Bagikan:facebooktwittergoogle plusbing
    share link
    Telah Disalin!
    Tteokbokki

    Tteokbokki

    Tteokbokki adalah salah satu makanan ringan asal Korea Selatan yang berasal dari kue beras dan banyak disukai. Seiring semakin eksisnya budaya Korea ke seluruh dunia, makanan ini pun juga ikut mendunia. Teksturnya kenyal dilengkapi dengan saus pedas dan manis yang khas membuat rasanya semakin nikmat. Sekarang kamu bisa menikmati Tteokbokki ini di rumah lho! Di Tokopedia tersedia Tteokbokki instan dengan cita rasa asli Korea Selatan yang siap disantap kapan saja. Buat kamu yang penasaran sepe

    Menampilkan 651 produk untuk "Tteokbokki" (1 - 60 dari 651)
    Hot List LainnyaLihat Semua Hotlist »

    Apa itu Kue Beras Tteokbokki?

    Tteokbokki adalah makanan khas Korea berupa tteok atau kue beras yang dibuat dari tepung beras yang dimasak dalam bumbu gochujang yang pedas dan manis. Tteok yang dipakai berbentuk batang atau silinder. Pada awalnya makanan ini bernama gungjung tteokbokki dan berasal dari masakan istana Dinasti Joseon. Pada waktu itu, masakan ini berupa kue beras yang dimasak dengan kecap asin bersama daging sapi, bagogari, kacang hijau, peterseli, jamur shitake, wortel, dan bawang bombay. Rasanya tidak pedas, jauh berbeda dari tteokbokki berbumbu cabai yang dikenal sekarang. Pada masa penjajahan Jepang, mulai dikenal pasta pedas yang dibuat dari cabai bernama gochujang. Bumbu tersebut kemudian banyak digunakan untuk pembuatan tteokbokki sehingga akhirnya warna dan rasanya menjadi merah dan pedas seperti saat ini. Selain itu, tteok yang dipakai biasa terdiri dari 5 warna yang melambangkan Korea yaitu merah, kuning, putih, hitam dan biru.

    Fakta Menarik Seputar Tteokbokki

    Tteokbokki dikenal sebagai makanan jalanan dan bisa dinikmati oleh segala kalangan masyarakat Korea. Tteokbokki sering ditemui di pinggir jalan bahkan di tempat rest area tol juga ada. Tteokbokki ini biasanya hadir pada sore dan malam hari di warung-warung pinggir jalan. tteokbokki biasa disantap oleh para pekerja Korea sepulang kerja. Tteokbokki sudah ada di Korea sejak sekitar abad ke-14 dan awalnya merupakan masakan istana Dinasti Joseon. Awalnya Tteokbokki bernama gungjung tteokbokki dengan tampilan berwarna coklat dan tidak memiliki rasa pedas. Gungjung tteokbokki adalah hidangan yang terbuat dari adonan beras putih, daging sapi, dan beberapa variasi dari sayuran mentah dan kering dibalut dengan kecap sebagai bumbunya. Tteokbokki tidaklah mempunyai rasa pedas dan hanya dibuat dengan kecap sampai abad ke-18. Namun semenjak tahun 1950-an, Tteokbokki dibuat dengan saos cabai merah.

    Manfaat Makanan Tteokbokki bagi Tubuh

    Selain menjadi makanan, tteokbokki juga mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh loh. Manfaat utama dari tteokbokki adalah untuk menambah energi dalam porsi yang besar. Dengan mengonsumsi tteokbokki, kamu dapat meningkatkan mineral dan esensi dari vitamin ke dalam tubuh. Tteokbokki juga mengandung selenium yang berfungsi sebagai anti oksidan di dalam tubuh yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Tteokbokki juga menjaga metabolisme tubuh agar tetap sehat. Metabolise yang sehat dapat membantu memproses karbohidrat, protein dan kolesterol di dalam tubuh. Selain itu terdapat vitamin B6 yang dapat membuat banyak sel darah merah dan memproduksi serotonin neurotransmitters yang dapat meningkatkan selera makan dan mood serta mencegah penyakit anemia.

    Variasi Makanan Makanan Tteokbokki di Korea

    Tteokbokki begitu populer di Korea, banyak sekali variasi tteokbokki yang dibuat. Sama seperti makanan populer lainnya, tteokbokki juga berinnovasi menjadi makanan dengan rasa dan variasi yang berbeda-beda. Sebagai contohnya ada tteokbokki dengan saos daging babi dan juga ada tteokbokki dengan saos daging sapi. Lalu terdapat juga variasi lain yaitu Shanghai Topokki dimana di bumbui oleh saos tradisional cabai merah ditambah dengan saos tiram khas China. Salah satu variasi Tteokbokki yang terkenal di Korea adalah Rabokki yaitu kombinasi dari tteokbokki dan ramyun atau mie. Ada juga sate tteokbokki yang disebut Tteok kkochi. Tteok kkochi lebih sering digoreng daripada di tumis seperti tteokbokki biasa dan saosnya sedikit berbeda. Ada juga beberapa variasi tteokbokki lainnya seperti Tteokbokki kare, Tteokbokki seafood, Tteokbokki pasta, Tteokbokki keju, Tteokbokki ayam dan lain-lain. 

    Mengapa belanja online di Tokopedia aman dan bebas penipuan dari para penipu online?Buka Toko Online / Online Shop Gratis di Tokopedia