Bagikan:facebooktwittergoogle plusbing
    share link
    Telah Disalin!
    Kue Kastengel

    Kue Kastengel

    Selain nastar, Kue Kastengel merupakan salah satu kue kering yang sangat disukai banyak orang dan sering dijadikan suguhan di hari spesial. Rasa asin serta renyah dari kue keju ini memang membuat kita ingin menikmatinya lagi dan lagi. Apalagi kalau ditemani dengan secangkir kopi atau teh hangat, wah dijamin makin maknyoos. Nah jika tidak bisa membuatnya sendiri di rumah, Toppers bisa lho membeli Kue Kastengel yang sudah jadi di Tokopedia. Ratusan Kue Kastengel dari penjual di seluruh Indonesi

    Menampilkan 1,768 produk untuk "Kue Kastengel" (1 - 60 dari 1,768)
    Hot List LainnyaLihat Semua Hotlist »

    Sejarah Dari Kue Kastengel

    Kue kastengel seringkali disajikan ketika Hari Raya Lebaran dan juga Natal tiba sehingga sudah dianggap sebagai kue asal Indonesia. Tapi tahukah kamu? Ternyata kue kastengel tidak asli Indonesia loh. Kue kastengel adalah kue asal Belanda. Di Belanda, kue kastengel disebut dengan kaasstengels, diambil dari “kaast” yang berarti keju dan “stengels” yang berarti batangan. Kue kastengel merupakan sebuah bukti perpaduan budaya Belanda dan juga Indonesia karena terdapat berbagai penyesuaian. Kue kastengel Belanda mempunyai bentuk yang lebih panjang sekitar 30 centimeter. Hal ini berbeda dengan kue kastengel Indonesia yang mempunyai bentuk kecil. Konon, hal ini disebabkan karena oven-oven yang digunakan untuk membakar kue kastengel di Indonesia tidak sebesar oven-oven yang ada di Belanda sehingga dibuat lebih kecil. Sedangkan untuk rasanya sendiri, kue kastengel Indonesia dan kue kastengel Belanda sama sekali tidak memiliki perbedaan.

    Cara Mudah Membuat Kue Kastengel

    Kue kastengel merupakan kue yang sangat enak namun juga sangat mudah untuk dibuat. Untuk membuat kue kastengel, pertama siapkan bahan-bahan seperti 200 gram tepung terigu, 125 g mentega atau margarine dilelehkan, 2 butir kuning telur, 100 gram keju dilelehkan dan 500 gram maizena. Setelah itu siapkan wadah. Masukkan margarin yang telah dilelehkan dan kuning telur, lalu aduk atau kocok sampai mengembang. Selanjutnya masukkan tepung terigu, keju leleh dan maizena. Aduk hingga adonan berbuih dan mengembang. Setelah itu, bentuk adonan kastengel sesuai keinginan. Letakkan adonan yang telah dibentuk ke loyang yang sudah diolesi margarin. Panaskan oven sampai suhu 180 C, lalu panggang kue kastengel selama 20 menit pada suhu 180 C. Setelah itu, keluarkan kue kastengel dari oven lalu olesi dengan kuning telur dan taburi keju dan panggang kembali hingga 10 menit.  Tapi, kamu tidak usah repot membuatnya karena Tokopedia menjual aneka kue kastengel yang enak dan murah. Beli aja di Tokopedia!

    Rahasia Kenikmatan Rasa Asin Kue Kastengel Dengan Balutan Keju

    Untuk membuat kue kastengel yang nikmat, ada beberapa rahasia saat membuat kue kastengel. Rahasia pertama adalah ada dua macam keju yang digunakan dalam kastengel yaitu keju edam yang dimasukkan di dalam adonan dan keju cheddar untuk taburan. Namun, keju cheddar pada kue kastengel cenderung lunak dan susah untuk menempel. Oleh sebab itu, sebaiknya diangin-anginkan terlebih dulu sebelum digunakan. Tujuannya agar tidak meleleh saat dioven. Selain itu baik keju edam ataupun keju cheddar sebaiknya diparut tebal-tebal dan panjang untuk mendapatkan hasil parutan yang tebal dan panjang caranya parut sambil ditekan. Rahasia lainnya adalah penambahan garam ke dalam adonan untuk menaikkan rasa gurih keju. Garam dicampur saat mengaduk mentega dan margarin. Rahasia selanjutnya adalah giling adonan tipis agar kastengel cepat matang, terutama kalau pemakaian keju banyak. Agar lebih nikmat lagi, kamu bisa hidangkan bersama buah kurma & kue kering lebaran lainnya seperti kue nastar & kue putri salju.

    Resep Membuat Kue Kastengel Yang Spesial & Renyah

    Ada beberapa tips untuk membuat kue kastengel. Yang pertama adalah memakai tepung protein rendah. Pada dasarnya tekstur kue kastengel cenderung lebih renyah dan tahan lama. Oleh karena itu, pilihlah tepung protein rendah yang rendah gluten sehingga kastengel akan terasa lebih kriuk ketika matang. Tips kedua adalah gunakan mentega dan margarin untuk tekstur sempurna. Jika kamu ingin kue kastengel yang lembut dan renyah, gunakan mentega dan margarin dengan rasio 1:2. Tetapi pastikan suhu yang kamu gunakan sesuai dan tepat, agar tidak terlalu keras. Tips selanjutnya adalah buatlah sesuai kebutuhan. Untuk porsi sehari - hari, disarankan membuat kue kastengel sekitar ½ kg saja. Namun untuk porsi lebaran / natal, maka kamu bisa membuat lebih banyak sekitar 1 kg yang sisanya bisa kamu simpan di toples kue. Di Tokopedia, tersedia aneka kue kastengel yang renyah dengan ukuran berat yang lengkap, baik ½ kg ataupun 1 kg. Kamu juga bisa selalu cek harga terbaru kue kastengel 2018 di Tokopedia.

    Mengapa belanja online di Tokopedia aman dan bebas penipuan dari para penipu online?Buka Toko Online / Online Shop Gratis di Tokopedia