tokopedia-logo
Travel
City
Balige
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Kam, 29 Jul 2021
Check-out
Jum, 30 Jul 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Balige

HOMESTAY ITA PAGAR BATU

HOMESTAY ITA PAGAR BATU

Rumah liburan
Balige
Balige
Rp800.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Hygiene Verified
Tiara Bunga Hotel & Villa

Tiara Bunga Hotel & Villa

Resor
star-iconstar-iconstar-icon
Balige
Balige
7,3
Memuaskan
Diskon Spesial
Rp650.250
Rp585.225
Termasuk pajak /kamar/malam
Bayar di Hotel
Yuk Kenali Balige
Tentang Balige
Tempat Wisata Alam di Balige
Tempat Wisata Rekreasi di Balige
Tempat Wisata Kuliner di Balige
Akses Menuju Balige

Tentang Balige

Balige adalah salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara. Karena lokasinya yang bersinggungan dengan Toba, Balige menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi banyak orang baik dari wisatawan lokal maupun turis asing. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik di tahun 2015 silam, setidaknya 114.594 wisatawan baik dari lokal dan mancanegara mendatangi Balige untuk kebutuhan berlibur. Dari data tersebut, dapat dilihat bahwa daya tarik Balige cukuplah tinggi di mata para wisatawan.

Walaupun tidak terlalu diketahui orang kebanyakan, Balige tetap menjadi pilihan bagi sebagian orang karena wisata alamnya yang begitu memukau dan banyak pilihannya. Tak hanya tempat wisata, bahkan kuliner yang dikenalkan di Balige juga menjadi beberapa kuliner favorit dengan cita rasa kuat yang tertinggal di mulut. Dikarenakan menjadi salah satu destinasi para wisatawan, Anda dapat menemukan banyak pilihan akomodasi di Balige seperti hotel, villa, dan jenis akomodasi lainnya.

Jika Anda sudah mulai tertarik untuk mengunjungi Balige, Anda dapat menemukan berbagai jenis akomodasi terpilih yang beragam dengan harga terjangkau hanya di Tokopedia.

Tempat Wisata Alam di Balige

Beberapa wisata alam di Balige memiliki pemandangan yang terbilang sangat nyata dan dikenal sangat mengagumkan seperti beberapa lokasi di bawah ini.

Pakkodian Toba

Pakkodian Toba yang terletak di Danau Toba, Lintong Nihuta, Tampahan, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara ini menjadi salah satu wisata alam yang sangat utama dan tidak boleh lupa untuk dikunjungi saat sedang berada di Balige. Pantai Pakkodian ini dikenal sebagai salah satu surga tersembunyi yang kerap dibanjiri oleh para wisatawan yang berlibur ke Balige. Di Pantai Pakkodian, wisatawan dapat bersantai menikmati indahnya air laut sambil berteduh dibawah pepohonan yang rindang. Ada juga beberapa fasilitas yang terdapat di Pantai Pakkodian seperti warung souvenir, makanan, penyewaan tenda camping, perahu kayu, serta ban berenang. Para pengunjung juga dapat sekadar bersantai menunggu terbit dan tenggelamnya matahari.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 5.000,-/orang

Pantai Lumban Bulbul

Tempat wisata alam yang tak kalah menjadi wishlist setiap traveler adalah Pantai Lumban Bul-bul yang berlokasi di Desa Lumban Bul-Bul, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir. Wisatawan tidak hanya dapat bersantai duduk dipinggir pantai, namun juga bisa untuk bermain dengan fasilitas yang telah disediakan seperti banana boat, perahu, solu-solu, ayunan, ataupun berbagai sarana permainan lainnya. Jika Anda mencari pemandangan alam yang tak terkalahkan, Pantai Lumban Bul-bul adalah jawabannya karena pengunjung akan dapat menikmati keindahan perbukitan, pepohonan, serta pemandangan Danau Toba yang mengelilingi pantai. Jika pengunjung ingin untuk hanya sekadar bersantai di danau, ada berbagai pilihan tempat penyewaan kano atau tenda agar bisa dimanfaatkan.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 5.000,-/orang

Air Terjun Siboruon

Tak kalah dari wisata alam yang lainnya, Balige juga menyediakan wisata air terjung yang menghampar tinggi nan indah bernama Air Terjun Siboruon. Air terjun ini terletak di Siboruon, Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara. Untuk para pecinta keindahan alam, air terjun ini salah satu destinasi yang tidak boleh untuk dilewatkan. Tak hanya untuk berenang dan juga bersantai, pengunjung juga dapat menikmati pilihan makanan serta minuman yang ditawarkan oleh penjaja warung sekitar sambil menikmati indahnya suasana serta sejuknya cuaca yang ada. Perjalanan yang harus ditempuh memang terhitung cukup panjang, namun semuanya tidak akan sia-sia saat pengunjung mulai melihat tingginya air terjun yang ada.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Gratis

Tempat Wisata Rekreasi di Balige

Terlepas dari wisata alamnya yang terhitung sangat cantik dan indah, Balige juga menyediakan berbagai pilihan wisata rekreasi yang sangat beragam untuk dikunjungi. Berikut pilihan beberapa wisata rekreasi yang dapat Anda kunjungi.

Bukit Gibeon

Dari sekian banyak wisata rekreasi yang ada di Balige, Bukit Gibeon bisa menjadi salah satu destinasi utama Anda untuk dikunjungi. Bukit Gibeon berlokasi di Sionggang Utara, Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Disini, pengunjung dapat mengunjungi wisata rohani yang disebut dengan Pusat Seminari atau tempat sekolah para pendeta dengan bentuk bangunan yang sangat menarik. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati air terjun indah di kolam yang dapat dijadikan tempat beristirahat atau bersemedi. Bukit yang dikelilingi pekarangan kehijauan serta air terjun yang asri ini sangatlah cocok untuk menjadi pilihan rekreasi saat berada di Balige.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 10.000,-/orang

Museum Batak

Tak melulu soal pemandangan, wisatawan yang berkunjung ke Balige juga dapat mengunjungi Museum Batak yang terletak di Jl. Pagar Batu No. 88, Desa Silalahi, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Museum ini berisi beberapa kebudayaan yang dapat dipelajari seperti artefak, senjata, peralatan kecantikan Suku Batak, Parsombaoan, patung Batak, serta barang-barang bersejarah lainnya. Tak hanya pameran kebudayaan, pengunjung juga dapat menikmati fasilitas lainnya seperti Huta Batak, convention hall, kolam renang, serta art shop. Terdiri dari 4 lantai, tiap-tiap lantai di Museum Batak memiliki jenis areanya tersendiri. Di lantai 4 sendiri, pengunjung dapat menikmati makanan di restoran yang bertemakan Sky Restaurant sambil melihat pemandangan sekitar Museum yang indah.

Jam operasional: 08.00 – 20.00 WIB

Harga tiket: Rp 15.000/orang

Museum T.B Silalahi

Wisata rekreasi selanjutnya yang juga dapat dijadikan tempat untuk mempelajari berbagai kebudayaan yang ada adalah Museum TB Silalahi. Berlokasi di Jl. Dr. TB. Silalahi No.88, Silalahi Pagar Batu, Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara ini adalah museum pribadi dari T.B Silalahi. Beberapa koleksi yang terdapat disini adalah koleksi pribadi, koleksi Budaya Batak, patung T.B Silalahi, koleksi perhiasan, jenis sepeda motor dan ontel tua, senjata berat, serta helikopter yang ada di area luar museum. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati panel-panel yang menjelaskan tentang sejarah hidup T.B Silalahi sejak awal perjalanan karirnya.

Jam operasional: Selasa – Jumat pukul 09.00 – 16.30 WIB dan Sabtu – Minggu pukul 09.00 – 17.30 WIB

Harga tiket: Mulai dari Rp 5.000,-/orang

Tempat Wisata Kuliner di Balige

Setelah lelah berkunjung ke beberapa wisata alam maupun rekreasi yang ada di Balige, para wisatawan juga dapat mencicipi berbagai jenis wisata kuliner yang terbilang sangat khas disini. Berikut beberapa wisata kuliner yang wajib disandangi.

Mie Gomak

Makanan wajib yang merupakan ciri khas dari Balige adalah Mie Gomak. Disebut sebagai spaghetti ala Suku Batak, mie gomak kerap menjadi pilihan utama bagi setiap wisatawan yang mengunjungi Balige. Mie ini bisa disajikan dengan 3 pilihan berbeda seperti goreng, bumbu kacang, atau kuah tergantung selera pembeli. Cita rasa yang ditawarkan semangkuk mie gomak juga tidak main-main. Anda akan merasakan bumbu khas merica Suku Batak dengan rasa pedas, asam, dan gurih di satu suapan.

Harga: Mulai dari Rp 10.000,-/porsi

Pizza Andaliman

Kuliner unik lainnya yang dapat ditemukan di Balige adalah Pizza Andaliman yang terletak di Jl. Patuan Nagari No.Kelurahan, Pardede Onan, Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Untuk pengunjung yang menyukai makanan Italia, Pizza Andaliman bisa menjadi salah satu solusi yang ditawarkan karena pengunjung akan menikmati makanan khas Italia, yaitu pizza dengan cita rasa Suku Batak yang memang khas. Memiliki topping yang tak beda jauh dari kebanyakannya yaitu keju, sayuran, serta sosis. Ciri khas yang membuat pizza ini beda adalah bumbu rempah yang dipakai untuk menumbuhkan cita rasa khas Batak. Selain bumbu rempahnya yang khas, pengunjung juga disajikan dengan pizza yang memiliki bahan utama seperti irisan serai, daun bawang, bunga kol, dan kacang panjang.

Jam operasional: Selasa – Minggu pukul 10.00 – 21.00 WIB

Harga: Mulai dari Rp 7.000,-/porsi

Na Tinombur

Hidangan khas Suku Batak lainnya yang tak kalah sedap adalah Na Tinombur. Na Tinombur adalah hidangan ikan mujair atau ikan lele yang dibakar dan disajikan dengan sambal khas. Sambal atau bumbu khas yang dibalurkan di atas ikan menjadi hal yang paling disukai oleh para wisatawan karena cita rasa khas yang memberikan kesan ‘nagih’ saat dicoba. Bumbu atau rempah yang digunakan dalam pembuatan sambalnya adalah cabai rawit, kecombrang, bawang merah, bawang putih, tomat, jahe, kemiri, serta jeruk nipis. Perpaduan bumbu yang dihaluskan tersebut tidak diragukan lagi karena cita rasanya yang memang tidak ada dua.

Harga: Mulai dari Rp 30.000,-/orang

Akses Menuju Balige

Jika Anda ingin berkunjung ke Balige, akses atau moda transportasi yang ditawarkan cukup beragam seperti yang ada di bawah ini.

Kapal

Akses pertama yang terbilang cukup praktis dan mudah ditemukan adalah menggunakan moda transportasi laut yaitu kapal. Anda dapat berhenti di Dermaga Ferry Balige yang terletak di sekitar Danau Toba. Para wisatawan dapat merasakan sendiri keindahan yang tertandingi saat menyusuri atau melewati Danau Toba menggunakan kapal.

Pesawat

Pilihan selanjutnya yang juga tak kalah praktis adalah dengan pesawat melalui jalur udara. Wisatawan dapat memilih untuk berhenti di Bandar Udara Internasional Sisimangaraja XII di Siborong-borong, Tapanuli. Dari situ, pengunjung atau wisatawan dapat melanjutkan dengan perjalanan darat ke tempat tujuan menggunakan DAMRI atau pilihan transportasi darat lainnya.

Bus

Pilihan terakhir yang dapat digunakan untuk perjalananmu ke Balige juga dapat menaiki bus. Dengan menggunakan bus, pengunjung dapat menikmati indahnya suasana sepanjang jalan yang mungkin tidak akan didapatkan lagi nantinya.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store