Bagikan:facebooktwittergoogle plusbing
    share link
    Telah Disalin!
    Propolis

    Propolis

    Mari memulai hidup sehat dengan mengkonsumsi propolis. Kandungan alami dalam propolis dianggap mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti infeksi, tuberculosis sampai kanker. Saat ini, kamu tidak perlu lagi repot - repot untuk mencari produk propolis di Apotik. Karena kamu bisa mendapatkan aneka produk propolis terlengkap dengan harga murah / grosir secara online hanya di Tokopedia!

    Menampilkan 21,530 produk untuk "Propolis" (1 - 60 dari 21,530)
    Hot List LainnyaLihat Semua Hotlist »

    Apa Itu Propolis?

    Propolis adalah suatu zat resin yang dikumpulkan oleh lebah madu dari berbagai tumbuhan seperti aliran getah ataupun tunas pohon. Zat resin tersebut dikumpulkan oleh lebah untuk menutupi lubang kecil pada sarang lebah. Propolis merupakan semacam semen yang memberikan perlindungan kepada lebah dari kontaminasi luar sewaktu lebah tinggal dalam sarang mereka. Karena berfungsi sebagai pelindung maka lebah menyusun atau meramu propolis dengan bahan pilihan. Pada dasarnya komposisi kimiawi dari propolis bisa bervariasi tergantung dari mana bahannya dikumpulkan oleh lebah. Umumnya substansi propolis berasal dari resin (sejenis getah tanaman) yang berasal dari kulit tanaman. Tanaman yang sering diambil resinnya pada umumnya berasal dari tanaman Poplar (Populus Sp), Birch (Betula Sp) atau Conifer. Lebah mengumpulkan resin dari tanaman yang kemudian di ramu dengan lilin dan air liur lebah. Pohon yang berbeda akan menghasilkan komposisi propolis yang berbeda. 

    5 Proses Metode Pembuatan Propolis

    Untuk proses pembuatan propolis, setidaknya ada lima metode pembuatan propolis yang umum. Pertama adalah dengan cara Ekstraksi Propolis menggunakan alkohol. Cara pembuatan propolis dengan alkohol berkualitas tinggi biasanya digunakan pembuatan propolis untuk obat / kosmetik. Berbeda untuk dikonsumsi manusia, biasanya menggunakan alkohol dibawah 70%. Kedua adalah Ekstraksi Teknik Cepat. Metode satu ini hampir mirip dengan metode sebelumnya, namun propolis yang berbentuk butiran halus atau bubuk dicelupkan di alkohol murni. Ketiga adalah Ekstraksi Glikol. Jika sebelumnya menggunakan alkohol, maka satu ini menggunakan glikol yang berbentuk propylene glycol yang perbandingannya tidak mencapai 10%. Keempat adalah teknik pembuatan propolis dengan Ekstraksi Air. Pada proses ini, propolis dilarutkan dalam air dan direbus lalu didiamkan hingga beberapa hari. Metode penciptaan propolis terakhir adalah Ekstraksi dengan Minyak, walaupun cara satu ini masih jarang digunakan.

    Fakta Unik Tentang Propolis - Obat Sejak Tahun 350 SM.

    Ternyata propolis sudah digunakan sebagai obat sejak jaman dahulu loh. Sejak tahun 350 SM hingga kini, propolis dipercaya sebagai obat herbal yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Awalnya, pendeta Mesir kuno menggunakan propolis sebagai salah satu bahan mengawetkan mumi, Bangsa Asiria kuno mempercayai propolis sebagai obat untuk melawan kanker dan tumor sementara masyarakat Yunani kuno menggunakan propolis sebagai obat bisul atau abses. Dalam pengobatan tradisional Georgia, ditemukan salep yang mengandung propolis untuk mengobati beberapa penyakit. Propolis juga sudah dikenali di dalam dunia pengobatan Arab dan sudah ada di dalam buku Ibnu Sina. Propolis digunakan untuk bayi yang baru lahir, digunakan untuk mengobati kutil, jika terjadi gangguan pernapasan, dan juga dalam kasus luka bakar dan angin duduk. Manfaat propolis bisa ditelusuri dari sifat antimikrobanya. Begitu banyak pengobatan tradisional yang ternyata sudah menggunakan propolis.

    Manfaat Kandungan Propolis Untuk Kesehatan

    Propolis dianggap mampu untuk meningkatkan sistem perlindungan dan kekebalan dalam tubuh secara alami. Kandungan polifenol dalam propolis membantu meningkatkan produksi serta aktifitas sel sel imun. Propolis juga bermanfaat sebagai anti oksidan yang tinggi. Propolis mampu menekan pertumbuhan bakteri, virus dan fungi, serta kemampuannya meredakan inflamasi (radang) karena mengandung antimikroba dan senyawa Caffeic Acid Phenetyl Ester. Propolis mampu memperbaiki pemulihan luka bakar, luka kecil, infeksi, peradangan, sakit gigi, dan herpes kelamin. Propolis juga dikabarkan dapat melindungi jantung, menurunkan LDL (koleterol jahat) dan triglisida, serta meningkatkan HDL (kolesterol baik) sehingga sangat baik untuk menurunkan resiko timbulnya penyakit jantung. Menyembuhkan tukak /luka pada lambung. Kemampuan propolis sebagai anti mikroba dapat menekan aktifitas bakteri Helicobacter Pylori yaitu bakteri penyebab tukak lambung.

    Mengapa belanja online di Tokopedia aman dan bebas penipuan dari para penipu online?Buka Toko Online / Online Shop Gratis di Tokopedia