Bagikan:facebooktwittergoogle plusbing
share link
Telah Disalin!
Gitar Listrik

Gitar Listrik

Salah satu instrumen alat musik favorit bagi berbagai kalangan adalah Gitar Listrik atau sering juga disebut Gitar Elektrik. Bagi kamu pecinta atau pemain musik rock, metal hingga jazz, tentu sebuah keharusan menggunakan gitar listrik dari merk - merk yang terbaik, mulai dari Ibanez, Fender, Epiphone, Gibson hingga Yamaha. Di Tokopedia, tersedia berbagai merk gitar elektrik terlengkap & terbaru seperti Les Paul, Stratocaster, Telecaster, SG hingga yang limited edition.. Tersedia juga berbagai

Menampilkan 4,527 produk untuk "Gitar Listrik" (1 - 60 dari 4,527)
1234567>
Hot List LainnyaLihat Semua Hotlist »

Asal Usul & Sejarah Penemuan Gitar Listrik

Dalam sejarahnya, alat musik gitar diperkirakan sudah ditemukan dari zaman babilonia sekitar 1850 SM. Dengan kemajuan teknologi, saat ini gitar listrik menjadi salah satu jenis gitar yang paling digemari masyarakat diseluruh dunia. Sekitar tahun 1930, Les Paul membuat inovasi pada gitar dengan mengadopsi instrumen hollowed body dengan pickup. Dalam catatan sejarah, Gibson Ediie Durham dan Charlie Christian lah yang membuat sebuah instrumen gitar listrik pertama kali di dunia. Pada awal tahun 1940, Les Paul membuat sebuah gitar listrik yang dipatenkan, The Log, gitar yang memiliki body padat (solid body) ini dianggap menjadi gitar listrik pertama yang memiliki solid body, yaitu jenis gitar listrik yang paling umum digunakan hingga saat ini. Di Tokopedia, kamu dapat menemukan berbagai merk gitar listrik terlengkap dengan model terbaru dari ribuan toko online se-Indonesia. Temukan gitar elektrik baik baru / bekas yang murah & berkualitas di Tokopedia.

Apa Perbedaan Gitar Listrik dengan Gitar Akustik?

Perbedaan gitar elektrik dengan gitar akustik adalah terletak pada jenis senar yang digunakan, komposisi kayu & cara menghasilan suaranya. Pertama dari jenis senar yang digunakan. Gitar listrik menggunakan jenis senar yang lebih tips dibanding jenis senar gitar untuk gitar akustik. Hal ini karena gitar elektrik memiliki fret gitar yang lebih kecil dibanding gitar akustik pada umumnya, sehingga harus memiliki senar gitar yang lebih tipis. Kedua dari komposisi body kayunya. Gitar elektrik memiliki komposisi kayu yang padat pada badan gitarnya. Berbeda dengan gitar akustik yang memiliki ruang / lubang besar pada badan gitarnya dan memiliki komposisi kayu yang tidak begitu tebal. Terakhir adalah pada cara menghasilkan suara. Pada gitar elektrik, tidak menggunakan lubang suara untuk menghasilkan gema suara. Tetapi gitar elektrik menggunakan pickup gitar, yaitu sebagai microphone kecil yang terletak di tengah - tengah bodi gitar untuk meneruskan suara ke sebuah amplifier / speaker.

Bagaimana Gitar Listrik Dapat Menghasilkan Suara?

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan adalah bagaimana gitar listrik dapat menghasilkan suara? Suara yang dihasilkan dari sebuah gitar elektrik sangat bergantung kepada pickup & speaker. Karena gitar elektrik tidak menggunakan gema suara dari udara untuk menghasilkan suara yang besar, namun karena pickup yang terletak pada badan gitar elektrik tersebut. Gelombang frekuensi suara yang dihasilkan oleh senar gitar listrik akan ditangkap oleh magnet dari pickup gitar tersebut dan diubah kedalam bentuk arus - arus listrik. Lalu arus - arus listrik tersebut diteruskan ke sebuah amplifier / speaker. Amplifier tersebut lah yang akan menghasilkan output suara untuk gitar listrik tersebut dan menghasilkan suara yang lebih besar dibanding gitar biasa pada umumnya. Oleh karena itu, gitar listrik dapat menghasilkan suara yang lebih detail & jelas, walaupun kalian hanya menggerakan jari kalian pada senar gitar listrik.

Tips Mudah Merawat Gitar Elektrik

Merawat sebuah electric guitar tentu sebuah keharusan karena agar selalu dalam tampilan & suara terbaik dari waktu ke waktu. Merawat gitar elektrik sebetulnya dapat dilakukan dengan mudah. Ada dua cara mudah untuk merawat gitar elektrik. Pertama, rutinlah kan mengelap gitar body gitar listrik kamu setidaknya seminggu sekali agar warna dari cat gitar listrik kamu tidak memudar atau kotor. Sehingga dapat menganggu penampilan & estetika gitar listrik kalian. Kamu bisa lap gitar kamu dengan lap microfiber & cairan pembersih gitar. Kedua jangan lupa untuk mengganti senar gitar listrik kamu sekitar sebulan sekali. Karena karat dari senar gitar listrik dapat mengotori fret gitar elektrik kamu & menganggu suara yang dihasilkan oleh senar tersebut. Terakhir adalah taruhlah gitar ditempat yang kering & tidak lembab agar terhindar dari jamur ataupun cat gitar listrik rusak karena sinar matahari. Simpan pada softcase gitar listrik jika akan disimpan dalam waktu yang lama.