tokopedia-logo
Travel
Area
Cipanas
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Jum, 30 Jul 2021
Check-out
Sab, 31 Jul 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Cipanas

Tipe akomodasi di Cipanas

Villa Kota Bunga Darwis Villas ADD1

Villa Kota Bunga Darwis Villas ADD1

Losmen
Cikundul
Cikundul
Rp900.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Cipanas
Tentang Cipanas
Tempat Wisata Alam di Cipanas
Tempat Wisata Rekreasi di Cipanas
Tempat Wisata Kuliner di Cipanas
Akses Menuju Cipanas

Tentang Cipanas

Cipanas merupakan sebuah kecamatan yang berada di bawah naungan Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Kecamatan dengan luas 58,03 km persegi ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Bogor di sebelah utara, Kecamatan Pacet di sebelah selatan dan timur, serta Kecamatan Cisarua dan Kabupaten Sukabumi di sebelah Barat. Daerah Cipanas ini dihuni oleh lebih dari 90 ribu jiwa penduduk dengan mayoritas berasal dari suku Sunda.

Secara geografis, Cipanas merupakan dataran tinggi yang berada di kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango, sehingga tidak heran jika daerah ini dikenal dengan suhunya yang sejuk dan nyaman. Hal ini juga yang membuat Cipanas menjadi destinasi favorit wisatawan untuk staycation di akhir pekan atau pada saat musim liburan. Bahkan, daerah ini sejak era kolonial Belanda sudah dimanfaatkan oleh Gubernur Jenderal Belanda, Gustaaf Willem Baron van Imhoff sebagai tempat pembangunan kompleks gedung untuk dirinya beristirahat selama berada di Cipanas. Kompleks seluas 26 hektar inilah yang kini dikenal dengan nama Istana Cipanas.

Cipanas memiliki sejumlah tujuan wisata yang unik dan menarik. Mulai dari istana cipanas, perkebunan, hingga berbagai kolam air panas menjadi daya tarik utama yang dapat Anda nikmati di Cipanas. Nama Cipanas sendiri pada dasarnya berasal dari bahasa Sunda yaitu “Ci” yang berarti air yang kemudian digabungkan dengan kata panas. Sebagai kawasan wisata dengan panorama alam yang asri, Cipanas juga menyediakan sederet penginapan dari hotel budget, guest house, hingga hotel mewah dan resort untuk mengakomodasi kedatangan serta kebutuhan para wisatawannya. Segera pesan hotel pilihan Anda di Cipanas dengan harga yang murah hanya melalui Tokopedia.

Tempat Wisata Alam di Cipanas

Keindahan pemandangan alam di Cipanas memang menjadi keunggulan utama daerah ini sebagai tempat wisata, mulai dari curug, pantai, gunung, hingga danau lengkap dapat Anda temukan di Cipanas.

Curug Citambur

Cipanas memiliki sederet curug atau air terjun yang sudah terkenal akan keindahan dan pesonanya, salah satunya adalah Curug Citambur yang berada di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Curug ini berada dari atas tebing setinggi 100 meter dan memiliki debit air yang cukup besar serta deras. Tebing ini juga dipenuhi oleh aneka vegetasi liar dan rumput sehingga terlihat sangat hijau dan asri. Bukan hanya itu saja , kawasan Curug Citambur juga dikelilingi oleh berbagai pepohonan yang rindang dan menjulang tinggi sehingga tidak heran jika tempat wisata ini memiliki udara yang sejuk dan nyaman.

Pemandangan air terjun yang berada di balik kaki tebing Gunung Lemo ini sangat menakjubkan hingga mendapatkan julukan sebagai “harta tersembunyi”. Curug Citambur terdiri dari beberapa undakan dan hanya telaga serta sungai yang berada di undakan paling bawah saja yang boleh dikunjungi oleh wisatawan yang ingin berenang atau bermain air. Selain pemandangan air terjun yang asri dan mempesona, di kawasan curug ini juga terdapat berbagai spot foto menarik yang tidak boleh Anda lewatkan.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Rp10.000,-

Pantai Jayanti

Pantai Jayanti merupakan sebuah pantai indah dan eksotis yang berlokasi di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Pantai ini terkenal karena pasirnya yang berwarna hitam dan kondisi pantai yang masih alami. Daya tarik dari pantai ini adalah keberadaan berbagai batu karang di tepi pantai yang sering dijadikan spot foto wajib oleh para wisatawan. Pantai Jayanti memiliki ombak yang cukup besar sehingga Anda tidak disarankan untuk berenang di pantai ini. Meskipun begitu, pantai ini tetap ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat menjelang matahari terbenam. Selain pemandangan pantai yang mempesona, di kawasan pantai juga terdapat pelabuhan nelayan dan pasar ikan yang dapat dikunjungi apabila Anda gemar menikmati aneka kuliner hasil olahan laut (seafood).

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Rp5.000 - Rp15.000,-

Situs Megalitikum Gunung Padang

Bukan hanya curug dan pantai, Cipanas juga memiliki objek wisata alam sekaligus wisata sejarah zaman purbakala di satu tempat yang sama, yaitu di Situs Megalitikum Gunung Padang. Situs ini berada di atas bukit dengan ketinggian mencapai 885 mdpl sehingga memiliki udara yang sejuk dan pemandangan dari atas perbukitan yang indah. Bahkan, dari Gunung Padang ini Anda dapat melihat pemandangan Gunung Gede Pangrango yang tampak dari kejauhan. Situs Megalitikum Gunung Padang ini konon dipercaya berumur lebih tua dari Candi Borobudur dan telah ada sejak 13.000 tahun yang lalu. Situs seluas 29,1 hektar ini memiliki hamparan dari ratusan bebatuan purba sejak zaman Megalitikum. Untuk dapat sampai ke tempat wisata ini, Anda harus menaiki ratusan anak tangga, namun semua akan terbayar dengan pemandangan unik dan menakjubkan dari situs bersejarah ini.

Jam operasional: Setiap hari, 09.00 – 17.00 WIB.

Harga tiket: Rp5.000,-

Tempat Wisata Rekreasi di Cipanas

Tidak hanya wisata alamnya yang indah, Cipanas juga memiliki sejumlah taman bermain dan rekreasi yang unik dan menarik untuk Anda kunjungi. Berikut beberapa objek wisata rekreasi populer yang dapat dimasukan ke dalam list perjalanan Anda.

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas merupakan salah satu destinasi wisata yang paling ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Terletak di antara Gunung Gede dan Gunung Pangrango, kebun seluas 84,99 hektare ini didirikan pada tanggal 11 April 1852 dan berada di bawah naungan pusat konservasi Kebun Raya Bogor. Daya tarik utama dari kebun ini adalah adanya taman bunga sakura yang indah selayaknya pemandangan di negara asalnya yaitu Jepang. Setidaknya ada sekitar 435 pohon sakura yang telah ditanam sejak tahun 1971.

Kebun raya Cibodas ini sering digunakan sebagai tempat bersantai dan berkumpul, area edukasi tanaman, lokasi syuting, hingga pemotretan dengan latar pemandangan kebun yang hijau dan asri. Apalagi lokasi kebun yang berada di ketinggian 1425 dpl membuat tempat wisata ini sangat sejuk dan nyaman untuk dikunjungi. Bagi Anda yang ingin bermalam di kawasan wisata ini, Kebun Raya Cibodas juga menyediakan beberapa guest house yang dapat dipesan oleh para wisatawan.

Jam operasional: Pukul 08.00-16.00 WIB (weekday), dan 07.00 - 16.00 WIB (weekend).

Harga tiket: Rp16.500,-

Istana Presiden Cipanas

Istana Presiden Cipanas juga menjadi destinasi liburan yang tidak kalah menarik untuk Anda kunjungi. Berlokasi di kaki Gunung Gede, istana ini sudah mulai dibangun sejak tahun 1740 oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Gustaaf Willem Baron Van Imhoff. Pada mulanya, istana ini didirikan sebagai tempat peristirahatan Gubernur Jenderal tersebut selama dirinya sedang berlibur di Cipanas. Kompleks seluas 26 hektar ini terdiri dari berbagai area, yakni mulai dari istana, paviliun, kebun tanaman hias, kebun sayur, taman kaktus, museum, toko souvenir, hingga pemandian air panas alami.

Jam operasional: Setiap hari, 08.00 – 16.00 WIB.

Harga tiket: Gratis.

Taman Bunga Nusantara

Tidak hanya Kebun Raya Cibodas, Anda juga dapat menikmati keindahan aneka jenis bunga dan tanaman lain di Taman Bunga Nusantara. Taman yang berlokasi di Jalan Mariwati KM.7, Sukaresmi, Cianjur ini pembangunannya telah dirintis sejak tahun 1992 dan diresmikan langsung oleh Presiden Soeharto pada tahun 1995. Keseluruhan Taman Bunga Nusantara terbagi menjadi beberapa area dengan konsep yang unik dan berbeda, yaitu ada Taman Labirin, Taman Jepang, Taman Amerika, Taman Mediterania, Taman Perancis, Taman Bali, Taman Palem, Taman Mawar, Taman Air, dan Rumah Kaca. Berada dekat dengan Gunung Gede, Taman Bunga Nusantara dikelilingi dengan pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk. Selain dapat menikmati keindahan aneka jenis bunga dan berfoto di berbagai spot menarik, Anda juga dapat menggunakan Dotto Train, Wara-Wiri, dan Garden Tram untuk mengelilingi seluruh kawasan Taman Bunga Nusantara.

Jam operasional: Setiap hari, 09.00 – 17.00 WIB.

Harga tiket: Rp40.000,-

Tempat Wisata Kuliner di Cipanas

Lengkapi liburan Anda di Cipanas dengan mencicipi aneka kuliner khas dan lezat di sejumlah rekomendasi tempat makan populer di bawah ini.

Warung Sate Shinta

Warung Sate Shinta merupakan sebuah tempat makan populer di kawasan Cipanas yang kerap diburu wisatawan yang berkunjung ke daerah ini. Terletak di Jl. Raya Cipanas No. 20, warung ini terkenal dengan menu andalannya yakni sate kambing yang empuk dan tidak berbau. Selain sate kambing, di tempat makan ini Anda juga dapat menikmati beragam hidangan sate lain seperti sate ayam, sate maranggi, sate sapi, hingga sate jeroan. Bukan hanya menu satenya, Warung Sate Shinta juga dikenal dengan aneka hidangan berbahan dasar daging kambing yakni sop kambing, nasi goreng kambing, dan gulai kambing.

Jam buka: Setiap hari, 24 jam.

Harga: Rp19.000 – Rp100.000,-

Restoran Bumi Aki

Selain Warung Sate Shinta, bagi Anda yang gemar menu makanan gulai kambing, maka Anda harus menyempatkan diri berkunjung ke Restoran Bumi Aki di Jl. Raya Puncak - Gadog No.59, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Restoran legendaris yang telah berdiri sejak tahun 1987 ini populer karena menu gulai kambingnya yang memiliki cita rasa kuah santan yang gurih dan kental. Potongan daging kambing pada semangkuk gulai tersebut juga tidak pelit dan tidak memiliki bau prengus. Selain gulai kambing, Restoran Bumi Aki juga menyediakan berbagai kuliner khas Sunda lainnya seperti sop buntut, tongseng kambing, nasi liwet, lalapan, dan masih banyak lagi.

Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00 – 21.00 WIB.

Harga: Rp16.000 – Rp280.000,-

Sate Maranggi Sari Asih

Hidangan sate memang banyak ditemui di sekitar kawasan Cipanas dan puncak. Tempat makan sate yang tidak kalah ramai di daerah ini adalah Sate Maranggi Sari Asih yang terletak di Jl. Raya Pacet, Cianjur, Jawa Barat. Sate Maranggi merupakan sebuah hidangan sate yang terbuat dari daging ayam, sapi, atau kambing dan dipadukan dengan bumbu kelapa. Tempat makan sate ini terkenal karena hanya menggunakan daging sapi yang dicampur dengan lemaknya dan dimasak hingga sate memiliki tekstur yang empuk dan bumbu yang meresap. Sate Maranggi di tempat makan ini biasanya disajikan dengan ketan putih.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga: Rp4.000,-/tusuk.

Akses Menuju Cipanas

Bus

Bus menjadi sarana alternatif yang mudah dan terjangkau untuk digunakan wisatawan yang ingin berkunjung ke Cipanas. Bagi Anda yang berasal dari Jakarta, Anda dapat menaiki bus dari Terminal Kampung Rambutan dengan beberapa pilihan bus dan rute perjalanan, yaitu Bus Marita dengan jurusan Cianjur melalui Puncak, atau Bus Karunia Bakti jurusan Garut melalui Puncak - Cianjur. Nantinya dengan bus ini Anda dapat turun di Pasar Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kereta Api

Selain bus, Anda juga dapat pergi menuju Cipanas melalui jalur darat dengan menggunakan kereta api. Bagi Anda yang berasal dari Jakarta, Anda dapat dengan mudah menggunakan kereta Commuter Line untuk sampai ke Stasiun Bogor. Setelah sampai di Stasiun Bogor, Anda dapat menggunakan angkutan umum dan bus untuk melanjutkan perjalanan ke Cipanas.

Pesawat

Jika Anda berasal dari daerah di luar Pulau Jawa maupun luar Indonesia, pesawat merupakan solusi kendaraan yang tepat untuk Anda. Anda dapat memilih penerbangan menuju Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang atau Bandara Husein Internasional Sastranegara di Bandung. Dari Bandara Soekarno-Hatta Anda dapat membeli tiket Bus Damri untuk sampai ke Terminal Bogor dan melanjutkan perjalanan hingga sampai ke Cipanas.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store