tokopedia-logo
Travel
Area
Jakarta Pusat
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Rab, 4 Agu 2021
Check-out
Kam, 5 Agu 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Jakarta Pusat

Tipe akomodasi di Jakarta Pusat

Hygiene Verified
Ashley Sabang Jakarta

Ashley Sabang Jakarta

Hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Jakarta Pusat, Jakarta
Jakarta Pusat, Jakarta
8,4
Sangat Memuaskan
Diskon Spesial
Rp475.844
Rp428.260
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Jakarta Pusat
Tentang Jakarta Pusat
Tempat Wisata Sejarah di Jakarta Pusat
Tempat Wisata Rekreasi di Jakarta Pusat
Tempat Wisata Kuliner di Jakarta Pusat
Akses Menuju Jakarta Pusat

Tentang Jakarta Pusat

Jakarta Pusat merupakan bagian dari 5 Kota Administrasi di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Memiliki pusat pemerintahan di daerah Menteng, Jakarta Pusat adalah administrasi terkecil di Provinsi DKI Jakarta. Pada zaman penjajahan Belanda dulu, Jakarta Pusat dikenal dengan nama lain yakni Batavia Centrum. Berbagai gedung pemerintahan Indonesia seperti gedung DPR dan gedung MPR juga berada di wilayah Jakarta Pusat.

Sama seperti wilayah Jakarta lainnya, daerah yang memiliki luas 48,13 km persegi ini juga selalu ramai dikunjungi oleh banyak orang dari berbagai daerah di Indonesia maupun dari luar Indonesia. Jakarta Pusat dihuni padat oleh lebih dari 1 juta jiwa penduduk yang tersebar ke dalam 8 kecamatan dan 44 kelurahan. Faktanya, pasca kemerdekaan Indonesia, wilayah Jakarta Pusat dulu juga digunakan sebagai tempat tinggal dari sejumlah tokoh pahlawan seperti Ir. Soekarno, Bung Hatta, A.H. Nasution, M.H Thamrin, dan masih banyak lagi. Inilah mengapa tidak heran jika Jakarta Pusat memiliki banyak bangunan dan museum-museum bersejarah.

Sebagai bagian dari kota metropolitan, tentu saja banyak sekali pusat perbelanjaan dan aneka wisata modern yang dapat Anda temukan di Jakarta Pusat. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Kota Jakarta, maka wilayah pusat ini dapat menjadi tempat yang strategis untuk Anda. Di sini juga tersedia berbagai macam pilihan hotel menarik, mulai dari hotel budget hingga hotel mewah yang dapat dipesan sesuai keinginan Anda. Dapatkan hotel terbaik dan termurah pilihan Anda hanya di Tokopedia!

Tempat Wisata Sejarah di Jakarta Pusat

Sebagai bagian dari Ibukota Jakarta, tentu saja Jakarta Pusat memiliki sederet objek wisata bersejarah yang tidak boleh Anda lewatkan.

Monumen Nasional

Dikenal sebagai landmark dari Kota Jakarta bahkan Indonesia, Monumen Nasional atau Monas merupakan sebuah tugu setinggi 132 meter yang menyimpan banyak catatan sejarah tentang perjuangan para pahlawan melawan penjajah untuk meraih kemerdekaan Republik Indonesia. Berlokasi di Lapangan Merdeka, Jakarta Pusat, monumen ini memiliki ciri khusus di bagian ujung tugu yang berbentuk seperti lidah api yang dilapisi dengan lembaran emas. Lidah api emas tersebut melambangkan semangat perjuangan yang terus menyala.

Berbagai aktivitas seru dapat Anda lakukan di Monas, mulai dari mengunjungi Museum Monas yang berada di bawah kawasan tugu tersebut, mendengarkan rekaman pembacaan teks proklamasi, melihat pemandangan Kota Jakarta dari puncak Monas, mengelilingi kawasan Monas dengan kereta wisata, hingga menikmati aneka kuliner kaki lima. Monumen ini merupakan salah satu objek wisata yang selalu ramai dikunjungi baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00-22.00 WIB.

Harga tiket: Rp2.000 – Rp15.000,-/orang.

Museum Sumpah Pemuda

Jakarta Pusat memiliki sejumlah museum-museum sejarah yang bukan hanya menarik tapi juga sangat edukatif, termasuk di antaranya adalah Museum Sumpah Pemuda. Sesuai namanya, museum ini menyimpan berbagai catatan sejarah mengenai peristiwa Sumpah Pemuda yang dulu terjadi pada tanggal 19 Oktober 1928. Peristiwa Sumpah Pemuda merupakan sebuah pergerakan dari para pemuda Indonesia di Gedung Kramat 106 untuk menyusun strategi pembebasan rakyat Indonesia dari tangan penjajah. Terdapat hampir 3.000 barang yang terdiri dari foto dan benda-benda hasil peninggalan yang berhubungan dengan peristiwa tersebut di museum ini. Museum ini dapat Anda temukan di Jl. Kramat Raya No.106, Kecamatan. Senen, Jakarta Pusat.

Jam operasional: Selasa – Jumat, pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Harga tiket: Rp2.000,-

Kota Tua

Kawasan populer di Jakarta Pusat ini juga menyimpan banyak kenangan bersejarah yang menarik untuk dikunjungi. Di kawasan Kota Tua, Anda dapat menemukan berbagai wisata sejarah sekaligus, yaitu seperti Museum Fatahilah, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Toko Merah. Kawasan yang dulu dikenal dengan sebutan Batavia Lama ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah di dalam maupun luar Indonesia. Selain dapat mengunjungi tempat-tempat bersejarah, Anda juga dapat menikmati aneka jajanan kaki lima, pertunjukan seni, hingga bersantai sambil swafoto di berbagai spot menarik.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Rp1.000-Rp2.500,-/orang.

Tempat Wisata Rekreasi di Jakarta Pusat

DKI Jakarta merupakan kota yang dikenal dengan aneka wisata rekreasi modern dengan fasilitas yang bagus dan menarik. Bukan hanya mal, Anda juga dapat mengunjungi serangkaian objek wisata rekreasi lainnya di Jakarta Pusat.

Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki atau yang dikenal dengan TIM ini merupakan sebuah pusat seni dan wisata edukasi yang seru untuk Anda coba datangi. Terletak di Jl. Cikini Raya No.73, Cikini, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, area seluas 9 hektar ini resmi berdiri pada tanggal 10 November 1968. Nama tempat wisata ini diambil dari pencipta lagu Indonesia terkenal, yaitu Ismail Marzuki. TIM memiliki berbagai macam fasilitas kesenian seru yang dapat kita kunjungi, mulai dari galeri seni, pertunjukan seni, teater, perpustakaan, hingga bioskop. Selain itu, Institut Kesenian jakarta dan Planetarium Jakarta juga berlokasi di kawasan Taman Ismail Marzuki.

Jam operasional: Senin – Sabtu, pukul 08.00 – 24.00 WIB, dan Minggu, 08.00 – 02.30 WIB.

Harga tiket: Gratis.

Taman Menteng

Daerah Menteng merupakan pusat pemerintahan di wilayah Jakarta Pusat. Meskipun selalu padat dipenuhi oleh lalu lalang aktivitas banyak orang, ternyata di Menteng terdapat sebuah taman kota cantik yang cocok digunakan untuk melepas penat Anda dari hiruk pikuk kota. Taman yang dibangun pada April 2007 ini memiliki wilayah seluas 30 hektar dan dulunya digunakan sebagai Stadion Menteng.

Berlokasi di Jl. HOS. Cokroaminoto, Menteng, taman ini memiliki fasilitas memadai sebagai tempat bermain anak – anak dan area berolahraga, yaitu seperti lapangan futsal, lapangan basket, jalur jogging, arena bermain anak, air mancur, kolam ikan, hingga rumah kaca yang sering digunakan sebagai tempat pameran seni. Taman Menteng juga semakin terlihat cantik karena dipenuhi oleh lebih dari 30 spesies tanaman yang berbeda.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 05.00 – 22.00 WIB.

Harga tiket: Gratis.

Plaza Indonesia

Tidak lengkap rasanya jika ke Jakarta Pusat bila tidak berkunjung sekaligus berbelanja di deretan mall yang tersedia, salah satunya adalah Plaza Indonesia. Mal yang berada di jalan M. H. Thamrin ini merupakan salah satu mal terbesar di jakarta yang pasti akan memuaskan kebutuhan belanja Anda. Di sini tersedia ribuan gerai dari berbagai brand barang dan makanan. Selain itu, Plaza Indonesia juga memiliki area bermain yang cocok untuk anak – anak. Akses menuju mal ini pun terbilang mudah karena berada di tengah kota dan dapat dijangkau menggunakan KRL dan MRT.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 10.00 – 22.00 WIB.

Harga tiket: Gratis.

Tempat Wisata Kuliner di Jakarta Pusat

Sama seperti kuliner khas Jakarta lainnya, Jakarta Pusat juga terkenal dengan aneka hidangan khas betawi yang sudah terkenal nikmat. Berikut beberapa rekomendasi kuliner dan tempat terbaik untuk mencobanya.

Soto Betawi

Soto Betawi memang sudah tidak asing lagi untuk kebanyakan orang. Hidangan ini terdiri dari daging, babat, paru, tomat, kentang, dan emping yang kemudian disiram dengan kuah santan khas yang nikmat. memiliki cita rasa yang gurih dan lezat, Semangkuk soto Betawi paling enak disantap bersamaan dengan nasi putih dan taburan bawang goreng. Tidak heran jika banyak wisatawan yang ke Jakarta Pusat hanya untuk mencari dan menikmati hidangan ini. Jakarta Pusat memiliki salah satu tempat makan soto Betawi terkenal yaitu Soto Betawi H. Ma'ruf di Jalan Cikini Raya No. 73, Cikini, Jakarta Pusat.

Jam buka: Setiap hari, pukul 10.00-20.00 WIB.

Harga: Rp38.000-R50.000,-/porsi.

Gado-Gado

Makanan yang terbuat dari aneka sayur rebus dan bumbu kacang yang khas ini telah menjadi menu sarapan favorit banyak orang di Jakarta. Dalam semangkuk gado-gado biasanya terdapat tauge, timun, bayam, kentang, kol, kacang panjang, tahu, telur, dan kerupuk. Memiliki cita rasa manis, gurih, dan sedikit pedas, gado – gado biasanya disantap dengan lontong maupun sepiring nasi putih hangat. Di Jakarta Pusat, terdapat satu tempat makan gado – gado legendaris yang terkenal bukan hanya di kalangan para wisatawan lokal namun juga asing, yaitu Gado – Gado BonBin. Tempat makan yang telah berdiri sejak tahun 1960 ini berlokasi di Jalan Cikini IV No.5, RT.14/RW.5, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

Jam buka: Setiap hari, pukul 10.00 – 17.00 WIB.

Harga: Mulai dari Rp23.000,-

Es Krim Ragusa

Restoran es krim ini bukan hanya terkenal nikmati tetapi juga memiliki nuansa dan produk es krim yang unik. Restoran yang masih memiliki nuansa tempo dulu ini didirikan pada tahun 1932 oleh dua orang asal Italia yaitu Luigi Ragusa dan Vincenzo Ragusa. Es krim ini dibuat menggunakan susu segar dan tanpa bahan pengawet, sehingga memiliki tekstur yang lembut. Salah satu menu es krim yang unik di restoran ini adalah es krim spaghetti yang berbentuk panjang – panjang menyerupai pasta. Anda dapat menemukan es krim Ragusa ini di Jl. Veteran I No.10, RT.4/RW.2, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat.

Jam buka: Setiap hari, pukul 10.00 – 22.00 WIB.

Harga: Mulai dari 15.000,-

Akses Menuju Jakarta Pusat

Terdapat beberapa pilihan transportasi umum yang dapat Anda pilih untuk sampai ke Jakarta Pusat.

Bus

Bus menjadi sarana umum yang mudah dan murah untuk Anda gunakan. Anda dapat memilih dua tipe bus untuk menuju ke Jakarta Pusat, yaitu menggunakan bus Metromini atau Kopaja dengan harga yang sangat terjangkau atau dengan menggunakan bus TransJakarta dengan fasilitas yang nyaman. Untuk bus metromini dan kopaja, biasanya memiliki tarif Rp4.000 untuk yang non-AC dan Rp5.000 – Rp8.000,- untuk yang AC. Sementara tarif untuk TransJakarta berkisar antara Rp2.000 – Rp3.500,-.

Buat Anda yang berasal dari luar Jakarta, Anda dapat memilih rute perjalanan menuju ke beberapa terminal di Jakarta Pusat, seperti Terminal Pasar Senen dan Terminal Tanah Abang.

Kereta Api

Menggunakan kereta api Commuter atau KRL juga menjadi sarana favorit banyak orang untuk berkeliling Jakarta. Terdapat beberapa stasiun di Jakarta Pusat yang dapat dituju dari berbagai daerah di dalam maupun luar Jakarta. Untuk yang berasal dari luar kota seperti kota – kota besar di Pulau Jawa, Anda dapat pergi ke Jakarta Pusat menggunakan kereta api kelas ekonomi dan turun di Stasiun Pasar Senen. Sementara yang memilih kelas bisnis atau eksekutif, dapat turun di Stasiun Gambir.

Pesawat

Bagi Anda yang berasal dari kota – kota maupun negara yang memiliki jarak yang jauh dari Indonesia, maka pesawat terbang adalah transportasi yang tepat untuk Anda. Jakarta memiliki dua bandara, yaitu Bandara Internasional Soekarno – Hatta di Jakarta Barat yang melayani baik penerbangan domestik maupun internasional, dan Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur yang dikhususkan untuk penerbangan domestik.

Dari bandara-bandara tersebut, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan mobil, bus, atau kereta api untuk sampai ke Jakarta Pusat.

Kapal

Selain pesawat, kapal juga menjadi alternatif yang dapat digunakan oleh wisatawan yang berdomisili jauh dari Jakarta. Tersedia Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara yang dapat Anda manfaatkan untuk bisa sampai ke Jakarta Pusat. Jarak antara pelabuhan tersebut ke Jakarta Pusat terbilang cukup dekat, yaitu hanya memakan waktu sekitar 45 menit perjalanan.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store