tokopedia-logo
Travel
Area
Pasteur
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Min, 1 Agu 2021
Check-out
Sen, 2 Agu 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Pasteur

Tipe akomodasi di Pasteur

Hygiene Verified
Holiday Inn Bandung Pasteur, an IHG Hotel

Holiday Inn Bandung Pasteur, an IHG Hotel

Hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Pasteur, Bandung
Pasteur, Bandung
8,2
Sangat Memuaskan
Rp602.117
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Pasteur
Tentang Pasteur
Tempat Wisata Rekreasi di Pasteur
Tempat Wisata Sejarah di Pasteur
Tempat Wisata Kuliner di Pasteur
Akses Menuju Pasteur

Tentang Pasteur

Pasteur adalah nama sebuah kelurahan yang ada di Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat. Daerah ini terkenal karena di sini terdapat sebuah jalan yang berfungsi sebagai pintu gerbang utama bagi para wisatawan yang ingin masuk ke dalam Kota Bandung. Dulunya jalan ini dikenal dengan nama yang sama yaitu Jalan Pasteur, namun kini telah berganti nama menjadi Jalan Dr. Djunjunan. Kawasan Pasteur sendiri berbatasan langsung dengan Kelurahan Cipedes dan Kelurahan Suka Bungah. Pasteur dihuni oleh lebih dari 19 ribu jiwa penduduk yang tersebar ke dalam 13 Rukun Warga dan 92 Rukun Tetangga. Hal ini menjadikan Pasteur sebagai kawasan dengan RW dan RT terbanyak dibandingkan dengan kelurahan lain yang ada di Kecamatan Sukajadi.

Nama Pasteur sendiri berasal dari seorang ilmuwan asal Perancis, Louis Pasteur. Ilmuwan ini dikenal karena berhasil menemukan teknik pasteurisasi yang berguna untuk mencegah pembusukan makanan dengan adanya proses pemanasan menggunakan suhu yang tinggi. Penemuannya ini kemudian dikembangkan oleh Bio Farma, yaitu sebuah perusahaan yang bergerak dibidang kesehatan dan sains. Perusahaan yang termasuk ke dalam Badan Usaha Milik Negara ini dikenal sebagai produsen vaksin virus maupun vaksin bakteri yang berfungsi untuk keperluan imunisasi dan pencegahan terhadap penyakit. Bio Farma ini sendiri dapat Anda temukan di kawasan ini, hal tersebut yang membuat jalan ini disebut dengan nama Jalan Pasteur.

Bukan hanya itu saja, Kawasan Pasteur ini dipenuhi oleh berbagai pusat perbelanjaan, toko-toko, restoran, tempat hiburan, taman rekreasi, hingga aneka penginapan. Sehingga tidak heran jika Pasteur menjadi salah satu kawasan di Bandung yang paling padat dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah, terutama wisatawan asal Jakarta yang mencari destinasi staycation dengan jarak yang dekat dan suasana yang nyaman. Meskipun lokasinya yang strategis dan aksesnya yang mudah dilalui, namun perlu Anda ketahui bahwa Pasteur memiliki tingkat kemacetan lalu lintas yang cukup tinggi di akhir pekan dan saat musim liburan, sehingga pilihlah waktu-waktu strategis dan jenis kendaraan yang tepat ketika Anda hendak pergi ke kawasan ini.

Jika Anda tertarik berkunjung ke Pasteur, Anda dapat segera memesan hotel dengan fasilitas terbaik dan harga murah di Tokopedia.

Tempat Wisata Rekreasi di Pasteur

Lokasinya sebagai salah satu pintu masuk ke pusat Kota Bandung, tidak heran jika kawasan Pasteur memiliki sejumlah objek wisata modern yang seru dan menarik untuk dikunjungi bersama keluarga di akhir pekan.

Bandung Zoological Garden

Bandung Zoological Garden merupakan sebuah kebun binatang seluas 13,5 hektar yang berjarak hanya 6 menit dari Jalan Pasteur atau lebih jelasnya terletak di Jl. Kebun Binatang No.6, Kecamatan Coblong. Lokasi kebun binatang ini juga berdekatan dengan Universitas Institut Teknologi Bandung dan Sungai Cikapundung. Setidaknya ada lebih dari 1.600 hewan yang terdiri dari sekitar 213 jenis spesies satwa berbeda yang dapat Anda temukan di tempat wisata ini. Di sini, juga terdapat area kebun yang berfungsi sebagai pelindung satwa sekaligus paru - paru Kota Bandung. Selain dapat melihat berbagai jenis flora dan fauna, Bandung Zoological Garden juga memiliki sejumlah wahana permainan seperti flying fox, arena bermain anak, dan perahu bebek yang dapat Anda coba.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00 - 16.00 WIB.

Harga tiket: Rp40.000,-

Rumah Mode

Daerah Bandung dan sekitarnya memang terkenal dengan sederet pusat perbelanjaan seperti factory outlet yang menarik untuk dikunjungi. Bagi Anda yang gemar berbelanja, Anda harus coba mengunjungi Rumah Mode yang berada di Jl. Dr. Setiabudi No.41, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung. Tempat wisata yang berkonsep one stop shopping dengan nuansa bangunan ala tradisional Bali ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah, terutama pada saat akhir pekan. Rumah Mode menjual berbagai macam koleksi pakaian dan aksesoris baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Setelah puas berbelanja, di sekitar kawasan factory outlet ini juga tersedia restoran dengan beragam pilihan menu untuk Anda dan keluarga yang ingin memenuhi rasa lapar dan bersantai.

Jam operasional: Pukul 10.00 - 19.00 WIB (weekday), dan 10.00 - 20.00 WIB (weekend).

Harga tiket: Gratis.

Pandora Experience Bandung

Wahana bermain escape room menjadi salah satu tempat yang kini tengah populer di berbagai negara. Jika Anda tertarik mencoba pengalaman bermain unik dan berbeda ini, Anda dapat mengunjungi Pandora Experience Bandung di Jl. Sukajadi No.173A, Cipedes. Di tempat bermain ini, Anda akan masuk ke dalam ruangan dan dilatih untuk menyusun strategi serta memecahkan berbagai clue agar Anda dapat meloloskan diri dari ruangan tersebut. Permainan ini umumnya dimainkan oleh 2 hingga 14 orang secara bersamaan sehingga sangat cocok untuk dikunjungi bersama teman dan keluarga. Pandora Experience Bandung memiliki beragam jenis ruangan dengan tema misteri yang berbeda-beda.

Jam operasional: Setiap hari, 13.30 – 20.00 WIB.

Harga tiket: Rp100.000,- (weekday), dan Rp125.000,- (weekend).

Tempat Wisata Sejarah di Pasteur

Tidak hanya deretan wisata rekreasi yang seru, Bandung juga dikenal dengan sejumlah bangunan-bangunan bersejarah yang tidak kalah menarik dari destinasi wisata lainnya. Tentu saja, beberapa di antaranya dapat Anda temukan di kawasan Pasteur dan sekitarnya.

Gedung Sate

Berjarak hanya 2,8 km atau sekitar 6 menit berkendara dari Jalan Pasteur, Gedung Sate merupakan sebuah bangunan bersejarah sekaligus landmark kebangaan Kota Bandung yang telah berdiri sejak tahun 1920 dan pada masa penjajahan Belanda dikenal dengan nama Gouvernements Bedrijven. Gedung ini dulunya digunakan sebagai kantor pemerintahan dan Kantor Gubernur Jawa Barat. Nama unik tempat wisata ini berasal dari ornamen ikon berbentuk tusuk sate yang terdapat di atas atap gedung ini. Komplek Gedung Sate terdiri dari beberapa area, yakni mulai dari bangunan gedung megah berwarna putih dengan gaya arsitektur Belanda, taman hijau yang luas, cafe teras kopi, smart museum, hingga wahana virtual reality balon udara. Di luar kawasan Gedung Sate ini juga biasanya ramai dipenuhi oleh jajanan kuliner kaki lima yang khas, murah, dan nikmat.

Jam operasional: Selasa – Minggu, pukul 09.30 – 16.00 WIB.

Harga tiket: Rp5.000,-

Museum Biofarma

Teknik pasteurisasi dari ilmuwan Louis Pasteur yang dikembangkan di perusahaan life science Bio Farma menjadi cikal bakal terbentuknya nama Jalan Pasteur dan kawasan sekitarnya. Kini, badan usaha milik negara tersebut membangun sebuah museum yang terbuka untuk umum bagi siapa saja yang ingin mengetahui segala hal tentang life science dan bagaimana proses pembuatan vaksin itu sendiri melalui virtual reality. Selain itu, di Museum Bio Farma Anda juga dapat melihat berbagai alat vaksin tempo dulu hingga perkembangan Bio Farma dari masa ke masa. Museum ini bahkan sempat masuk ke dalam 10 destinasi yang wajib untuk dikunjungi di Bandung menurut Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung.

Jam operasional: Rabu - Kamis, pukul 09.00 - 11.30 WIB.

Harga tiket: -

Museum Konferensi Asia - Afrika

Objek wisata berikutnya juga berada tidak jauh dari kawasan Pasteur, yaitu hanya berjarak sekitar 12 menit berkendara. Museum ini merupakan sebuah museum yang berhubungan erat dan berada di samping Gedung Merdeka. Sesuai namanya, museum ini menjadi lokasi terjadinya Konferensi Asia - Afrika yang diselenggarakan pada tanggal 18 sampai 24 April 1955 di Bandung. Tempat ini dibangun dengan tujuan untuk mengabadikan segala hal yang terjadi pada saat KAA berlangsung, yaitu mulai dari barang-barang peninggalan, dokumentasi foto, kliping surat kabar, hingga informasi penggagas KAA semua lengkap dapat Anda temukan di sini. Di Museum KAA juga terdapat ruang audio visual yang digunakan untuk pemutaran film dokumenter terkait Konferensi Asia - Afrika dan diorama Presiden Soekarno pada kala itu. Museum KAA ini menjadi salah satu tujuan wisata yang tidak pernah sepi pengunjung, terutama kedatangan dari para pelajar yang ingin menambah wawasan seputar sejarah KAA.

Jam operasional: Selasa - Jumat 08.00-16.00 WIB, dan Jumat 14.00-16.00 WIB.

Harga tiket: Gratis.

Tempat Wisata Kuliner di Pasteur

Berikut sejumlah rekomendasi kuliner dan tempat makan populer di Bandung yang tidak boleh Anda lewatkan.

Raja Sunda

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke daerah Bandung dan sekitarnya tanpa mencoba kuliner khas Sunda, salah satu tempat terbaik untuk mencoba aneka hidangan khas Sunda di kawasan Pasteur adalah di restoran Raja Sunda yang terletak di jalan terusan Pasteur setelah melewati fly over menuju Jalan Pasteur atau lebih tepatnya di Jl. Dr. Djunjunan No.63, Pajajaran, Kecamatan Cicendo. Tempat makan ini terkenal dengan hidangannya yang menggunakan bahan baku yang fresh dan baru dimasak setelah pesanan dibuat, sehingga menghasilkan makanan yang hangat dan segar. Beberapa menu andalan dari restoran ini adalah ayam goreng dan gurame goreng serta sambal lalapan khas Sunda yang pedas dan lezat. Restoran Raja Sunda ini juga memiliki bangunan tradisional dengan saung - saung lesehan yang dapat Anda pilih dan tempati. Tempat makan ini juga menyediakan sejumlah baju kebaya yang dapat Anda pakai untuk berfoto di dekat kolam air terjun cantik sambil menunggu makanan datang.

Jam buka: Setiap hari, pukul 11.00 - 21.00 WIB.

Harga: Mulai dari Rp12.000,-

Warung Cepot

Cepot merupakan salah satu ikon terkenal dari kebudayaan Bandung. Salah satu warung yang berlokasi di Jl. Dr. Djunjunan No.155 D, Pajajaran, Cicendo ini kemudian mengusung sebuah tempat makan khas Sunda dengan konsep wayang Cepot tersebut. Dari pintu masuknya saja, Anda sudah dapat melihat patung cepot menghiasi warung makan ini. Di sini, Anda dapat menikmati berbagai hidangan khas Sunda seperti gulai kambing, ayam goreng, sop iga, dan gurame goreng sambil menikmati interior bangunan berupa aneka wayang golek di setiap sudut ruangan. Setidaknya ada sekitar 130 jenis wayang beserta penjelasan karakter yang dapat Anda lihat di tempat makan ini. Bukan hanya tempatnya yang unik, Warung Cepot juga memiliki beberapa hidangan unik dan lezat yaitu seperti tahu korowot dengan isian udang cincang, sayur, dan jamur.

Jam buka: Setiap hari, pukul 09.00 - 22.00 WIB.

Harga tiket: Mulai dari Rp25.000,-

Bakso Laman Astagfirullah

Tempat makan berikutnya juga tidak kalah unik untuk Anda coba kunjungi, namun bukan bangunannya yang unik namun menu makanannya yang berbeda dari bakso pada umumnya. Kedai Bakso Laman Astagfirullah yang terletak di Jl. Sukawarna No. 21, Pajajaran, Cicendo, menjual berbagai menu bakso dari yang biasa hingga yang berukuran raksasa dengan berat mencapai 2 kg. Seporsi bakso di tempat makan ini juga dilengkapi dengan tetelan, mie, dan kuah kaldu yang gurih dan lezat. Bakso ini berhasil menarik banyak wisatawan dari berbagai daerah yang penasaran ingin melihat dan mencoba bakso raksasa yang di jual di kedai ini secara langsung.

Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00 - 22.00 WIB.

Harga: Rp25.000 - Rp150.000,-

Akses Menuju Pasteur

Akses perjalanan menuju Pasteur terbilang cukup mudah, berikut sarana transportasi umum yang dapat Anda gunakan untuk sampai ke Pasteur.

Bus

Cara paling mudah untuk sampai ke kawasan Pasteur dan sekitarnya adalah melalui jalur darat, salah satunya sarana yang mudah dan murah adalah dengan menggunakan bus. Anda dapat menggunakan bus antar kota dengan rute menuju Bandung yang melalui Jalan Pasteur atau dengan menaiki Shuttle Bus Trans Pasteur yang nyaman dengan range harga sekitar Rp100.000,-

Kereta Api

Selain bus, Anda juga dapat menggunakan kereta api untuk sampai ke kawasan Pasteur. Anda dapat memilih rute perjalanan kereta api menuju Stasiun Bandung yang umumnya tersedia di berbagai kota besar di Pulau Jawa. Dari stasiun tersebut, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Pasteur menggunakan taksi, bus kota, atau angkutan umum lainnya.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store