tokopedia-logo
Travel
City
Banjarmasin
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Sel, 22 Jun 2021
Check-out
Rab, 23 Jun 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Banjarmasin

Hygiene Verified
Best Western Kindai Hotel

Best Western Kindai Hotel

Hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Banjarmasin
Banjarmasin
8,8
Mengesankan
Rp870.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Banjarmasin
Tentang Banjarmasin
Tempat Wisata Alam di Banjarmasin
Tempat Wisata Rekreasi di Banjarmasin
Tempat Wisata Kuliner di Banjarmasin
Akses ke Banjarmasin

Tentang Banjarmasin

Berada di Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarmasin merupakan kota yang dikenal dengan julukan Kota Seribu Sungai. Hal tersebut dikarenakan kota seluas 98,46 km persegi ini terdiri dari 25 pulau kecil atau delta yang terpisahkan oleh sungai-sungai seperti Sungai Martapura, Sungai Kuin, Sungai Andai, dan Sungai Atalak. Sementara, deretan pulau tersebut di antaranya adalah Pulau Tatas, Pulau Rantauan Keliling, Pulau Kelayan, dan masih banyak lagi. Sungai di Banjarmasin dimanfaatkan sebagai salah satu sarana transportasi air, perdagangan, dan pariwisata.

Banjarmasin dihuni lebih dari 700 ribu jiwa penduduk yang didominasi oleh etnis Banjar. Kota ini terletak di tepian timur Sungai Barito dan berada nyaris di tengah-tengah Indonesia. Nama Banjarmasin sendiri diambil dari nama seorang Patih yang sangat berjasa pada masa Kerajaan Banjar saat itu. Sebagai ibukota Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarmasin memiliki riwayat bersejarah sebagai penghasil berbagai jenis permata seperti intan dan ruby.

Memiliki lebih dari 60 sungai, tidak heran jika Banjarmasin memiliki berbagai wisata unik di kawasan sungai tersebut. Kota ini tengah populer di kalangan para wisatawan sebagai tempat wisata menarik dengan nuansa yang berbeda dari daerah lainnya. Mulai dari keindahan alam, peninggalan sejarah, hingga deretan kuliner nikmat dapat Anda jumpai di Banjarmasin. Sebagai salah satu kota metropolitan di Kalimantan Selatan, Banjarmasin juga menyediakan berbagai pilihan hotel menarik untuk menunjang kedatangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Tertarik berkunjung ke kota ini? Segera pesan hotel pilihan Anda di Tokopedia.

Tempat Wisata Alam di Banjarmasin

Banjarmasin memiliki pesona alam yang indah dan masih terjaga keasriannya. Beberapa destinasi wisata alam di bawah ini dijamin pasti akan membuat liburan Anda semakin berkesan.

Bukit Rimpi Pelaihari

Layaknya sedang berada di New Zealand, Bukit Rimpi Pelaihari menyuguhkan pemandangan padang savana hijau yang membentang luas. Hamparan rumput dan bukit-bukit kecil di sepanjang kawasan ini membuat objek wisata ini kerap dijuluki sebagai “Bukit Teletubbies”-nya Banjarmasin. Bukit yang terletak di Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut ini berjarak 65 km atau sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Banjarmasin. Berbagai hewan ternak juga dapat Anda temukan sedang mencari makan di kawasan Bukit Rimpi.

Tidak jauh dari bukit ini, Anda juga dapat berkunjung ke objek wisata taman labirin Pelaihari. Labirin tersebut dibuat menggunakan tanaman asli bukan tanaman sintesis, sehingga masih sangat terasa nuansa asri dan alaminya. Destinasi wisata ini menjadi spot foto menarik dan sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke Banjarmasin.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00 – 17.00 WITA.

Harga tiket: Rp10.000,-

Danau Biru Pengaron

Danau Biru Pengaron merupakan danau yang terkenal karena menawarkan pemandangan air jernih berwarna biru yang dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi dan pepohonan rindang. Danau yang terletak di Desa Sungkai, Kecamatan Simpang Empat Pengaron, Kabupaten Banjar ini terbentuk dari hasil pengerukan tambang yang berevolusi secara alami menjadi danau yang cantik. Untuk sampai ke tempat ini memang dibutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar lebih dari 2 jam perjalanan karena berjarak 100 km dari pusat kota Banjarmasin. Aksesnya pun terbilang sulit karena harus melewati jalan bebatuan yang terjal. Namun, rasa capai tersebut pasti akan terbayarkan setelah melihat pemandangan indah Danau Biru Pengaron ini.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 07.00 – 17.00 WITA.

Harga tiket: Rp10.000,-

Sungai Barito

Tujuan wisata ini adalah salah satu ikon utama dari kota Banjarmasin. Sungai yang berluaskan 10.000 km ini merupakan sungai terpanjang di Kalimantan Selatan. Selain sebagai tempat wisata, fungsi utama sungai ini ialah sebagai pusat perdagangan aneka sayuran, makanan, hingga pakaian. Pusat perdagangan ini juga biasa dikenal dengan sebutan Pasar Terapung Barito. Uniknya, transaksi jual beli tersebut dilakukan di atas sungai menggunakan perahu. Pasar yang berada di Kelurahan Kuin Utara, Banjarmasin ini dikatakan telah ada sejak 400 tahun yang lalu. Sayangnya, pasar ini hanya buka di pagi hari, yaitu pukul 05.00 – 07.00 WITA.

Bagi Anda yang tertarik untuk menyusuri Sungai Barito ini, Anda dapat membayar Rp200.000,- untuk berkeliling dari Dermaga Bupati sampai ke Titian Pelangi. Berbagai spot menarik dapat Anda kunjungi seperti Masjid Agung Al Anwar, tempat pembuatan kerupuk ikan pipih, dan keramba apung. 

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Gratis.

Tempat Wisata Rekreasi di Banjarmasin

Selain wisata alam, Anda juga harus menyempatkan berkunjung ke beberapa destinasi wisata rekreasi seru di bawah ini.

Taman Siring Martapura

Sebagai kota yang dikelilingi oleh sungai, tidak heran jika Banjarmasin memiliki banyak objek wisata yang memanfaatkan sungai, termasuk Taman Siring Martapura ini.  Taman yang berada di tepi sungai Martapura atau yang lebih tepatnya di daerah Gadang, Banjarmasin Tengah ini merupakan tempat favorit para wisatawan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan sungai yang cantik dan elok. Dari tempat ini, Anda juga dapat melihat langsung aktivitas Jukung yang merupakan perahu khas Banjarmasin. Taman Siring Martapura juga sering digunakan sebagai tempat memancing, berburu kuliner, dan berolahraga seperti bersepeda dan skateboarding.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Gratis

Kampung Sasirangan

Bagi Anda yang menyukai kain Sasirangan khas Banjarmasin atau Kalimantan, Anda dapat mencoba datang ke Kampung Sasirangan di Jalan Seberang Mesjid, Kecamatan Banjarmasin Tengah. Kain Sasirangan ini biasanya memiliki daya tarik warna yang cerah. Di kampung ini, Anda dapat membeli barang tersebut yang masih dalam berbentuk kain maupun yang telah menjadi pakaian. Berbagai aksesoris yang dibuat menggunakan kain ini seperti dompet, tas, dan sapu tangan juga dapat Anda beli di Kampung Sasirangan dengan harga yang beragam.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00 – 21.00 WITA.

Harga tiket: Gratis.

Rumah Jomblo

Memiliki nama yang unik, tempat selanjutnya ini menjadi tujuan wisata yang tengah populer di kalangan wisatawan lokal. Rumah Jomblo merupakan objek wisata berupa sebuah rumah kayu di atas gundukan tanah. Lokasi rumah yang berdiri tegak sendirian tersebut yang membuat objek wisata ini disebut dengan Rumah Jomblo. Meskipun tidak dapat dimasuki, rumah ini kerap menjadi latar foto unik yang selalu ramai pengunjung, terutama pada saat matahari terbenam. Rumah Jomblo ini juga memiliki pemandangan perbukitan dan Gunung Kupang Kalimantan Selatan di belakangnya. Buat Anda yang menyukai fotografi, tempat ini menjadi destinasi wajib yang harus Anda kunjungi. Anda dapat menemukan Rumah Jomblo di Jalan Gunung Kupang, Kelurahan Cempaka, Banjarbaru.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Rp20.000,-

Tempat Wisata Kuliner di Banjarmasin

Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Banjarmasin tanpa mencicipi aneka hidangannya yang khas dan sudah terkenal di seluruh penjuru Indonesia.

Soto Banjar

Makanan ini memang telah menjadi makanan khas utama dari kota Banjarmasin. Berbeda dengan soto dari daerah lainnya, Soto Banjar memiliki cita rasa dan aroma yang lebih kuat. Semangkuk Soto Banjar umumnya berisikan soun, potongan daging ayam yang telah disuwir, telur rebus, dan perkedel yang kemudian dicampur dengan kuah soto yang nikmat. Makanan ini juga biasa disantap dengan ketupat atau lontong. Anda dapat mencoba hidangan ini di salah satu tempat makan terkenal yaitu Depot Soto Bang Amat di Jl. Banua Anyar No.6, Kecamatan Banjarmasin Timur.

Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00 – 18.00 WITA.

Harga: Rp19.000,-

Bubur Baayak

Jika di daerah Jawa terdapat hidangan bubur sumsum, bubur kacang hijau, dan bubur candil, maka di Banjarmasin Anda akan menemukan makanan khas bubur baayak. Bubur ini memiliki cita rasa manis dan sedikit gurih karena terbuat dari campuran olahan tepung beras, gandum, gula merah, santan, dan juga air. Bubur baayak memiliki tekstur yang kental dan terdapat butiran-butiran tepung di dalamnya. Anda dapat menemukan hidangan ini di berbagai tempat, salah satunya di pasar Pasar Teluk Dalam yang terletak di Jl. Sutoyo. S, Banjarmasin.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00 – 14.00 WITA.

Harga: Rp5.000,-

Nasi Itik Gambut

Makanan khas Banjarmasin yang satu ini juga harus Anda coba ketika berada di Banjarmasin. Sesuai namanya, Nasi Itik Gambut merupakan makanan yang terdiri dari nasi putih dan daging bebek yang telah diolah menggunakan bumbu habang atau bumbu kari. Makanan ini biasanya dibungkus atau disantap di atas daun pisang. Nasi itik gambut memiliki cita rasa gurih dan manis yang meresap ke dalam daging itik tersebut. Bagi Anda yang menyukai pedas, Anda juga dapat menambahkan sambal ke dalam makanan ini. Tempat makan nasi itik gambut yang tengah populer adalah Nasi Itik Gambut Tenda Biru di Jalan Jend. A. Yani KM 14, Kabupaten Banjar.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 05.00 – 23.00 WITA.

Harga: Rp27.000 – Rp31.000,-

Akses ke Banjarmasin

Bagi Anda yang tertarik berkunjung ke Banjarmasin, tersedia berbagai pilihan transportasi umum yang dapat Anda pilih.

Bus

Transportasi bus umumnya digunakan oleh wisatawan yang berasal dari sekitar wilayah Kalimantan, seperti Banjarbaru, Negara, Kandangan, Balikpapan, dan Samarinda. Rute bus tersebut biasanya berangkat dari Terminal Pal 6 yang berada di Jl. Pramuka Km. 6, Banjarmasin. Bus dapat dikatakan sebagai alternatif perjalanan dengan harga yang relatif terjangkau.

Pesawat

Pesawat menjadi pilihan favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi kota Banjarmasin. Kota ini memiliki satu bandara yaitu, Bandara Internasional Syamsudin Noor di Kecamatan Landasan Ulin, Banjarbaru. Bandar udara ini melayani rute penerbangan domestik dan internasional ke beberapa negara seperti Malaysia dan Singapura. Jarak antara bandara dan pusat kota pun terbilang tidak cukup jauh yaitu sekitar 25 km. Dari bandara, Anda dapat memilih beberapa opsi kendaraan seperti taksi, angkot, atau ojek untuk sampai ke tujuan yang Anda inginkan.

Kapal

Kapal dapat menjadi alternatif lain yang dapat Anda gunakan untuk menuju Kota Banjarmasin. Kota ini memiliki satu pelabuhan utama yang sekaligus merupakan pelabuhan terbesar dan terpadat di Kalimantan, yaitu Pelabuhan Trisakti. Bagi Anda yang berasal dari Pulau Jawa, Anda dapat memilih rute perjalanan dari Surabaya yang akan memakan waktu sekitar 18 jam, atau rute dari Semarang yang membutuhkan waktu 12 jam perjalanan untuk sampai ke Banjarmasin.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store