tokopedia-logo
Travel
City
Cilacap
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Min, 25 Jul 2021
Check-out
Sen, 26 Jul 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Cilacap

Whiz Prime Hotel Sudirman Cilacap

Whiz Prime Hotel Sudirman Cilacap

Hotel
star-iconstar-icon
Cilacap
Cilacap
7,2
Memuaskan
Rp306.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Bayar di Hotel
Yuk, Kenali Cilacap
Tentang Cilacap
Tempat Wisata Sejarah di Cilacap
Tempat Wisata Alam di Cilacap
Tempat Wisata Kuliner di Cilacap
Akses Menuju Cilacap

Tentang Cilacap

Cilacap adalah sebuah kota pelabuhan yang berada di pesisir selatan Jawa Tengah. Kota Cilacap adalah Ibu Kota Kabupaten Cilacap. Kota ini merupakan daerah pesisir yang landai, dan sebagian besar wilayahnya adalah dataran rendah. Di lepas pantai sebelah selatan, terdapat Pulau Nusakambangan yang terkenal dengan penjara dengan keamanan tinggi.

Pada zaman kerajaan Jawa, Cilacap termasuk ke dalam wilayah kekuasaan Kerajaan Majapahit. Di zaman penjajahan Belanda, daerah Cilacap menjadi salah satu daerah yang dilewati pembangunan Jalur Daendels. Pembangunan jalur tersebut merupakan hasil perintah kerja paksa oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Herman Williem Daendels pada rakyat Indonesia. Jalan Daendels terletak dari Anyer hingga Panarukan. Bila sempat, kamu juga bisa melewati jalur ini di Cilacap.

Cilacap juga merupakan salah satu kota industri di Jawa Tengah. Sejak berdirinya Kilang Minyak Pertamina pada tahun 1976 di Cilacap, penyulingan minyak menjadi salah satu industri terpenting di kawasan ini. Selain itu, kota ini memiliki beberapa produk ekspor utama ke luar negeri, seperti kopra, karet, teh, dan singkong. Kekayaan alamnya memang sangat banyak, begitu pula pariwisatanya. Mengingat daerahnya yang berada di pesisir pantai, maka ada banyak sekali objek wisata pantai di Cilacap. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, langsung booking hotel terbaik dan termurah di Cilacap melalui Tokopedia!

Tempat Wisata Sejarah di Cilacap

Cilacap merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak peninggalan bersejarah, termasuk di daerah kota Cilacap dan sekitarnya. Selain dapat puas berkuliner dan berwisata, di kawasan ini kamu juga dapat mengunjungi beberapa bangunan bersejarah yang unik.

Benteng Pendem

Benteng Pendem dibangun oleh Belanda dari tahun 1861 sampai 1879 secara bertahap. Pada saat itu, benteng ini memang dibangun di dalam tanah, sesuai namanya ‘pendem’ yang artinya terpendam atau terkubur. Nama asli dari benteng ini adalah Kustbatterij op de Landtong te Cilacap, yang berarti “tempat pertahanan pesisir di atas tanah yang menjorok ke laut”. Dikatakan oleh pemandu setempat bahwa awalnya Pertamina ingin menggali tanah untuk industri minyak. Namun, ternyata ditemukanlah benteng ini di bawah tanah. Benteng ini pada zaman dahulu difungsikan sebagai pertahanan pasukan Belanda dalam melawan serangan dari laut.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 - 18.00 WIB

Harga Tiket: Rp7.500 per orang

Benteng Karang Bolong

Benteng Karang Bolong memang tidak terletak persis di Kota Cilacap. Benteng ini terletak di sisi paling timur Pulau Nusakambangan. Kamu perlu mencapai Pantai Karangbolong terlebih dahulu menggunakan perahu selama 10 menit. Benteng ini dibangun sekitar pada abad ke-19 oleh pasukan Belanda. Di dalamnya, terdapat beberapa bangunan yang terdiri dari ruangan barak prajurit, ruang tahanan, ruang logistik, gudang amunisi, tempat meriam, dan bangunan pengintai. Di luar bangunan, terdapat meriam berwarna hitam yang merupakan barang peninggalan Belanda. Dahulu, Benteng Pendem digunakan sebagai tempat pertahanan Belanda dari ancaman musuh dari laut.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.00 - 17.00 WIB

Harga Tiket: Gratis

Museum Soesilo Soedarman

Objek wisata sejarah lain yang dapat ditemukan di Cilacap adalah Museum Soesilo Soedarman. Museum ini menyimpan koleksi benda dari mantan Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi Indonesia di era orde baru, Soesilo Soedarman. Beberapa barang yang ada di museum antara lain tempat tidur, baju dinas, senjata kecil, kendaraan lapis baja, hingga penghargaan yang pernah didapatkan. Di halaman museum terdapat pesawat dan tank yang pernah digunakan untuk Operasi Halilintar dan Operasi Pengamanan Laut Cina Selatan pada 1981-1982. Wisata edukasi sejarah di sini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan kamu tentang peristiwa yang terjadi di masa lampau.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 09.00 - 16.00 WIB

Harga Tiket: Rp5.000

Tempat Wisata Alam di Cilacap

Berada di daerah pesisir pantai, tujuan wisata alam di Cilacap kerap menjadi incaran utama para wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini. Berikut objek wisata alam yang tidak boleh kamu lewatkan.

Pantai Teluk Penyu

Berada di pesisir pantai selatan, objek wisata pantai merupakan andalan utama wisata alam di Cilacap. Pantai Teluk Penyu adalah salah satu pantai yang ada di Cilacap yang bisa kamu kunjungi. Memiliki pemandangan Pulau Nusakambangan dari kejauhan, pantai ini menjadi favorit bagi wisatawan yang datang. Kapal-kapal tanker pengangkut minyak pun tak jarang menghiasi laut di lepas pantai ini. Banyak pengunjung gemar untuk menanti sunrise maupun sunset di Pantai Teluk Penyu. Kegiatan lain yang bisa dilakukan antara lain berenang, bersantai, bermain bola, serta memancing.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam

Harga Tiket: Rp10.000

Curug Mandala

Selain pantainya yang indah, Cilacap juga memiliki wisata alam lain seperti air terjun. Curug Mandala adalah salah satu yang bisa kamu kunjungi bila ingin melepas penat dari kesibukan sehari-hari. Walaupun medan yang ditempuh tidak terlalu mudah, tapi semua akan terbayar begitu kamu sampai di lokasi. Setibanya di objek, kamu akan langsung disambut dengan lingkungan yang asri nan sejuk. Cucuran air terdengar begitu jelas, dengan debit air yang tidak terlalu deras. Kolam di air terjun berwarna kehijauan dan terasa segar. Akan sangat cocok bila kamu dapat berenang di kolam tersebut sambil menikmati suasana alam.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 06.00 - 17.00 WIB

Harga Tiket: Rp3.000 - Rp5.000

Pantai Kalipat

Pesona pantai di sekitar Cilacap memang tidak ada duanya. Agak melipir sedikit dari pusat kota, kamu patut untuk mengunjungi Pantai Kalipat yang terletak di Pulau Nusakambangan. Karena pulau ini tidak terlalu sering dikunjungi orang, maka Pantai Kalipat termasuk masih sepi. Dengan begitu, kamu bisa menikmati suasana pantai dengan lebih tenang dan nyaman. Pantai berpasir coklat ini memiliki deretan pohon kelapa di pinggirnya, serta beberapa batu karang di antaranya. Untuk yang ingin berkunjung, pastikan untuk datang bersama teman-teman serta pemandu. Hal ini dikarenakan akses menuju pantai yang tidak begitu mudah dan jalan yang berkelok-kelok.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam

Harga Tiket: Gratis

Tempat Wisata Kuliner di Cilacap

Berikut beberapa restoran populer di Cilacap yang dapat kamu coba kunjungi untuk melepas rasa lapar dan dahaga Anda setelah puas berwisata.

Rumah Makan Sari Laut

Bila ke Cilacap, tidak afdol rasanya kalau tidak mencicipi seafood nya. Olahan masakan dari laut di kota ini sangat segar. Rumah Makan Sari Laut adalah salah satu restoran yang menyediakan makanan laut segar di Cilacap. Letaknya ada di sekitar Pantai Teluk Penyu, sehingga kamu dapat dengan mudah mencapainya. Hidangan yang tersaji antara lain ikan bawal, ikan kakap merah, kepiting, udang, cumi-cumi, kerang, dan lain-lain yang dibumbui sesuai selera pelanggan. Selain olahan makanan laut, restoran ini juga menyediakan ayam, bebek, tahu, tempe, dan sayuran. Harga semua makanan tergolong terjangkau, sehingga tidak perlu khawatir kalau kalap di sini. Rasa semua makanan di sini sangat lezat dan nikmat, dan telah menjadi kegemaran masyarakat setempat.

Jam Buka: Setiap hari, pukul 09.00 - 21.00

Warung Sate Inggil

Sate ayam unik yang dapat kamu coba di Cilacap adalah Sate Inggil. Di sini, kamu akan menemukan sate ayam dengan daging ukuran cukup besar, serta dibalur bumbu berwarna kemerahan. Daging ayamnya lembut dan empuk, sehingga sangat nikmat ketika dimakan. Uniknya, sate ini tidak disajikan dengan sambal kacang atau sambal kecap. Ini tidak jadi masalah, karena bumbu utamanya adalah saus manis pedas yang dibalur ketika sate dibakar, dan semua bumbu meresap dengan sempurna pada daging ayam. Kamu bisa memilih sate daging ayam saja, sate kulit ayam, atau sate campur daging dan kulit.

Jam Buka: Setiap hari, pukul 11.00 - 21.00

RM. Brekecek Pathak Jahan Bu Widi

Brekecek adalah makanan khas Cilacap yang tidak boleh dilewatkan untuk dicoba. Brekecek Pathak Jahan merupakan olahan masakan kepala ikan jahan yang dibumbui dengan beragam bumbu. Perpaduan kepala ikan yang segar serta aneka ragam bumbu rempah yang digunakan membuat cita rasa makanan ini semakin khas dan sedap. Bumbu yang dimasak menyerupai bumbu rica-rica, namun ada beberapa perbedaan. Brekecek telah menjadi makanan khas yang digemari oleh banyak orang. Jika kamu ingin mencicipi, bisa datang ke Rumah Makan Brekecek Pathak Jahan Bu Widi.

Jam Buka: Setiap hari, pukul 10.00 - 19.00

Harga: Rp22.000

Akses Menuju Cilacap

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Cilacap, kamu dapat memilih moda transportasi umum di bawah ini.

Bus

Bus dapat menjadi sarana yang dapat kamu pilih jika ingin berkunjung ke Cilacap menggunakan jalur darat. Kamu dapat menggunakan Bus Antar Kota Antar Provinsi untuk sampai ke Cilacap. Jika kamu berangkat dari Jakarta, pilihan rute yang bisa ditempuh adalah dengan menaiki bus trayek Jakarta - Cilacap dari terminal mana saja. Nantinya, kamu akan berhenti di Terminal Cilacap atau di pemberhentian bus-bus tertentu.

Kereta Api

Cara berikutnya jika menggunakan jalur darat adalah dengan kereta Api. Moda transportasi ini kerap menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang berasal dari kota-kota lain di Pulau Jawa. Jika kamu dari Jakarta, maka kamu bisa naik kereta dengan tujuan Stasiun Cilacap. Perjalanan dengan kereta menghabiskan waktu sekitar 5 - 6 jam lamanya. Sedangkan harga tiket kereta bervariasi tergantung kelas kereta yang dipilih.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store