yang disebutkan pada FAQ Langsung Laku.
  2. Pengguna dengan ini menyetujui bahwa Pengguna akan tetap dikenakan biaya pengiriman apabila terjadi pembatalan transaksi setelah dilakukannya pengiriman dengan alasan:
    1. Pengguna menolak menyerahkan Ponsel Lama kepada Kurir;
    2. Terdapat perbedaan antara IMEI Ponsel Lama yang didaftarkan Pengguna pada Situs/Aplikasi dengan IMEI Ponsel Lama yang diserahkan kepada Kurir; atau
    3. Pengguna tidak ada di tempat dan waktu yang sudah ditentukan oleh Pengguna dan disepakati oleh Kurir.
  3. Pengguna bertanggung jawab atas Ponsel Bekas miliknya, termasuk namun tidak terbatas pada kesesuaian unit dengan data verifikasi, keutuhan unit ponsel serta data pribadi Pengguna yang melekat pada Ponsel Bekas tersebut. Tokopedia tidak bertanggung jawab atas Ponsel Bekas milik Pengguna, termasuk seluruh informasi dan data milik Pengguna pada Ponsel Bekas.
F. Penggunaan Data
  1. Dengan menggunakan fitur Langsung Laku, Pengguna memberi wewenang kepada Tokopedia untuk menyimpan informasi miliknya dan/atau data terkait penggunaan fitur Langsung Laku dalam sistem Tokopedia.
  2. Tokopedia memiliki kewenangan untuk menolak atau menghapus secara sebagian maupun keseluruhan dari profil Pengguna dan data yang relevan yang dianggap melanggar Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Situs Tokopedia, dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara republik Indonesia.
  3. Penggunaan data Pengguna sehubungan dengan fitur Langsung Laku akan tunduk pada Kebijakan Privasi Tokopedia.
tokopedia
© 2009 - 2021, PT Tokopedia