tokopedia-logo
Travel
Area
Sentul
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Jum, 30 Jul 2021
Check-out
Sab, 31 Jul 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Sentul

Tipe akomodasi di Sentul

OYO 90466 Roemah Singgah & Kost Ekslusif Syariah

OYO 90466 Roemah Singgah & Kost Ekslusif Syariah

Hotel
star-iconstar-icon
Karangtengah
Karangtengah
Rp140.722
Termasuk pajak /kamar/malam
Hygiene Verified
RedDoorz Apartment @ Sentul Tower

RedDoorz Apartment @ Sentul Tower

Guest house
Sentul, Bogor
Sentul, Bogor
7,5
Memuaskan
Rp218.400
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Sentul
Tentang Sentul
Tempat Wisata Alam di Sentul
Tempat Wisata Rekreasi di Sentul
Tempat Wisata Kuliner di Sentul
Akses Menuju Sentul

Tentang Sentul

Sentul merupakan sebuah kawasan pegunungan berluaskan 3000 hektar yang berada di Kecamatan Babakan, Kabupaten Bogor. Dibangun oleh PT. Sentul City Tbk sejak tahun 1993, Sentul City merupakan daerah yang terletak di ketinggian 215 - 500 meter di atas permukaan laut dan dimanfaatkan sebagai kawasan hunian sekaligus destinasi wisata favorit banyak orang. Hal ini dikarenakan Sentul City memiliki aksesibilitas yang cukup mudah, yaitu dapat dijangkau langsung melalui pintu gerbang Tol Sentul Selatan.

Karena lokasinya yang termasuk ke dalam wilayah Bogor, tidak heran jika Sentul memiliki iklim yang sejuk dan curah hujan yang cukup tinggi melebihi Jakarta. Mayoritas masyarakatnya juga berasal dari Suku Sunda layaknya daerah di Provinsi Jawa Barat lainnya. Perumahan penduduk di kawasan Sentul tersebar ke dalam berbagai cluster seperti Bali Hill, Taman Yunani, dan England Park. Untuk area komersial Sentul sendiri dipenuhi oleh ruko-ruko dan pusat perbelanjaan yaitu seperti Plaza Amsterdam, Plaza Victoria, dan Plaza Niaga.

Sentul City merupakan daerah yang memiliki perkembangan yang pesat, termasuk dalam bidang pariwisata. Belakangan ini, daerah Sentul memang sering menjadi destinasi populer di kalangan para wisatawan, terutama yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya yang mencari tempat liburan seru dengan jarak yang tidak begitu jauh. Berbagai objek wisata menarik dapat Anda temukan di Sentul, mulai dari pemandangan alam, taman bermain dan rekreasi, hingga kulinernya yang terkenal nikmat. Bahkan, arena balap terkenal, Sirkuit Internasional Sentul juga berada di kawasan ini.

Anda juga tidak perlu khawatir mengenai penginapan di daerah ini, Sentul memiliki berbagai jenis hotel, mulai dari hotel budget hingga mewah yang siap untuk menemani waktu liburan Anda bersama keluarga. Tunggu, apa lagi? Segera booking hotel terbaik dan termurah pilihan Anda hanya di Tokopedia.

Tempat Wisata Alam di Sentul

Berada di perbukitan dan memiliki udara yang sejuk, tujuan wisata alam di Sentul kerap menjadi incaran utama para wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini. Berikut objek wisata alam yang tidak boleh Anda lewatkan.

Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Destinasi wisata yang paling populer dikunjungi wisatawan lokal maupun asing di Sentul adalah Taman Wisata Alam Gunung Pancar. Berada di ketinggian 800 mdpl, Gunung Pancar menawarkan pemandangan alam yang indah dengan akses yang mudah dan tanpa harus bepergian jauh. Gunung Pancar menyediakan berbagai fasilitas seru untuk menunjang kedatangan para wisatawan, yakni seperti area camping, outbond, pemandian

air panas, hingga olahraga.

Selain itu, Gunung Pancar juga merupakan habitat dari berbagai jenis flora dan fauna yang dapat Anda lihat secara langsung saat berwisata ke kawasan ini. Salah satu daya tarik dari gunung ini juga terletak pada deretan Pohon Pinus yang menjulang tinggi yang semakin menambah keasrian dan kesejukan tempat ini. Berwisata ke Taman Wisata Alam Gunung Pancar sangat cocok bagi Anda yang ingin menjernihkan pikiran dan badan dari hiruk pikuk kota.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Rp5.000,- (weekday),

dan Rp7.500,- (weekend).

Air Terjun Bidadari

Objek wisata alam yang satu ini juga tidak kalah ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Terletak di Desa Bojong Koneng, Air Terjun Bidadari adalah sebuah kawasan wisata yang terdiri dari air terjun setinggi 50 meter dan kolam renang luas yang bersumber dari aliran air terjun tersebut. Tersedia dua kolam renang dengan kedalaman yang berbeda, yakni 30 cm untuk kolam anak-anak, dan 1,5 meter yang lebih ditujukan untuk kolam dewasa.

Tempat wisata yang juga dikenal dengan nama Sentul Paradise Park ini memiliki pemandangan yang indah karena dipenuhi oleh bebatuan alami dan pepohonan di sekelilingnya. Selain dapat berenang dan menikmati keindahan air terjun, di sini Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas seru lainnya, seperti flying fox, berkeliling dengan perahu, dan berfoto di jembatan kayu yang sering dijadikan sebagai spot foto favorit oleh para wisatawan.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 06.00 – 17.00 WIB.

Harga tiket: Rp30.000,- (weekday), dan Rp40.000,- (weekend).

Goa Agung Garunggang

Goa Agung Garunggang yang berlokasi di Kecamatan Babakan, Kabupaten Bogor belakangan ini juga menjadi tujuan wisata populer di daerah Sentul. Dikenal sebagai goa tersembunyi, Goa Agung Garunggang merupakan gua yang masih sangat alami dan baru diketahui dan banyak dikunjungi wisatawan pada tahun 2014. Untuk dapat masuk ke dalam gua ini, Anda harus melewati pintu masuk gua yang unik karena bentuknya yang vertikal. Di sekitar kawasan gua ini juga terdapat air terjun kecil yang berasal dari sungai yang menembus celah gua. Namun, perlu diperhatikan bahwa mulut gua ini telah menjadi habitat dari kelelawar, sehingga tidak heran jika akan tercium bau kotoran kelelawar saat menelusuri gua tersebut.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Harga tiket: Gratis.

Tempat Wisata Rekreasi di Sentul

Bukan hanya alam, pariwisata Sentul juga terkenal dengan adanya sederet aneka ragam taman bermain dan rekreasi seru untuk Anda dan keluarga.

Jungleland

Jungleland boleh dibilang sebagai taman bermain dan rekreasi yang paling populer di Sentul. Theme Park yang dibuka pada tahun 2013 ini cocok untuk Anda dan keluarga yang menyukai wahana permainan yang dapat memacu adrenalin. Berada di kawasan Sentul City, Jungleland menyediakan 36 macam wahana permainan yang terbagi menjadi beberapa zona dan area, yaitu Zona Mysteria, Zona Tropicalia, Zona Eksplora, dan Zona Carnivalia. Tidak hanya itu saja, tersedia juga area Downtown yang terdiri dari aneka tempat makan, dan Science Center yang merupakan area edukasi sains dengan berbagai alat peraga.

Jam operasional: Pukul 10.00 - 17.00 WIB (weekday), dan pukul 09.00 - 18.00 WIB (weekend).

Harga tiket: Rp165.000,- (weekday), Rp220.000,- (weekend), dan Rp250.000,- (High Season).

Eco Art Park Sentul City

Berlokasi di tepi Sungai Cikeas, Eco Art Park Sentul City merupakan sebuah taman dengan luas 3.500 meter persegi yang mengangkat konsep green property dan memberikan edukasi seputar energi. Di taman ini, terdapat sculpture garden dengan aneka patung menarik seperti Optimus Prime, pesumo, dan masih banyak lagi. Mahakarya utama yang dipamerkan di taman ini tentu saja terletak di peraga teknologinya, yaitu parabola warna- warni yang memiliki keunikan dapat menghantarkan suara Anda dari satu parabola ke parabola lainnya saat digunakan.

Jam operasional: Pukul 11.00 – 20.00 WIB. (weekday), dan pukul 09.00 – 21.00 WIB. (weekend).

Harga tiket: Gratis.

Taman Budaya Sentul City

Taman Budaya Sentul merupakan destinasi wisata yang menawarkan serangkaian kegiatan rekreasi seru dengan lanskap pemandangan yang asri dan bangunan berkonsep tradisional khas Sunda. Taman yang berdiri di atas lahan seluas 6 hektar ini menawarkan 4 pilihan paket wisata untuk para pengunjungnya. Paket pertama adalah recreation program yang terdiri dari aktivitas seru seperti paintball, camping, high ropes, dan trekking. Untuk paket kedua merupakan educational program yang lebih ditujukan untuk anak-anak mempelajari berbagai hal termasuk wisata budaya.

Kemudian, paket berikutnya adalah development program untuk melatih kerja sama tim, dan terakhir tersedia paket meeting program yang dimanfaatkan pengunjung sebagai ruang berkumpul dan berdiskusi.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Harga tiket: Gratis – Rp550.000,-

Tempat Wisata Kuliner di Sentul

Berikut beberapa restoran populer di Sentul yang dapat Anda coba kunjungi untuk melepas rasa lapar dan dahaga Anda setelah puas berwisata.

Sate Kiloan Sentul

Sate Kiloan Sentul atau yang juga dikenal dengan julukan Pojok Sate Kiloan merupakan tempat makan yang populer di daerah Sentul. Sesuai namanya, tempat makan ini menjual sate berbahan dasar kambing atau ayam berdasarkan berat berapa kilo sate yang dibeli pengunjung. Sate kiloan tersebut paling enak disantap dengan sepiring nasi hangat. Selain sate, di sini juga terdapat sop kambing dengan kuah gurih yang tidak kalah lezat. Bagi Anda yang tertarik mencoba hidangan ini, Anda dapat langsung mengunjungi Jl. Terobosan, Kandang Roda, Sentul, Kec. Babakan Madang, Bogor.

Jam buka: Setiap hari, pukul 10.30 – 20.30 WIB.

Harga: Sekitar Rp50.000,-/orang.

Ikan Bakar Bambu Karimata

Berada di ujung pintu keluar Tol Selatan Sentul dari Tol Jagorawi, tempat makan satu ini juga kerap menjadi incaran wisatawan yang sedang berkunjung ke kawasan Sentul. Salah satu menu unik sekaligus andalan dari restoran ini adalah ikan patin bakar yang dimasak di dalam bambu dan dibalut menggunakan daun pisang sehingga menghasilkan aroma dan cita rasa yang khas. Selain ikan bakar ini, Anda juga dapat memilih menu seafood lainnya seperti aneka olahan ikan dan udang yang juga dilengkapi dengan sambal kecap nikmat khas Sunda.

Jam buka: Setiap hari, pukul 10.30 – 21.30 WIB.

Harga: Sekitar Rp100.000,-/orang.

Pasar Ah Poong Sentul

Bagi Anda yang ingin menikmati aneka kuliner sekaligus, maka Pasar Ah Poong Sentul bisa menjadi destinasi yang tepat untuk Anda. Selain sebagai tempat makan, pasar ini termasuk ke dalam tujuan wisata yang wajib untuk Anda kunjungi di Sentul karena lokasinya yang unik dikelilingi oleh sungai, sehingga seakan-akan pasar ini terlihat mengapung di atas air. Untuk dapat menikmati hidangan di tempat ini, Anda perlu membeli dan mengisi kartu khusus yang nantinya digunakan untuk alat transaksi pembelian. Di Pasar Ah Poong, Anda dapat mencicipi berbagai jenis kuliner nusantara seperti pempek, iga bakar, bakso Malang, dan masih banyak lainnya.

Jam buka: Pukul 10.00 – 22.00 WIB (weekday), dan 07.00 – 22.00 WIB (weekend).

Harga: Sekitar Rp100.000,-/orang.

Akses Menuju Sentul

Akses menuju Sentul terbilang cukup mudah karena banyak transportasi umum yang dapat Anda gunakan untuk sampai ke kawasan Sentul.

Bus

Bus menjadi sarana yang sering dipilih wisatawan karena aksesnya yang mudah dan harganya yang terjangkau. Jika Anda berasal dari Jakarta, Anda dapat menggunakan Bus APTB (Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway) untuk sampai ke Sentul City. Anda dapat menaiki bus ini dari beberapa terminal di Jakarta, seperti Terminal Blok M, Terminal Grogol, Terminal Senen, dan Terminal Tanjung Priok. Bus APTB ini terasa aman dan nyaman karena difasilitasi dengan AC dan berjalan melewati jalur busway atau Transjakarta.

Kereta Api

Selain bus, kereta api Commuter Line atau KRL Commuter menjadi moda transportasi umum yang mudah digunakan untuk bepergian ke Sentul. Anda dapat menggunakan jalur kereta dari Stasiun Jakarta Kota, Gondangdia, Manggarai, maupun Depok untuk dapat sampai ke Bogor. Dari Stasiun Bogor, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan taksi, angkot, atau metromini untuk sampai ke Sentul.

Pesawat

Baik Bogor maupun kawasan Sentul masih belum memiliki bandara tersendiri. Oleh karena itu, bagi Anda yang datang dari luar Pulau Jawa, Anda dapat menggunakan pesawat dan mendarat di Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang terlebih dahulu. Kemudian, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Sentul menggunakan transportasi umum lain, seperti kereta atau Bus Damri yang tersedia di bandara.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store