INFO TERBARU
    Sarung

    Sarung

    Sarung memang jadi pakaian wajib yang harus dikenakan buat para pria saat beribadah di masjid. Selain dipakai untuk beribadah, lembaran kain panjang ini juga cocok dipakai saat bersantai di rumah, yang bikin kamu jadi lebih nyaman dan leluasa untuk bersantai. Pokoknya, jenis pakaian yang satu ini multifungsi banget deh! Nah, buat kamu yang lagi cari sarung dengan bahan yang enak dipakai dan gak bikin gerah, kamu bisa temukan disini. Tersedia banyak banget sarung dari berbagai merek serta beragam corak yang bisa kamu sesuaikan dengan pilihan kamu. Sarung buat ukuran si kecil juga ada lho!

    Cek sekarang yuk di Tokopedia dan buruan pesan sebelum kehabisan!

    Bagikan:

    Urutkan

    Lokasi

    Harga

    Toko

    Dukungan Pengiriman

    Kondisi

    Pilihan Produk

    SelesaiFitur Baru: Free ReturnsTemukan beragam pilihan produk Free Returns. Produk dapat diretur secara GRATIS jika berubah pikiran. Pelajari lebih lanjut.
    Memuat...
    Reputasi:

    {{tokopedia.loc("SEARCH_NOT_FOUND_1")}}

    {{tokopedia.loc("SEARCH_NOT_FOUND_2")}}
    {{tokopedia.loc('Product List')}} {{pagination.item_start|thousand_separator}} - {{ pagination.item_end|thousand_separator}} {{tokopedia.loc("from")}} {{pagination.total_item|thousand_separator}}
    Penggunaan Sarung di Indonesia

    Sarung adalah sepotong kain yang berbentuk kotak, dijahit pada kedua ujungnya sehingga memiliki bentuk pipa atau tabung. Sarung dalam pengertian busana internasional memiliki arti sebagai sepotong kain lebar yang dibebatkan pada pinggang untuk menutupi bagian bawah tubuh, yaitu pada bagian pinggang ke bawah. Terdapat berbagai pilihan motif sarung, seperti kotak-kotak, garis, batik, dan seterusnya. Sarung merupakan salah satu busana yang sangat akrab di Indonesia, baik digunakan sebagai bawahan pengganti celana atau terkadang disematkan ke bahu. Selain itu, sarung di Indonesia juga digunakan sebagai pakaian daerah dan pakaian pernikahan. Pada banyak kesempatan, sarung sering dijadikan sebagai baju muslim karena banyak digunakan sebagai bawahan untuk sholat. Sarung juga menjadi maskawin karena menjadi bagian dari seperangkat alat solat. Selain karena dapat menutupi aurat, tidak transparan, dan tidak ketat, sarung sangat praktis digunakan sehingga banyak dikenakan oleh laki-laki muslim.

    Sejarah Sarung

    Berdasarkan sejarah, kain sarung berasal dari Yaman yang dikenal dengan nama futah. Di Yaman, sarung adalah pakaian tradisional masyarakat dan menjadi salah satu oleh-oleh khas Yaman. Masyarakat Indonesia sendiri mengenal sarung karena dibawa oleh saudagar Arab dan Gujarat. Pada zaman penjajahan, sarung juga sempat diidentikkan sebagai simbol perjuangan melawan kolonialisme Belanda. Sarung digunakan oleh para santri sebagai simbol perlawanan terhadap budaya Barat dalam masa tersebut. Dalam perkembangannya hingga sekarang ini, sarung identik dengan pakaian Muslim di Indonesia karena dianggap memiliki nilai kesopanan yang tinggi. Meskipun sebenarnya di Arab justru sebaliknya, sarung bukanlah pakaian yang digunakan untuk sholat, bahkan sarung di Mesir dinilai tidak pantas dipakai ke mesjid dan acara formal lainnya namun justru jadi pakaian tidur. Meski bukan asli Indonesia, sarung sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sehari-hari yang bisa dipakai kapan saja tergantung kebutuhan.

    Kenali Model Sarung Indonesia

    Sarung Indonesia memiliki perbedaan dengan sarung negara lain, seperti sarung yang dibuat dari kain tenun, songket, dan tapis. Jenis bahan sarung ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Temukan berbagai model sarung Indonesia yang unik sesuai asal daerahnya, seperti sarung Samarinda, Betawi, Bali, Sumatera, dan seterusnya. Karena banyak digunakan sebagai pakaian khas Muslim, kain sarung di Indonesia banyak dipadupadankan dengan atasan baju koko. Tidak hanya laki-laki, perempuan juga mengenakan sarung dengan atasan mukena dan bawahan sarung. Berbagai merk sarung Indonesia juga sangat akrab dipakai, seperti sarung BHS, sarung Atlas, sarung Cap Mangga, sarung Sapphire, sarung Wadimor, sarung Gajah Duduk, dan masih banyak lagi. Selain kain sarung pria dewasa, tersedia pula sarung anak dengan berbagai model termasuk sarung anak instan. Dapatkan berbagai model sarung terbaru di Tokopedia dengan harga sarung terbaik di Indonesia dari berbagai merk dan model, ada sarung batik juga, lho!

    Sarung Terbaru untuk Bulan Ramadhan

    Mudah dikenakan dan tampak sopan, sarung banyak diminati oleh masyarakat Indonesia dan jadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. Selain sebagai sarung sholat, sarung dapat digunakan untuk santai di rumah atau untuk acara resmi seperti ibadah, upacara perkawinan, upacara adat, dan khitanan. Sarung bisa kamu beli online di Tokopedia dengan harga kain sarung terbaik dan beragam pilihan yang lengkap. Tersedia sarung pria, sarung wanita, dan sarung anak-anak dengan berbagai motif yang bisa kamu temukan di toko online sarung di Tokopedia. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa temukan harga grosir sarung sehingga belanja untuk Lebaran jadi lebih hemat. Cari sarung murah online jadi makin mudah, apalagi hasil temuan bisa diurutkan dari harga termurah di sini. Mengenakan sarung dengan bahan dan motif yang bagus akan jadi lebih lengkap dengan pakaian dan aksesoris lainnya, seperti setelan baju muslim dan peci. Dapatkan sarung berkualitas untuk hari spesialmu di Tokopedia dengan harga terjangkau.