tokopedia-logo
Travel
City
Batam Center
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Kam, 17 Jun 2021
Check-out
Jum, 18 Jun 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Batam Center

Hygiene Verified
Radisson Golf & Convention Center Batam

Radisson Golf & Convention Center Batam

Hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Batam Center
Batam Center
8,8
Mengesankan
Rp800.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Batam
Tentang Batam
Tempat Wisata Alam di Batam
Tempat Wisata Rekreasi di Batam
Tempat Wisata Kuliner di Batam
Akses ke Batam

Tentang Batam

Batam merupakan kota dengan lokasi yang sangat strategis karena berada di jalur pelayaran Internasional dan berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia. Sebagai kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau, Batam memiliki wilayah seluas 715 km2  dengan jumlah penduduk mencapai lebih dari 1,3 juta jiwa. Mayoritas penduduk Kota Batam berasal dari suku Melayu, Minangkabau, Jawa, Batak, dan Tionghoa. Wilayah Kota ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu Pulau Batam, Pulau Rempang, Pulau Galang, dan beberapa pulau lain yang berada di kawasan Selat Singapura dan Selat Malaka.

Batam memiliki laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi bahkan melebihi pertumbuhan ekonomi nasional. Kota ini bukan hanya bergerak sebagai pemicu perekonomian Provinsi Kepulauan Riau, tetapi juga Indonesia. Sektor Industri, listrik, gas, pariwisata, jasa dan perdagangan menjadi bagian penting penggerak ekonomi Kota Batam. Kota yang sering dijuluki sebagai Kota Industri ini termasuk ke dalam kawasan perdagangan bebas Indonesia, yaitu di mana pelabuhan di Kota Batam, Kabupaten Bintan, dan di Kabupaten Karimun memiliki izin bebas pajak untuk barang-barang ekspor maupun impor.

Berjarak hanya 45 menit dari Singapura dan Malaysia menggunakan kapal ferry, Batam populer dijadikan sebagai tujuan wisata para turis lokal maupun mancanegara. Mulai dari wisata alam, rekreasi, pusat perbelanjaan, hingga aneka kuliner dapat Anda kunjungi di Batam. Batam juga merupakan kota dengan perkembangan sektor perhotelan yang pesat, sehingga di sini Anda dapat menemukan berbagai penginapan mulai dari hotel budget hingga yang berbintang 5.

Tempat Wisata Alam di Batam

Tidak kalah dari Bali dan Lombok, Batam adalah kota dengan sejuta pesona wisata alam yang indah dan eksotis.

Pantai Viovio

Pantai Viovio menjadi tempat favorit para wisatawan karena pemandangannya yang cantik dan photogenik. Pantai yang terletak di Pulau Galang ini memiliki pasir berwarna putih dan air yang jernih. Berbagai aktivitas seru dapat Anda lakukan di pantai ini, yakni mulai dari bersantai di gazebo, berenang, bermain banana boat, hingga mencoba salah satu daya tarik utama Pantai Viovio, yaitu ayunan yang berada di tengah laut. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah pada sore hari, atau saat matahari terbenam.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 06.00 – 19.00 WIB.

Harga tiket: Rp10.000,-/orang.

Pantai Tanjung Pinggir

Selain Pantai Viovio, Pantai Tanjung Pinggir juga menjadi tujuan wisata bahari yang tidak boleh Anda lewatkan. Berlokasi di daerah Sekupang, Batam, pantai ini memiliki air laut berwarna biru jernih dan pasir yang putih. Keunikan dari Pantai Tanjung Pinggir ini adalah Anda dapat melihat gedung-gedung di Singapura dari kejauhan. Di pantai ini juga terdapat area berkemah, memancing, dan Rumah Hobbit yang cocok dijadikan sebagai spot foto unik untuk Anda dan keluarga.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00 – 20.00 WIB.

Harga tiket: Rp5.000 – Rp10.000,-

Telaga Bidadari

Destinasi wisata alam berikut ini mungkin masih belum banyak diketahui oleh sebagian orang. Telaga Bidadari merupakan objek wisata air terjun satu-satunya di Batam yang berlokasi di dalam area hutan lindung Muka Kuning. Meskipun membutuhkan waktu trekking yang cukup lama untuk sampai ke air terjun ini, semua akan terbayarkan dengan pemandangan telaga yang jernih dan asri. Selain dapat bebas berenang, tempat ini juga cocok bagi Anda yang ingin snorkling atau sekadar piknik di bawah pepohonan rindang.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam

Harga tiket: Rp5.000,-

Tempat Wisata Rekreasi di Batam

Sebagai kota yang memiliki fasilitas pariwisata yang lengkap, Batam juga dikenal dengan sejumlah tempat rekreasi menarik yang wajib dimasukan ke dalam daftar perjalanan Anda.

Jembatan Barelang

Jika Palembang terkenal dengan Jembatan Ampera, maka Jembatan Barelang dapat dikatakan sebagai ikon dari Kota Batam. Jembatan Barelang adalah jembatan yang menghubungkan Pulau Batam dengan Pulau Rempang, Pulau Galang, dan beberapa pulau lainnya yang ada di wilayah Batam. Jembatan ini juga sering dijuluki dengan nama Jembatan Habibie karena jasa beliau sebagai pelopor pembangunan jembatan ini. Memiliki panjang 54 km, Jembatan Barelang mulai dibangun pada tahun 1992 dan selesai pada tahun 1998. Jembatan ini menjadi salah satu tujuan wisata yang populer dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Gratis

Mega Wisata Ocarina

Mirip seperti Ancol, Ocarina Batam Theme Park merupakan taman bermain yang terletak di tepi pantai Ocarina atau tepatnya di Jl. Bunga Raya, Sadai, Bengkong, Batam. Taman berluaskan 40 hektar ini terdiri dari berbagai wahana permainan seru seperti water park, kiddy land, bianglala raksasa, komidi putar, dan masih banyak lainnya. Mega Wisata Ocarina menjadi tujuan wisata favorit yang tidak pernah sepi pengunjung, terutama saat musim liburan. Di sini, Anda juga bisa menyewa sepeda, menikmati aneka kuliner, dan swafoto di berbagai spot foto menarik.

Jam operasional: Pukul 08.00 – 22.00 WIB (weekday), dan 07.00 – 22.00 WIB (weekend).

Harga tiket: Rp10.000,- (Anak-anak), dan Rp15.000,- (Dewasa).

Nagoya Hills

Batam terkenal sebagai pusat perbelanjaan yang menjual barang-barang impor dengan harga miring. Salah satu area perbelanjaan terkenal di Batam adalah Nagoya Hills di Jalan Teuku Umar Nomor 1, Lubuk Baja, Batam. Shopping mall ini menjual aneka barang bermerek dari berbagai negara di dunia. Mulai dari tas, parfum, sepatu, barang elektronik, hingga cemilan impor dapat Anda temukan di sini. Bagi Anda yang berkunjung ke Batam untuk berbelanja, Anda dapat menginap di hotel yang ada di kawasan Nagoya Hills tersebut.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 10.00 – 22.00 WIB.

Harga tiket: Gratis.

Tempat Wisata Kuliner di Batam

Belum lengkap rasanya mengunjungi Batam tanpa mencicipi berbagai macam hidangan khas dari kota ini.

Mie Lendir

Memiliki nama yang unik, makanan khas Batam ini disebut dengan mie lendir karena kuahnya yang dicampur tepung kanji sehingga bertekstur kental seperti lendir. Hidangan ini terbuat dari campuran mie kuning dan mie putih, yang lalu dilengkapi dengan telur rebus, tauge, cabai hijau, dan bawang goreng. Mie lendir memiliki citra rasa yang gurih dengan bumbu rempah yang segar dan melekat kuat. Salah satu restoran mie lendir populer di Batam adalah Kedai kopi Harum Manis yang terletak di Jl. Komp. Bumi Indah No.10, Lubuk Baja.

Jam buka: Setiap hari, pukul 06.30 – 17.00 WIB.

Harga: Rp12.000,-/porsi.

Gonggong

Hidangan yang satu ini pasti akan membuat Anda penasaran, gonggong merupakan biota laut sejenis siput yang hidup di Kepulauan Riau. Siput laut ini kemudian diolah menjadi hidangan gurih dengan cara direbus menggunakan air garam dan jahe. Gonggong memiliki tekstur yang kenyal dan nilai gizi yang tinggi. Terdapat 4 jenis gonggong yang bisa Anda konsumsi, yaitu gonggong cangkang tipis, gonggong cangkang tebal, gonggong ayam, dan gonggong merah cangkang tebal. Anda dapat menemukan hidangan ini di  berbagai restoran seafood, tepi laut, atau pasar-pasar tradisional.

Harga: Mulai dari Rp15.000,-

Bingka Bakar

Bingka Bakar adalah kue camilan asli Batam yang sekaligus menjadi oleh-oleh wajib yang harus Anda bawa. Kue yang terbuat dari tepung terigu, telur, gula, dan santan ini dulu dikenal sebagai makanan khas untuk para raja. Bingka bakar terkenal dengan teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis. Jika Anda tertarik membeli kue ini, Anda dapat mengunjungi toko pusat oleh-oleh Nayadam di di Puri Legenda Blok D1 No. 3 atau yang dapat Anda temukan juga di Bandara Hang Nadim. Di sini, Anda dapat membeli bingka bakar dengan berbagai pilihan rasa, mulai dari original, pandan, coklat, keju, jagung, hingga buah naga.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 07.00 - 21.00 WIB.

Harga: Rp28.000 – Rp30.000,-

Akses ke Batam

Terdapat dua pilihan moda transportasi umum yang dapat Anda pilih untuk sampai ke Batam.

Pesawat

Transportasi udara menjadi alternatif perjalanan yang mudah dan praktis untuk Anda yang ingin berkunjung ke Batam. Kota ini memiliki satu bandar udara, yaitu Bandara Internasional Hang Nadim. Bandara yang terletak di Batu Besar, Nongsa ini melayani rute penerbangan domestik maupun internasional. Bandara ini juga dikenal sebagai bandara dengan landas pacu terpanjang di Indonesia, yaitu sekitar 4.025 meter. Berjarak 15 menit dari pusat kota, kawasan sekitar bandara menjadi salah satu lokasi strategis untuk Anda yang ingin mencari hotel penginapan.

Kapal

Transportasi lain yang dapat digunakan untuk pergi menuju Batam adalah dengan kapal laut. Meskipun membutuhkan waktu yang lebih lama, kapal merupakan sarana transportasi yang relatif terjangkau. Terdapat 6 pelabuhan utama di Batam, yaitu Pelabuhan Batam Center, Harbour Bay, Sekupang, Nongsa Pura, Waterfront City, dan Telaga Punggur. Pelabuhan Batam Center dan Sekupang melayani rute perjalanan langsung menuju Singapura dan Johor, Malaysia.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store