tokopedia-logo
Travel
City
Bandungan
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Min, 1 Agu 2021
Check-out
Sen, 2 Agu 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Bandungan

Hygiene Verified
Hotel Arjuna Sari

Hotel Arjuna Sari

Guest house
Bandungan
Bandungan
Rp175.096
Termasuk pajak /kamar/malam
Bayar di Hotel
Yuk, Kenali Bandungan
Tentang Bandungan
Tempat Wisata Alam di Bandungan
Tempat Wisata Rekreasi di Bandungan
Tempat Wisata Kuliner di Bandungan
Akses Menuju Bandungan

Tentang Bandungan

Bandungan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Bandungan terbentuk dari hasil pemekaran Kecamatan Ambarawa, Jambu dan Bawen tahun 2007. Kecamatan ini berjarak sekitar 16 kilometer dari ibukota kabupaten. Pusat pemerintahannya berada di kelurahan Bandungan.

Bandungan terkenal dengan Pasar Tradisionalnya. Lokasi pasar sangatlah strategis, tepat di jalan utama Bandungan. Pasar Tradisional Bandungan sangat menarik untuk dikunjungi, karena pasar ini dikenal sebagai pasar wisata. Pertama kali memasuki pasar, kita disuguhi los kayu yang bersih dan tertata dengan rapi.

Sebelum bepergian, ada baiknya jika Anda memesan akomodasi yang tepat untuk Anda dan keluarga terlebih dahulu. Tidak perlu ambil pusing, karena sekarang Anda dapat pesan hotel di Bandungan dengan mudah dan murah melalui Tokopedia.

Tempat Wisata Alam di Bandungan

Wisata Alam menjadi salah satu objek wisata andalan dari Bandungan. Beberapa destinasi di bawah ini dapat Anda jadikan sebagai referensi tujuan perjalanan Anda.

Taman Bunga Celosia

Tempat wisata bandungan ini sangat cocok bagi penggemar fotografi. Selain alamnya yang sangat indah, tempat ini juga memiliki spot-spot foto yang instagramable. Spot foto tersebut seperti deretan kincir angin untuk pembangkit listrik dan miniatur rumah kincir ala negeri Belanda.

Sebagai tempat wisata kekinian di Jateng, tempat Wisata bandungan ini juga memiliki spot bangunan terkenal di dunia. Spot miniatur bangunan bersejarah dunia tersebut diantaranya Menara Eiffel, replika patung Merlion Singapura, Rumah Hobbit dan masih banyak lagi yang lainya. Mirip seperti Kota Mini Lembang.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 07.30 – 17.00 WIB.

Harga tiket: Rp15.000,-

Kebun Durian Watu Simbar

Tidak hanya kebun durian saja, di kawasan Wisata bandungan seluas 3,5 hektar ini juga ada kebun buah Naga. Batang pohon buah naga itu tampak berbaris rapi. Selain itu, pengunjung juga dapat menjumpai beberapa tanaman buah Nanas Merah yang menghias berderet di tepi jalan.

Selain berburu durian, pengunjung juga dapat bersantai dan berfoto di area taman yang indah. Beberapa orang petugas terlihat sedang membersihkan area kebun, dan sebagian lainnya ada yang sedang memanjat pohon durian. Wisata bandungan Agro Kebun Durian Watu Simbar Gunungpati mengembangkan lebih dari 50 jenis buah durian lokal yang semuanya diberi nama unik, ada yang bernama durian petruk, durian doyong, hingga durian bejo.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Harga tiket: Rp3.000

Curug 7 Bidadari

Seperti namanya, curug ini memiliki 7 air terjun dengan ukuran berbeda. Curug 7 Bidadari memiliki tiga tingkatan dengan 7 curug dan 7 kolam yang terbentuk dengan alami. Air curug pun jernih dan bersih, sangat sejuk berkunjung ke sini pada siang bolong.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Harga tiket: Rp5.000

Tempat Wisata Rekreasi di Bandungan

Tidak hanya wisata alam, Berbagai wisata rekreasi menarik juga sayang untuk Ada lewatkan jika berada di Bandungan.

Umbul Sidomukti

Lokasi kawasan Wisata bandungan ini berada di ketinggian 1200 mdpl. Pemandangan alam di sini masih sangat alami, ditambah tempat ini menyediakan banyak pilihan rekreasi yang bisa memanjakan pengunjungnya. Anda bisa bermain di kolam renang atau bermain outbound hingga camping ground. Anda juga bisa sekedar makan atau nongkrong bersama orang kasih di cafe-cafe yang tersedia di kawasan ini sambil menikmati kuliner yang lezat.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00 – 00.00 WIB.

Harga tiket: Rp5.000

Camp Mawar

Sesuai dengan namanya, tempat ini adalah tempat untuk camping sambil menikmati keindahan alam di sekitarnya. Camp Mawar berada di kaki Gunung Ungaran dengan ketinggian 2.050 mdpl. Camp Mawar biasa dipakai sebagai pos pertama pendakian ke gunung Ungaran yang melewati trek Jimbaran atau Umbul Sidomukti. Lokasi ini kerap dijadikan tempat camping para wisatawan.

Fasilitas yang disediakan juga terbilang lengkap seperti taman untuk berfoto, kamar mandi, mushala, warung, hingga persewaan tenda dan alat camping bahkan sampai 24 jam. Bagi Anda yang menyukai suasana alam yang damai, bermalam di tempat ini adalah pilihan tepat. Dari Camp Mawar ini juga Anda bisa langsung melihat landscape Kota Ungaran.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 12.00 – 20.00 WIB.

Harga tiket: Rp7.000– Rp12.000,-

Wana Wisata Penggaron

Tempat ini merupakan binaan Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata, Benih dan Usaha Lain (KBM WBU I) Perum Perhutani Unit I Jateng. Beragam jenis aktivitas bisa dilakukan di kawasan ini, seperti jungle tracking, outbound training, olah raga, latihan SAR dan Pramuka, rekreasi hingga penelitian. Wana Wisata Penggaron juga merupakan lokasi pengamatan burung (bird watching) yang cukup bagus karena banyak koleksi hidupan liar yang cukup banyak dan menarik. SBC mencatat setidaknya ada 97 spesies yang terdapat dalam wanawisata tersebut. Dengan beberapa spesies yang menarik seperti Merak Hijau, Elang Ular Bido, Kadalan Birah, Kadalan Kembang dan beberapa raptor migran.

Pengunjung bisa menggunakan motor trail untuk mengelilingi Wana Wisata Penggaron. Terdapat berbagai jenis pohon seperti pinus dan pohon lainnya menjulang tinggi hingga 10 meter. Jika camping di tempat wisata ambarawa ini, pagi hari akan melihat beberapa kabut yang mengelilingi hutan ini. Semilir angin pagi yang dingin bertiup lembut disertai sambutan mentari akan membuat traveller seolah-olah benar menyatu dengan alam.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Harga tiket: Rp6.000

Tempat Wisata Kuliner di Bandungan

Sebagai bagian dari Provinsi Jawa Tengah, tentu saja Bandungan memiliki sejumlah kuliner khas yang lezat dan tidak boleh Anda lewatkan.

Tahu Serasi

Tahu ini merupakan tahu khas dari daerah Bandungan, Ambarawa. Tahu Serasi berwarna putih bersih dan sangat padat serta rasanya sangat enak dan gurih. Keistimewaan dari tahu serasi buatan Bandungan adalah tidak menggunakan pengawet sama sekali. Biasanya untuk menikmati tahu serasi, tahu digoreng terlebih dahulu dan dinikmati bersama sambal kecap yang dibuat dengan bawang goreng dan irisan cabai yang dicampur dengan kecap manis.

Tempat terbaik untuk membeli tahu serasi di Bandungan adalah Tahu Serasi Bu Ida yang 1.72 KM dari Bandungan, Lebih Tepatnya Beralamat di Bandungan Ambarawa Jawa Tengah. Tahu ini juga nikmat disajikan bersama susu kedelai.

Jam buka: Setiap hari, pukul 11.00 – 21.00 WIB.

Harga: Mulai dari Rp10.000,-

Serabi Ngampin

Serabi tidak hanya ada di Solo, Desa Ngampin di Ambarawa pun memiliki serabi khas tersendiri. Bentuknya hampir sama dengan Serabi Solo, namun ukurannya lebih kecil dan memiliki beberapa varian rasa. Serabi Ngampin diberi tambahan kuah hangat dari santan untuk menyantapnya. Kuah yang ditambahkan ini membuat cita rasa Serabi Ngampin lebih kuat, enak, dan juga unik.

Rasa yang biasanya dijajakan adalah rasa original, pandan, dan juga gula jawa. Serabi Ngampin memiliki bahan dasar dari tepung beras dicampur dengan pandan untuk serabi warna hijau dan gula jawa untuk serabi warna coklat. Semuanya menggunakan bahan alami, tidak ada bahan pengawet atau tambahan apapun. Anda bisa mengunjungi Warung Serabi Ngampin di Amabarawa.

Jam buka: Setiap hari, pukul 10.00 – 23.00 WIB.

Harga: Rp5.000,-

Gecok Tlogo

Kuliner ini mirip dengan tengkleng solo, rasanya pun tak kalah enak. Rasanya sedap dan gurih. Daging yang biasa digunakan pada gecok adalah daging kambing. Disebut gecok karena bumbu rempah yang digunakan digecok (ditumbuk) sampai halus. Gecok Tlogo paling enak dinimakti di Warung Gecok Tlogo Ibu Siti Sundari di Desa Tlogo Rt 2 Rw 1, Tuntang.

Jam buka: Setiap hari, pukul 13.00 – 22.00 WIB.

Harga: Rp10.000,-

Akses Menuju Bandungan

Tersedia berbagai pilihan transportasi umum yang dapat Anda pilih untuk sampai ke Bandungan.

Bus

Bus dapat menjadi cara mudah untuk Anda untuk pergi ke Bandungan. Berbagai rute perjalanan bus dari Pulau Jawa nantinya akan sampai di tujuan akhir Terminal Bandungan. Ada dua opsi rute bus yang bisa Anda naiki. Pertama, Anda naik bus dari Terminal Kampung Rambutan menuju Terminal Salatiga, lalu dari Terminal Salatiga Anda bisa naik taksi menuju Bandungan. Rute ini memakan waktu hingga 13 jam. Kedua, Anda bisa menaiki bus dari Pondok Pinang Jurusan Terminal Bawen Semarang dan naik taksi ke Bandungan. Rute ini memakan waktu 10 jam.

Kereta Api

Selain bus, alternatif transportasi utama lainnya adalah dengan menggunakan kereta api. Bandungan memiliki stasiun utama yaitu Stasiun Bandungan yang berada tidak jauh dari pusat kota. Anda bisa menaiki kereta dari Gambir dengan Argo Bromo Anggrek 6, Argo Bromo Anggrek 4, Argo Muria 14, atau Sembrani. Perjalanan ditempuh selama 4,5 jam dengan ongkos sekitar Rp130.000 - Rp220.000,-

Pesawat

Bandungan belum memiliki bandar udara sendiri, Namun sudah ada bandara yang terdekat yaitu Bandar Udara Ahmad Yani. Ada dua penerbangan dari Jakarta yang menawarkan penerbangan langsung menuju Bandar Udara Ahmad Yani, yakni dari Bandara Soekarno Hatta dan Halim Perdana Kusuma. Setelah tiba di Bandara, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Bandungan dengan kereta taksi selama 50 menit. Rute perjalanan ini ditempuh dengan total waktu 4 jam.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store