Bagikan:facebooktwittergoogle plusbing
    share link
    Telah Disalin!
    Kain Ihram

    Kain Ihram

    Anda ingin melaksanakan kegiatan ibadah Haji, Umroh atau melakukan manasik haji? Nah pastinya anda membutuhkan Kain Ihram. Kain ihram adalah pakaian yang terdiri dari 2 lembar kain biasanya bewarna putih dan wajib dikenakan saat melakukan aktifitas Umroh ataupun Haji karena termasuk salah satu syarat sah yang harus dilakukan. Jika tidak, maka aktifitas ibadah Umrah atau Haji menjadi batal. Sedang mencari Kain Ihram laki - laki untuk Umroh / Haji? Di Tokopedia saja! Karena tersedia aneka Kain

    Menampilkan 47 produk untuk "Kain Ihram" (1 - 47 dari 47)
    1
    Hot List LainnyaLihat Semua Hotlist »

    Makna Kain Ihram bagi Umat Muslim

    Kain ihram merupakan kain berwarna putih tanpa jahitan yang digunakan dengan cara dililitkan ke tubuh sebagai pengganti pakaian pada saat pelaksanaan ibadah umrah atau haji. Makna dari kain ihram itu sendiri adalah untuk mencapai kesetaraan antar umat dengan tidak membedakan umat Muslim dari warna kulit, gender, atau pun status karena semua umat Muslim bernilai sama di mata Tuhan. Dengan pakaian ihram yang begitu simpel, diharapkan umat Muslim benar-benar mendedikasikan dirinya untuk beribadah, tidak untuk memikirkan hal yang berkaitan dengan keduniawian. Penggunaan kain ihram layaknya mencerminkan kehidupan awal pada saat manusia dilahirkan yang hanya dibungkus dengan selembar pakaian, begitupun hal yang sama terjadi saat manusia kembali dipanggil untuk berpulang ke pangkuan Tuhan. Saat meninggal, umat Muslim pun kembali hanya dibungkus menggunakan selembar kain. Itu dia makna dari warna dan penggunaan dari kain ihram untuk Haji / Umroh.

    Cara Memakai Kain Ihram Untuk Haji / Umroh yang Benar

    Laki-laki hanya perlu menggunakan dua lembar kain ihram untuk menutupi bagian bawah (izar) dan bagian atas (rida’). Jangan melilitkan kain ihram melebihi atau menutup mata kaki, dan untuk kain ihram bagian bawah harus lebih tebal dan panjang dari bagian atas untuk menutupi aurat. Langkah pertama dalam menggunakan kain ihram adalah dengan membentangkan kaki lalu lilitkan kain ihram yang lebih tebal dan panjang tadi ke tubuh layaknya memakai sarung. Setelah itu, gunakan sabuk haji agar ikatan lebih kuat. Cara selanjutnya yaitu gunakan kain kedua untuk bagian atas. Bentangkan tangan kiri ke serong atas dan tangan kanan mengarah ke serong bawah dengan memegang kain ihram tersebut. Arahkan ujung kain ihram di tangan kiri ke bagian pinggang sebelah kanan, lalu masukkan ujung kain tersebut ke kain ihram sebelah kanan yang sudah berbentuk sarung. Selebihnya, selendangkan ujung kanan kain ihram sehingga posisi tangan kanan berada di luar kain ihram dan tangan kiri berada di dalam kain ihram.

    Tips Memilih Kain Ihram yang Nyaman dan Sesuai Sunnah

    Memilih pakaian ihram ada aturannya agar tidak mengganggu ibadah kamu saat di tanah suci. Jangan gunakan pakaian yang berjahit dan membentuk lekukan tubuh seperti menggunakan pakaian dalam, kemeja, kaos, atau yang lain. Gunakan hanya kain ihram berwarna putih polos tanpa helai pakaian lainnya. Lalu, perhatikan baik-baik waktu keberangkatan kamu karena hal ini menjadi faktor yang sangat penting dalam memilih jenis kain ihram. Kamu harus bisa memilih jenis kain ihram yang tepat menyesuaikan dengan musim saat kamu akan berangkat ke tanah suci. Jika kamu berangkat saat musim panas, pilihlah kain ihram berbahan katun atau handuk yang tidak terlalu tebal sehingga dapat menyerap keringat dan tidak menimbulkan kesan gerah. Sebaliknya, jika kamu berangkat di musim yang cukup dingin, kamu perlu memilih kain ihram berbahan handuk tebal sehingga kain ini akan menyelamatkan kamu dari cuaca dingin. Jangan lupa juga untuk memilih ukuran kain ihram yang sesuai atau pas dengan ukuran tubuhmu.

    Harga Kain Ihram Terbaru 2018 di Tokopedia

    Harga akan selalu menjadi salah satu aspek penting dalam membeli sesuatu, sebab harga bisa menentukan jenis barang apa yang bisa kamu dapatkan. Lebih tepatnya di dalam konteks ini, jenis kain ihram apa yang bisa kamu miliki. Di Tokopedia, kamu bisa melihat banyak variasi dan jenis dari kain ihram itu sendiri dengan harga dan kualitas yang berbeda-beda pula. Kain ihram anak-anak bisa kamu dapatkan melalui Tokopedia dengan harga hanya mulai dari Rp 32.000  sampai Rp 68.000 saja. Sedangkan untuk pria, harga kain ihram dimulai dari Rp 69.000 hingga Rp 240.000 menyesuaikan dengan jenis bahan dan kualitas dari masing-masing merk. Kamu juga bisa mendapatkan kain ihram wanita seharga Rp 150.000 di Tokopedia. Jadi, tunggu apa lagi? Cari kemudahan dengan berbelanja perlengkapan ibadah haji mu seperti sajadah hingga mukena di Tokopedia. Selain itu, kamu bisa menemukan oleh - oleh khas haji seperti air zam - zam asli hingga kurma nabi asli di Tokopedia!

    Mengapa belanja online di Tokopedia aman dan bebas penipuan dari para penipu online?Buka Toko Online / Online Shop Gratis di Tokopedia