Bagikan:facebooktwittergoogle plusbing
    share link
    Telah Disalin!
    Kimchi

    Kimchi

    Toppers penggemar drama Korea? Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan makanan tradisional Korea yang satu ini, Kimchi! Yup, Kimchi merupakan salah satu makanan yang hampir selalu ada di meja makan orang Korea. Biasanya Kimchi dibuat dari sawi putih atau lobak yang diberi bumbu serta difermentasikan. Selain enak, Kimchi kaya akan serat dan vitamin, bahkan Kimchi sempat menjadi salah satu makanan tersehat versi Health Magazine. Tak hanya dimakan langsung, Kimchi juga dapat dikreasikan men

    Menampilkan 99 produk untuk "Kimchi" (1 - 60 dari 99)
    Hot List LainnyaLihat Semua Hotlist »

    Jenis-Jenis Kimchi Korea

    Kimchi adalah suatu makanan tradisional Korea berupa sayur yang di fermentasikan. Namun, kimchi mempunyai banyak jenis loh bedasarkan jenis sayuran yang di pakai, bahan, proses pembuatan dan daerah asalnya. Jenis kimchi yang paling umum dan sering dikenali adalah Baechu Kimchi yang menggunakan sawi putih dan difermentasikan dengan bumbu bubuk cabai, bawang putih dan minyak ikan. Selanjutnya ada Gat Kimchi yang berbeda dengan baechu kimchi karena menggunakan sawi hijau sebagai pengganti sawi putih. Lalu ada Oisobagi Kimchi yang tidak menggunakan sawi sebagai sayurnya, tapi malah digantikan dengan mentimun Jepang. Ada juga Buchu Kimchi yang menggunakan baun bawang sebagai sayurannya. Kkakdugi Kimchi adalah kimchi yang menggunakan lobak. Lobak dipotong-potong seperti dadu kemudian di fermentasikan agar bisa awet lebih lama. Salah satu jenis kimchi yang unik adalah Bossum Kimchi yang berbentuk seperti bola dan masih banyak lagi jenis-jenis kimchi lainnya.

    Manfaat Kimchi Fresh & Organik

    Kimchi merupakan makanan khas Korea yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Kimchi dipercayai sebagai salah satu bukti rahasia kesehatan orang Korea. Selain mengandung kalori yang rendah, kimchi juga mengandung serat yang tinggi. Hal ini tentu akan membantu organ pencernaan untuk lebih mudah dan lebih cepat menyerap makanan. Kimchi juga dapat menyembuhkan beberapa penyakit umum dan sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena kimchi diolah melalui cara fermentasi, maka kimchi memiliki kandungan probiotik yang tinggi yang membantu menjaga tubuh agar tetap sehat dan membantu melawan semua infeksi. Selain itu kimchi juga mengandung vitamin dan mineral yang membantu memperlancar aliran darah dan meningkatkan sistem imun tubuh dan juga meningkat pertumbuhan otot. Kimchi dipercaya dapat melawan kanker karena kimchi memiliki kandungan antioksidan dan flavonoid yang membantu dalam memerangi kanker. Serta maish banyak lagi manfaat kimchi lainnya.

    Mengenal Tradisi Kimjang

    Kimjang adalah tradisi orang Korea membuat kimchi dalam jumlah besar di hari-hari musim dingin. Tradisi ini dilakukan sekitar awal November hingga pertengahan Desember. Anggota keluarga, kerabat, dan tetangga berkumpul di satu tempat untuk beramai-ramai membuat kimchi. Satu keluarga yang terdiri dari empat orang biasanya memerlukan sawi berukuran besar antara 40-50 buah. Setelah sawi dicuci, ditaburi garam, dan direndam di dalam air pada hari sebelumnya, lembar demi lembar daun sawi diolesi dengan bumbu kimchi hingga merata. Kimjang juga merupakan kesempatan untuk meneruskan resep keluarga, dari nenek ke ibu, dari ibu ke anak perempuan, dan dari mertua ke menantu. Kimchi yang dibuat diperkirakan cukup untuk dimakan hingga musim semi tahun berikutnya. Tradisi ini tidak hanya berarti menyiapkan makanan untuk musim dingin, melainkan juga ucapan bersyukur orang Korea telah melewatkan satu tahun dengan selamat, serta awal memulai kehidupan pada tahun yang baru.

    Fakta Kimchi

    Salah satu fakta unik orang Korea adalah penduduk Korea biasanya memiliki kulkas khusus untuk menyimpan kimchi di rumahnya. Orang Korea biasanya membuat kimchi dalam porsi banyak dan disimpan di lemari es untuk persediaan berbulan-bulan. Jika kimchi disimpan dalam suhu yang tepat seperti empat derajat celcius, kimchi bisa bertahan bertahun-tahun, bahkan ada kimchi yang disimpan hingga tiga tahun. Masyarakat Korea sangat mencintai kimchi. Orang Korea rata-rata mengonsumsi kimchi hingga 18 kg per tahun. Orang Korea juga selalu mengatakan "kimchi" saat berfoto bersama untuk menggantikan kata "cheese" seperti dalam bahasa Inggris. Selain punya kandungan antioksidan dari sayuran, kimchi juga memiliki kandungan bakteri baik loh dan dipercaya lebih banyak dari yogurt. selain bagus untuk kulit, bakteri baik juga buat pencernaan menjadi lancar. Sekarang, ada lebih dari 150 jenis kimchi di Korea dan ternyata kimchi termasuk salah satu makanan yang pernah dikirim ke luar angkasa loh!

    Mengapa belanja online di Tokopedia aman dan bebas penipuan dari para penipu online?Buka Toko Online / Online Shop Gratis di Tokopedia