Bagikan:facebooktwittergoogle plusbing
    share link
    Telah Disalin!
    Sayuran Segar

    Sayuran Segar

    Apa yang kamu makan tentunya akan mempengaruhi tubuhmu. Dapatkan nutrisi, serat, vitamin dan mineral sehat untuk tubuhmu dengan mengonsumsi sayuran segar. Segera mulai hidup sehat dengan mengonsumsi sayuran segar hanya di Tokopedia!

    Menampilkan 316 produk untuk "Sayuran Segar" (1 - 60 dari 316)
    Hot List LainnyaLihat Semua Hotlist »

    Manfaat Sayuran Segar Bagi Tubuh

    Sayuran bisa dikatakan segar apabila sayuran tersebut baru saja dipetik. Sayuran segar tentunya memiliki keunggulan dibandingkan sayuran yang sudah lama. Manfaat sayuran segar jauh lebih tinggi karena struktur gizinya masih utuh dan tidak rusak. Dengan mengonsumsi sayuran segar, sistem organ tubuh akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Manfaat sayuran segar yang pertama adalah menambah nafsu makan. Sayuran segar dapat menambah nafsu makan terutama bagi penyuka sayur. Manfaat yang kedua adalah untuk kulit. Dengan mengonsumsi sayuran segar, vitamin yang terkandung di dalam sayuran akan membuat kulit kita kencang sehingga terlihat awet muda. Manfaat selanjutnya adalah untuk mengatasi anemia. Kandungan zat besi di dalam sayuran segar dapat mencegah dan mengatasi anemia. Manfaat terakhir dari sayuran segar adalah untuk mencegah kanker. Sayuran seperti kubis, kembang kol, dan juga brokoli mempunyai kandungan indoles dan juga isothiocyanate yang sangat tinggi.

    Cara Membedakan Sayuran Segar

    Sayur yang segar dapat memberikan tubuh kita banyak nutrisi, serat dan vitamin yang baik untuk tubuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui ciri-ciri sayur segar agar kita tidak salah memilih sayur. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah warna. Sayuran segar mempunyai warna yang segar dan tidak kusam. Jangan lupa untuk mengamati tekstur dan bentuk fisik sayuran. Pada sayuran berdaun, tulang daun harus terlihat jelas, dan batang sayuran mudah dipatahkan. Untuk umbi-umbian, pilihlah umbi bertekstur keras, tidak berair dan tidak berlubang. Sedangkan untuk sayuran buah seperti tomat, terong atau mentimun, ada baiknya kamu memilih yang tidak keriput dan tidak berlubang.  Yang terakhir, jangan lupa juga perhatikan apakah sayuran tersebut memiliki bercak putih atau tidak. Karena itu bisa jadi adalah sisa pestisida yang sudah mengering. Agar sayuran terhindar dari kuman dan bakteri, kamu bisa merendamnya dalam air garam sekitar 10 menit.

    Kandungan Tinggi Vitamin Dalam Sayuran Segar

    Para ilmuwan mengkategorikan sayuran kedalam Nutraceuticals, karena merupakan perpaduan antara gizi dan obat-obatan. Lalu, kandungan apa saja yang terdapat pada sayur segar? Beberapa tanaman sayuran yang umum kita konsumsi seperti bayam, kubis, lobak, dan lain-lain kaya akan protein, serat, dan mineral seperti zat besi dan kalsium. Sayuran berdaun hijau juga memberikan kita fitonutrien seperti karotenoid, vitamin C, K, dan asam folat. Sayuran bunga seperti brokoli, bungkul, dan lain sebagainya merupakan jenis sayuran yang kaya akan vitamin C, serat, kalsium, dan lain-lain. Sayuran jenis ini memberikan kita senyawa yang disebut sulforaphane, yang merupakan senyawa anti kanker dan anti diabetes. Kandungan kalsium yang terdapat dalam brokoli adalah setara dengan yang terdapat dalam susu. Sedangkan sayuran kacang-kacangan seperti kacang polong, buncis, kacang panjang, dan lain-lain mengandung semua nutrisi penting seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral.

    Memilih Antara Sayur Segar vs. Sayur Beku

    Sayuran segar sudah tentunya lebih baik dibandingkan dengan sayuran beku. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin dan mineral pada sayur segar masih terjaga, sehingga akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Namun, ada penelitian menunjukkan bahwa sayuran beku tidak kalah sehat dibandingkan dengan sayur segar. Hal ini dikarenakan pada sayuran beku, sayuran tersebut langsung dibekukan setelah dipanen sehingga kandungan gizinya tetap terjaga. Makanan beku tetap memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, termasuk vitamin C, polyphenol, antocyanin, lutein, dan beta karoten. Tahap awal membekukan sayuran adalah merebus sebentar dengan air mendidih untuk membunuh bakteri dan mencegah berkurangnya enzim karena banyak vitamin larut dalam air seperti vitamin C dan vitamin B. Lalu dilanjutkan dengan proses pembekuan yang membuat nutrisi penting pada sayur segar terkunci dengan baik. Jadi selanjutnya kamu tidak usah ragu untuk mengonsumsi sayur segar maupun sayur beku.

    Mengapa belanja online di Tokopedia aman dan bebas penipuan dari para penipu online?Buka Toko Online / Online Shop Gratis di Tokopedia