tokopedia-logo
Travel
City
Balikpapan
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Kam, 24 Jun 2021
Check-out
Jum, 25 Jun 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Balikpapan

Hygiene Verified
Grand Jatra Hotel Balikpapan

Grand Jatra Hotel Balikpapan

Hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Balikpapan
Balikpapan
7,6
Memuaskan
Rp1.008.421
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Balikpapan
Tentang Balikpapan
Tempat Wisata Alam di Balikpapan
Tempat Wisata Rekreasi di Balikpapan
Tempat Wisata Kuliner di Balikpapan
Akses ke Balikpapan

Tentang Balikpapan

Dikenal sebagai kota minyak, Balikpapan merupakan kota yang menjadi pusat bisnis dan Industri di Provinsi Kalimantan Timur. Berbagai kantor minyak, penambangan, dan industri terkait singgah di kota ini. Bahkan, Balikpapan memegang status sebagai kota dengan perekonomian terbesar di seluruh Kalimantan. Dihuni oleh lebih dari 700 ribu jiwa penduduk, Balikpapan menjadi kota terbesar kedua di Kalimantan Timur setelah Samarinda.

Balikpapan memiliki luas wilayah sekitar 503,3 km persegi yang di mana sebagian besar wilayah tersebut merupakan perbukitan. Kota ini juga pernah dinobatkan sebagai kota paling layak huni di Indonesia berdasarkan fasilitas kesehatan, pendidikan, pangan, transportasi, air bersih, dan juga penataan PKL yang ada di kota tersebut. Memiliki 20 hutan kota dengan luas total lebih dari 120,84 hektar, Balikpapan dinilai telah melampaui target RTH atau ruang terbuka hijau di Indonesia. Tidak heran jika kota ini memiliki udara yang sejuk meskipun berada di pinggir teluk. 

Walaupun tergolong ke dalam kota Metropolitan, Balikpapan juga memiliki potensi wisata yang besar dan kini telah menjadi salah satu destinasi liburan banyak orang. Mulai dari wisata alam, bangunan bersejarah, tempat rekreasi, hingga aneka kuliner dapat Anda jelajahi di sini. Dan Anda juga tidak perlu repot memikirkan akomodasi selama berada di Balikpapan, karena tersedia berbagai pilihan hotel menarik di Tokopedia dengan fasilitas dan range harga yang berbeda-beda.

Tempat Wisata Alam di Balikpapan

Balikpapan dikelilingi dengan beragam objek wisata alam yang unik dan menarik. Mulai dari bukit, pantai, hutan, danau, dan wisata pulau dapat Anda kunjungi di sini.

Pantai Kemala

Balikpapan memiliki sejumlah pantai yang cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga saat liburan, salah satunya adalah Pantai Kemala. Berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman, pantai ini termasuk mudah dijangkau karena berada di pusat kota Balikpapan. Pantai Kemala menawarkan pemandangan serta fasilitas layaknya pantai Jimbaran di Bali. Selain bersantai menikmati pasir putih dan air laut yang jernih, Anda juga dapat mencoba serangkaian aktivitas seru seperti banana boat, jetski, dan flying fox. Tersedia juga aneka restoran di pinggir pantai yang menjual kuliner khas Indonesia dan Eropa. Karena lokasinya yang strategis, kawasan Pantai Kemala juga sering dipilih wisatawan sebagai tempat penginapan. Anda dapat menemukan aneka hotel terbaik di kawasan ini melalui Tokopedia.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00 - 23.00 WITA

Harga tiket: Rp2.000,-/orang.

Danau Cermin Lamaru

Objek wisata yang satu ini memang telah populer di kalangan para wisatawan. Sesuai namanya, danau ini memiliki air yang jernih layaknya sebuah cermin. Anda dapat melihat jelas dasar dari danau tersebut dan pantulan pepohonan di sekitar danau pada permukaan airnya. Uniknya, Danau Cermin lamaru terbentuk akibat hasil pengerukan tanah kosong yang menghasilkan sebuah cekungan, kemudian lahan cekung tersebut kerap menampung air hujan hingga akhirnya membentuk danau indah ini. Anda dapat menemukan Danau Cermin Lamaru di Jalan Rawamangun, Kelurahan Lamaru.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Gratis.

Bukit Bangkirai

Berada di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara atau sekitar 1,5 jam dari pusat kota Balikpapan, Bukit Bangkirai merupakan wisata hutan hujan tropis yang tidak boleh Anda lewatkan. Tempat wisata ini memiliki luas wilayah 1.500 hektar yang terdiri dari aneka flora dan fauna, terutama didominasi oleh tanaman Bangkirai atau Meranti Merah. Bahkan, di sini Anda dapat menemukan pepohonan Bangkirai yang telah berusia 150 tahun. Daya tarik utama dari Bukit Bingkirai adalah terdapat canopy bride, yaitu jembatan kanopi yang menghubungkan lima pohon Bangkirai. Untuk dapat menaiki jembatan ini, Anda harus membayar Rp20.000,- untuk wisatawan lokal dan Rp50.000,- untuk wisatawan mancanegara.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 07.30 - 17.00 WITA.

Harga tiket: Rp1.500,- (Anak-anak), dan Rp3.500,- (Dewasa)

 

Tempat Wisata Rekreasi di Balikpapan

Selain menyajikan beragam pesona Alam, Balikpapan juga memiliki sejumlah taman rekreasi dan bermain yang pasti akan membuat liburan Anda semakin seru.

KWPLH Balikpapan

Tertarik melihat beruang madu yang merupakan maskot Kota Balikpapan? Jika iya, Anda dapat mengunjungi Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH) di Jl. Soekarno-Hatta Km. 23, No. 185. Sebagai kawasan konservasi beruang madu, di sini Anda dapat melihat dari dekat beruang madu di habitat asalnya sekaligus mempelajari tentang binatang tersebut dan bagaimana menjaga beruang madu agar populasinya tidak kian menyusut. KWPLH Balikpapan ini menjadi destinasi wisata yang tidak pernah sepi dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00 - 17.00 WITA.

Harga tiket: Gratis.

Kampung Atas Air

Sesuai namanya, Kampung Atas Air merupakan kampung wisata di Jalan Sepaku, Desa Baru Tengah, Kelurahan Megasari, yang berluaskan 6,7 hektar dan berada di atas permukaan air. Dijuluki sebagai Venice milik Kota Balikpapan, kampung ini terdiri dari rumah-rumah kayu di atas air dan menggunakan perahu motor sebagai sarana transportasi utama. Di tempat ini, Anda dapat mengelilingi kampung dengan perahu, bersantai di gazebo yang tersedia, memancing dari jembatan kayu ulin, dan menikmati aneka kuliner khas Balikpapan yang ada di kampung atas air Megasari tersebut.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Gratis.

Taman Bekapai

Taman Bekapai dapat dikatakan sebagai landmark dari Kota Balikpapan. Dikenal sebagai kota minyak, tidak heran jika Balikpapan memiliki bangunan atau monumen yang menggambarkan unsur hal tersebut. Di Taman Bekapai ini, Anda dapat menemukan patung yang terbuat dari perunggu dan berbentuk layaknya semburan minyak bumi. Patung ini juga mengeluarkan semburan air dari dalam dan dikelilingi kolam kecil. Berada di pusat kota atau lebih tepatnya di Jl. Jenderal Sudirman, Klandasan Ulu, Balikpapan, Taman Bekapai menjadi tempat bersantai favorit banyak orang dari segala usia.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Gratis.

Tempat Wisata Kuliner di Balikpapan

Saat berkunjung ke Balikpapan, Anda tidak boleh lupa untuk mencicipi aneka kuliner khas dari kota ini.

Abon Kepiting

Makanan abon umumnya berbahan dasar daging sapi, ayam, atau kambing. Namun, tidak dengan abon khas Balikpapan ini yang terbuat dari daging kepiting segar. Memiliki cita rasa yang gurih dan enak, abon ini sangat cocok dinikmati dengan sepiring nasi hangat. Biasanya, abon kepiting dijual dalam bentuk kemasan plastik transparan dalam berbagai ukuran. Makanan ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh wajib dari Kota Balikpapan. Jika Anda tertarik membeli abon ini, maka Anda dapat coba datang ke toko oleh-oleh Bontings Bandara di Jl. Marsma R. Iswahyudi No.23B.

Jam buka: Setiap hari, pukul 07.00 - 22.00 WITA.

Harga: Rp25.000,-/pack.

Mantau

Roti Mantau juga merupakan makanan khas Balikpapan yang tidak boleh Anda lewatkan. Mirip seperti bakpau, makanan ini bertekstur lembut dan awalnya dikenal sebagai makanan khas Tionghoa yang kemudian mengalami proses akulturasi. Mantau khas Balikpapan memiliki cita rasa gurih dan cara penyajian yang berbeda, yaitu digoreng. Mantau ini biasanya disajikan dengan hidangan lain seperti olahan daging sapi atau ayam. Anda dapat mencoba roti ini dengan sapi lada hitam di salah satu tempat terkenal, yaitu Pondok Mantau yang terletak di Jl. Ahmad Yani No.28, Gunungsari Ilir, Kec. Balikpapan Tengah.

 Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00 - 22.00 WITA.

Harga: Rp25.000,-

Pisang Gapit

Pisang Gapit merupakan hidangan manis khas Balikpapan yang terbuat dari perpaduan pisang dan saus gula merah. Nama Gapit diambil dari bahasa Banjar yang berarti dijepit. Hal ini dikarenakan pada proses memasaknya, pisang tersebut dijepit dan dibakar sampai mengeluarkan aroma yang harum. Kemudian, pisang ini disajikan dengan saus kecoklatan yang terbuat dari gula merah, nangka, dan santan. Anda dapat mencoba makanan satu ini di Pisang Gapit Kebun Sayur Nenek Bahari yang terletak di Jl. Margasari, Baru Ilir, Kec. Balikpapan Barat.

Jam buka: Setiap hari, pukul 10.00 - 21.00 WITA.

Harga: Rp12.000,-/porsi.

Akses ke Balikpapan

Anda dapat memilih beberapa transportasi di bawah ini untuk menuju Balikpapan.

Bus

Sarana bus hanya dapat digunakan untuk para wisatawan yang berasal dari Samarinda, Bontang, dan Banjarmasin. Anda dapat memilih bus antar kota yang nantinya akan berhenti di Terminal Batu Ampar, Balikpapan.

Pesawat

Pesawat menjadi transportasi yang paling sering dipilih oleh para wisatawan yang ingin berkunjung ke Balikpapan. Kota ini memiliki satu bandar udara, yaitu Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman atau yang dikenal juga dengan Bandara Internasional Sepinggan. Bandara ini melayani rute penerbangan baik domestik maupun internasional seperti Kuala Lumpur dan Singapura. Berjarak hanya 4,5 km dari pusat kota, bandara tersebut dibangun dengan konsep modern. Bahkan, bandara ini memiliki mal di dalamnya. Bagi Anda yang ingin menghemat waktu atau mengejar penerbangan selanjutnya, Anda dapat menginap di hotel yang ada di kawasan bandara tersebut.

Kapal

Cara lain yang dapat Anda pilih untuk pergi ke Balikpapan adalah dengan menggunakan kapal laut. Dikenal sebagai kota pelabuhan, Balikpapan memiliki beberapa pelabuhan aktif seperti Pelabuhan Semayang dan Pelabuhan Kariangau. Untuk Anda yang berdomisili di Surabaya dan Makassar, Anda dapat menggunakan Kapal Pelni untuk sampai ke Balikpapan. Rute tersebut akan memakan waktu sekitar 25 jam perjalanan.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store