Pencarian populer

-icon

Bantuan

Lihat Semua Topik

    Tipping Driver Gojek

    Saat ini Toppers dapat memberikan apresiasi lebih untuk driver dengan memberikan Tip kepada Driver GoSend melalui fitur Tip Driver di aplikasi Tokopedia. Tipping dapat dilakukan untuk transaksi Tokopedia yang diantarkan menggunakan layanan Instan maupun Same Day GoSend.
    • FAQ
    • Cara Memberi Tip
    • S&K

    Pertanyaan-pertanyaan seputar Tipping Driver Gojek


    Q: Apakah saya diwajibkan untuk memberikan Tip?
    Pembeli tidak diwajibkan untuk memberikan Tip. Tip untuk driver bersifat opsional dan Pembeli diberikan keleluasaan untuk memberikan atau tidak memberikan Tip.

    Q: Di mana saya bisa memberikan Tip untuk Driver?
    Untuk transaksi yang menggunakan layanan Instan maupun Same Day dari kurir GoSend, Toppers bisa menemukan fitur Tip driver di laman Lacak. Toppers bisa memilih jumlah Tip yang ingin diberikan dan menyelesaikan proses pembayarannya. Info selengkapnya kamu bisa cek di tab 2 Cara Memberi Tip

    Q: Kapan saya bisa memberikan Tip untuk Driver?
    Tip bisa diberikan sejak proses pencarian driver hingga pesanan tiba. Pembeli tidak dapat memberikan Tip ketika transaksi sudah dinyatakan Selesai.

    Q: Metode pembayaran apa saja yang tersedia untuk fitur Tip Driver?
    Metode pembayaran untuk fitur Tip Driver adalah metode pembayaran GoPay, Direct Debit, BRI E-Pay, JakOne, CIMB Clicks, LinkAja, serta Virtual Account Bank BRI, BNI, Danamon, CIMB.

    Q: Apakah saya bisa memberikan Tip untuk Driver/Kurir selain GoSend?
    Untuk saat ini, fitur Tip Driver hanya bisa diberikan kepada Driver GoSend. Jika terjadi perubahan Kurir menjadi selain GoSend, maka fitur Tip Driver akan hilang.

    Q: Berapa jumlah maksimal Tip yang bisa saya berikan?
    Tip yang bisa diberikan mulai dari Rp 1.000 hingga maksimal Rp 20.000.

    Q: Apakah saya bisa meminta pengembalian Tip yang sudah saya bayarkan kepada Driver?
    Tip yang sudah diberikan melalui fitur Tip Driver ini tidak bisa dibatalkan maupun diminta pengembalian. Namun jika transaksi batal atau pengiriman tidak pernah diterima oleh Pembeli, Tip yang telah dibayarkan oleh Pembeli akan dikembalikan secara otomatis.

    Q: Apakah Tip juga dapat dikembalikan jika barang yang saya terima tidak sesuai? 
    Karena Tip ini bersifat opsional, Tip yang telah diberikan kepada pihak Driver tidak dapat dikembalikan karena pengiriman telah terjadi (barang telah diterima oleh Pembeli). Untuk mencegah memberikan Tip yang tidak diharapkan, mohon dipastikan kembali sebelum Pembeli memberikan Tip. Namun jika barang tidak pernah diterima oleh Pembeli, Tip yang telah dibayarkan oleh Pembeli akan dikembalikan secara otomatis.

    Q: Kapan Tip yang saya berikan diterima oleh Driver?
    Tip yang sudah dibayarkan secara sukses akan langsung diberikan kepada Driver saat pengiriman selesai. Jika pesanan tiba sebelum Tip sukses dibayarkan melalui metode yang dipilih, maka Tip akan diberikan kepada Driver setelah pembayaran tip diverifikasi sukses.

    Q: Jika terjadi pergantian Driver saat proses pengantaran, kepada siapa Tip akan diberikan?
    Jika terjadi pergantian Driver GoSend saat proses pengantaran, maka Tip akan diberikan kepada Driver terakhir yang berhasil melakukan pengiriman.

    Q: Apakah Penjual bisa memberikan Tip kepada Driver?
    Fitur Tip Driver hanya bisa dilakukan oleh Pembeli.

    Q: Transaksi terlanjur di klik Selesai, apakah masih bisa memberikan Tip untuk Driver?
    Tidak bisa, karena Tip untuk Driver hanya bisa diberikan selama proses pengiriman sebelum transaksi diset sebagai Selesai. 

    Q: Jika transaksi dilakukan perubahan kurir, bagaimana dengan Tip yang sudah dibayarkan? 
    Jika Penjual melakukan perubahan kurir dengan kurir selain GoSend, maka Tip yang sudah dibayarkan akan dikembalikan ke Saldo Tokopedia

    Q: Jika transaksi dibatalkan baik oleh Penjual atau melalui Pusat Resolusi apakah Tip yang sudah dibayarkan bisa kembali?
    Iya, jika transaksi batal maka Tip yang sudah dibayarkan akan otomatis dikembalikan ke Saldo Tokopedia.

    Q: Apakah saya bisa meminta pengembalian jika salah memasukan nominal tip untuk driver?
    Tip yang sudah diberikan melalui fitur Tip Driver ini tidak bisa dibatalkan maupun diminta pengembalian. Jadi pastikan Anda telah memasukkan jumlah Tip yang diinginkan sebelum menyelesaikan pembayaran Tip.

    Cara Memberi Tip Untuk Driver

    1. Klik tombol Lacak untuk memberikan Tip.
      User-added image
    2. Klik tombol Beri Tip pada halaman Status Dalam Pengiriman.
      User-added image
    3. Pilih jumlah nominal atau kamu dapat masukan sendiri nominal lain sesuai keinginan pada bagian Tulis Nominal Tip dengan maksimal tip Rp 20.000. Lalu klik Pilih Pembayaran.
      User-added image
    4. Kamu dapat melakukan pembayaran dengan GoPay atau metode pembayaran lain yang tersedia, selanjutnya klik Bayar.
      User-added image
    5. Selamat pembayaranmu telah berhasil!
      User-added image

    Syarat dan Ketentuan Pengiriman dengan GO-SEND


    A. Umum

    1. Saat ini GoSend memiliki dua service layanan pengiriman Pick Up yaitu Instant Delivery dan Same Day Delivery.
    2. Konfirmasi orderan untuk pengiriman Pick Up adalah:
      • Batas waktu respons pesanan (terima/tolak/terima sebagian) adalah 1×24 jam terhitung sejak pembayaran diverifikasi.
      • Setelahnya batas waktu untuk konfirmasi pengiriman/request pick up adalah 1×24 jam (tidak termasuk hari Sabtu, Minggu, dan Libur Nasional) terhitung sejak pesanan di respons.
      • *Apabila respons pesanan dilakukan di awal waktu maka sisa waktu respons pesanan akan diakumulasikan ke batas waktu konfirmasi pengiriman/request pick up.
        Contoh: Budi memesan barang di Toko A, 1 jam kemudian penjual melakukan konfirmasi terima pesanan. Sisa waktu 23 jam akan di tambahkan ke batas waktu konfirmasi pengiriman. Batas waktu untuk konfirmasi pengiriman/request pick up yang dimiliki penjual menjadi 1 hari 23 jam.
    3. Daftar Barang yang tidak dapat dikirim adalah:
      • Barang yang dilarang oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, atau oleh pejabat yang berwenang atau barang yang memerlukan lisensi atau izin tertentu dari pejabat yang berwenang untuk dikirimkan;
      • Barang berbahaya yang mudah meledak dan terbakar, obat-obatan terlarang, minuman keras, dan/atau barang-barang yang menurut pihak berwajib dilarang diproduksi dan diedarkan;
      • Barang perhiasan dan/atau barang berharga lainnya termasuk namun tidak terbatas pada emas, perak dan berlian;
      • Binatang dan tumbuhan hidup, termasuk namun tidak terbatas pada hasil olahan binatang dan tumbuhan yang dilindungi, dan bagian-bagian dari hewan langka yang telah mati/diawetkan;
      • Barang ilegal termasuk namun tidak terbatas pada organ manusia, barang curian, peralatan dan/atau perlengkapan judi, senjata api, senjata tajam, dan airsoft gun; 
      • Uang tunai dan surat atau dokumen berharga lainnya termasuk namun tidak terbatas pada cek, surat warkat pos, kartu pos, buku nikah asli, paspor, ijazah asli, dokumen tender, giro, efek, obligasi, saham, sertifikat, tiket pesawat, B/L, L/C, credit card, dan/atau BPKB asli;
      • Barang cetakan, rekaman atau barang lainnya yang bertentangan dengan nilai kesusilaan dan dapat mengganggu stabilitas, keamanan dan ketertiban umum;
      • Barang berbahaya dan beracun (B3) yang dapat membahayakan kurir saat proses pengiriman termasuk namun tidak teerbatas pada bahan kimia yang mudah terbakar atau meledak, bahan yang menimbulkan iritasi dan beracun pada tubuh manusia, cairan kimia korosif, bahan beracun dan barang berbahaya lainnya;
      • Barang yang dianggap bernilai sejarah tinggi kecuali pengiriman menggunakan fitur Tokopedia Insurance;
      • Jenazah dan/atau abu jenazah; 
      • Organ tubuh manusia; 
      • Limbah; dan
      • Barang yang dilarang untuk diperjualbelikan berdasarkan Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Tokopedia yang dapat dilihat DISINI.
    4. Gosend tidak bertanggung jawab dan tidak memberikan penggantian atas hal-hal sebagai berikut:
      • Bila isi kiriman tidak sesuai dengan keterangan pengakuan isi kiriman;
      • Resiko teknis apapun yang terjadi selama pengiriman yang menyebabkan barang yang dikirim tidak berfungsi atau berubah fungsi, baik yang menyangkut mesin atau sejenisnya ataupun barang barang elektronik lainnya seperti TV, radiotape, komputer, handphone, tablet dan barang lain yang sejenis.
      • Barang-barang kebutuhan untuk pengobatan/medikal;
      • Bila terjadi kesalahan teknis pelayanan pengiriman barang yang mengakibatkan kerugian non material;
      • Kebocoran, kerusakan atau pembusukan akibat kemasan/pembungkus (packing) yang kurang baik;
      • Kerugian/kerusakan dari perbuatan yang disengaja (willful act), termasuk penggelapan;
      • Kerugian/kerusakan dikarenakan bocor, susut berat/isi dan keausan dari barang yang diasuransikan;
      • Kerugian/kerusakan akibat sifat alamiah dari barang itu sendiri, termasuk bunga, tanaman, makanan basah, bunga es, dry ice, dan barang-barang yang memerlukan suhu terjaga;
      • Kehilangan kesempatan memperoleh keuntungan akibat dari kerusakan, kehilangan dan keterlambatan penyerahan barang;
      • Keterlambatan pengiriman ke kota tujuan dan kehilangan atau kerusakan karena keadaan memaksa (force majeure) yang tidak terbatas pada huru hara, bencana alam, perang, pembajakan, kebakaran radioaktif, perampokan, dan kejadian kejadian sejenis;
      • Kerugian/kerusakan yang disebabkan oleh penahanan dan penyitaan atau pemusnahan terhadap suatu jenis barang kiriman yang dilakukan oleh instansi pemerintah yang berwenang seperti Bea Cukai, Karantina, Kejaksaan dan instansi instansi lainnya baik dalam wilayah hukum Indonesia maupun negara tujuan.
      • Denda, kehilangan, kerusakan Kiriman selama berada dalam Penahanan/Penyitaan menjadi tanggung jawab pengirim.
      • Kerugian/kerusakan akibat keterlambatan alat angkut;
      • Kerugian/kerusakan yang timbul akibat dari ketidakmampuan keuangan (insolvency) dari pemilik alat angkut atau pengoperasian;
      • Kerugian/kerusakan yang timbul akibat senjata atom, nuklir dan radioaktif
      • Kerugian/kerusakan akibat tidak layak pakai alat angkut;
      • Kerugian/kerusakan akibat oleh perang, perang saudara, pemberontakan, revolusi, pergolakan sipil, dan tindakan permusuhan terhadap penguasa.
      • Kerugian/kerusakan yang disebabkan oleh bahan-bahan ranjau yang membahayakan, torpedo, bom atau senjata perang yang berbahaya;
      • Kerugian/kerusakan yang disebabkan oleh pemogokan, pemberhentian pekerjaan, atau perbuatan seseorang dalam rangka gangguan pekerjaan, kerusuhan, huru-hara dan pergolakan sipil; dan
      • Kerugian/kerusakan yang disebabkan oleh teroris dan tindakan-tindakan yang berlatar belakang politik.
    5. Semua tuntutan penggantian atas klaim yang diajukan wajib melampirkan:
      • Surat pernyataan klaim berikut rincian barang yang rusak atau hilang dengan menyebutkan nomor Waybill dari Kiriman tersebut;
        Fotokopi KTP pengirim (untuk pengiriman atas nama pribadi); dan
      • Foto barang yang rusak.
    6. Gosend hanya akan menerima klaim atas kerusakan barang 7 × 24 jam setelah barang diterima. Sedangkan untuk barang yang hilang Gosend hanya akan menerima klaim 7 (tujuh) hari setelah tanggal pengiriman.
    7. Apabila Pembeli tidak menggunakan asuransi pada saat pengiriman, maka Penjual hanya berhak mendapatkan biaya penggantian sebesar 10 (sepuluh) kali dari ongkos kirim atau maksimal senilai Rp10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) atau seharga nominal barang dengan pemilihan nominal paling rendah diantara keduanya
    8. Pihak Penjual bertanggung jawab untuk memastikan agar paket yang akan dikirimkan dikemas dalam keadaan yang memadai disesuaikan pada jenis paket tersebut. Hal ini diwajibkan agar memastikan paket dapat dikirim dan ditangani oleh pihak operasional kurir dan dapat dipastikan terkirim dalam keadaan baik.
    9. Klaim atas kerusakan makanan hanya dapat dilakukan apabila pengiriman melebihi batas waktu yang ditentukan.
    10. Gosend berhak menolak kiriman makanan atau minuman yang tidak dikemas secara tidak layak.


    B. Layanan Instant Delivery

    1. Instant Delivery adalah pengiriman instant dengan sistem pengiriman barang dengan estimasi waktu 3 (tiga) jam sampai.
    2. Kurir akan melakukan penjemputan barang dengan estimasi waktu maksimal 1 jam 30 menit setelah Penjual melakukan Request Pick Up dan barang akan diterima pembeli 3 (tiga) jam setelah penjual menyerahkan barang kepada kurir pengiriman.
    3. Batas waktu pemesanan Kurir untuk melakukan penjemputan barang adalah pukul 06.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB. Dalam hal terdapat pemesanan Kurir dari Penjual melewati batas waktu tersebut, maka penjemputan dan pengiriman barang akan diproses oleh Kurir di hari berikutnya.
    4. Untuk jenis pengiriman Instant Delivery, satu Kurir hanya akan melakukan pickup untuk 1 (satu) orderan atau invoice.
    5. Ukuran maksimum barang untuk Instant Delivery adalah 70 cm (Panjang) x 50  cm (Lebar) x 50 cm (Tinggi) dan berat maksimal 20 kg.
    6. Saat ini layanan Instant Delivery sudah tersedia untuk  wilayah  Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi dengan maksimal jarak pengiriman 40 km dan beberapa wilayah di Indonesia lainnya sebagai berikut: 
      User-added image


    C. Layanan Same Day Delivery

    1. Same Day Delivery adalah sistem pengiriman dengan estimasi waktu satu hari sampai dengan area jangkauan pengiriman ke beberapa kecamatan tertentu di daerah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Bogor, Bandung dan Surabaya. Dengan maksimal jarak pengiriman sebesar 40 (empat puluh) kilometer.
    2. Kurir akan melakukan penjemputan barang dengan estimasi maksimal 3 (tiga) jam setelah Penjual melakukan Request Pick Up dan barang akan diterima pembeli 8 (delapan) jam setelah penjual menyerahkan barang kepada kurir pengiriman.
    3. Batas waktu Penjual melakukan pemesanan Kurir untuk melakukan penjemputan barang adalah pukul 07.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. dalam hal terdapat pemesanan.
    4. Kurir dari Penjual melewati batas waktu tersebut, maka penjemputan dan pengiriman barang akan diproses oleh Kurir di hari berikutnya.
    5. Untuk jenis pengiriman Same Day Delivery, Kurir dapat melakukan pengantaran lebih dari 1 (satu) order atau invoice.
    6. Ukuran maksimum pengiriman barang untuk Same Day Delivery adalah 40 cm (Panjang) x 40 cm (Lebar) x 17 cm (Tinggi) dan berat maksimal 7 kg.

    D. Tip Driver
    1. Setelah pembayaran terverifikasi, Pembeli yang menggunakan layanan GoSend dapat memberikan tip kepada driver melalui Situs/Aplikasi selama proses mencari Driver, menunggu Pick Up, pengiriman berlangsung, dan setelah pengiriman berhasil.
    2. Tip tidak lagi dapat diberikan jika status pesanan telah berubah menjadi transaksi  selesai.
    3. Tip yang telah diberikan oleh Pembeli tidak dapat dibatalkan dan diminta pengembaliannya.
    4. Tip yang diberikan oleh Pembeli dapat dibayarkan dengan metode pembayaran yang tersedia di Situs/Aplikasi. Selengkapnya dapat dilihat DI SINI.
    5. Tip hanya bisa diberikan satu kali untuk setiap transaksi yang menggunakan layanan GoSend.
    6. Tip hanya akan diberikan dan diteruskan kepada driver hanya apabila pembayaran Tip sukses, driver telah berhasil melakukan pengantaran barang dari Penjual dan barang telah diterima oleh Pembeli, atau pengiriman berhasil.
    7. Tip yang diberikan oleh Pembeli tidak dipotong biaya apapun dan akan diteruskan seluruhnya kepada driver melalui partner sebagaimana ketentuan huruf D angka 6.
    8. Apabila terjadi pergantian driver dalam proses pengiriman, maka tip yang diberikan hanya akan diteruskan kepada driver yang telah berhasil melakukan pengiriman barang kepada Pembeli.
    9. Apabila barang yang dikirimkan semula menggunakan layanan GoSend dan Pembeli telah memberikan tip kepada driver, namun terjadi pergantian driver yang berasal kurir lain selain GoSend dikarenakan kendala pengiriman, maka tip yang diberikan Pembeli akan dikembalikan ke dalam saldo refund, kecuali untuk tip yang diberikan melalui saldo GoPay maka pengembalian dana akan dikembalikan ke saldo GoPay.
    10. Apabila Pembeli sudah memberikan tip kepada driver, namun transaksi belum pernah melalui proses pengiriman hingga akhirnya transaksi dibatalkan, maka tip yang diberikan tidak akan diteruskan kepada driver dan akan dikembalikan ke saldo refund atau saldo Gopay sesuai dengan metode pembayaran tip yang dipilih. Sementara, untuk tip yang telah diberikan saat pengiriman yang telah terjadi, maka tip tidak dapat dikembalikan ke pihak Pembeli.

    Artikel Terkait

    Pertanyaanmu belum terjawab?

    Kami siap bantu atasi kendalamu

    tokopedia
    © 2009 - 2022, PT Tokopedia