tokopedia-logo
Travel
Area
Jakarta Barat
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Sab, 25 Sep 2021
Check-out
Min, 26 Sep 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Jakarta Barat

Tipe akomodasi di Jakarta Barat

Hygiene Verified
Pullman Jakarta Central Park

Pullman Jakarta Central Park

Hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Jakarta Barat, Jakarta
Jakarta Barat, Jakarta
8,2
Sangat Memuaskan
Rp1.278.425
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Jakarta Barat
Tentang Jakarta Barat
Tempat Wisata Sejarah di Jakarta Barat
Tempat Wisata Rekreasi di Jakarta Barat
Tempat Wisata Kuliner di Jakarta Barat
Akses Menuju Jakarta Barat

Tentang Jakarta Barat

Jakarta Barat merupakan salah satu dari 5 kota Administrasi di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Daerah yang berluaskan 129,54 km persegi ini dihuni oleh lebih dari 2 juta jiwa penduduk yang terbesar ke dalam 8 Kecamatan dan 56 Kelurahan. Kecamatan Cengkareng, Tambora, dan Palmerah menjadi daerah tersibuk sea terpadat di Jakarta barat. Secara geografis, Jakarta Barat berbatasan langsung dengan Jakarta Utara di sebelah Utara, Jakarta Pusat di sebelah Timur, Jakarta Selatan di sebelah Selatan, dan Provinsi Banten pada bagian Barat.

Jakarta Barat memiliki motto kota yaitu "Kampung Kite Kalo Bukan Kite Nyang Ngurusin Siape Lagi" yang bermakna sebagai sebuah harapan akan besarnya tanggung jawab dan rasa cinta penduduk terhadap Jakarta Barat dengan diwujudkan melalui kerjasama antara pemerintah, pihak swasta, dan masyarakat untuk membangun Jakarta Barat menjadi lingkungan yang aman, tertib, bersih, dan sejahtera.

Kawasan Jakarta Barat dikenal dengan berbagai bangunan bersejarah peninggalan dari zaman kolonial Belanda. Hal ini dikarenakan Jakarta Barat memiliki catatan sejarah yang panjang di mana pada abad ke- 12 daerah ini digunakan sebagai pusat pemerintahan dan perekonomian Jakarta atau yang dulu dikenal dengan nama Sunda Kelapa. Tidak heran jika di Jakarta Barat Anda akan menemukan beragam objek wisata sejarah seperti bangunan kuno, museum, tempat ibadah, hingga benteng pertahanan.

Tentu saja sebagai bagian dari kawasan metropolitan Jakarta, di sini juga tersedia berbagai macam wisata rekreasi menarik lainnya, termasuk di antaranya adalah pusat perbelanjaan dan mal-mal besar. hal – hal inilah yang membuat Jakarta Barat sering dipilih sebagai destinasi wisata atau lokasi penginapan yang strategis oleh para wisatawan. Untuk menunjang akomodasi dan banyaknya kedatangan wisatawan, terdapat berbagai pilihan hotel hingga apartemen yang tersedia dengan harga dan fasilitas yang berbeda-beda. Bagi Anda yang ingin mencari hotel terbaik dengan harga yang murah di Jakarta Barat, Anda dapat langsung pilih dan booking hotel dengan mudah di Tokopedia.

Tempat Wisata Sejarah di Jakarta Barat

Dikenal dengan sejarahnya yang panjang, Jakarta Barat memiliki sejumlah destinasi wisata sejarah yang sayang untuk dilewatkan.

Kota Tua

Kota Tua merupakan kawasan bersejarah sekaligus destinasi wisata populer di kalangan para wisatawan lokal maupun mancanegara. Berada di di Jalan Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat, Kota Tua dulunya dikenal sebagai pusat perdagangan Asia pada Abad ke- 16. Kota Tua dikenal dengan suasananya yang unik dan menarik karena dikelilingi oleh berbagai bangunan tua peninggalan era kolonial Belanda yang masih asli dan terawat hingga sekarang. Hal inilah yang membuat Kota Tua menjadi kawasan yang selalu diincar para pecinta fotografi. Tempat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung, apalagi di akhir pekan.

Selain menikmati suasana kuno di kawasan ini, berbagai macam kegiatan seru juga dapat Anda lakukan di Kota Tua yaitu seperti berfoto dengan background bangunan kuno, berkeliling Kota Tua dengan sepeda onthel, menyaksikan aneka pertunjukan, hingga menikmati jajanan kaki lima yang ada di sekitar tempat wisata ini. Kawasan Kota Tua juga dekat dengan sejumlah museum dan tempat bersejarah seperti Museum Fatahilah, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Toko Merah.

Jam operasional: Setiap hari, 24 Jam.

Harga tiket: Rp1.000-Rp2.500,-/orang.

Museum Fatahillah

Berada di dekat kawasan Kota Tua atau lebih tepatnya di Jl Taman Fatahillah No. 1, Museum Fatahillah adalah sebuah museum bergaya neo klasik yang dibangun menyerupai Istana Dam di Amsterdam, Belanda. Berdiri sejak tahun 1707, salah satu museum terbesar di Jakarta ini juga dikenal dengan nama lain yaitu Museum Sejarah Jakarta. Bangunan ini dulunya merupakan Gedung Balai Kota Batavia pada masa pemerintahan Belanda yang terdiri dari ruang pengadilan, ruang kantor, dan penjara bawah tanah.

Kemudian, barulah pada tahun 1974 bangunan ini beralih fungsi menjadi sebuah museum. Berbagai koleksi kuno menarik dapat Anda temukan di museum ini, yakni seperti barang arkeologi, patung, keramik, prasasti, benda-benda kebudayaan Betawi, hingga meriam. Museum Fatahillah juga memiliki fasilitas yang lengkap yaitu terdiri dari kantin, toko souvenir, perpustakaan, mushola, taman, dan ruang sinema. Museum ini sangat ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, terutama saat akhir pekan atau musim liburan. Berfoto di sekitar bangunan museum ini juga menjadi hal wajib yang kerap dilakukan wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Jam operasional: Selasa – Minggu, pukul 09.00 – 15.00 WIB.

Harga tiket: Rp2.000,- (Anak-anak), dan Rp5.000,- (Dewasa).

Jembatan Kota Intan

Objek wisata sejarah lain yang dapat Anda temukan di Jakarta Barat adalah Jembatan Kota Intan. Dibangun pada tahun 1628 oleh pemerintahan VOC Belanda, jembatan ini menjadi satu-satunya jembatan peninggalan era kolonial Belanda yang masih tersisa di Jakarta. Sama seperti Museum Fatahillah, Jembatan Kota Intan juga terletak di sekitar kawasan Kota Tua dan kini dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. Faktanya, jembatan ini dulu sempat rusak dan diperbaiki oleh Belanda pada tahun 1629. Jembatan ini terlihat unik karena berbentuk layaknya sebuah jungkit dan dibangun menggunakan kayu dan besi. Jembatan Kota Intan juga menjadi incaran banyak wisatawan yang senang fotografi dan mencari spot foto dengan background yang unik dan menarik.

Jam operasional: Setiap hari.

Harga tiket: Gratis, 24 jam.

Tempat Wisata Rekreasi di Jakarta Barat

Sebagaimana daerah Jakarta lainnya, Jakarta Pusat juga menjadi lokasi dari berbagai wisata rekreasi modern yang seru dan unik untuk Anda kunjungi bersama teman maupun keluarga.

Jakarta Aquarium

Aquarium yang dibuka pada tahun 2016 ini menjadi salah satu tempat wisata yang populer dikunjungi wisatawan di Jakarta Barat. Jakarta Aquarium merupakan sebuah wisata rekreasi berupa aquarium mewah dengan luas 7000m persegi yang terletak di dalam Neo Soho Mall. Di Jakarta Aquarium, Anda dapat melihat sekaligus menambah wawasan Anda mengenai berbagai biota laut. Terdapat lebih dari 600 spesies satwa serta ikan yang hidup di aquarium ini. Selain itu, Jakarta Aquarium juga menawarkan kesempatan untuk menyaksikan aneka atraksi seru dari hewan-hewan laut tersebut. Tempat wisata rekreasi ini cocok sekali untuk dikunjungi bersama teman, pasangan, atau keluarga di akhir pekan atau saat liburan.

Jam operasional: Pukul 11.00 – 20.00 WIB (weekday), dan 10.00 – 21.00 WIB (weekend).

Harga tiket:

· Weekday, Rp115.000,- (anak-anak), dan Rp150.000,- (dewasa).

· Weekend, Rp150.000,- (anak-anak), dan Rp175.000,- (dewasa).

Museum Macan

Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara atau yang juga dikenal dengan nama Museum Macan adalah sebuah museum bertemakan seni modern dan kontemporer yang baru dibuka pada November 2017 lalu. Berlokasi di Jalan Panjang No. 5, Kebon Jeruk,Jakarta Barat, Museum ini menampilkan setidaknya sekitar 800 koleksi seni dari dalam maupun luar negeri yang berhasil dikumpulkan oleh seorang kolektor bernama Adikoesoemo. Museum ini juga tidak kalah ramai dikunjungi oleh berbagai wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain dapat menikmati koleksi seni yang dipajang, Anda juga dapat berfoto dengan karya-karya seni tersebut. Salah satu spot foto favorit para pengunjung ketika berada di museum ini adalah di Infinity Mirrored Room yang merupakan hasil karya Yayoi Kusama.

Jam operasional: Selasa – Minggu, pukul 10.00 – 18.00 WIB.

Harga tiket: Rp80.000,- (anak-anak), Rp90.000,- (pelajar), dan Rp100.000,- (dewasa).

Chinatown Glodok

Objek wisata berikutnya dapat menjadi tempat belanja sekaligus wisata rekreasi yang seru untuk Anda coba kunjungi. Berada di kawasan Glodok, Jakarta Barat, Chinatown merupakan sebuah area pertokoan dengan arsitektur bangunan khas China dan nuansa etnis Tionghoa yang kental. Tempat ini menjual berbagai macam makanan hingga barang-barang unik, yaitu seperti barang elektronik, pernak-pernik, perabot rumah, aksesoris, makanan, dan obat-obatan tradisional dapat Anda temukan dan beli di Chinatown Glodok. Kawasan ini juga terlihat semakin cantik karena dihias dengan lampion merah di sepanjang jalan. Jika berkunjung ke tempat ini, Anda juga tidak boleh lupa untuk mencicipi aneka kuliner khas China yang nikmati dan otentik.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 07.00 – 19.00 WIB.

Harga tiket: Gratis.

Tempat Wisata Kuliner di Jakarta Barat

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Jakarta Barat, Anda wajib mencicipi aneka hidangan khas dan lezat di beberapa rekomendasi restoran di bawah ini.

Bakmi Acang

Bakmi Acang merupakan salah satu tempat makan bakmi yang legendaris di Jakarta Barat. Terletak di Jalan Susilo 3, Grogol, Jakarta Barat, tempat makan ini telah menjual bakmi selama lebih dari 30 tahun. Bakmi Acang menawarkan sajian semangkuk bakmi yang dilengkapi dengan potongan ayam kampung dan kuah kaldu yang gurih. Selain itu, di sini Anda dapat memilih topping tambahan lainnya seperti usus, ati ampela, dan telur muda. Tempat makan ini sangat populer di Jakarta Barat, sehingga lebih baik Anda berkunjung di pagi hari agar tidak cepat kehabisan.

Jam operasional: Selasa – Minggu, pukul 06.00 – 14.00 WIB.

Harga: Rp32.000,-

Soto Betawi Bang Ali

Makanan khas Betawi ini memang sudah tidak asing lagi ditemukan di daerah Jakarta dan sekitarnya. Salah satu tempat maka soto betawi yang sudah terkenal akan kelezatannya adalah Soto Betawi Bang Ali di Jl. Tanjung Duren Selatan No.29F, Grogol petamburan, Jakarta Barat. Berbeda dengan soto betawi pada umumnya, tempat makan ini menjual soto betawi rendah kolesterol karena kuahnya yang dibuat tidak menggunakan santan namun dengan susu. Tidak heran jika soto ini memiliki cita rasa yang gurih dan juga creamy. Selain itu, soto ini juga terkenal dengan dagingnya yang nikmat dan empuk.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 09.00 – 22.00 WIB.

Harga: Rp25.000 – Rp35.000,-

Bale Dahar

Memiliki nama yang unik, restoran yang berlokasi di Jalan Panjang No. 5D, Kebon Jeruk, Jakarta Barat ini menjual berbagai macam hidangan khas dari Jawa Tengah. Nama Bale Dahar sendiri dalam Bahasa Indonesia memiliki arti panggung makan. Mulai dari nasi gudeg, nasi kuning, sayur lodeh, lontong sayur, nasi wangi, dan aneka hidangan khas Jawa Tengah lainnya dapat Anda nikmati di restoran ini. Salah satu keunikan dari tempat makan ini adalah terletak di sajian nasi kuningnya yang berbentuk seperti tumpeng mini dengan dilengkapi aneka lauk seperti ayam goreng, sambal ati, sambal udang, kering tempe, perkedel, dan kerupuk. Bale Dahar sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga karena tempatnya yang nyaman.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 10.00 – 22.00 WIB.

Harga: Rp35.000 – Rp50.000,-

Akses Menuju Jakarta Barat

Berikut beberapa sarana transportasi umum yang dapat Anda pilih untuk berkunjung ke Jakarta Barat.

Bus

Bus menjadi salah satu jenis kendaraan umum yang mudah dan murah untuk digunakan menuju ke Jakarta Barat. Anda dapat menggunakan Bus Mayasari Bakti untuk sampai ke Jakarta Barat dari berbagai daerah di Jabodetabek. Tersedia beberapa rute perjalanan yang dapat Anda pilih, yaitu rute Jakarta – Bekasi, rute Jakarta – Bogor (Cibinong - Cileungsi), rute Jakarta – Tangerang/Tangerang Selatan, dan rute Jakarta – Depok.

Kereta Api

Selain bus, kereta api juga menjadi cara mudah dan praktis dengan harga yang tentu saja terjangkau untuk sampai ke Jakarta Barat. Anda dapat menggunakan kereta api Commuter atau KRL Line dari berbagai daerah di Jakarta dan turun di stasiun terdekat di Jakarta Barat seperti Stasiun Palmerah dan Stasiun Grogol.

Bagi Anda yang berasal dari luar daerah, Anda dapat menggunakan kereta api ekonomi dan berhenti di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat ataupun kereta api bisnis dan eksekutif untuk sampai ke Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. Dari stasiun – stasiun tersebut, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Jakarta Barat menggunakan commuter line, bis, atau ojek online.

Pesawat

Opsi berikutnya yang dapat Anda pilih untuk dapat berkunjung ke Jakarta Barat adalah melalui jalur udara yaitu menggunakan pesawat terbang. Pesawat menjadi sarana yang praktis untuk Anda yang berasal dari provinsi luar Jawa maupun yang berdomisili di luar Indonesia.

Terdapat dua bandara yang dapat Anda pilih, yaitu Bandara Internasional Soekarno – Hatta di Tangerang yang melayani penerbangan domestik maupun internasional, atau Bandara Internasional Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur yang dikhususkan untuk penerbangan domestik dan Haji. Tentu saja dari kedua bandara ini, selanjutnya Anda harus menggunakan transportasi lain seperti bus atau kereta api untuk bisa sampai ke Jakarta Barat.

Kapal

Moda transportasi yang terakhir adalah dengan menggunakan kapal laut. Anda bepergian ke Jakarta Barat dengan membeli tiket dan menggunakan kapal ferry dari daerah asal Anda untuk dapat sampai di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Selanjutnya, dari pelabuhan tersebut Anda dapat menggunakan taksi, bus, atau kereta api menuju ke Jakarta Barat.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store