Pencarian populer

Pembayaran-icon

Pembayaran

Lihat Semua Topik

Pembayaran

Syarat dan Ketentuan Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Syarat dan Ketentuan Cicilan Tanpa Kartu Kredit merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Tokopedia. Penggunaan metode pembayaran Cicilan Tanpa Kartu Kredit tunduk pada Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, & Syarat dan Ketentuan yang tertulis di bawah ini. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna secara hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.tokopedia.com, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Tokopedia. Jika Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.tokopedia.com.

A. Definisi
  1. Tokopedia adalah PT Tokopedia dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.tokopedia.com, yakni situs pencarian toko dan Barang yang dijual oleh penjual terdaftar.
  2. Situs/Aplikasi adalah situs www.tokopedia.com milik Tokopedia yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau iOS.
  3. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Tokopedia, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, penjual ataupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs Tokopedia.
  4. Barang adalah benda yang berwujud/memiliki fisik Barang yang dapat diantar/memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Barang.
  5. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas Barang yang dijual oleh Penjual di Situs Tokopedia.
  6. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu Barang kepada para Pengguna Situs Tokopedia.
  7. Cicilan Tanpa Kartu Kredit adalah metode pembayaran yang memungkinkan Pembeli untuk melakukan pembayaran secara cicilan tanpa kartu kredit dari transaksi yang dilakukan melalui Situs/Aplikasi menggunakan fasilitas yang disediakan Partner.
  8. Partner adalah perusahaan yang menyediakan metode pembayaran Cicilan Tanpa Kartu Kredit melalui Situs/Aplikasi.
  9. Kredivo adalah PT FinAccel Teknologi, Partner Tokopedia untuk menyediakan metode pembayaran cicilan tanpa kartu kredit pada Situs/Aplikasi.
  10. Cicilan Kredivo adalah metode pembayaran yang diterbitkan dan dikelola oleh Kredivo yang ditujukan bagi Pengguna yang belum memiliki kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan pembayaran transaksi online tanpa kehadiran fisik kartu kredit.
  11. Home Credit adalah PT Home Credit Indonesia, Partner Tokopedia untuk menyediakan metode pembayaran cicilan tanpa kartu kredit pada Situs/Aplikasi.
  12. Cicilan Home Credit adalah metode pembayaran yang diterbitkan dan dikelola oleh Home Credit yang ditujukan bagi Pengguna yang yang belum memiliki kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan pembayaran transaksi online tanpa kehadiran fisik kartu kredit.
  13. BRI adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Partner Tokopedia untuk menyediakan metode pembayaran cicilan tanpa kartu kredit pada Situs/Aplikasi.
  14. BRI CERIA adalah metode pembayaran yang diterbitkan dan dikelola oleh BRI yang ditujukan bagi Pengguna yang belum memiliki kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan pembayaran transaksi online tanpa kehadiran fisik kartu kredit.
  15. Indodana adalah PT Artha Dana Teknologi, Partner Tokopedia untuk menyediakan metode pembayaran cicilan tanpa kartu kredit pada Situs/Aplikasi.
  16. Cicilan Indodana adalah metode pembayaran yang diterbitkan dan dikelola oleh Indodana yang ditujukan bagi Pengguna yang belum memiliki kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan pembayaran transaksi online tanpa kehadiran fisik kartu kredit.
  17. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan ini dan setiap Syarat dan Ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
  18. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan untuk menggunakan Cicilan Tanpa Kartu Kredit.

B. Umum
  1. Cicilan Tanpa Kartu Kredit hanya dapat digunakan oleh Pembeli yang terdaftar sebagai Pengguna Tokopedia.
  2. Dengan menggunakan Cicilan Tanpa Kartu Kredit, Pengguna memberikan wewenang kepada Tokopedia untuk memberikan informasi yang tertera di form aplikasi, atau informasi lainnya jika diminta, kepada Partner.
  3. Dengan menggunakan Cicilan Tanpa Kartu Kredit, Pengguna setuju untuk mengikuti setiap proses selama pengajuan pinjaman sesuai dengan sistem dan alur yang ditentukan oleh Tokopedia dan Partner, serta setuju untuk menghormati keputusan dari Partner.
  4. Dengan menggunakan Cicilan Tanpa Kartu Kredit, Pengguna dianggap telah menyetujui dan mematuhi Syarat dan Ketentuan ini dan Ketentuan Situs serta syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Partner.
  5. Dalam pengajuan Cicilan Tanpa Kartu Kredit, Partner dapat mengenakan biaya tambahan terhadap Pengguna.
  6. Pengguna memberikan wewenang kepada Partner untuk memberikan informasi kepada Tokopedia mengenai status cicilan serta status pembayaran cicilan setiap bulannya selama masa pinjaman berlangsung.
  7. Tokopedia berhak tanpa pemberitahuan sebelumnya untuk melakukan segala tindakan yang diperlukan apabila diduga adanya tindakan kecurangan dari Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada pembatasan metode pembayaran yang dapat dipilih oleh Pengguna.

C. Cicilan Kredivo
  1. Pengguna yang dapat menggunakan Cicilan Kredivo apabila:
    • Sudah memiliki akun terdaftar Kredivo.
    • Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
    • Berusia 18 - 60 tahun.
    • Berdomisili di JABODETABEK, Kota Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Denpasar, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar dan
    • Memiliki minimum pendapatan sebesar Rp 3.000.000,- (tiga juta Rupiah) per bulan.
  2. Metode pembayaran dengan Kredivo tidak dikenakan uang muka dan hanya berlaku untuk minimal transaksi sebesar Rp 10.000 (sepuluh ribu Rupiah) dan maksimum total transaksi sebesar Rp 30.000.000 (tiga puluh juta Rupiah).
  3. Pembeli yang telah memilih metode pembayaran dengan Kredivo dapat melakukan pembatalan dan/atau refund sesuai dengan kebijakan Tokopedia melalui Pusat Resolusi, dan jika Tokopedia menyetujui pembatalan dan/atau refund tersebut, maka akan menerima batas kredit secara real time yang dikembalikan ke akun Kredivo Pengguna.
  4. Pembeli yang memilih metode pembayaran dengan Kredivo untuk tenor waktu 3 (tiga), 6 (enam), dan 12 (dua belas) bulan dengan minimal total transaksi Rp 500.000 (liam ratus ribu Rupiah) akan dikenakan bunga sebesar 2,6% (dua koma enam persen) per bulan oleh Kredivo.
  5. Pembeli yang memilih metode pembayaran dengan Kredivo untuk jangka waktu 30 (tiga puluh) hari dengan nilai minimum Rp 10.000 (sepuluh ribu Rupiah) dan maksimum transaksi sebesar Rp 3.000.000 (tiga juta Rupiah) akan dikenakan bunga sebesar 0% (nol persen) per bulan oleh Kredivo.
  6. Pembeli yang memilih metode pembayaran dengan Kredivo untuk tenor waktu 3 (tiga), 6 (enam), dan 12 (dua belas) bulan akan dikenakan biaya layanan sebesar 1,5% (satu koma lima persen) untuk setiap transaksi oleh Kredivo.
  7. Pembeli yang memilih metode pembayaran dengan Kredivo untuk jangka waktu 30 (tiga puluh) hari akan dikenakan biaya layanan sebesar 2% (dua persen) dan biaya tambahan yang dikenakan oleh Kredivo sebesar 1% (satu persen) atau minimal Rp1000,- (seribu Rupiah) untuk setiap transaksi.
  8. Untuk mempermudah Pengguna dalam menggunakan layanan pembayaran menggunakan Kredivo, Pengguna dapat mengajukan permohonan pendaftaran anggota Kredivo melalui Situs/Aplikasi Tokopedia. Dengan memperhatikan syarat-syarat sebagai berikut:
    • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI);
    • Berusia antara 18 (delapan belas) sampai 60 (enam puluh) tahun;
    • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon; dan
    • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 (tiga juta Rupiah) per bulan.
  9. Pengguna dapat melakukan pengajuan permohonan pendaftaran anggota kredivo melalui Tokopedia, dengan cara mengisi informasi sebagai berikut:
    • Foto KTP;
    • Swafoto User dengan KTP;
    • Nama Lengkap;
    • Nomor Ponsel;
    • Email;
    • Nama Ibu Kandung;
    • Pendidikan Terakhir;
    • Status Pernikahan;
    • Jumlah Anak;
    • Status Kepegawaian;
    • Total Pengalaman Kerja;
    • Gaji Bulanan;
    • Alamat;
    • Kode Pos; dan
    • Detail Lokasi.
  10. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa pengajuan pendaftaran anggota Kredivo pada Situs/Aplikasi Tokopedia akan menerima  pemberitahuan melalui pesan singkat ke nomor handphone atau e-mail yang terdaftar pada Tokopedia, bahwa Kredivo akan menerima atau menolak pengajuan pendaftaran anggota Kredivo dalam waktu 1x24 jam, namun jika pengajuan pendaftaran Anggota Kredivo tersebut ditolak, Pengguna bisa melakukan pengajuan kembali setelah 3 (tiga) bulan.
  11. Dengan melakukan pengajuan pendaftaran anggota kredivo melalui Situs Tokopedia, Pengguna telah setuju dan tunduk pada syarat dan ketentuan sebagaimana yang diatur oleh Tokopedia dan/atau Kredivo, serta Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Tokopedia berhak untuk menggunakan dan/atau menyerahkan segala dokumen atau informasi pribadi Pengguna untuk keperluan pengajuan pendaftaran kepada Kredivo, terbatas hanya untuk kepentingan pengajuan pendaftaran anggota kredivo.
  12. Pengguna memahami dan menyetujui  bahwa Kredivo akan menghubungi Pengguna melalui sarana komunikasi milik Kredivo terbatas untuk kepentingan pengajuan pendaftaran anggota Kredivo. 
  13. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Tokopedia hanya bertindak sebagai platform yang menyediakan pengajuan pendaftaran anggota Kredivo, keputusan untuk menerima atau menolak pengajuan pendaftaran anggota Kredivo merupakan sepenuhnya kewenangan dari Kredivo.
  14. Pengguna yang telah terdaftar menjadi anggota Kredivo dapat menggunakan Kredivo sebagai metode pembayaran pada Situs/Aplikasi Tokopedia dan/atau platform digital lainnya.

D. Cicilan Home Credit
  1. Pengguna yang dapat menggunakan Cicilan Home Credit adalah:
    • Warga Negara Indonesia dan memiliki KTP;
    • Berumur minimum 21 tahun atau 19 tahun bila sudah menikah;
    • Bertempat tinggal di area layanan Home Credit;
    • Memiliki penghasilan tetap; dan
    • Memiliki telepon genggam yang bisa digunakan untuk melakukan swafoto atau selfie.
  2. Cicilan Home Credit dapat digunakan sebagai metode pembayaran untuk transaksi melalui Situs/Aplikasi, kecuali untuk produk sebagai berikut:
    • Produk Digital; dan
    • Produk Keuangan.
  3. Minimum transaksi pembelian menggunakan Cicilan Home Credit adalah Rp 500.000 (lima ratus ribu Rupiah) dalam 1 (satu) kali transaksi/checkout.
  4. Maksimum transaksi pembelian menggunakan Cicilan Home Credit adalah Rp10.000.000 (sepuluh juta Rupiah) dalam 1 (satu) kali transaksi/checkout.
  5. Hasil pengajuan Cicilan Home Credit akan disampaikan dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam setelah pengajuan diterima oleh Home Credit.
  6. Pengguna akan menghormati kewenangan Home Credit untuk memutuskan persetujuan atau penolakan pengajuan aplikasi pembiayaan Cicilan Home Credit.
  7. Pengguna yang disetujui pengajuannya akan menerima SMS berisi alamat tautan (link) untuk melakukan tanda tangan perjanjian pembiayaan multiguna yang disediakan oleh Home Credit secara elektronik.
  8. Home Credit akan mengenakan biaya admin sebesar Rp99.000 (sembilan puluh sembilan ribu Rupiah)  untuk setiap pengajuan yang disetujui yang wajib dibayarkan oleh Pengguna.
  9. Home Credit akan mengenakan biaya cicilan sebesar Rp8.000 (delapan ribu Rupiah) per bulan kepada Pengguna.
  10. Home Credit akan mengenakan biaya bunga sebesar 2,99% (dua koma sembilan puluh sembilan persen) dari nilai pembiayaan per bulan kepada Pengguna.
  11. Apabila dalam waktu 14 (empat belas) hari kalender setelah tanggal transaksi terjadi pembatalan transaksi, maka Home Credit akan membuat perjanjian pembiayaan multiguna yang baru.
  12. Perjanjian pembiayaan multiguna yang baru tersebut akan memiliki jumlah pembiayaan dan angsuran bulanan yang telah disesuaikan dengan nominal transaksi setelah adanya pembatalan.
  13. Pengguna wajib menandatangani secara elektronik perjanjian pembiayaan multiguna yang baru melalui link yang dikirimkan oleh Home Credit. Setelah perjanjian pembiayaan multiguna yang baru ditandatangani secara elektronik, perjanjian pembiayaan multiguna yang lama akan dibatalkan.
  14. Apabila Pengguna belum menandatangani perjanjian pembiayaan multiguna yang baru dalam waktu 7 (tujuh) hari kalender sejak perjanjian diterima, maka perjanjian pembiayaan multiguna yang lama akan mengikat Pengguna sepenuhnya. Home Credit akan mengirimkan sisa pembiayaan senilai transaksi yang dibatalkan ke rekening Pengguna yang terdaftar di Home Credit.
  15. Dalam kondisi ini, Pengguna wajib menyampaikan bukti penggunaan pembiayaan (kwitansi) kepada Home Credit dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalender sejak perjanjian pembiayaan multiguna ditandatangani.
  16. Pengguna wajib melakukan pembayaran angsuran bulanan kepada Home Credit secara tepat waktu sesuai dengan jumlah dan prosedur yang tercantum dalam perjanjian pembiayaan multiguna yang ditandatangani oleh Home Credit dan Pengguna, guna menghindari denda keterlambatan pembayaran angsuran bulanan.
  17. Pembayaran angsuran dapat dilakukan melalui Situs/Aplikasi Tokopedia maupun melalui kanal pembayaran lain yang ditunjuk oleh Home Credit. Informasi lebih lanjut terkait dengan cara dan/atau saluran pembayaran angsuran Home Credit melalui Situs/Aplikasi Tokopedia dapat dilihat dalam laman Pembayaran Angsuran Home Credit.
  18. Jika pada saat jatuh tempo pembayaran angsuran, barang belum diterima oleh Pengguna dan/atau masih dalam Pusat Resolusi Tokopedia, Pengguna tetap memiliki kewajiban untuk melakukan pembayaran angsuran kepada Home Credit sesuai dengan ketentuan dalam perjanjian pembiayaan multiguna.
  19. Ketentuan lebih lanjut mengenai pengajuan Cicilan Home Credit dapat dilihat di perjanjian pembiayaan multiguna antara Pengguna Dengan Home Credit.
  20. Pengguna menyetujui dan secara sukarela memberikan wewenang serta kuasa penuh kepada Tokopedia untuk memberikan, meneruskan, mentransfer, mengungkapkan informasi, data pribadi dan/atau data relevan lainnya yang terdapat pada laman formulir pengajuan Cicilan Home Credit dalam Situs/Aplikasi kepada Home Credit sehubungan dengan pembiayaan multiguna yang diajukan oleh Pengguna kepada Home Credit.

E.   BRI CERIA
  1. Pengguna yang dapat menggunakan BRI CERIA adalah Pengguna yang juga terdaftar sebagai nasabah Bank BRI dan telah memiliki akun BRI CERIA.
  2. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa proses pengajuan, penerimaan, dan penolakan pembayaran menggunakan BRI CERIA merupakan kewenangan BRI.
  3. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa BRI berhak untuk melakukan penangguhan, pembatalan, atau koreksi pembayaran kepada Pengguna apabila ditemukan indikasi kecurangan, penyalahgunaan, maupun pelanggaran syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh BRI.
  4. BRI menyediakan plafond BRI CERIA yang akan ditentukan berdasarkan kebijakan dan persyaratan yang ditentukan oleh BRI, dimana minimum nominalnya adalah sebesar Rp 500.000,- (lima ratus ribu Rupiah) dan maksimal nominalnya adalah sebesar Rp 20.000.000,- (dua puluh juta Rupiah).
  5. Pembeli yang memilih layanan BRI CERIA akan dikenakan bunga sebesar 2,25% (dua koma dua puluh lima persen) per bulan dari pokok angsuran yang belum terbayar dan biaya layanan sebesar 1,5% (satu koma lima persen) per transaksi.
  6. Apabila terjadi keterlambatan pembayaran angsuran, maka Pengguna akan dikenakan Biaya Keterlambatan sebesar 3% (tiga persen) dari pokok angsuran yang belum terbayar pada bulan itu, atau maksimal sebesar Rp 150.000,- (seratus lima puluh ribu Rupiah).
  7. Apabila Pembeli mengajukan pembatalan dan/atau refund atas transaksi pembelian, baik itu sebagian maupun seluruhnya, maka atas nominal transaksi pembelian yang diajukan pembatalan dan/atau refund tersebut akan dikembalikan ke limit BRI Ceria Pembeli disertai adanya pemberitahuan kepada Pembeli.
  8. BRI CERIA dapat digunakan sebagai metode pembayaran untuk transaksi melalui Situs/Aplikasi, kecuali untuk produk sebagai berikut:
    • Produk Digital, hanya terbatas pada Top up OVO/e-money, pembayaran PBB, pembayaran BPJS, pembayaran Angsuran Kredit, pembayaran Tagihan Kartu Kredit, pembayaran Retribusi, Zakat, dan Donasi; dan
    • Produk Keuangan, hanya terbatas pada Reksa Dana, Tokopedia Emas, dan Asuransi.

F. Indodana
  1. Pengguna yang dapat menggunakan Cicilan Indodana adalah:
    • Memiliki kewarganegaraan Indonesia dan memiliki KTP.
    • Berusia 21-50 tahun.
    • Memiliki pendapatan minimum Rp. 3.000.000 per bulan.
    • Berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Cimahi, Karawang, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Denpasar, Batam, Palembang, dan Pontianak.
  2. Metode pembayaran dengan Indodana hanya berlaku untuk minimal transaksi sebesar  Rp 10.000,- (sepuluh ribu Rupiah) dan maksimum total transaksi sebesar Rp 25.000.000,- (dua puluh lima juta Rupiah).
  3. Pengguna dapat melakukan pengajuan permohonan pendaftaran anggota Indodana melalui aplikasi Indodana dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Isi form pengajuan aplikasi Indodana PayLater dan submit dokumen pelengkap yang dibutuhkan (KTP dan Selfie).
    • Tunggu notifikasi dari Indodana terkait pengajuan aplikasi, apakah aplikasi akan disetujui atau ditolak maksimal 1x24 jam.
  4. Indodana akan mengenakan biaya admin sebesar 1% dan biaya layanan tambahan sebesar 2% untuk setiap transaksi.
  5. Pengguna yang memilih metode pembayaran dengan Indodana untuk jangka waktu 30 (tiga puluh) hari tidak akan dikenakan biaya bunga.
  6. Pengguna yang memilih metode pembayaran dengan Indodana untuk jangka waktu 3 (tiga) hingga 12 (dua belas) bulan akan dikenakan bunga sebesar 3% (tiga persen) per bulan.
  7. Apabila Pembeli mengajukan pembatalan dan/atau refund atas transaksi pembelian, baik itu sebagian maupun seluruhnya, maka atas nominal transaksi pembelian yang diajukan pembatalan dan/atau refund tersebut akan dikembalikan ke limit Indodana Pembeli disertai adanya pemberitahuan kepada Pembeli.
  8. Jika pengembalian Kredit Limit melebihi jumlah pemakaian yang ada, sisa kelebihan pengembalian Kredit Limit tersebut akan dikembalikan ke Rekening Pengguna oleh pihak Indodana.
  9. Pengguna wajib melakukan pembayaran angsuran bulanan kepada Indodana secara tepat waktu guna menghindari denda keterlambatan pembayaran angsuran bulanan.
  10. Jika pada saat jatuh tempo pembayaran angsuran, barang belum diterima oleh Pengguna dan/atau masih dalam Pusat Resolusi Tokopedia, Pengguna tetap memiliki kewajiban untuk melakukan pembayaran angsuran kepada Indodana.
  11. Pengguna menyetujui dan secara sukarela memberikan wewenang serta kuasa penuh kepada Tokopedia untuk memberikan, meneruskan, mentransfer, mengungkapkan informasi, data pribadi dan/atau data relevan lainnya sehubungan dengan pembiayaan multiguna yang diajukan oleh Pengguna kepada Indodana.

Artikel Terkait

tokopedia
© 2009 - 2021, PT Tokopedia