Bagikan:facebooktwittergoogle plusblog
    share link
    Telah Disalin!
    Biola Palembang

    Biola Palembang

    Sedang mencari penjual produk Biola terdekat & terlengkap di Palembang? Kamu bisa temukan dengan mudah secara online di Tokopedia! Jual aneka produk Biola Palembang online baik satuan, eceran hingga grosir di Tokopedia. Jadi kamu tidak usah lagi repot - repot mencari Biola terdekat & terlengkap di Palembang, kamu bisa langsung cek di Tokopedia. Juga di Tokopedia, kamu dapat rasakan keamanan dan kenyamanan saat bertransaksi Biola secara online dari kota Palembang. Selain itu, kamu juga bisa cek D

    Hot List LainnyaLihat Semua Hotlist »

    Sejarah Singkat Alat Musik Biola

    Sejarah biola tidak dapat dilepaskan dari sejarah alat musik gesek yang diperkirakan berasal dari budaya penunggang kuda di kawasan Asia Tengah. Salah satu contohnya adalah Morin Huur, alat musik bangsa Mongolia. Alat musik gesek berdawai dua ini dimainkan menggunakan busur surai kuda. Busur biola pun masih terbuat dari surai kuda, yang merupakan peninggalan dari bangsa tersebut. Namun, perkembangan biola modern baru dimulai pada awal abad ke-16 di Italia Utara. Pada saat itu, biola asal Eropa banyak dipengaruhi oleh alat musik berdawai asal Timur Tengah. Rebec, vielle, dan lira da braccio disebut-sebut sebagai cikal bakal biola yang kita kenal sekarang ini. Biola modern tertua yang bentuknya menyerupai biola zaman sekarang, yaitu memiliki empat senar, adalah biola yang dibuat oleh Andrea Amati pada tahun 1555. Sejak saat itu, biola pun menjadi populer di kalangan pemusik jalanan maupun para bangsawan. Mulai abad 18, terjadi perubahan besar dalam hal panjang dan sudut leher biola.

    Mengenal Bagian Biola

    Biola dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu badan biola, leher biola, jembatan biola, papan jari, senar biola, serta beberapa perangkat pembantu seperti rosin biola. Badan biola terdiri atas dua papan suara melengkung yang disatukan oleh sebuah kayu yang biasa disebut iga biola. Apabila diperhatikan secara seksama dari jauh, badan biola mirip dengan bentuk jam pasir. Terdapat dua buah lekukan menyerupai huruf C pada sisi samping biola. Ini bukan semata-mata hiasan, melainkan untuk memberi ruang bagi bow biola untuk bergerak. Kayu spruce adalah jenis kayu yang biasa digunakan untuk membuat permukaan atas biola, dan kemudian diberi dua lubang suara. Bagian belakang dan samping biola biasanya terbuat dari kayu mapel yang memiliki alur yang sama dengan bagian permukaannya. Kayu mapel juga menjadi bahan dasar pembuat leher biola, dengan tipe yang sama dengan bagian belakang dan samping badan biola. Sedangkan senar biola dibuat dari usus domba yang direntangkan, dikeringkan, lalu dipelintir.

    Teknik Bermain Biola

    Secara umum, teknik yang benar dalam memainkan biola adalah dengan memegang biola dengan tangan kiri, meletakkan penyangga dagu pada biola yang diapit dengan dagu dan pundak kiri. Untuk memudahkan, pemain biola juga dapat dibantu dengan sebuah penyangga bahu, namun banyak juga yang memilih untuk tidak menggunakannya. Pemain biola dapat bebas memilih untuk bermain dengan berdiri maupun duduk. Hal ini disesuaikan dengan selera pemain dan kebutuhan apabila sedang ada dalam pentas. Selain digesek dengan bow, biola juga dapat dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari tangan kanan. Karena biola tidak memiliki fret seperti gitar untuk menandai dimana jari harus diletakkan, seorang pemain biola harus memakai perasaan untuk mengetahui letak suatu nada. Kemampuan ini memang tidaklah mudah untuk dikuasai, namun dapat dilakukan dengan berlatih terus-menerus sehingga otot akan terbiasa mengingat letak nada. Untuk pemula, hal ini dapat disiasati dengan menempelkan selotip pada leher biola.

    Harga Biola Terbaru 2018 di Tokopedia

    Setelah mengetahui sejarah singkat, bagian, dan penjelasan singkat teknik bermain biola, mungkin kamu penasaran seberapa dalam kocek yang harus dirogoh demi mendapatkan alat musik yang satu ini. Sekarang kamu tidak perlu repot-repot keluar rumah dan berkeliling dari satu toko alat musik ke toko lainnya hanya untuk mengecek harga biola. Nikmati kemudahan cek harga dan beli alat musik biola dengan harga terbaik hanya di Tokopedia! Kamu juga dapat menggunakan fitur sortir sehingga dapat menemukan biola yang paling sesuai dengan kebutuhanmu, mulai dari harga terendah sampai harga tertinggi. Temukan alat musik biola dari ribuan penjual online dengan hanya beberapa sentuhan jari. Tak hanya itu, kamu juga bisa dapatkan berbagai kebutuhan alat musik lainnya seperti senar gitar dan aneka gitar terlengkap. Jadi, tunggu apalagi? Yuk Mulai Aja Dulu mahir bermain alat musik biola bersama Tokopedia!

    Mengapa belanja online di Tokopedia aman dan bebas penipuan dari para penipu online?Buka Toko Online / Online Shop Gratis di Tokopedia