tokopedia-logo
Travel
City
Bantul
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Jum, 6 Agu 2021
Check-out
Sab, 7 Agu 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Bantul

Rajaklana Resort and Spa

Rajaklana Resort and Spa

Resor
star-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Bantul
Bantul
8,2
Sangat Memuaskan
Rp700.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk Kunjungi Bantul
Tentang Bantul
Tempat Wisata Alam di Bantul
Tempat Wisata Rekreasi di Bantul
Tempat Wisata Kuliner di Bantul
Akses Menuju Bantul

Tentang Bantul

Bantul adalah salah satu kabupaten yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Hingga tahun 2018 lalu, Kabupaten Bantul memiliki setidaknya 1.006.692 populasi yang menduduki kawasan tersebut. Keunikan dari Kabupaten Bantul ini jika dibandingkan dengan area lainnya ialah beberapa wisata atau objek alam yang bervariasi dari mulai gunung, pantai, hutan, laut, sungai, danau, dan juga banyaknya tempat wisata rekreasi lainnya yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan.

Sebagai salah satu destinasi favorit para wisatawan, Anda dapat menemukan berbagai jenis penginapan di Bantul seperti villa, hotel, apartemen, guest house, maupun resort. Dari berbagai jenis penginapan tersebut, hotel adalah salah satu pilihan yang selalu bertambah setiap tahunnya meski sudah melebihi kebutuhan. Tak hanya nyaman, hotel di Bantul juga kerap menyajikan pandangan yang tak kalah cantik serta unik untuk sekedar menikmati atau berfoto ria. Anda dapat menemukan hotel pilihan dengan mudah dan tentunya terjangkau hanya di Tokopedia.

Tempat Wisata Alam di Bantul

Beberapa lokasi wisata alam di Bantul memang terbilang sangat terkenal dan tentunya dibanjiri pengunjung apalagi saat hari libur. Berikut beberapa wisata alam di Bantul yang patut Anda sambangi.

Pantai Parangtritis

Salah satu wisata alam di Bantul yang sangat terkenal akan keindahannya adalah Pantai Parangtritis. Pantai ini sangat dikenal dengan keindahannya dan selalu ramai oleh wisatawan yang berdatangan. Banyak aktifitas yang dapat dilakukan saat Anda mengunjungi Pantai Parangtritis. Beberapa aktivitas tersebut yaitu menaiki kuda atau delman sekitar pantai, berolahraga di pinggir pantai seperti bola voli dan semacamnya, hingga berkeliling pantai menggunakan motor ATV. Jika Anda datang di sore hari, menyaksikan terbenamnya matahari dari pinggir pantai terdengar sangat menarik untuk dilakukan.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 10.000,-

Puncak Becici

Tujuan wisata alam lainnya yang berada di Bantul adalah Puncak Becici. Wisata hutan ini sangat ramai oleh pengunjung karena fasilitas yang disediakan sangatlah beragam. Salah satunya adalah wahana outbond dikelilingi hutan pinus yang membuat suasana menjadi nyaman dan sejuk sehingga pengunjung betah berlama-lama di Puncak Becici. Tak hanya itu, wisatawan juga dapat menikmati banyaknya spot foto yang memiliki ornament berbeda-beda sehingga dapat menghasilkan foto yang menarik bagi para pengunjung. jika Anda tertarik mengitari wisata hutan pinus ini, ada fasilitas jeep yang disediakan untuk pengunjung menikmati seluruh kawasan Puncak Becici dengan tenang.

Jam operasional: Setiap hari pukul 06.00 – 17.00 WIB

Harga tiket: Rp 10.000,-

Bukit Panguk Kediwung

Siapa yang tak kenal dengan salah satu jenis pariwisata Bantul yang bernama Bukit Panguk Kediwung? Bukit yang menawarkan pemandangan dari ketinggian ini disebut-sebut sebagai surga yang memukau. Hal ini dikarenakan para pengunjung akan disuguhkan oleh pemandangan dari atas gardu pandang yang sengaja di desain agak mengarah ke pinggir tebing. Dari atas gardu pandang tersebut, para pengunjung akan menyaksikan pemandangan di bawah bukit yang sangat memukau yaitu aliran sungai dan pepohonan menjulang kehijauan. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Bukit Panguk Kediwung adalah dini hari atau pagi hari karena Anda akan merasakan indahnya suasana alam yang bercampur dengan kabut kuat layaknya sedang berada di atas awan.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Gratis

Tempat Wisata Rekreasi di Bantul

Tak hanya wisata alamnya saja yang mengagumkan, Anda juga dapat mengunjungi beberapa wisata rekreasi di Bantul yang selalu didatangi oleh pengunjung juga seperti yang ada di bawah ini.

Kebun Bunga Celosia

Kaya akan wisata rekreasi yang beragam, Anda dapat memilih Kebun Bunga Celosia yang berada di Bantul sebagai salah satu destinasi liburan. Di dalam kebun bunga, pengunjung akan disuguhkan dengan hamparan bunga cantik berwarna-warni yang dapat menyegarkan pandangan mata. Selain itu, ada pula beberapa landmark dunia yang sangat terkenal di dalam kebun bunga seperti Menara Eiffel, Patung Merlion, hingga Rumah Hobbit yang dapat dijadikan sebagai spot foto menarik. Selain spot foto berupa landmark terkenal, wisatawan juga dapat menikmati spot-spot lainnya seperti spot teletubbies, taman kelinci, spot foto salju, hingga perumahan yang sengaja dibangun menyerupai rumah Belanda. Tidak hanya untuk berfoto, Anda akan disuguhkan dengan berbagai wahana yang dapat dinikmati seperti Roller Coaster hingga Sky Bike.

Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB

Harga tiket: Rp 10.000,-

Gumuk Pasir Parangkusumo

Wisata rekreasi lainnya yang sangat direkomendasikan saat Anda mengunjungi Bantul adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Pengunjung yang datang akan disuguhkan dengan hamparan gumuk pasir berjenis barchan dengan ketinggian setidaknya 5 - 15 meter. Terbilang sangat langka dan unik, banyak aktifitas yang dapat pengunjung lakukan disini. Salah satunya adalah sandboarding atau berselancar di area pasir. Cukup menyewa papan di area penyewaan sekitar gumuk pasir, Anda langsung bisa mencoba berselancar ditemani dengan pemandu untuk mengajarkan.

Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00 – 18.00 WIB

Harga tiket: Gratis

Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Berlokasi di Dusun Sukorame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Hutan Pinus Mangunan Dlingo ini menjadi salah satu rekreasi hutan pinus di Bantul yang selalu banjir pengunjung apalagi saat musim liburan. Para pengunjung dapat menikmati indahnya serta sejuknya suasana alam di hutan dengan berduduk-duduk santai di kursi kayu yang membentuk sebagai ikon wisata. Tidak hanya itu, fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap seperti area outbond, hammock, gazebo, gardu pandang, berbagai macam spot foto, warung makan untuk menikmati area hutan sambil mengisi perut, dan juga fasilitas lainnya untuk melengkapi area hutan.

Jam operasional: Kamis – Selasa pukul 09.00 – 17.00 WIB

Harga tiket: Rp 3.000,-

Tempat Wisata Kuliner di Bantul

Setelah berwisata mengelilingi alam dan rekreasinya yang beragam, Anda dapat mencoba berbagai masakan atau kuliner yang sangat dikenal di Bantul. Berikut beberapa wisata kuliner Bantul yang sangat sering dibanjiri oleh pengunjung.

Sate Klathak Pak Pong

Wisata kuliner nomor satu yang berada di Bantul dan sudah terkenal sampai ke luar pulau adalah Sate Klathak Pak Pong, telah dibangun sejak tahun 1960 silam. Salah satu hal yang membuat sate ini unik adalah sate nya yang menggunakan jeruji sepeda untuk menusuk daging kambing guna cepat matang. Setelah ditusuk, sate kemudian dibakar tepat di atas tungku arang dan dibalurkan bumbu khas. Setelah matang, sate kemudian disajikan dengan kuah gulai di atas piring. Selain sate, ada berbagai menu lainnya juga yang disajikan seperti sate kambing biasa, tongseng kepala kambing, gulai kambing, tongseng, serta tengkleng.

Jam operasional: Setiap hari pukul 09.00 – 23.30 WIB

Harga: Rp 25.000,-

Gudeg Manggar Bu Tjondro

Selain Sate Klathak, area Bantul yang dekat dengan kawasan Yogyakarta juga dikenal dengan kuliner gudeg nya yang tak kalah nikmat. Layaknya gudeg lainnya, para pengunjung dapat memilih menu isian yang beragam seperti ayam kampung, tahu bacem, krecek, ati ampela, brutu, uritan, dan juga ditemani daun singkong segar yang direbus. Setelah pemilihan menu yang disajikan untuk sepiring gudeg, lalu piring tersebut tak lupa disiram dengan kuah areh yang menjadikan rasa gudeg tersebut menjadi berbeda dari yang lain dan kental akan rempah-rempah yang digunakan.

Jam operasional: Setiap hari pukul 18.00 – 00.00 WIB

Harga: Rp 25.000,-

Sate Kronyos Mbah Gudil

Tidak kalah dari jenis kuliner lainnya, Sate Kronyos Mbah Gudil menjadi salah satu pilihan yang wajib dicoba selama di Bantul. Pengunjung akan disuguhkan sepiring sate berbahan dasar sandung lamur atau bagian dada bawah dari daging kambing yang berlemak, dibaluri bumbu, lalu dibakar. Saat mencicipi sate kronyos, pengunjung akan merasakan bumbu kental yang meresap ke dalam sate dan juga tanpa ada bau amis yang tercium. Perpaduan lemak kambing dengan bumbu sate yang dibakar ini juga ditemani oleh seporsi lontong sayur, tahu, dan juga tempe yang terhitung sangat cukup untuk mengisi perut.

Jam operasional: Kamis – Rabu pukul 17.00 – 22.00 WIB

Harga: Rp 13.000,-

Akses Menuju Bantul

Untuk mengunjungi Bantul, ada beberapa opsi transportasi yang dapat dipilih oleh para wisatawan seperti yang ada di bawah ini.

Bus

Salah satu transportasi yang dapat menjadi alternatif saat mengunjungi Bantul adalah bus. Para wisatawan dapat memilih tujuan terminal pemberhentian yaitu Terminal Giwangan yang berlokasi di Umbulharjo, Yogyakarta. Sesampainya di Terminal, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum sekitar sampai ke Bantul dengan jarak tempuh 12 kilometer dan waktu selama 25 menit.

Kereta Api

Selain bus, para pengunjung juga dapat mengunjungi Bantul menggunakan kereta api. Stasiun kereta yang dapat dijadikan pemberhentian adalah Stasiun Tugu atau Yogyakarta. Sesampainya di stasiun, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan ke Bantul menggunakan angkutan umum setempat dengan jarak tempuh 14 kilometer yang setidaknya membutuhkan waktu 30 menit. Tidak mahal, kini para pengunjung dapat membeli tiket kereta api menuju Bantul dengan sangat mudah melalui Tokopedia dengan menikmati berbagai promo yang ditawarkan.

Pesawat

Tidak lain dan tidak bukan, pesawat juga bisa menjadi salah satu referensi jika Anda ingin berlibur ke Bantul. Cukup memesan tiket pesawat di Tokopedia dan memilih pemberhentian di Bandar Udara Internasional Adisutjipto yang berada di Yogyakarta, lalu melanjutkan perjalanan dengan bus hingga sampai ke Bantul dengan jarak tempuh 23 kilometer yang membutuhkan waktu sekitar 40 menit.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store