Pencarian populer

-icon

Bantuan

Lihat Semua Topik

    Syarat dan Ketentuan Tukar Tambah

    Syarat dan Ketentuan Tukar Tambah merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Tokopedia. Penggunaan fitur Tukar Tambah tunduk pada Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, dan Syarat dan Ketentuan yang tertulis di bawah ini. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban pengguna secara hukum.

    Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.tokopedia.com, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Tokopedia. Jika Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.tokopedia.com.

    A.  Definisi
    1. Tokopedia adalah PT Tokopedia dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.tokopedia.com, yakni situs pencarian toko dan produk yang dijual oleh Penjual.
    2. Situs/Aplikasi adalah situs www.tokopedia.com milik Tokopedia yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau iOS.
    3. Laku6 adalah PT Laku6 Online Indonesia, suatu perseroan terbatas yang bekerjasama dengan Tokopedia untuk menyediakan layanan Tukar Tambah pada Situs/Aplikasi.
    4. Indopaket adalah PT Inti Paket Prima, suatu perseroan terbatas yang bekerjasama dengan Tokopedia untuk menyediakan layanan logistik Tukar Tambah di seluruh wilayah Republik Indonesia yang telah tercakup oleh Indopaket. 
    5. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Tokopedia, termasuk namun tidak terbatas pada Pembeli, Penjual maupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs/Aplikasi.
    6. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan pembelian atas Barang yang dijual oleh Penjual di Situs/Aplikasi. 
    7. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko serta melakukan penawaran dan/atau penjualan atas suatu Barang kepada para Pengguna melalui Situs/Aplikasi.
    8. Barang adalah benda yang berwujud/memiliki fisik Barang yang dapat diantar/memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Barang.
    9. Perangkat Baru adalah barang berupa telepon genggam dengan kondisi baru yang dijual oleh Penjual melalui Situs/Aplikasi.
    10. Perangkat Elektronik Bekas adalah barang berupa telepon genggam dengan kondisi sudah digunakan yang dimiliki oleh Pembeli yang akan ditukar-tambah melalui fitur Tukar Tambah.
    11. Partner Asuransi adalah perusahaan asuransi yang ditunjuk oleh Laku6 dan Indopaket sebagai penanggung resiko jika terjadi adanya Klaim Asuransi.
    12. Klaim Asuransi adalah  tuntutan ganti kerugian yang diajukan oleh Pengguna kepada Partner sebagai akibat terjadinya risiko-risiko yang dipertanggungkan berdasarkan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Polis Asuransi.
    13. Kurir adalah jasa pengiriman Barang yang disediakan oleh Laku6 bagi Pengguna pada Situs/Aplikasi.
    14. Gerai adalah gerai Indomaret yang dimiliki oleh/bekerjasama dengan Indopaket untuk menyediakan tempat dalam proses penukaran Perangkat Elektronik Bekas dengan Perangkat Baru.
    15. Tukar Tambah adalah fitur yang disediakan pada Situs/Aplikasi untuk memungkinkan Pembeli melakukan transaksi tukar-tambah dalam pembayaran transaksi pembelian Perangkat Baru.
    16. Transaksi Selesai adalah pada saat Pembeli telah melakukan konfirmasi penerimaan Barang sehingga status transaksi dinyatakan selesai oleh Situs/Aplikasi.
    17. Biaya Pembatalan adalah sejumlah biaya yang dibebankan kepada Pembeli yang melakukan pembatalan Transaksi dengan menggunakan fitur Tukar Tambah sesuai dengan ketentuan yang akan diatur lebih lanjut dalam Butir E angka 2.
    18. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan ini dan setiap syarat dan ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
    19. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan untuk penggunaan fitur Tukar Tambah.

    B.  Umum
    1. Tukar Tambah hanya bisa digunakan oleh Pengguna yang terdaftar pada Situs/Aplikasi.
    2. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa fitur Tukar Tambah, termasuk layanan transaksi tukar-tambah dan pengiriman Perangkat, disediakan oleh Laku6.
    3. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa guna mematuhi Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2019 tentang Pengendalian Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi Yang Tersambung Ke Jaringan Bergerak Seluler Melalui Identifikasi International Mobile Equipment Identity (IMEI), Laku6 berhak untuk menolak transaksi Tukar Tambah apabila IMEI yang tercantum pada Perangkat Elektronik Bekas tidak terdaftar dalam database pemerintah Republik Indonesia.  
    4. Pengguna yang dapat menggunakan fitur Tukar Tambah adalah Pengguna yang berdomisili di wilayah sebagaimana yang disebutkan pada FAQ Tukar Tambah.
    5. Program tukar tambah saat ini hanya berlaku untuk kategori handphone dan beberapa produk elektronik lainnya seperti tablet, smartwatches, audio, powerbank, laptop, game console dan kamera. Untuk mengetahui apakah produk yang kamu inginkan dapat menggunakan tukar tambah atau tidak, silahkan pilih halaman produk yang ingin kamu beli dan cari pilihan "Beli dengan tukar tambah".
    6. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap kerugian yang timbul akibat kendala pengiriman melalui Tukar Tambah, termasuk namun tidak terbatas pada kehilangan atau kerusakan, baik secara sebagian maupun keseluruhan Barang, klaim, somasi, gugatan, tuntutan dan/atau upaya lainnya yang diajukan oleh pihak ketiga, bukan merupakan tanggung jawab Tokopedia serta melepaskan Tokopedia atas hal-hal tersebut.
    7. Tokopedia berwenang untuk melakukan (i) pembatalan transaksi; (ii) pembatalan manfaat promo; (iii) penahanan dana; (iv) pengembalian dana; (v) pengenaan penalti/denda; serta (vi) penutupan akun Pengguna tanpa pemberitahuan sebelumnya, untuk sementara atau untuk selamanya, dalam hal diduga dan/atau terdapat kegiatan Pengguna yang melanggar ketentuan hukum dan/atau Ketentuan Situs.
    8. Syarat dan Ketentuan ini dapat diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu, Tokopedia menyarankan agar Pengguna membaca secara seksama dan memeriksa Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun, dengan mengakses Situs/Aplikasi, maka dianggap telah membaca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini.

    C. Verifikasi 
    1. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa dengan menggunakan fitur Tukar Tambah, Pembeli wajib mengikuti semua prosedur yang terdapat dalam fitur Tukar Tambah tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada mencantumkan nomor IMEI pada Perangkat Elektronik Bekas, menjalankan tes diagnosa pada Perangkat Elektronik Bekas, serta mengunggah foto KTP dan swafoto Pembeli dengan KTP.
    2. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa Tokopedia berhak meneruskan data-data yang diberikan oleh Pembeli pada tahapan verifikasi kepada Laku6.

    D. Pembayaran
    1. Pembeli yang telah melakukan verifikasi pada Perangkat Elektronik Bekas akan diberikan harga taksiran akhir oleh Laku6.
    2. Pembeli akan mendapatkan potongan harga sebesar harga taksiran akhir yang ditampilkan pada halaman pembayaran di Situs/Aplikasi.
    3. Pembeli wajib melunasi pembayaran sesuai dengan nominal yang tertera pada halaman pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang tersedia pada Situs/Aplikasi.
    4. Tokopedia tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami Pembeli apabila melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran  dan/atau tidak sesuai dengan ketentuan metode pembayaran pada Situs/Aplikasi

    E. Pengiriman & Penukaran Dengan Laku6
    1. Ketentuan ini berlaku bagi Pembeli yang memilih metode Tukar Tambah dengan Laku6.
    2. Pembeli wajib mengikuti alur metode pengiriman sebagaimana yang disebutkan pada FAQ Tukar Tambah.
    3. Pembeli tidak dapat mengajukan pembatalan transaksi dan/atau meminta kembali handphone lama apabila pembayaran telah terverifikasi dan/atau barang telah diberikan kepada Kurir.
    4. Pembeli dengan ini menyetujui bahwa Pembeli akan dikenakan Biaya Pembatalan sebagaimana yang disebutkan DISINI apabila terjadi pembatalan transaksi setelah dilakukannya pengiriman dengan alasan:
      • Pembeli menolak menerima Perangkat Baru pada saat penukaran di Gerai;
      • Terdapat perbedaan antara IMEI Perangkat Elektronik Bekas yang didaftarkan Pembeli pada Situs/Aplikasi dengan IMEI Perangkat Elektronik Bekas yang diserahkan kepada Kurir;
      • Pembeli tidak ada di tempat dan waktu yang telah ditentukan oleh Pembeli dan disepakati oleh Kurir; atau
      • Pembeli menolak untuk menghapus data dan akses akun pada Perangkat Elektronik bekas milik Pembeli termasuk namun tidak terbatas pada sandi (password), google account, iCloud, Mi account, dan akun lainnya yang tersimpan pada Perangkat Elektronik lama milik Pembeli pada saat kurir melakukan serah terima Perangkat Elektronik.
      • Terdapat perbedaan kondisi fisik, kondisi layar dan kondisi rooted pada Perangkat Elektronik Bekas dari hasil test yang dilakukan Pembeli pada Situs/Aplikasi dengan kondisi fisik, kondisi layar dan kondisi rooted Perangkat Elektronik Bekas yang diserahkan kepada Kurir.
    5. Mekanisme pengenaan Biaya Pembatalan dilakukan dengan cara memotong langsung Saldo Tokopedia/Refund dari pembayaran yang telah dilakukan sebelumnya oleh Pembeli.
    6. Pembeli wajib menerima Perangkat Baru yang diserahkan oleh Kurir. Apabila Perangkat Baru mengalami cacat produksi atau kerusakan lain yang bukan disebabkan oleh Pembeli, Pembeli dapat melakukan komplain pada halaman tukar tambah yang telah disediakan pada Situs/Aplikasi dengan wajib melampirkan video unboxing setelah menerima barang dari Kurir sebagai bukti terjadi kendala pada saat penerimaan barang. Jika Pembeli tidak dapat menyertakan bukti unboxing maka akan ada kemungkinan bahwa pengajuan klaim ditolak.
    7. Pembeli tidak akan dikenakan Biaya Pembatalan apabila terbukti Perangkat Baru tidak sesuai dengan pesanan yang dilakukan pada Situs/Aplikasi atau jika Perangkat Baru mengalami cacat produksi/kerusakan lain yang bukan disebabkan oleh Pembeli.
    8. Pembeli bertanggung jawab atas Perangkat Elektronik Bekas miliknya, termasuk namun tidak terbatas pada kesesuaian unit dengan data verifikasi, keutuhan unit perangkat elektronik serta data pribadi Pembeli yang melekat pada Perangkat Elektronik Bekas tersebut. Tokopedia tidak bertanggung jawab atas Perangkat Elektronik Bekas milik Pembeli, termasuk seluruh informasi dan data milik Pembeli pada Perangkat Elektronik Bekas.

    F. Pengiriman & Penukaran Dengan Indopaket
    1. Ketentuan ini berlaku bagi Pembeli yang memilih transaksi Tukar Tambah dengan metode pengiriman menggunakan Indopaket.
    2. Pembeli wajib mengikuti alur metode penukaran sebagaimana yang disebutkan pada FAQ Tukar Tambah.
    3. Pembeli tidak dapat mengajukan pembatalan transaksi dan/atau meminta kembali handphone lama apabila pembayaran telah terverifikasi dan/atau barang telah diberikan kepada Pegawai Gerai.
    4. Pembeli dengan ini menyetujui bahwa Pembeli akan dikenakan Biaya Pembatalan sebagaimana yang disebutkan DISINI apabila terjadi pembatalan transaksi setelah dilakukannya pengiriman dengan alasan:
      • Terdapat perbedaan antara IMEI Perangkat Elektronik Bekas yang didaftarkan Pembeli pada Situs/Aplikasi dengan IMEI Perangkat Elektronik Bekas pada saat penukaran di Gerai;
      • Pembeli tidak melakukan penukaran Perangkat Baru dengan Perangkat Elektronik Bekas pada Gerai yang ditunjuk selama 2 (dua) hari sejak Pembeli mendapatkan notifikasi untuk pengambilan Perangkat Baru; dan
      • Pembeli menolak untuk menghapus data dan akses akun pada Perangkat Elektronik Bekas milik Pembeli termasuk namun tidak terbatas pada sandi (password), google account, iCloud, Mi account, dan akun lainnya yang tersimpan pada Perangkat Elektronik lama milik Pembeli pada saat kurir melakukan serah terima Perangkat Elektronik.
      • Terdapat perbedaan Kondisi Fisik, Kondisi Layar dan Kondisi Rooted pada Perangkat Elektronik Bekas dari hasil test yang dilakukan Pembeli pada Situs/Aplikasi dengan Kondisi Fisik, Kondisi layar dan Kondisi Rooted Perangkat Elektronik Bekas yang diserahkan di Gerai;
    5. Mekanisme pengenaan Biaya Pembatalan dilakukan dengan cara memotong langsung Saldo Refund dari pembayaran yang telah dilakukan sebelumnya oleh Pembeli.
    6. Pembeli akan menerima Perangkat Baru yang dapat diambil di Gerai. Apabila Perangkat Baru mengalami cacat produksi atau kerusakan lain yang bukan disebabkan oleh Pembeli, Pembeli dapat melakukan komplain melalui kanal yang telah disediakan pada Situs/Aplikasi dengan wajib melampirkan video unboxing setelah menerima barang dari Kurir sebagai bukti  terjadi kendala pada saat penerimaan barang. Jika Pembeli tidak dapat menyertakan bukti unboxing maka akan ada kemungkinan bahwa pengajuan klaim ditolak.
    7. Pembeli tidak akan dikenakan Biaya Pembatalan apabila terbukti Perangkat Baru tidak sesuai dengan pesanan atau mengalami cacat produksi/kerusakan lain yang bukan disebabkan oleh Pembeli.
    8. Pembeli bertanggung jawab atas Perangkat Elektronik Bekas miliknya, termasuk namun tidak terbatas pada kesesuaian unit dengan data verifikasi, keutuhan unit Perangkat Elektronik serta data pribadi Pembeli yang melekat pada Perangkat Elektronik Bekas tersebut. Tokopedia tidak bertanggung jawab atas Perangkat Elektronik Bekas milik Pembeli, termasuk seluruh informasi dan data milik Pembeli pada Perangkat Elektronik Bekas.

    G. Penjual
    1. Ketentuan ini berlaku bagi Penjual yang mengaktifkan fitur Tukar Tambah pada Barang yang ditawarkan melalui Situs/Aplikasi.
    2. Penjual wajib mengikuti alur metode pengiriman sebagaimana yang disebutkan pada FAQ Tukar Tambah.
    3. Penjual tidak dapat melakukan pembatalan transaksi yang telah diproses.
    4. Penjual wajib melakukan pengiriman Perangkat Baru dengan menggunakan metode pengiriman yang dipilih oleh Pembeli.
    5. Penjual wajib bertanggung jawab apabila terbukti Perangkat Baru tidak sesuai dengan pesanan atau mengalami cacat produksi/kerusakan lain yang bukan disebabkan oleh Pembeli atau proses pengiriman.
    6. Penjual diwajibkan untuk merekam video pada saat proses pengemasan barang sebagai bukti jika terjadi adanya kendala pada saat penerimaan barang dan mengunggahnya apabila diperlukan untuk proses verifikasi saat terjadi kendala transaksi. Jika Penjual tidak dapat menyertakan bukti pengemasan barang maka akan ada kemungkinan bahwa pengajuan klaim ditolak akibat kurang bukti.
    7. Penjual diwajibkan untuk mencetak label pengiriman/resi yang sudah terdapat pada menu print resi di Tokopedia lalu dicantumkan pada kemasan paket. Kegagalan dalam mencantumkan resi sesuai format Tokopedia dapat menimbulkan potensi penolakan penerimaan barang oleh kurir dan/atau gerai Indomaret.
    8. Tokopedia berhak melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan seperti menolak permintaan registrasi atau mematikan fitur Tukar Tambah jika toko terindikasi melanggar Syarat dan Ketentuan ini dan/atau Ketentuan Situs Tokopedia.

    H. Klaim Kendala Transaksi
    1. Pengguna wajib menggunakan Asuransi yang disediakan oleh Indopaket dan Laku6 pada saat pembayaran.
    2. Dalam pengajuan Klaim Asuransi, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Tokopedia hanyalah pihak yang meneruskan pengajuan Klaim antara Pengguna dengan Partner Asuransi sebagai penyedia Layanan Asuransi yang telah ditunjuk oleh Laku6 & Indopaket. 
    3. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Partner Asuransi  yang telah ditunjuk oleh masing masing Laku6 & Indopaket adalah pihak yang berwenang sepenuhnya untuk menentukan status klaim dari Pengguna serta bertanggung jawab atas seluruh akibat yang terjadi dari pelaksanaan Klaim.
    4. Pengguna menyetujui untuk membebaskan Tokopedia atas segala tuntutan termasuk tetapi tidak terbatas pada kerugian yang diderita oleh Pengguna sehubungan dengan layanan Klaim Asuransi melalui Situs/Aplikasi dalam hal tersebut disebabkan oleh kelalaian dari Pengguna dan/atau terbukti bukan kelalaian dari Tokopedia.
    5. Tata cara Klaim ialah Pembeli atau Penjual dapat mengajukan permohonan melalui Pusat Resolusi Tokopedia apabila Perangkat Baru mengalami kehilangan atau kerusakan lain yang bukan disebabkan oleh Pembeli atau Penjual, dalam tenggat waktu 2x24 Jam setelah penukaran berhasil dilakukan. Klaim akan dapat diproses setelah dokumen yang dibutuhkan sudah terpenuhi, adapun dokumen yang diperlukan adalah sebagai berikut: Nomor AWB/Resi Pengiriman, invoice transaksi, video unboxing/packing. Status Klaim akan diinfokan melalui layanan Pusat Resolusi Tokopedia. 
    6. Partner Asuransi sebagai penyedia Layanan Asuransi yang telah ditunjuk oleh Laku6 & Indopaket akan melakukan pemeriksaan pada dokumen yang diupload oleh Pengguna dalam jangka waktu 3x24 jam hari kerja setelah dokumen diteruskan oleh Tokopedia, dan Penyedia Layanan Asuransi akan memberikan keputusan apakah dokumen yang diberikan telah lengkap atau belum lengkap. Apabila dokumen dinyatakan belum lengkap maka Pengguna harus mengupload kembali dokumen yang disyaratkan oleh Penyedia Layanan Asuransi.
    7. Partner Asuransi sebagai penyedia Layanan Asuransi yang telah ditunjuk oleh Laku6 & Indopaket berhak untuk membatalkan pengajuan Klaim apabila didapati adanya tindakan Penipuan dan/atau manipulasi data yang dilakukan oleh Pengguna pada saat Pengajuan Klaim.
    8. Pengguna akan mendapatkan notifikasi bahwa Pengajuan Klaim Pengguna ditolak atau disetujui oleh Penyedia Layanan Asuransi dalam jangka waktu 3x24 jam hari kerja setelah berkas dinyatakan lengkap.
    9. Apabila pengajuan telah disetujui maka manfaat pertanggungan akan diberikan oleh Penyedia Layanan Asuransi melalui Tokopedia dalam bentuk Saldo Penghasilan Pengguna.
    10. Apabila Pengguna tidak puas atas keputusan Pengajuan Klaim yang diputuskan oleh Penyedia Layanan Asuransi, maka Pengguna hanya dapat melakukan sanggahan kepada Penyedia Layanan Asuransi. Pengguna menyetujui untuk membebaskan Tokopedia dari segala tuntutan kewajiban, ganti rugi dan kompensasi dalam bentuk apapun terkait pelaksanaan layanan Pengajuan Klaim termasuk proses pertanggungan, klaim dan hal lainnya yang dilakukan oleh Penyedia Layanan Asuransi.

    I. Penggunaan Data
    1. Dengan menggunakan fitur Tukar Tambah, Pengguna memberi wewenang kepada Tokopedia untuk menyimpan informasi miliknya dan/atau data terkait penggunaan fitur Tukar Tambah dalam sistem Tokopedia.
    2. Tokopedia memiliki kewenangan untuk menolak atau menghapus secara sebagian maupun keseluruhan dari profil Pengguna dan data yang relevan yang dianggap melanggar Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Situs Tokopedia, dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara republik Indonesia.
    3. Penggunaan data Pengguna sehubungan dengan fitur Tukar Tambah akan tunduk pada Kebijakan Privasi Tokopedia.

    Artikel Terkait

    tokopedia
    © 2009 - 2022, PT Tokopedia