Pencarian populer

Pinjaman Online-icon

Pinjaman Online

Lihat Semua Topik

Pinjaman Online

Syarat dan Ketentuan Pinjaman Online di Tokopedia

Syarat dan Ketentuan Pinjaman Online merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Tokopedia. Pengajuan Pinjaman Online tunduk pada Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, dan Syarat dan Ketentuan yang tertulis dibawah ini. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban pengguna secara hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.tokopedia.com, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyutujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Tokopedia. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.tokopedia.com.


A. Definisi

  1. Tokopedia adalah PT Tokopedia dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.tokopedia.com, yakni situs pencarian toko dan Barang yang dijual oleh penjual terdaftar.
  2. Situs/Aplikasi adalah situs www.tokopedia.com milik Tokopedia yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau iOS.
  3. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Tokopedia, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, penjual ataupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs Tokopedia.
  4. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu Barang kepada para Pengguna.
  5. Pinjaman Online adalah program kerjasama Tokopedia dengan Mitra Penyedia Pinjaman yang memungkinkan Pengguna untuk mengajukan permohonan pinjaman tunai secara elektronik melalui Situs/Aplikasi.
  6. Dana Instan adalah program Pinjaman Online dimana Pengguna bisa mendapatkan pencairan dana tunai secara elektronik dalam waktu singkat.
  7. Biaya Keterlambatan adalah biaya tambahan yang dikenakan kepada Pengguna atas keterlambatan dalam melakukan pelunasan pengembalian pembayaran.
  8. Mitra Penyedia Pinjaman adalah pihak ketiga yang bekerjasama dengan Tokopedia untuk menawarkan pinjaman tunai secara elektronik melalui Situs/Aplikasi.
  9. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan ini dan setiap Syarat dan Ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
  10. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan untuk menggunakan program Pinjaman Online.

B. Umum

  1. Pengelolaan dana pinjaman, termasuk namun tidak terbatas pada penerimaan pengajuan permohonan pinjaman, pemberian dana pinjaman, dan sebagainya, merupakan kewenangan dan dilakukan oleh Mitra Penyedia Pinjaman.
  2. Tokopedia tidak melakukan pengelolaan terhadap dana pinjaman dan hanya berperan sebagai perantara antara Pengguna dan Mitra Penyedia Pinjaman.
  3. Syarat dan Ketentuan ini dapat diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu, Tokopedia menyarankan agar Pengguna membaca secara seksama dan memeriksa Syarat dan Ketentuan ini. Dengan mengakses Situs/Aplikasi, maka Pengguna dianggap telah membaca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini.

C. Tahapan Pengajuan Pinjaman

  1. Pengajuan Pinjaman Online hanya dapat dilakukan oleh Pengguna terdaftar Situs/Aplikasi.
  2. Pengguna menyetujui dan memberikan wewenang kepada Tokopedia untuk memberikan informasi yang diberikan pada formulir laman Pinjaman Online pada Situs/Aplikasi kepada Mitra Penyedia Pinjaman terkait.
  3. Pengguna menyetujui dan memberikan wewenang kepada Tokopedia untuk memberikan informasi atau data relevan lainnya pada Situs/Aplikasi yang dibutuhkan oleh Mitra Penyedia Pinjaman terkait.
  4. Pengguna menyetujui untuk mengikuti setiap proses selama pengajuan pinjaman sesuai dengan sistem dan prosedur yang ditentukan oleh Tokopedia dan Mitra Penyedia Pinjaman terkait.
  5. Pengguna memahami dan menyetujui untuk memberikan informasi pada formulir laman Pinjaman Online dengan data yang valid. Apabila ditemukan bahwa informasi yang disampaikan oleh Pengguna tidak valid, maka segala kerugian yang timbul bukanlah tanggung jawab Tokopedia, dan merupakan tanggung jawab sepenuhnya dari Pengguna. 
  6. Pemberian pinjaman dan/atau penolakan merupakan sepenuhnya hak Mitra Penyedia Pinjaman. Pengguna akan menghormati seluruh keputusan dari Mitra Penyedia Pinjaman terkait.
  7. Pengguna setuju untuk mematuhi syarat dan ketentuan dari Mitra Penyedia Pinjaman terkait.
  8. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Tokopedia tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi (OTP), password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.
  9. Pengguna menyetujui dan memahami bahwa Mitra Penyedia Pinjaman memiliki kewenangan untuk menilai dan menentukan Pengguna memiliki kelayakan untuk menerima kredit (creditworthiness), termasuk menentukan besaran nominal pinjaman yang dapat diberikan Mitra Penyedia Pinjaman kepada Pengguna.
  10. Pengguna menyetujui dan memahami bahwa nominal pinjaman yang diajukan oleh Pengguna adalah batas tertinggi pinjaman yang Pengguna ajukan, Mitra Penyedia Pinjaman dapat memberikan persetujuan kredit dengan nominal kredit dibawah nominal pinjaman yang diajukan oleh Pengguna, dengan memperhatikan uji kelayakan pinjaman yang dilakukan oleh Mitra Penyedia Pinjaman. 
  11. Pengguna dapat menyetujui pemberian pinjaman sebesar nominal pinjaman yang disetujui oleh Mitra Penyedia Pinjaman dan akan diberitahukan melalui email Pengguna dan/atau hasil pengajuan tersebut juga akan ditampilkan di dalam aplikasi Tokopedia.
  12. Pengguna menyetujui dan memberikan wewenang kepada Mitra Penyedia Pinjaman untuk memberikan informasi kepada Tokopedia mengenai status pinjaman serta status pembayaran pinjaman setiap bulannya selama masa pinjaman berlangsung.

D. Tentang Pinjaman Dana Instan (Instant Loan)

  1. Pengguna akan menerima hasil dari pengajuan permohonan Dana Instan dari Mitra Penyedia Pinjaman dalam waktu 24 jam setelah dilakukan pengajuan dan akan diproses pada hari kerja.
  2. Pengguna yang pengajuan permohonan Dana Instan telah disetujui oleh Mitra Penyedia Pinjaman, dapat menerima pemberian dana pinjaman dalam waktu selambat-lambatnya 2 (dua) hari kerja sejak pengajuan permohonan dilakukan.  
  3. Pengguna yang mengajukan Dana Instan wajib melunasi pembayaran sesuai dengan periode pelunasan pembayaran pinjaman yang telah dipilih.
  4. Pembayaran kembali Dana Instan yang melebihi batas waktu periode pembayaran yang telah dipilih sebelumnya oleh Pengguna akan mengakibatkan adanya biaya keterlambatan yang harus dibayarkan oleh Pengguna.
E. Penggunaan Data
  1. Dengan menggunakan fitur Pinjaman Online, Pengguna memberi wewenang kepada Tokopedia untuk menyimpan informasi miliknya dan/atau data terkait penggunaan fitur Pinjaman Online dalam sistem Tokopedia.
  2. Tokopedia memiliki kewenangan untuk menolak atau menghapus secara sebagian maupun keseluruhan dari profil Pengguna dan data yang relevan yang dianggap melanggar Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Situs Tokopedia, dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara republik Indonesia.
  3. Penggunaan data Pengguna sehubungan dengan Pinjaman Online akan tunduk pada Kebijakan Privasi Tokopedia.

Artikel Terkait

tokopedia
© 2009 - 2021, PT Tokopedia