Bagikan:facebooktwittergoogle plusbing
share link
Telah Disalin!
Sepeda Listrik

Sepeda Listrik

Seiring berkembangnya zaman, sekarang telah muncul banyak sekali inovasi kendaraan yang semakin membuat hidup kamu terasa mudah. Salah satunya adalah Sepeda Listrik. Kehadiran sepeda listrik canggih ini akan menemani kegiatan kamu sehari-hari seperti keliling komplek atau ke pasar. Untuk menggunakan Sepeda Listrik kamu tidak perlu mengisi BBM, cukup mengisi daya baterainya saja kamu sudah bisa menggunakan Sepeda Listrik ini. Kamu juga bisa menggunakan Sepeda Listrik ini untuk berolahraga lho

Menampilkan 1,587 produk untuk "Sepeda Listrik" (1 - 60 dari 1,587)
1234567>
Hot List LainnyaLihat Semua Hotlist »

Mengapa Harus Menggunakan Sepeda Listrik?

Saat ini tren penggunaan kendaraan yang ramah lingkungan menjadi populer dan semakin disenangi oleh semua kalangan. Salah satu pemicunya adalah kesadaran masyarakat yang semakin tinggi terhadap lingkungan sekitar. Seperti yang kita tahu, jika kendaraan konvensional atau yang menggunakan bahan bakar minyak atau gas menghasilkan polusi yang dapat mengancam lingkungan sekitar & diri kita sendiri. Apalagi menurut Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) jumlah sepeda motor di Indonesia sebanyak 85 juta unit pada tahun 2016. Tentunya fakta tersebut sangat berdampak terhadap lingkungan kita & menjadi salah satu sumber pencemaran udara di Indonesia. Nah, Sepeda Non Bahan Bakar alias Sepeda Listrik hadir sebagai solusi & menjadi salah satu transportasi ramah lingkungan. Karena sifatnya yang tidak menggunakan bahan bakar, otomatis tidak menghasilkan polusi sedikitpun & tidak mengancam kelestarian lingkungan sekitar. Apalagi desain sepeda listrik terbaru saat ini sudah modern & stylish.

Kelebihan Menggunakan Sepeda Elektrik

Selain menjadi solusi untuk kelestarian lingkungan, bepergian menggunakan sepeda listrik juga memberikan beberapa keuntungan tersendiri bagi anda. Yang pertama biaya perawatan lebih murah. Karena susunan mesin listrik dari sepeda elektrik sangatlah sederhana dan simple, membuat harga suku cadang sepeda listrik menjadi murah & tentunya mudah dicari. Apalagi saat ini sepeda elektrik pada umumnya sudah menggunakan Brushless DC (BLDC Electric Motor) yang membuat perawatan menjadi lebih mudah. Yang kedua adalah kamu tidak perlu lagi capek - capek & repot - repot menggenjot pedal hingga kelelahan. Kaki anda menjadi lebih rileks & tidak capek lagi jika anda menggunakan sepeda listrik. Bahkan kamu bisa mengatur kecepatan laju sepeda listrik kamu dengan mudah secara elektrik hingga 35 kilometer per jam dibanding kamu harus mengatur kecepatan sesuai kecepatan menggenjot pedal sepeda umumnya. Jangan lupa gunakan helm anak agar keselamatan anak anda lebih terjamin.

Cara Kerja Sepeda Listrik Yang Tidak Ribet

Cara kerja sepeda listrik sebetulnya sangat sederhana dan mudah dipahami. Pada umumnya, setiap sepeda elektrik digerakan oleh sebuah dinamo (motor listrik) yang mendapatkan energi penggerak dari Akumulator (aki). Akumulator akan menghasilkan energi listrik yang digunakan untuk menggerakan dinamo. Prinsip kerja sepeda listrik ini menggunakan prinsip pengubahan energi listrik ke energi mekanik. Tetapi pada sepeda listrik keluaran terbaru alias tipe yang lebih modern, diantara dinamo dan aki terdapat controller. Controller berfungsi sebagai pusat untuk pengaturan atau pembagian energi listrik dari aki ke dinamo yang dikendalikan sesuai handle gas. Hal ini akan berpengaruh kepada kecepatan sepeda listrik. Jadi jika kamu ingin melaju lebih cepat, maka kamu bisa memutar handle gas lebih dalam dan sedikit memutar keluar untuk mengurangi kecepatan sepeda listrik. Jadi kesimpulannya, prinsip kerja utama pada sepeda listrik hanya berfokus kepada dinamo, akumulator (aki), controller & handle gas.

Tips Merawat & Memilih Sepeda Listrik Agar Lebih Nyaman

Untuk mendapatkan kenyamanan berkendara menggunakan sepeda elektrik, setidaknya ada beberapa tips untuk merawat & memilih sepeda listrik. Langkah awal untuk merawat sepeda listrik adalah selalu rutin & cek kondisi sistem rem untuk memastikan tidak ada masalah. Karena rem yang bermasalah dapat mengganggu konsumsi energi yang lebih boros. Lalu yang kedua hindari pengisian baterai yang berlebihan alias over charging. Karena jika baterai sudah penuh dan terus - menerus dicharge tanpa dicabut, maka akan menurunkan kualitas baterai sepeda listrik. Yang terakhir, rawatlah sepeda listrik dengan rutin membersihkan body sepeda listrik menggunakan kain microfiber agar kualitas warna tetap terjaga. Untuk memilih sepeda listrik yang nyaman & sesuai kebutuhan, ada satu tips penting yang bisa kamu ikuti. Yaitu pilihlah sepeda listrik dengan jumlah tempat duduk sesuai kebutuhan. Jika kamu ingin bersepeda listrik dengan keluarga, maka pilihlah sepeda elektrik dengan tempat duduk lebih dari satu.