tokopedia-logo
Travel
City
Baturaden
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Rab, 4 Agu 2021
Check-out
Kam, 5 Agu 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Baturaden

Hygiene Verified
Hotel Anita Baturaden

Hotel Anita Baturaden

Hotel
Baturaden
Baturaden
Rp193.945
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Baturaden
Tentang Baturaden
Tempat Wisata Alam di Baturaden
Tempat Wisata Kuliner di Baturaden
Tempat Wisata Rekreasi di Baturaden
Akses Menuju Baturaden

Tentang Baturaden

Baturaden adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Banyumas, yang terletak di lereng Gunung Slamet, Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan ini berada di ketinggian 640 meter di atas permukaan laut. Daerah ini terletak hanya sekitar 6 kilometer dari puncak Gunung Slamet. Hal ini pun menyebabkan penurunan jumlah wisatawan ketika gunung berapi sedang aktif. Baturaden berjarak sekitar 14 kilometer dari utara Kota Purwokerto, yang bisa ditempuh menggunakan mobil selama 30 menit.

Asal mula nama Baturaden adalah dari legenda tentang sepasang kekasih yang bernasib sial, yaitu seorang pelayan laki-laki (Batur) dan seorang wanita bangsawan (Raden). Pada zaman dahulu, dikisahkan tentang Suta, pelayan kerajaan yang bertugas mengurus dan menjaga kuda-kuda raja. Suatu hari, Suta dan putri raja tidak sengaja bertemu dikarenakan Suta menyelamatkan putri dalam sebuah peristiwa. Sejak saat itu, mereka berdua berteman. Lama kelamaan, mereka berdua pun mulai saling cinta satu sama lain. Suta memberanikan diri untuk melamar putri raja kepada ayahnya. Namun, kedua orang tua sang putri menolak lamaran tersebut. Akhir cerita dikatakan bahwa Suta dan putri raja mengakhiri hidupnya di sebuah tempat, yang kini dinamakan “Baturaden”.

Terletak di kawasan Gunung Slamet, Baturaden sering menjadi destinasi wisata bagi para pengunjung. Kecamatan ini menawarkan pemandangan panorama pegunungan, air terjun, sampai rekreasi air, seperti seluncuran air dan kolam renang. Baturaden memiliki beragam pilihan tempat wisata yang dapat dikunjungi bersama teman ataupun keluarga. Dengan keindahan alamnya yang masih terjaga, kamu bisa menghabiskan waktu liburan sepuasnya di Baturaden. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, langsung booking hotel terbaik dan termurah di Baturaden melalui Tokopedia!

Tempat Wisata Alam di Baturaden

Berada di daerah pegunungan dan memiliki udara yang sejuk, tujuan wisata alam di Baturaden kerap menjadi incaran utama para wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini. Berikut objek wisata alam yang tidak boleh kamu lewatkan.

Lokawisata Baturaden

Salah satu tempat wisata alam yang wajib untuk dikunjungi di Baturaden adalah Lokawisata Baturaden. Objek wisata alam ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap, dengan memadukan berbagai wahana yang seru. Lokawisata Baturaden menawarkan berbagai kegiatan yang cocok untuk mengisi liburanmu di Baturaden. Beberapa objek wisata yang terdapat di kompleks ini adalah Pancuran Pitu Baturaden dan Pancuran Telu yang merupakan air terjun, serta Bumi Perkemahan yang kerap digunakan sebagai tempat berkemah bagi para pecinta alam. Selain itu, terdapat kolam renang yang luas, serta diorama tentang legenda Raden Kamandaka dan Lutung Kasarung. Wisata di sini akan sangat seru bagi para pengunjung!

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.00 - 15.00 WIB

Harga Tiket: Tiket masuk hari biasa Rp20.000, Tiket masuk hari libur Rp25.000

Telaga Sunyi

Dari namanya, yaitu Telaga Sunyi, tempat wisata alam di Baturaden ini memang cocok bagi pengunjung yang ingin melepas penat dari kebisingan. Berkunjung ke area ini, kamu dapat merasakan hawa sejuk serta kesunyian yang membuat lebih tenang. Telaga ini dikelilingi oleh banyak bebatuan di sekitarnya, serta tebing tinggi yang terdapat aliran air. Telaga Sunyi memiliki air yang jernih dan berwarna kehijauan. Airnya yang bersih dan terasa dingin dapat membuat kamu merasakan ketenangan ketika berkunjung ke sini. Selain dapat berfoto dan duduk santai, kamu juga bisa menyelam ke dasar telaga untuk melihat keindahan di bawahnya. Kawasan telaga ini dikelilingi pula oleh pepohonan hijau yang membuat suasana semakin sejuk.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.00 - 17.00 WIB

Harga Tiket: Tiket masuk Rp13.000 per orang

Tempat Wisata Kuliner di Baturaden

Berikut beberapa restoran populer di Baturaden yang dapat kamu coba kunjungi untuk melepas rasa lapar dan dahaga Anda setelah puas berwisata.

Tempe Mendoan

Biasanya tempe mendoan dikenal dengan tempe yang digoreng tepung dengan setengah matang saja, sehingga menghasilkan tekstur lembek. Berbeda dari umumnya, tempe mendoan khas Baturaden ini memiliki tekstur kriuk. Bahan dasar yang digunakan sebenarnya sama saja, yaitu tempe, tepung terigu, tepung beras, daun bawang, serta garam, bawang, dan ketumbar. Perbedaannya adalah tempe mendoan Baturaden digoreng lebih lama, sehingga dapat menghasilkan tekstur yang renyah dan garing. Seperti biasanya juga, tempe mendoan ini dimakan bersama dengan cabai rawit atau sambal kecap yang terasa pedas manis. Perpaduan renyah dan gurihnya tempe dengan rasa sedapnya sambal dapat membuatmu ketagihan memakannya!

Nasi Nyangku

Salah satu kuliner tradisional masyarakat di area lereng Gunung Slamet adalah Nasi Nyangku. Di dalam satu porsi nasi nyangku terdapat nasi putih, sayur pakis, ikan teri, ayam goreng, tempe kedelai hitam, dan sambal. Namun, pilihan menu lauk bisa saja berbeda-beda, menyesuaikan keinginan pembeli. Perbedaannya dengan nasi bungkus lainnya adalah nasi nyangku dibungkus menggunakan daun nyangku. Daun nyangku dikatakan hanya ada di daerah ketinggian sekitar Baturaden. Daunnya yang lembut, kuat, dan lebar membuat makanan serta lauknya mudah disusun dengan rapi. Selain itu, keunikan daun nyangku ini adalah tidak adanya aroma tambahan lain, sehingga rasa makanan di dalamnya tetap terjaga. Perpaduan menu masakan nasi nyangku ini sangat lezat. Harganya pun tergolong terjangkau, yaitu Rp17.000 sampai Rp22.000 saja per porsinya.

Soto Sokaraja

Makanan khas Banyumas, dan termasuk Baturaden adalah Soto Sokaraja. Dari segala soto yang ada di Indonesia, Soto Sokaraja memiliki keunikan yaitu menggunakan saus sambal kacang dan ketupat dalam campurannya. Soto ini menggunakan kaldu daging sapi sebagai bahan dasar kuahnya. Hasilnya adalah kuah soto yang lebih bening, dan berwarna sedikit kekuningan. Biasanya, soto ini menggunakan potongan daging sapi yang empuk dan besar sebagai topping. Namun, tersedia pula soto daging ayam dengan kuah kaldu ayam bagi yang menginginkannya. Cita rasa Soto Sokaraja ini sangat unik dan lezat bila dipadukan semuanya.

Tempat Wisata Rekreasi di Baturaden

Bukan hanya alam, pariwisata Baturaden juga terkenal dengan adanya sederet aneka ragam taman bermain dan rekreasi seru untuk kamu dan keluarga.

Baturaden Adventure Forest

Baturaden Adventure Forest (BAF) menawarkan pengalaman rekreasi ekowisata yang unik dan menarik di daerah Baturaden. Objek wisata ini memiliki berbagai macam wahana wisata, termasuk petualangan rimba dengan pemandangan hutan pinus dan damar di sekitarnya. Selain memiliki pemandangan alam yang indah, BAF pun memiliki kegiatan wisata yang dikemas bersama dengan panorama cantik Baturaden. Beberapa petualangan yang tersedia di sini antara lain petualangan fisik, petualangan wawasan, serta petualangan di gunung dan air. Petualangan-petualangan tersebut memiliki aktivitas yang berbeda-beda pula, seperti panahan, cliff jumping, water sliding, dan lainnya. Dengan begitu, pengunjung tidak akan bosan untuk berwisata.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 - 17.00 WIB

Harga Tiket: Tiket masuk Rp100.000 per orang, Paket wisata Rp230.000 - beragam

Small World Baturaden

Ingin melihat miniatur-miniatur di seluruh dunia? Tak perlu jauh-jauh lagi, karena kamu bisa mengunjungi Small World Baturaden. Objek wisata ini merupakan sebuah taman luas yang di dalamnya terdapat bermacam replika miniatur bangunan-bangunan terkenal di dunia, baik itu keajaiban dunia maupun bangunan lainnya yang tergolong bersejarah. Tempat rekreasi di Baturaden ini menawarkan wisata edukasi yang menarik, khususnya bagi anak-anak. Tak tanggung-tanggung, terdapat pula penyewaan beberapa kostum tradisional, seperti kimono, baju tradisional Jepang, supaya kamu bisa foto lebih maksimal di tempat. Mulai dari Monumen Nasional, Menara Eiffel, Menara Pisa, Colosseum, sampai Kabah pun tersedia lengkap miniaturnya di sini.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.00 - 17.00 WIB

Harga Tiket: (Weekday) Tiket masuk dewasa Rp20.000 per orang, Tiket anak usia 3 - 12 tahun Rp10.000 per orang, (Weekend) Tiket masuk dewasa Rp25.000 per orang, Tiket anak-anak Rp15.000 per orang

Kebun Raya Baturaden

Sama seperti Bogor, Baturaden pun memiliki Kebun Raya Baturaden. Kompleks kebun ini sangat indah, karena terletak di lereng Gunung Slamet dengan pemandangan Kota Purwokerto. Selain itu, tempatnya pun sejuk, sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama di sana. Tempat wisata rekreasi ini benar-benar nyaman untuk melepas lelah dengan panorama alam yang menakjubkan. Kebun Raya Baturaden cocok sebagai tempat untuk kamu bersantai dengan keluarga atau teman-teman. Memiliki kebun bunga yang indah, Kebun Raya Baturaden merupakan tempat yang bagus untuk belajar tentang bunga dan berbagai jenis tanaman lainnya.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 - 16.00 WIB

Harga Tiket: Tiket masuk Rp10.000 per orang, parkir mobil Rp5.000, parkir motor Rp2.000

Akses Menuju Baturaden

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Baturaden, kamu dapat memilih moda transportasi umum di bawah ini.

Bus

Bus dapat menjadi sarana yang dapat kamu pilih jika ingin berkunjung ke Baturaden menggunakan jalur darat. Kamu dapat menggunakan Bus Antar Kota Antar Provinsi untuk sampai ke Baturaden. Jika kamu berangkat dari Jakarta, pilihan rute yang bisa ditempuh adalah dengan menaiki bus trayek Jakarta - Purwokerto dari Terminal Pulo Gebang. Nantinya, kamu akan berhenti di Terminal Bulupitu. Lalu, dari situ, kamu bisa naik angkot trayek Purwokerto - Baturaden, dan turun di Baturaden.

Kereta Api

Cara berikutnya jika menggunakan jalur darat adalah dengan kereta Api. Moda transportasi ini kerap menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang berasal dari kota-kota lain di Pulau Jawa. Jika kamu dari Jakarta, maka kamu bisa naik kereta dengan tujuan Purwokerto, dan berhenti di Stasiun Purwokerto. Lalu, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menuju Terminal Bulupitu dan menaiki angkot trayek Purwokerto - Baturaden. Pemberhentian terakhir kamu ada di Baturaden.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store