tokopedia-logo
Travel
City
Garut
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Kam, 29 Jul 2021
Check-out
Jum, 30 Jul 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Garut

Hotel di area populer

Tipe akomodasi di Garut

Hygiene Verified
RedDoorz @ Pataruman Garut

RedDoorz @ Pataruman Garut

Hotel
star-iconstar-icon
Garut
Garut
7,3
Memuaskan
Diskon Spesial
Rp214.500
Rp193.050
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Garut
Tentang Garut
Tempat Wisata Alam di Garut
Tempat Wisata Rekreasi di Garut
Tempat Wisata Kuliner di Garut
Akses ke Garut

Tentang Garut

Berjarak 64 km dari Kota Bandung, Garut merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Kota yang terkenal dengan julukannya sebagai “Swiss Van Java” ini berada pada ketinggian 717 meter dpl dan dikelilingi oleh deretan pegunungan. Hanya bagian pantai selatan Garut saja yang tidak ditutup gunung, namun berupa dataran rendah yang sempit. Hal ini tentu saja mempengaruhi suhu dan cuaca Kabupaten Garut. Garut dikenal dengan dengan udaranya yang dingin dan suhunya yang bisa mencapai hingga 22 derajat celcius.

Keberadaan pegunungan ini juga membuat Garut memiliki sejumlah sungai yang alirannya bermuara ke Laut Jawa dan Samudera Hindia. Salah satunya adalah Cimanuk yang merupakan sungai terpanjang kedua di Jawa Barat. Sungai ini membentang membelah Garut dan berpotensi menyebabkan bencana banjir bandang di wilayah tersebut.

Pariwisata alam menjadi salah satu keunggulan dari Kota Garut. Jika berkunjung ke garut, Anda akan langsung disuguhkan pemandangan alam yang hijau dan asri. Tidak hanya itu saja, Garut juga memiliki serangkaian tempat wisata modern menarik, bangunan bersejarah, dan deretan kuliner khas Sunda yang sudah terkenal kelezatannya. Sebagai salah satu tujuan populer wisatawan, kota ini juga menyediakan berbagai macam hotel untuk menunjang waktu liburan Anda.

Tempat Wisata Alam di Garut

Pemandangan alam yang asri dan indah menjadi alasan utama para wisatawan mengunjungi Garut. Mulai dari gunung, pantai, air terjun, sungai, hingga bukit dapat Anda temukan di sini.

Gunung Papandayan

Garut termasuk kota yang populer dengan wisata pegunungan. Gunung papandayan adalah salah satu destinasi yang ramai dikunjungi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Berlokasi di Kecamatan Cisurupan, Garut Selatan, Anda akan membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan untuk sampai gunung ini. Gunung ini berada di atas ketinggian 2665 mdpl sehingga menghasilkan udara dan suhu yang dingin.

Gunung Papandayan juga dikenal sebagai habitat dari aneka ragam flora. Selain menikmati pemandangan dari puncak gunung, di sini Anda juga dapat melakukan serangkaian aktivitas seru seperti berkemah, berendam air panas, dan mengunjungi aneka kawah Papandayan.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket:

  •         Weekday, Rp20.000,- (wisatawan lokal), dan Rp200.000,- (Wisatawan Mancanegara)
  •         Weekend, Rp30.000,- (wisatawan lokal), dan Rp300.000,- (Wisatawan Mancanegara)

Curug Sanghyang Taraje

Curug Sanghyang Taraje merupakan curug yang terletak di Kampung Kombongan, Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan. Konon, curug ini dikisahkan sebagai tempat yang digunakan Sangkuriang untuk mencapai langit dan mengambil bintang untuk dipersembahkan ke Dayang Sumbi. Air terjun ini memiliki ketinggian 90 meter dengan lingkungan sekitar yang dipenuhi oleh pepohonan hijau. Uniknya, curug ini juga sering disebut dengan nama curug kembar karena airnya yang terbagi menjadi dua aliran.

Jam operasional: Setiap hari, Pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Harga tiket: Rp10.000,-/orang.

Leuwi Tonjong

Ingin berwisata alam dengan pemandangan seperti di film-film Hollywood? Jika iya, maka Anda harus coba datang ke Leuwi Tonjong di daerah Kampung Rontog, Desa Jayamukti, Kecamatan Ciharupan, Garut.

Destinasi wisata ini menawarkan pemandangan menakjubkan, yaitu sungai berwarna biru kehijauan yang diapit dengan dua tebing batu besar. Airnya yang dangkal membuat para wisatawan dapat bebas berenang dan menyelam di tempat ini. Leuwi Tonjong juga pernah dinobatkan sebagai “surga tersembunyi” terbaik kedua di Indonesia oleh Kementrian Pariwisata. Tidak heran jika tempat ini selalu diburu oleh banyak wisatawan lokal maupun mancanegara.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Rp10.000,- (weekday), dan Rp15.000,- (weekend).

Tempat Wisata Rekreasi di Garut

Sebagai tujuan wisata yang kini tengah populer, Garut juga membangun sejumlah tempat-tempat rekreasi menarik yang tetap dilengkapi dengan nuansa dan pemandangan alami.

Darajat Pass

Memiliki cuaca yang dingin, Garut memiliki banyak pemandian air panas yang digunakan untuk menghangatkan sekaligus merilekskan badan. Selain pemandian air panas, Darajat Pass merupakan sarana wisata rekreasi yang menawarkan berbagai fasilitas seru lainnya, yakni seperti water park, arena outbound, saung, hingga photo studio. Keunggulan dari tempat ini adalah lokasi kolamnya yang berada di pinggir tebing sehingga Anda dapat menikmati lanskap kota Garut yang penuh dengan lahan pertanian dan pegunungan. Darajat Pass dapat Anda temukan di Jl. Darajat KM. 14 Pasirwangi, Garut. Kawasan ini juga sering dijadikan sebagai lokasi strategis untuk mencari hotel.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Rp30.000,-/orang.

Taman Satwa Cikembulan

Buat Anda yang tertarik berwisata sambil melihat aneka ragam fauna, maka Taman Wisata Cikembulan dapat menjadi tujuan wisata yang sempurna untuk Anda. Tempat ini sebenarnya telah beroperasi sejak tahun 1998, namun baru dibuka untuk umum pada tahun 2009. Taman Satwa Cikembulan merupakan kebun binatang yang terdiri dari hewan mamalia, primata, dan reptil. Salah satu kegiatan seru yang dapat Anda lakukan di taman ini adalah bercengkrama langsung dengan Orangutan asal Kalimantan. Sayangnya, di sini Anda tidak bisa menemukan hewan berukuran besar, seperti gajah, jerapah, dan badak.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Rp10.000,- (Anak-anak), dan Rp20.000,- (Dewasa).

Kebun Mawar Situhapa

Bukan hanya kebun binatang, Garut juga memiliki taman yang penuh dengan aneka ragam flora. Meskipun didominasi dengan bunga mawar, di kebun ini memiliki 500 jenis tanaman lainnya. Kebun Mawar Situhapa menawarkan wisata rekreasi dengan nuansa dan pemandangan yang berbeda. Tempat ini juga menyediakan wahana labirin, cafe cantik dan penginapan di tengah-tengah kebun. Di cafe tersebut, Anda bisa menikmati kuliner khas Sunda dan teh dengan bunga mawar yang dapat dimakan. Berada di dataran tinggi atau tepatnya di Jalan Raya Kamojang KM. 5, Kebun Mawar Situhapa ini juga dikenal dengan udaranya yang sejuk.

Jam operasional: Setiap hari, 09.00 – 17.00 WIB.

Harga tiket: Rp17.500,- (Senin-Sabtu), dan Rp22.500,- (Minggu).

Tempat Wisata Kuliner di Garut

Sebagaimana kota-kota di daerah Jawa Barat lainnya, Garut juga terkenal dengan aneka kuliner khas Sunda yang wajib Anda cicipi.

Sambal Cibiuk

Sambal merupakan makanan pelengkap yang harus selalu ada di setiap hidangan khas Sunda. Salah satu kuliner Garut yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Sambal Cibiuk. Sesuai namanya, sambal ini berasal dari Kecamatan Cibiuk, Garut. Sambal Cibiuk memiliki cita rasa yang berbeda dari sambal daerah lainnya karena dibuat dari cabe hijau, tomat hijau, surawung, dan aneka bumbu. Menariknya, meskipun memiliki rasa yang cukup pedas, tetapi lidah Anda tidak akan terasa panas ketika memakan sambal ini. Sambal Cibiuk tentu saja dapat ditemukan di berbagai rumah makan di Garut, salah satunya di Rumah Makan Khas Sunda Cibiuk di Jl. Cikuray No. 23.

Jam buka: Setiap hari, pukul 07.00 – 10.00 WIB.

Harga: -

Dodol Garut

Cemilan yang satu ini memang sudah terkenal sebagai oleh-oleh wajib dari Kota Garut dan sekitarnya. Bertekstur kenyal, dodol dibuat dari campuran tepung ketan, santan, gula merah, gula pasir, dan penambah rasa. Proses pembuatannya pun memakan waktu yang cukup lama dan dibutuhkan keahlian khusus. Kue ini memiliki berbagai macam varian rasa, mulai dari coklat, susu, pandan, kacang, nanas, hingga durian. Anda dapat menemukan berbagai toko oleh-oleh yang memproduksi dodol, salah satunya di Jl. Pasundan No.102.

Jam buka: Senin – Sabtu, pukul 08.30 – 14.00 WIB.

Harga: Rp20.000,-

Es Goyobod

Buat Anda yang mencari minuman segar di Garut, Anda dapat mencoba minuman tradisional satu ini. Berlokasi di Jl. Kiansantang No.24, Es Goyobod Alun-Alun menjadi salah satu tempat terbaik untuk mencoba minuman ini. Es Goyobod bisa dibilang mirip dengan es campur namun dengan isian yang lebih komplit dan tambahan tepung kanji di dalamnya.

Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00 – 17.30 WIB.

Harga: Rp5.000,-

Akses ke Garut

Garut hanya dapat dituju menggunakan jalur darat. Selain menggunakan kendaraan pribadi, berikut moda transportasi umum yang dapat Anda pilih.

Bus

Berkendara menggunakan bus dapat menjadi alternatif yang dapat Anda pilih untuk menuju Garut. Salah satu terminal utama yang melayani rute-rute perjalanan antar kota Garut adalah Terminal Guntur di Jl. Guntur Sari No.Ds. Termina ini memiliki bus dengan jurusan Garut-Bekasi, Jakarta-Garut, dan Bandung-Garut. Jarak dari Jakarta ke Garut akan memakan waktu sekitar 4 jam perjalanan. Harga tiket bus ini beragam sesuai dengan kelas yang Anda inginkan.

Kereta Api

Cara lain yang lebih aman dan praktis menuju Garut adalah dengan menggunakan kereta api. Kota Garut memiliki beberapa stasiun, yaitu Stasiun Malangbong, Stasiun Leles, dan Stasiun Cibatu yang merupakan stasiun utama. Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta, Anda dapat pergi ke Garut dari Stasiun Gambir.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store