tokopedia-logo
Travel
City
Dieng
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Sab, 18 Sep 2021
Check-out
Min, 19 Sep 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Dieng

Hygiene Verified
Green Savanah Homestay

Green Savanah Homestay

Homestay
star-iconstar-icon
Dieng
Dieng
8,1
Sangat Memuaskan
Rp250.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Bayar di Hotel
Yuk, Kenali Dieng
Tentang Dieng
Tempat Wisata Alam di Dieng
Tempat Wisata Sejarah di Dieng
Tempat Wisata Kuliner di Dieng
Akses Menuju Dieng

Tentang Dieng

Dieng merupakan salah satu situs bersejarah paling terkenal di Indonesia. Lokasi dieng sendiri terletak di pusat Jawa Tengah. Dataran ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, pesona alam di Pulau Jawa ini memiliki keindahan yang sangat memukau. Dieng dikelilingi oleh hijaunya pegunungan dan hamparan awan seperti negeri diatas awan. Hal itu membuat Dieng mempunyai udara dingin yang sejuk dan menyegarkan. Selain alamnya yang elok tiada dua, Dieng juga memiliki banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Segera dapatkan dan pesan hotel pilihan Anda dengan fasilitas terbaik dan harga murah di Dieng melalui aplikasi Tokopedia.

Tempat Wisata Alam di Dieng

Sebagaimana daerah Jawa Tengah lainnya, objek wisata alam di kawasan Dieng juga dipenuhi oleh deretan wisata alam yang indah. Berikut beberapa tempat wisata alam yang dapat Anda kunjungi di Dieng dan sekitarnya.

Telaga Merdada

Telaga Merdada adalah telaga terluas yang terletak di Dieng, luasnya hingga mencapai 21 hektare. Di sekitar telaga Anda dapat menjumpai lahan berundak tempat pertanian kentang yang menambah keindahannya. Telaga ini diapit diantara dua buah bukit terjal, yakni Pangonan dan Sumurup. Kawasan wisata alam yang satu ini cukup sepi, sehingga cocok untuk Anda yang bosan dari hiruk pikuk kota. Lokasinya terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

Jam operasional: Setiap hari, pukul 07.00 - 16.00 WIB

Harga tiket: Rp. 5.000,-

Kawah Sikidang

Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Dieng, namun tak menyempatkan mampir ke Kawah Sikidang. Namun Anda harus siap dengan bau belerang yang menyengat. Selain menikmati keindahan kawah, kamu juga dapat melihat berbagai kerajinan tradisional khas Dieng buatan warga setempat. Lokasinya terletak di Bakal Buntu, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00 - 16.00 WIB.

Harga tiket: Rp. 10.000,-

Batu Pandang Ratapan Angin

Destinasi wisata alam yang tentunya wajib Anda kunjungi selanjutnya adalah Batu Ratapan Angin. Tempat wisata ini juga dijuluki dengan nama Batu Pandang Dieng. Kawasan wisata ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah nan menakjubkan. Dari puncaknya, Anda dapat melihat perpaduan pemandangan alam yang sangat menawan. Terlebih lagi Anda akan melihat sebuah deretan pegunungan hijau dari kejauhan, yang mana akan menambahkan kesan damai dan menyejukkan mata. Selain itu, Batu Ratapan Angin juga menyediakan berbagai wahana permainan. Lokasinya terletak di Jl. Dieng, Dieng, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 06.00 - 17.30 WIB.

Harga tiket: Rp. 10.000,-

Tempat Wisata Sejarah di Dieng

Dieng juga populer dengan deretan wisata sejarah.Berikut wisata sejarah yang ada di Dieng, semua tersedia di sini.

Candi Arjuna

Jika sudah mampir ke Kawah Sikidang, kurang lengkap rasanya jika tidak mampir ke Candi Arjuna yang berada didekatnya. Sejarahnya, candi ini adalah peninggalan kerajaan Mataram Kuno dan dibangun untuk menyembah Dewa Syiwa. Di kawasan Candi Arjuna, Anda dapat menjumpai lima candi lainnya yang saling berjajar lurus. Lokasi candi ini berada di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut, sehingga suasana dan pemandangannya tidak perlu diragukan keindahannya. Lokasinya terletak di Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Jam operasional: Setiap hari, 24 Jam.

Harga tiket: Rp. 10.000,-

Candi Gatotkaca

Candi Gatotkaca yang berada di Kawasan Dieng, Kabupaten Banjarnegara ini termasuk ke dalam Cagar Budaya Provinsi Jawa Tengah. Sejarahnya, nama candi megah ini diambil dari sebuah tokoh cerita rakyat Mahabarata. Candi Gatotkaca ini dibangun pada masa pemerintahan Ratu Sima, tetapi baru ditemukan di tahun 1814. Di Candi Gatotkaca juga Anda dapat menemukan artefak-artefak tua, tetapi tetap memukau.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08:00 – 17:00 WIB.

Harga tiket: Rp. 10.000,-

Tempat Wisata Kuliner di Dieng

Tidak lengkap rasanya mengunjungi Dieng tanpa mengunjungi dan mencicipi aneka kuliner lezat dari beberapa rekomendasi tempat makan di bawah ini.

Kedai Ongklok Dieng 1

Makanan khas yang paling populer di pelosok Nusantara adalah mie ongklok. Semangkuk mie ongklok ini dijamin menghangatkan badan di tengah hawa dingin Dieng. Mie ongklok merupakan sajian mie berkuah kental yang lezat dan gurih dengan aneka toping seperti kacang dan kerupuk di atasnya. Salah satu tempat paling wajib ketika ingin makan mie ongklok adalah kedai ongklok Dieng 1 yang sudah terkenal dengan cita rasa mie ongklok terbaik dan juga harganya yang tidak membuat kantong kering. Tak heran jika kedai ini selalu ramai dan padat pengunjung. Lokasi Mie ini terletak di Jl. Dieng Batur Km 0 Komplek Candi Arjuna Karangsari, Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah

Jam buka: Setiap hari, pukul 07.00 – 22.00 WIB.

Harga: Mulai dari Rp.10.000,-

Carica

Carica adalah manisan khas Dieng yang kerap dijadikan oleh-oleh. Makanan ini berasal dari buah carica yang masih termasuk keluarga dari papaya. Bentuk buah carica mirip dengan pepaya, namun ukurannya lebih kecil dengan rasa buah yang agak masam dan sedikit kenyal. Anda dapat menjumpainya di toko oleh - oleh yang terletak di Jl. Telaga Warna No.KM.1, Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Jam buka: Setiap hari, pukul 07.00 - 18.00 WIB.

Harga: Mulai dari Rp. 20.000,-

Akses Menuju Dieng

Untuk dapat sampai ke Dieng, Anda dapat menggunakan moda transportasi umum di bawah ini.

Pesawat

Jika Anda menggunakan pesawat, maka Anda dapat menggunakan pesawat dengan tujuan Bandara Udara Internasional Adisutjipto, Yogyakarta. Kawasan Dieng sendiri berada cukup jauh dari Bandara Adisutjipto yakni 117 KM atau sekitar 3 jam 30 menit. Anda dapat menggunakan ojek online, taksi online, bus atau taksi biasa yang tersedia di bandara untuk sampai ke tujuan yang Anda inginkan di Dieng.

Bus

Sarana pertama yang dapat dipilih untuk sampai ke Dieng adalah dengan menggunakan Bus. Selain karena aksesnya yang mudah, bus juga menjadi moda transportasi umum yang memiliki harga terjangkau. Anda dapat menggunakan Bus dengan tujuan Dieng.

Kereta Api

Kereta Api juga dapat menjadi moda transportasi umum yang praktis dan cepat untuk digunakan menuju Wonosobo atau Stasiun Kutoarjo. Dari stasiun untuk menuju Dieng memakan waktu 3 jam. Anda dapat menggunakan ojek online, taksi online, dari stasiun untuk sampai ke tujuan yang Anda inginkan di Dieng.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store