tokopedia-logo
Travel
City
Bromo
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Sen, 2 Agu 2021
Check-out
Sel, 3 Agu 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Bromo

Hygiene Verified
Villa Tengger Asri 6 Gunung Bromo

Villa Tengger Asri 6 Gunung Bromo

Rumah liburan
Bromo
Bromo
Rp1.250.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Bromo
Tentang Bromo
Tempat Wisata Alam di Bromo
Tempat Wisata Rekreasi di Bromo
Tempat Wisata Kuliner di Bromo
Akses Menuju Bromo

Tentang Bromo

Bromo adalah salah satu kawasan gunung berapi aktif yang berlokasi di Jawa Timur, Indonesia. Kawasan ini berada sekaligus di 4 kabupaten berbeda yaitu Kabupaten Lumajang, Probolinggo, Pasuruan, dan juga Malang. Gunung ini berada di 2.329 meter diatas permukaan laut, dimana iklim yang berada disini sangatlah sejuk atau bersuhu rendah. Dikenal dengan gunung yang memiliki hamparan gurun pasir yang luas serta kaldera yang memukau, kawasan Gunung Bromo juga menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan untuk menunggu terbit atau terbenamnya matahari.

Tak hanya itu, ada juga 1 fenomena yang sangat dikenal di kawasan tersebut yaitu fenomena embun es. Fenomena tersebut adalah saat embun yang ada di Bromo mengkristal saat turun karena perubahan iklim dari hujan ke kemarau. Fenomena embun es ini menjadi salah satu kejadian yang sangat terkenal sehingga saat waktunya tiba, biasanya banyak wisatawan yang berburu untuk datang dan melihat fenomena tersebut.

Selain itu, tak hanya tempat wisata yang dikenal memiliki keindahan yang sangat memukau. Bahkan kawasan Bromo juga dikenal dengan budayanya yang cukup kental berupa Upacara Kasada. Upacara tersebut merupakan ritual sesembahan untuk para leluhur termasuk Sang Hyang Widhi yang yang rutin dilakukan oleh Suku Tengger. Mereka biasanya mempersembahkan hasil bumi yang diberikan ke kawah Gunung Bromo sebagai bentuk syukur dari Suku Tengger.

Jika Anda tertarik dengan berbagai tempat wisata yang ada di kawasan Bromo, tak perlu khawatir! Kini di Tokopedia ada berbagai pilihan penginapan yang bisa dipilih saat Anda menginap dimanapun termasuk di Bromo.

Tempat Wisata Alam di Bromo

Memang tak bisa dipungkiri, wisata alam di Bromo sangat terkenal dengan ragam variasi yang berbeda-beda serta keindahannya. Berikut ini beberapa wisata alam di Bromo yang dapat Anda kunjungi untuk menikmati salah satu keindahan dunia.

Kawah Gunung Bromo

Wisata alam pertama yang sangat tidak boleh ditinggalkan saat ke Bromo adalah kawah Gunung Bromo itu sendiri. Kawah ini memiliki diameter setidaknya 800 meter dari utara ke selatan, dan 600 meter dari timur ke barat. Berada di ketinggian 2.392 meter diatas permukaan laut, setiap pengunjung harus memiliki fisik yang kuat jika ingin mengunjungi kawah tersebut karena harus mendaki ratusan anak tangga.

Tetapi jangan khawatir, pengunjung tak akan kecewa setelah mendaki anak-anak tangga karena keindahan yang menunggu di kawah tersebut akan jauh lebih memukau dibanding rasa lelah menanjak. Anda akan disuguhkan dengan alam yang membentang khas material vulkanik. Hamparan pegunungan pasir yang sangat luas akan menghibur mata para pengunjung. Tak diragukan lagi bahwa kawasan Gunung Bromo menjadi salah satu gunung tercantik yang ada di Indonesia.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Mulai dari Rp 28.000,-/orang

Bukit Teletubbies

Tak kalah menarik, Bukit Teletubbies yang merupakan hamparan perbukitan hijau di Kota Blitar ini juga menjadi salah satu wisata alam cantik yang tak boleh ditinggalkan. Anda dapat menikmati berbagai macam aktivitas menarik disini seperti menyewa kuda untuk berkeliling di sepanjang savana untuk berjalan-jalan sambil berkuda. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati hamparan bukit berwarna hijau sambil menikmati makanan ataupun minuman yang dijual oleh warung-warung sekitar. Jika Anda kesini, pastikan untuk membawa payung ataupun kacamata guna berjaga-jaga jika terjadi hujan atau panas karena tidak ada kanopi yang dapat dijadikan tempat berteduh nantinya.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 10.000,-/orang

Pasir Berbisik

Jika Anda bosan dengan wisata alam bertemakan pantai atau lautan, kenapa tak coba untuk mengunjungi lautan pasir di area Bromo yang bernama Pasir Berbisik? Disini, pengunjung akan melihat hamparan pasir luas yang bagaikan sedang berbisik disaat angin bertiup kencang. Untuk sampai kesini, para wisatawan dapat menggunakan berbagai jenis transportasi seperti jeep, motor trail, bahkan dengan kuda. Jika ingin mengunjungi pasir berbisik, waktu yang sangat tepat adalah di pagi hari karena kebanyakan wisatawan datang pada pukul 03.00 WIB demi melihat matahari terbit dari area pasir berbisik.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Mulai dari Rp 29.000,-/orang

Tempat Wisata Rekreasi di Bromo

Tak hanya keindahan alam, wisata rekreasi yang bertemakan alam di kawasan Bromo juga termasuk ke beberapa tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi. Berikut beberapa wisata rekreasi di Bromo yang tak boleh ditinggali.

Pura Luhur Poten

Wisata rekreasi pertama yang dapat diandalkan saat mengunjungi Bromo adalah Pura Luhur Poten atau biasa juga disebut sebagai Sanggar Agung Poten. Terletak tepat di bawah Gunung Bromo, pura ini menjadi salah satu yang sangat unik serta menarik karena terletak di hamparan gunung pasir yang menjulang. Hanya ada 1 bangunan yang bertengger diatas gunung pasir ini yang biasanya digunakan untuk tempat sembahyang oleh umat Hindu Tengger. Hari terbaik untuk mengunjungi Pura Luhur Poten ini adalah di kurun waktu bulan Juli sampai Agustus karena adanya Upacara Yadya Kasada, yaitu hari ulang tahun pura. Pada saat itu pula, Anda dapat melihat dan menghadiri acara kebudayaan yang dirayakan oleh Suku Tengger.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Gratis

Bromo Milky Way

Tak bisa ketinggalan dari tempat wisata yang lainnya, Bromo Milky Way juga menjadi salah satu lokasi yang selalu dibanjiri jutaan pengunjung setiap tahunnya. Menurut beberapa turis asing, Milky Way yang ada di Bromo merupakan salah satu yang terbaik. Milky Way itu sendiri merupakan lokasi untuk melihat jutaan bintang yang memiliki volume seperti debu dan juga gas yang ada di piringan galaksi. Waktu terbaik untuk melihat Milky Way ini adalah malam hari karena jutaan bintang akan terlihat dengan sangat jelas. Jangan lupa untuk membawa kamera pribadi karena Anda pastinya tidak ingin melewatkan kesempatan untuk berfoto dengan pemandangan yang sangat cantik ini.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Tergantung dari paket

Bukit Mentigen

Lokasi wisata rekreasi yang terakhir dan juga tak kalah cantiknya dari yang lain adalah Bukit Mentigen. Perjalanan menuju Bukit Mentigen terbilang tidak sulit atau mudah untuk dijangkau karena pengunjung dapat menaiki kendaraan bermotor. Tetapi jika Anda ingin berjalan kaki sambil menikmati keindahan serta udara yang sejuk, Anda dapat berjalan melalui jalan setapak yang ditumbuhi oleh pohon-pohon pakis dan juga cantigi. Jangan lupa untuk mengunjungi Bukit Mentigen di waktu-waktu tertentu seperti saat matahari terbit maupun tenggelamnya matahari.

Jam operasional:

Harga tiket: Mulai dari Rp 27.500,-

Tempat Wisata Kuliner di Bromo

Bukan hanya wisata alam dan rekreasi, Anda juga dapat menyantap berbagai macam wisata kuliner di Bromo yang juga menggugah selera seperti beberapa pilihan dibawah ini.

Sawut Kabut

Kuliner pertama yang menjadi ciri khas daerah Bromo adalah sawut kabut. Berbahan dasar dari olahan singkong atau ubi yang dibentuk menyerupai gunung, lalu disajikan bersama buah murbei serta secercah pandan yang wangi diatasnya. Dilihat dari bentuknya yang menarik serta memiliki ciri khas tersendiri, sawut kabut bahkan telah memasuki acara festival makanan khas Jawa Timur pada tahun 2009 dan digemari banyak pengunjung. Anda dapat menemukan dan mencoba sawut kabut ala Bromo yang biasanya dijual di pasar tradisional sekitar Bromo sampai Probolinggo.

Iga Pasir Bromo

Seperti di area lainnya yang menyediakan iga, Bromo juga menawarkan kuliner khas berbahan dasar iga yang dimasak dengan cara lebih unik. Iga sapi yang dimasak disini memiliki pasir di bagian tungkunya, dan hal ini membuat iga pasir dari Bromo memiliki cita rasa khas serta berbeda dari kawasan lainnya. Dimasak dengan bumbu rempah yang khas, Anda akan mencicipi rasa pedas gurih serta manis yang digadang-gadang sangat cocok untuk lidah penikmat makanan Indonesia. Wisatawan dapat mencicipi iga pasir bromo di warung-warung sekitaran Bromo.

Pokak

Pokak adalah salah satu minuman herbal seperti wedang yang terbuat dari gula, cengkih, jahe, pandan, serai, serta keningar. Pokak memiliki warna yang sama layaknya wedang lainnya, cokelat cerah dan aroma pandan menyengat yang wangi saat dihirup. Memiliki rasa yang pedas dan hangat, pokak cocok sekali untuk dinikmati saat cuaca dingin di kawasan Bromo karena dapat menghangatkan tubuh serta membuat badan tetap terasa fit.

Akses Menuju Bromo

Berikut beberapa transportasi umum yang dapat diandalkan jika Anda ingin mengunjungi Bromo.

Bus

Jika Anda ingin mengunjungi Bromo dengan jalur darat melalui bus, Anda dapat menaiki bus dengan tujuan akhir di Terminal Malang. Lalu melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum ke Terminal Bayu Angga. Tak berhenti disitu, Anda harus melanjutkan kembali perjalanan dengan angkutan desa hingga akhirnya sampai di Cemoro Lawang.

Pesawat

Dengan moda transportasi udara, pesawat bisa menjadi pilihan terbaik karena terkenal lebih cepat dan praktis. Anda dapat memesan tiket dan berhenti di Bandara Juanda Sidoarjo, lalu melanjutkan perjalanan dengan transportasi darat ke Terminal Bungurasih menggunakan Bus DAMRI yang selalu ada di Bandara. Sesampainya di Terminal Bungurasih, perjalanan dilanjutkan dengan angkutan umum menuju Terminal Bus Bayu Angga, dan dilanjutkan dengan angkutan desa sampai ke Cemoro Lawang.

Kereta Api

Pilihan moda transportasi darat lainnya yang dapat dipilih selanjutnya adalah kereta api. Cukup dengan memesan tiket kereta dengan tujuan Stasiun Malang, dan melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum ke Terminal Arjosari. Sesampainya disana, perjalanan dilanjutkan dengan angkutan umum menuju Terminal Bus Bayu Angga dan pindah menaiki angkutan desa ke Cemoro Lawang.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store