tokopedia-logo
Travel
Area
Jakarta Selatan
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Rab, 4 Agu 2021
Check-out
Kam, 5 Agu 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Jakarta Selatan

Tipe akomodasi di Jakarta Selatan

Hygiene Verified
Citadines Rasuna Jakarta

Citadines Rasuna Jakarta

Aparthotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Jakarta Selatan, Jakarta
Jakarta Selatan, Jakarta
8,5
Sangat Memuaskan
Rp736.450
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Jakarta Selatan
Tentang Jakarta Selatan
Tempat Wisata Sejarah di Jakarta Selatan
Tempat Wisata Rekreasi di Jakarta Selatan
Tempat Wisata Kuliner di Jakarta Selatan
Akses Menuju Jakarta Selatan

Tentang Jakarta Selatan

Jakarta Selatan merupakan salah satu bagian dari Kota Administrasi di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Memiliki pusat pemerintahan di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan merupakan wilayah terkaya dibandingkan dengan Kota Administrasi daerah Jakarta lainnya. Hal ini dapat dilihat melalui berbagai pusat bisnis utama dan perumahan warga menengah ke atas yang singgah di Jakarta Selatan. Beberapa daerah populer di Jakarta Selatan adalah Pondok Indah, Kemang, Sudirman, dan Kebayoran Baru. Sebagaimana daerah Jakarta lainnya, Jakarta Selatan juga termasuk ke dalam kota yang padat dan memiliki tingkat kemacetan yang tinggi.

Jakarta Selatan dihuni oleh lebih dari 2 juta jiwa penduduk yang tersebar ke dalam 10 Kecamatan dan 65 Kelurahan. Secara geografis, Jakarta Selatan berbatasan langsung dengan Jakarta Barat dan jakarta Pusat di sebelah utara, Jakarta Timur di sebelah timur, Kota Tangerang di sebelah barat, dan pada bagian selatan berbatasan dengan Kota Depok.

Sebagai bagian dari Kota Metropolitan, Jakarta Selatan juga memiliki banyak pusat perbelanjaan atau mall yang tersebar di berbagai wilayah. Selain itu, Jakarta Selatan juga terkenal dengan berbagai objek wisata menarik lainnya seperti Kebun Binatang Ragunan dan Kidzania yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga Anda. Jakarta Selatan juga menjadi pusat dari berbagai hotel, mulai dari hotel budget hingga mewah tersedia di kota ini. Jakarta Selatan dapat menjadi lokasi yang strategis sebagai tempat singgah bagi Anda yang ingin berkunjung atau staycation. Berbagai pilihan hotel menarik dengan harga termurah di Jakarta Selatan dapat Anda booking dengan mudah melalui Tokopedia.

Tempat Wisata Sejarah di Jakarta Selatan

Jakarta atau yang dulu dikenal dengan nama Batavia memang memiliki catatan sejarah yang panjang. Deretan museum di bawah ini dapat menjadi tujuan wisata yang seru sekaligus edukatif untuk Anda dan keluarga.

Museum Satria Mandala

Museum Satria Mandala adalah museum yang berlokasi di Jl. Gatot Subroto, Kuningan, atau tepatnya berada di bekas rumah Ibu Ratna Sari Dewi Soekarno yang merupakan salah satu istri dari Presiden Ir. Soekarno. Museum yang diresmikan pada tahun 1972 ini berisikan tentang sejarah perjuangan Tentara Nasional Indonesia. Di museum ini, Anda dapat melihat berbagai replika senjata perang yang digunakan saat perang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Mulai dari tank, ranjau, meriam, rudal, pesawat terbang, hingga helikopter dapat Anda lihat di museum ini. Menariknya lagi, di sini juga terdapat tandu yang dulu digunakan untuk membawa Jenderal Soedirman yang sedang sakit pada saat Perang Gerilya.

Jam operasional: Selasa – Minggu, pukul 09.00 – 15.00 WIB.

Harga tiket: Rp1.500,- (anak-anak), dan Rp2.500 (Dewasa).

Museum Basoeki Abdullah

Museum yang satu ini cocok bagi Anda para pecinta seni. Museum yang terletak di Jl. Keuangan Raya No.19, Cilandak ini dibangun oleh seniman ternama Indonesia, Basoeki Abdullah yang merupakan cucu dari Dr. Wahidin Sudirohusodo, yaitu salah satu pahlawan yang berjasa dalam meraih kemerdekaan Indonesia. Sebelum resmi dibuka menjadi museum, tempat ini dulunya digunakan sebagai rumah pribadi Basoeki Abdullah. Di museum ini, Anda dapat melihat berbagai karya seni lukisan dan aneka koleksi pribadi milki Basoeki Abdullah seperti wayang, patung, topeng, hingga senjata.

Jam operasional: Selasa – Jumat, pukul 09.00 – 15.00 WIB.

Harga tiket: Rp1.000,- (anak-anak), dan Rp2.000,- (dewasa).

Museum Layang-Layang Indonesia

Berbeda dari museum lainnya, museum yang berada di Jl. H. Kamang No.38, Cilandak, Jakarta Selatan ini merupakan sebuah tempat untuk seru untuk belajar segala hal tentang layang-layang. Di museum ini, Anda dapat menemukan berbagai macam koleksi layang-layang bukan hanya dari Indonesia tapi juga dari berbagai negara di dunia. Selain dapat melihat koleksi sekaligus mempelajari sejarah dari permainan layang-layang, Museum Layang-Layang Indonesia juga menyediakan kesempatan kepada pengunjungnya untuk melihat bagaimana cara pembuatan layang-layang yang diperagakan langsung oleh petugas museum.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Harga tiket: Rp15.000,-

Tempat Wisata Rekreasi di Jakarta Selatan

Jakarta Selatan menjadi salah satu pusat wisata rekreasi yang seru dan menarik untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Berikut destinasi – destinasi rekreasi yang dapat dimasukan ke dalam daftar perjalanan Anda.

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan memang menjadi tujuan wisata yang tidak pernah sepi pengunjung. Berlokasi di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, kebun binatang berluaskan 140 hektar ini memiliki 295 spesies satwa yang dapat Anda lihat, termasuk di antaranya adalah satwa-satwa langka seperti kakatua, orangutan, gorila, anoa, dan gajah. Kebun Binatang Ragunan ini dulu terletak di daerah Cikini dan telah beroperasi sejak tahun 1984. Kemudian, barulah pada tahun 1961 dipindahkan ke Pasar Minggu. Di kebun binatang ini juga terdapat kawasan konservasi hewan primata yang yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia.

Jam operasional: Selasa- Minggu, pukul 07.30 - 15.00 WIB.

Harga tiket: Rp3.000 - Rp15.000,-

Kidzania

Tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga, terutama anak-anak. Kidzania merupakan wahana bermain sekaligus belajar yang terletak di Mall Pacific Place di kawasan SCBD Sudirman. Kidzania menawarkan pengalaman seru untuk anak-anak belajar dan mencoba berbagai macam profesi pekerjaan. Setidaknya terdapat lebih dari 100 profesi yang bisa dipilih dan dicoba. Nantinya pengunjung juga akan langsung dipandu oleh petugas-petugas Kidzania selama melakukan pekerjaan. Anak-anak yang bermain di sini juga dapat menghasilkan uang mainan yang disebut Kidzos setelah berhasil menyelesaikan pekerjaan. Uang tersebut dapat digunakan untuk transaksi jual beli di dalam area permainan Kidzania. Tempat wisata ini sangat menarik untuk melatih minat bakat Anak.

Jam operasional: Senin – Jumat, Sabtu, pukul 09.00 - 16.00 WIB, dan Minggu, pukul 09.00 – 19.00 WIB.

Harga tiket: Rp225.000 – Rp275.000,- (anak-anak), dan Rp185.000 - Rp235.000,- (dewasa).

Setu Babakan

Bagi Anda yang mencari wisata rekreasi dengan pemandangan alam yang menyejukan di Jakarta Selatan, maka Setu Babakan dapat menjadi tempat yang tepat untuk Anda. Objek wisata berluaskan 30 hektar ini terdiri dari 3 danau buatan yang memiliki sumber air dari Sungai Museum. Setu Babakan sendiri merupakan kampung yang dibangun untuk melestarikan budaya Betawi yang kini makin terpinggirkan. Hal ini dapat dilihat dari pemandangan setu yang dikelilingi oleh rumah adat asal Betawi. Tidak jarang di tempat ini Anda juga dapat menikmati pertunjukan seni tradisional khas Betawi seperti lenong, ondel-ondel, hingga Tanjidor.

Selain itu, di sini Anda juga dapat mencicipi aneka kuliner khas Betawi dan mencoba beragam aktivitas seru seperti berkeliling danau dengan menggunakan perahu angsa. Anda dapat menemukan tempat wisata ini di Jl. RM. Kahfi II, Jagakarsa,Jakarta Selatan.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Harga tiket: Gratis.

Tempat Wisata Kuliner di Jakarta Selatan

Layaknya daerah Jakarta lainnya, Jakarta Selatan juga memiliki aneka kuliner khas yang berasal dari Suku Betawi. Deretan tempat makan khas Betawi di bawah ini wajib untuk Anda kunjungi saat berada di Jakarta Selatan.

Soto Betawi

Makanan khas Betawi yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi kenikmatan nya. Soto Betawi terbuat dari campuran daging, babat, paru, tomat, kentang, dan emping yang kemudian disiram dengan kuah santan khas yang bercita rasa gurih. Hidangan ini paling enak disantap dengan sepiring nasi putih hangat dan sambal bagi Anda yang menyukai pedas. Salah satu tempat populer untuk mencoba Soto Betawi di Jakarta Selatan adalah dengan mengunjungi Soto Betawi Haji Husen yang terletak Jl. Padang Panjang No. 6C, Pasar Manggis, Setiabudi.

Jam buka: Sabtu - Kamis, pukul 07.00 - 14.00 WIB.

Harga: Rp30.000,-

Roti Bakar Eddy

Pasti Anda sudah tidak asing mendengar tempat makan roti bakar satu ini. Roti Bakar Eddy adalah tempat roti bakar yang telah beroperasi sejak tahun 1971 di kawasan Blok M atau lebih tepatnya di Jl. Raden Patah No.11, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Roti bakar ini terkenal karena kualitas dan cita rasanya yang enak karena roti yang dibuat merupakan hasil produksi sendiri. Berbagai macam varian roti bakar dapat Anda cicipi di tempat ini. Bahkan, kini Roti Bakar Eddy telah memiliki cabang di berbagai daerah di Indonesia.

Jam buka: Setiap hari, pukul 18.00 - 02.30 WIB.

Harga: Mulai dari Rp12.000,-

Laksa Betawi Asirot

Laksa Betawi juga menjadi hidangan khas yang sering dicari para wisatawan yang berkunjung ke Jakarta. Laksa Betawi merupakan makanan yang terbuat dari campuran tahu, daging semur, telur, tauge, ketupat dan siraman kuah santan yang dibikin menggunakan aneka rempah. Laksa Betawi dikenal dengan cita rasanya yang gurih dan segar. Jika Anda tertarik mencoba hidangan ini, Anda dapat mengunjungi tempat makan legendaris yang telah dibuka sejak tahun 1978, yaitu Laksa Betawi Asirot di Jl. Asirot No.1, Kebon Jeruk, Jakarta Selatan.

Jam buka: Setiap hari, pukul 10.00 - 21.00 WIB.

Harga: Rp20.000,-

Akses Menuju Jakarta Selatan

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Jakarta Selatan, Anda dapat memilih moda transportasi umum di bawah ini.

Bus

Bus merupakan salah satu cara yang sering dipilih wisatawan untuk berkunjung ke Jakarta Selatan, apalagi dengan tarifnya yang terbilang cukup murah. Terdapat dua jenis Bus yang dapat dipilih wisatawan, Anda dapat memilih Bus TransJakarta yang nyaman untuk perjalanan dalam kota dan perbatasan. Tarif bus ini umumnya adalah sekitar Rp2.000 – Rp3.500,-. Sementara, untuk Anda yang berasal dari luar Jakarta, dapat memesan tiket Bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) dan turun di beberapa terminal di Jakarta Selatan seperti Terminal Lebak Bulus.

Kereta Api

Kereta Api juga menjadi cara favorit yang mudah dan murah untuk digunakan wisatawan berkeliling daerah Jakarta, termasuk Jakarta Selatan. Anda dapat menggunakan kereta api Commuter atau KRL untuk sampai ke daerah di Jakarta Selatan yang ingin Anda tuju. Jika ingin menggunakan Commuter Line ini, Anda dapat memilih untuk membeli tiket berupa kartu harian ataupun kartu langganan.

Pesawat

Bagi Anda yang berasal dari luar Pulau Jawa atau luar Indonesia, pesawat terbang menjadi alternatif yang paling praktis untuk Anda gunakan. Di kawasan Jakarta, terdapat dua Bandara yang dapat dipilih, yaitu Bandara Internasional Soekarno – Hatta yang terletak di Jakarta Barat dan melayani penerbangan domestik maupun internasional. Serta, Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur yang dikhususkan untuk penerbangan domestik.

Dari kedua bandara tersebut, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan mobil, bus, atau kereta api untuk dapat sampai ke Jakarta Selatan.

Kapal

Opsi terakhir yang dapat digunakan oleh wisatawan yang berasal jauh dari Jakarta adalah dengan kapal laut. Anda dapat memanfaatkan Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara. Dari pelabuhan tersebut, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Jakarta Selatan menggunakan moda transportasi umum seperti taksi, bus, atau kereta api.

Sementara, jika Anda berasal atau ingin menuju Pulau Sumatera, Anda juga dapat memanfaatkan Pelabuhan Merak di Banten untuk sampai ke Jakarta.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store