tokopedia-logo
Travel
Area
Jakarta Timur
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Min, 1 Agu 2021
Check-out
Sen, 2 Agu 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Jakarta Timur

Tipe akomodasi di Jakarta Timur

Hygiene Verified
Travelibu at Bassura City Apartment

Travelibu at Bassura City Apartment

Apartemen
Jakarta Timur, Jakarta
Jakarta Timur, Jakarta
Diskon Spesial
Rp605.455
Rp544.910
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Jakarta Timur
Tentang Jakarta Timur
Tempat Wisata Sejarah di Jakarta Timur
Tempat Wisata Rekreasi di Jakarta Timur
Tempat Wisata Kuliner di Jakarta Timur
Akses Menuju ke Jakarta Timur

Tentang Jakarta Timur

Sebagai salah satu bagian dari Kota Administrasi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Jakarta Timur merupakan kawasan yang padat dihuni oleh lebih dari 3 juta jiwa penduduk. Secara geografis, Jakarta Timur berbatasan langsung dengan Bekasi di sebelah Timur, Jakarta Utara dan Jakarta Pusat di sebelah Utara, Jakarta Selatan di sebelah Barat, dan pada bagian Selatan berbatasan dengan daerah Depok. Jakarta Timur pada dasarnya merupakan daerah terluas di DKI Jakarta dengan total luas wilayah sekitar 188,03 km persegi.

Kota yang memiliki motto Bambu Apus - Sri Dunting ini secara keseluruhan terdiri dari 10 Kecamatan dan 65 Kelurahan dengan pusat pemerintahannya sendiri terletak di Kecamatan Cakung. Jakarta Timur juga dilewati oleh 5 sungai berbeda, yakni Kali Malang, Kali Sunter, Sungai Ciliwung, Sungai Cipinang, dan Sungai Cakung. Hal ini yang membuat wilayah Jakarta Timur memiliki potensi banjir yang lebih besar dibandingkan daerah Jakarta lainnya.

Jakarta Timur juga memiliki keunggulan dalam fasilitas publiknya yang lengkap, mulai dari berbagai pusat perbelanjaan, kesehatan, pendidikan, hingga akses transportasi umum yang mudah dapat Anda nikmati di kawasan ini. Selain itu, Jakarta Timur juga memiliki sederet objek wisata menarik yang hanya dapat ditemukan di daerah ini saja, misalnya Taman Mini Indonesia Indah dan Monumen Pancasila Sakti.

Untuk menunjang kedatangan para wisatawan, Jakarta Timur menyediakan berbagai pilihan penginapan seperti hotel, apartemen, airbnb, dan guest house yang dapat Anda pesan sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Ingin mendapatkan hotel terbaik dengan harga yang murah di Jakarta Timur? Segera booking hotel pilihan Anda hanya di Tokopedia.

Tempat Wisata Sejarah di Jakarta Timur

Jakarta Timur memiliki sejumlah tujuan wisata unik dan menarik, khususnya dalam bidang sejarah dan kebudayaan.

Monumen Pancasila Sakti

Monumen Pancasila Sakti merupakan sebuah monumen yang terletak di daerah Lubang Buaya, Jakarta Timur dan memiliki bentuk menyerupai burung garuda besar disertai dengan patung 7 orang pahlawan yang mengelilinginya. Monumen ini menjadi saksi kisah perjuangan para pahlawan pada saat peristiwa G30S/PKI. Di sekitar kawasan monumen ini juga terdapat beragam area bersejarah lainnya, yaitu museum pengkhianatan PKI, sumur tempat dibuangnya jenazah korban PKI, museum paseban, hingga ruang teater. Tempat wisata ini telah dibangun sejak tahun 1967 dan diresmikan secara langsung oleh Presiden Soeharto pada tanggal 1 Oktober 1973. Objek wisata sejarah ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menambah wawasan tentang peristiwa G30S/PKI.

Jam operasional: Senin – Sabtu, pukul 10.00 – 21.00 WIB.

Harga tiket: Rp5.000,-

Museum Pusaka

Berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Museum Pusaka menjadi salah satu museum yang unik dan seru untuk dikunjungi bersama keluarga. Di museum ini, Anda dapat melihat berbagai macam dan jenis benda pusaka seperti keris dan tombak dari seluruh penjuru Indonesia. Sesuai namanya, di puncak museum ini juga dibangun menyerupai keris raksasa yang menjulang tinggi ke langit. Objek sejarah sekaligus edukasi ini wajib Anda coba datangi ketika berada di kawasan TMII.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Harga tiket: Rp5.000,-

Museum Keprajuritan Indonesia

Selain Museum Pusaka, Museum Keprajuritan Indonesia menjadi destinasi wisata sejarah lain yang dapat Anda kunjungi di kawasan TMII. Museum ini juga memiliki konsep bangunan yang unik yaitu berbentuk layaknya sebuah benteng pertahanan yang dikelilingi oleh kolam air. Museum ini menyimpan segala barang bersejarah yang berhubungan dengan segala hal tentang keprajuritan Indonesia, yakni mulai dari fragmen patung, diorama, hingga relief dapat Anda lihat di museum ini. Menariknya, di sini juga terdapat relief yang menyatu dengan dinding museum yang memang sengaja dibuat untuk menggambarkan perjuangan bansa Indonesia pada abad ke-13 sampai abad ke-19.

Jam operasional: Selasa – Minggu, pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Harga tiket: Rp2.500,-

Tempat Wisata Rekreasi di Jakarta Timur

Salah satu destinasi wisata andalan di Jakarta Timur terletak di objek wisata rekreasinya. Berikut beberapa tempat wisata rekreasi yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga di akhir pekan.

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah atau TMII merupakan salah satu tujuan wisata yang populer bukan hanya di kawasan Jakarta Timur namun juga di daerah DKI Jakarta itu sendiri. Taman berluaskan 135 hektar ini menawarkan area rekreasi menarik yang penuh dengan unsur kebudayaan Indonesia yang kental. Di TMII ini Anda dapat melihat aneka bangunan, tradisi, dan budaya dari 26 Provinsi di Indonesia.

Bukan hanya itu saja, TMII juga menyediakan berbagai macam kegiatan seru sekaligus edukatif yang dapat Anda lakukan bersama keluarga, yaitu seperti menyusuri aneka miniatur bangunan dari berbagai daerah, melihat danau buatan, mengunjungi berbagai museum, menaiki kereta gantung, dan menyaksikan pertunjukan di Teater Tanah Airku dan Teater IMAX Keong Mas. Daya tarik lain dari taman ini juga terletak di istana anak yang berdiri megah layaknya sedang berada di negeri dongeng. Istana ini menjadi spot foto favorit wisatawan yang mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah.

Jam operasional: Setiap hari, jam 07.00 – 22.00 WIB.

Harga tiket: Rp20.000,-/orang.

Telaga Arwana Cibubur (TAC)

Berada di Jl. Jambore, Pondok Rangon, Telaga Arwana Cibubur menjadi kawasan rekreasi seru untuk Anda dan klurga kunjungi di akhir pekan atau saat liburan. Tmpat wisata ini mengangkat suasana pedesaan sehingga kegiatan yang dilakukan lebih bersifat rekreasi outdoor dan berhubungan dengan alam. Contohnya saja menangkap ikan di kolam, bercocok tanam di sawah, bermain kolam lumpur, hingga area saung dan kolam pemancingan yang luas. Tidak hanya itu saja, Telaga Arwana Cibubur juga menawarkan berbagai wahana seru dan menantang lainnya seperti outbond, flying fox, paintball, mengendarai ATV, hingga bermain di waterpark yang tersedia.

Jam operasional: Selasa – Minggu, pukul 09.00 – 18.00 WIB.

Harga tiket: Rp8.000 – Rp80.000,-

Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur

Bagi Anda yang menyukai berkemah, maka Anda harus mencoba mengunjungi objek wisata yang satu ini. Bumi Perkemahan dan Graha Wisata atau yang juga dikenal dengan Buperta merupakan sebuah area camping berluaskan 120 Hektar di Cibubur atau yang lebih jelasnya berlokasi di pinggir Tol Jagorawi km 13. Kawasan wisata ini memiliki lahan dengan kontur hutan berbukit dengan suasana yang sejuk, asri, dan masih terasa alami. Sebagai tempat berkemah yang mampu menampung ribuan orang, Buperta Cibubur menyediakan fasilitas sarana dan prasarana yang lengkap mulai dari kamar mandi, area ibadah, lapangan, penyewaan tenda, hingga penginapan. Selain itu, di hutan ini juga terdapat danau cantik yang sering digunakan wisatawan sebagai tempat untuk bermain sepeda air atau bebek kayuh.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Rp10.000,-

Tempat Wisata Kuliner di Jakarta Timur

Lengkapi perjalanan Anda di Jakarta Timur dengan mencicipi sederet kuliner yang khas dan lezat di beberapa restoran populer di bawah ini.

Asinan Betawi H. Mansyur

Hidangan Khas Betawi memang menjadi salah satu kuliner asli dari Kota Jakarta yang selalu diincar oleh para wisatawan, termasuk di antaranya adalah Asinan Betawi. Makanan yang terbuat dari perpaduan sayuran segar, tahu dan bumbu kacang yang khas ini memiliki cita rasa yang pedas, manis, dan gurih. Salah satu tempat terbaik untuk mencoba Asinan Betawi adalah dengan mengunjungi Asinan Betawi H. Mansyur di Jl. Kamboja 3 No.10, Rawamangun, Jakarta Timur. Asinan di tempat makan yang telah berdiri sejak tahun 1960-an ini selalu ramai diburu oleh banyak orang sehingga memiliki antrian yang cukup panjang dan mudah sekali untuk kehabisan.

Jam buka: Setiap hari, pukul 10.00 – 21.00 WIB.

Harga: Rp15.000,-

Ayam Goreng Mat Lengket

Selain asinan, nasi uduk dan ayam goreng juga menjadi salah satu kuliner khas Betawi yang terkenal di Jakarta. Terletak di Jatinegara Kaum, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur, Ayam Goreng Mat Lengket merupakan salah satu destinasi kuliner populer di kalangan para wisatawan. Meskipun dari luar tempatnya terlihat sederhana, restoran ini menawarkan hidangan ayam goreng yang telah terkenal nikmat dengan tekstur daging yang empuk di dalam dan crispy di luar. Makanan ini paling enak disantap dengan sepiring nasi uduk, sate usus, dan semur tahu yang juga tersedia di tempat makan ini.

Jam buka: Setiap hari, pukul 17.00 – 22.00 WIB.

Harga: Rp25.000,-

Quiznos Sub

Bagi Anda yang menyukai hidangan sandwich, Jakarta Timur memiliki restoran sandwich terkenal yakni Quiznos Sub yang berada di Jl. Pemuda Kav. 30 No.7, Rawamangun, Jakarta Timur. Tersedia berbagai macam varian sandwich lezat yang pasti akan membuat Anda ketagihan. Bahkan, di restoran ini Anda dapat menentukan sendiri jenis roti dan ukuran sandwich yang Anda inginkan. Salah satu menu yang paling populer di Quiznos Sub adalah Zesty Steak yang dibuat menggunakan daging steak, keju mozarella dan cheddar, serta tambahan sayur dan saus khusus yakni zesty grilled sauce.

Jam buka: Setiap hari, pukul 10.00 – 21.00 WIB.

Harga: Rp50.000 – Rp100.000,-

Akses Menuju ke Jakarta Timur

Jika Anda tertarik berkunjung ke Jakarta Timur, Anda dapat menggunakan beberapa pilihan transportasi di bawah ini.

Bus

Bus menjadi sarana yang mudah sekaligus murah untuk Anda yang ingin berkunjung ke Jakarta Timur menggunakan moda transportasi umum. Anda dapat menggunakan bus TransJakarta dengan tujuan koridor 7 atau rute perjalanan Terminal Kampung Melayu - Terminal Kampung Rambutan untuk dapat sampai ke Jakarta Timur. Tarif bus ini juga cukup murah yaitu hanya sitar Rp3.500,-

Kereta Api

Selain bus, kereta api Commuter atau KRL Line menjadi transportasi umum favorit yang dipilih banyak orang ketika hendak berkunjung ke Jakarta Timur. Anda dapat menaiki kereta commuter dari berbagai daerah di Jakarta dan turun di stasiun terdekat di Jakarta Timur seperti Stasiun Jatinegara dan Stasiun Cakung. Anda dapat menaiki kereta api ini dengan membeli kartu perjalanan harian atau kartu multitrip maupun kartu berlangganan.

Pesawat

Pesawat menjadi sarana yang tepat dan praktis untuk Anda yang berdomisili di luar Pulau Jawa atau di luar Indonesia. Anda dapat menggunakan pesawat dan mendarat di Bandara Internasional Soekarno – Hatta di Tangerang yang melayani penerbangan domestik maupun internasional, atau di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma yang memang terletak di daerah Jakarta Timur. Bandara ini dikhususkan untuk penerbangan domestik dan Haji.

Jika Anda memilih Bandara Internasional Soekarno Hatta, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Jakarta Timur dengan menggunakan Bus Damri atau kereta api.

Kapal

Anda juga dapat berkunjung ke Jakarta Timur melalui jalur laut yaitu dengan menggunakan kapal ferry dari daerah asal Anda dan berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kemudian, dari pelabuhan tersebut Anda selanjutnya dapat menggunakan taksi, bus, atau kereta api untuk sampai ke Jakarta Timur.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store