Bagikan:facebooktwittergoogle plusbing
    share link
    Telah Disalin!
    Granola

    Granola

    Cari sarapan atau cemilan sehat yang bisa dikonsumsi kapan saja tanpa rasa bersalah? Cobain granola yang lagi ngetren! Granola adalah makanan kering terbuat dari biji-bijian atau oat yang sudah dipipihkan, dikukus, dan dipanggang. Selain biji-bijian (walnut, almond, chia seed, pumpkin seed, goji berry) atau oat, banyak granola yang juga dicampur dengan buah-buahan kering dan dressing yang lezat, seperti madu atau mentega. Cara makannya pun mudah, tinggal tambah susu atau yogurt, atau bisa kam

    Menampilkan 3,036 produk untuk "Granola" (1 - 60 dari 3,036)
    Hot List LainnyaLihat Semua Hotlist »

    Apa Itu Granola?

    Granola adalah makanan yang terdiri dari oat, kacang-kacangan dan buah-buahan kering. Kandungan utama dari granola adalah oat dan kacang-kacangan, sehingga membuat granola mengandung serat yang tinggi. Kacang-kacangan dalam granola juga membuat granola mengandung lemak sehat. Satu porsi granola dapat memberikan kamu 4 gram asam lemak tidak jenuh tunggal dan 4 gram asam lemak tidak jenuh ganda. Granola juga mengandung vitamin dan mineral penting untuk tubuh. Beberapa jenis vitamin dan mineral penting yang terkandung dalam granola adalah vitamin E, tiamin, asam folat, magnesium, fosfor, seng, tembaga, mangan, dan selenium. Setiap Granola bisa mengandung bahan yang berbeda-beda, sehingga juga membuatnya mempunyai nilai gizi yang berbeda. Beberapa mungkin memiliki kandungan gula, lemak, kalori, atau protein yang lebih banyak tergantung dari bahannya.

    Apa manfaat Granola?

    Granola dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, dan mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker. Hal ini disebabkan karena makanan yang mengandung gandum utuh seperti Granola memiliki kandungan mineral dan vitamin yang lebih banyak dalam tiap sajiannya apabila dibandingkan dengan sereal. Granola mengandung vitamin B1, vitamin E, dan asam folat. Vitamin E didapatkan dari biji-bijian, minyak, dan kacang pada Granola. Kandungan Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang akan melindungi tubuh kamu dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel serta pertumbuhan sel kanker. Folat dan vitamin B1 berfungsi untuk melindungi fungsi saraf. Kandungan Folat dan Vitamin B1 tersebut juga baik untuk metabolisme dan pertumbuhan sel. Mineral- mineral juga terdapat di dalam Granola seperti fosfor, magnesium, selenium, besi, dan tembaga. 

    Bagaimana cara menyajikan Granola?

    Granola dapat disajikan dengan berbagai cara, mulai dari disajikan sebagai sereal dengan cara dicampur susu, dimasukkan dalam kue seperti muffin atau kue lainnya, dibuat yogurt parfait, dijadikan salad ataupun dijadikan smoothie. Jangan takut untuk berkreasi sendiri untuk mendapatkan menu Granola sesuai dengan selera kamu. Kamu juga bisa membuat Granola sendiri loh dengan komposisi oat, kacang-kacangan, serta tambah dengan buah-buahan kering dan sedikit madu sebagai pemanis. Campurkan semua bahan-bahan tersebut dan panggang sampai berwarna cokelat keemasan. Kamu juga dapat menyimpan granola yang telah didinginkan ke dalam wadah kedap udara sampai 1 bulan. Kamu bisa menikmatinya setiap pagi dengan tambahan susu tanpa lemak atau yogurt. Kamu juga bisa menambahkan buah-buahan segar seperti mangga, strawberi, pisang, atau lainnya sehingga kandungan gizinya jauh lebih lengkap lagi. Konsumsilah setidaknya ¼ gelas per hari agar tidak terlalu banyak kalori yang masuk ke tubuhmu.

    Apa perbedaan Oatmeal dengan Granola?

    Pertama, oatmeal dan granola memiliki perbedaan dari bahan dan cara pembuatannya masing-masing. Oatmeal dibuat dari biji gandum yang diproses dengan dipotong, dihancurkan, dihaluskan ataupun dibuat menjadi rolled oat. Sedangkan Granola dibuat dari biji oat yang dikeringkan dan dipanggang sehingga menghasilkan tekstur yang renyah. Tekstur renyah ini didapat dari biji-bijian atau kacang-kacangan yang sering kali ditambahkan pada produk Granola. Tekstur Oatmeal dan Granola juga berbeda. Oatmeal memiliki tekstur yang halus dan lembut seperti bubur, sedangkan Granola memiliki tekstur yang garing dan renyah. Rasa Oatmeal dan Granola juga berbeda. Oatmeal memiliki rasa yang cenderung hambar karena pada prosesnya tidak ditambahkan pemanis atau perasa apapun, hanya buah kering yang memberikan sedikit rasa manis. Sedangkan, granola memiliki rasa yang umumnya manis karena pada proses pembuatannya sudah ditambahkan pemanis alami seperti madu, maple syrup, ataupun gula kelapa.

    Mengapa belanja online di Tokopedia aman dan bebas penipuan dari para penipu online?Buka Toko Online / Online Shop Gratis di Tokopedia