tokopedia-logo
Travel
City
Jakarta
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Kam, 17 Jun 2021
Check-out
Jum, 18 Jun 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Jakarta

Hotel di area populer

Hygiene Verified
Goodrich Suites, ARTOTEL Portfolio

Goodrich Suites, ARTOTEL Portfolio

Hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Jakarta Selatan, Jakarta
Jakarta Selatan, Jakarta
8,2
Sangat Memuaskan
Rp1.100.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Jakarta
Tentang Jakarta
Tempat Wisata Sejarah di Jakarta
Tempat Wisata Rekreasi di Jakarta
Tempat Wisata Kuliner di Jakarta
Akses ke Jakarta

Tentang Jakarta

Jakarta adalah kota yang terletak di Barat Laut Pulau Jawa sekaligus merupakan Ibu kota dari Indonesia. Jakarta dulu dikenal dengan beberapa nama yang berbeda, yaitu Sunda Kelapa, Batavia, dan Jayakarta. Di ranah Internasional, Jakarta juga sering dikenal sebagai J-Town atau The Big Durian karena dianggap sebanding dengan New York yang memiliki julukan The Big Apple. Jakarta merupakan kota terbesar di Indonesia dengan luas kota sekitar 664 km persegi dan jumlah penduduk sebanyak lebih dari 10 juta jiwa.

Jakarta memiliki wilayah metropolitan (Jabodetabek) terbesar di Asia Tenggara dengan 28 juta jiwa penduduk. Berbagai pusat bisnis. politik, dan kebudayaan bertempatkan di kota yang memiliki iklim tropis ini. Sebagai kota yang padat penduduk, Jakarta juga dikenal dengan kehidupan kotanya yang sibuk dan penuh kemacetan. Jakarta merupakan kota yang sering kali dipilih oleh banyak orang sebagai tempat perantauan untuk mencari peruntungan atau mengadu nasib.

Selain sebagai pusat bisnis dan perkantoran, Jakarta juga dikenal sebagai Ibu Kota dengan sejarah yang panjang. Di kota ini, Anda dapat menemukan berbagai tempat bersejarah yang tersebar di beberapa wilayah. Bukan hanya itu saja, Jakarta juga mempunyai beragam tempat wisata rekreasi modern dan kuliner khas Betawi, yaitu suku bangsa yang dikenal berasal dari Jakarta. Jika Anda ingin berkunjung ke Jakarta, tersedia berbagai jenis penginapan yang dapat Anda pilih, mulai dari hotel, apartment, hingga guest house dengan range harga yang berbeda-beda.

Tempat Wisata Sejarah di Jakarta

Bosan dengan tempat wisata Jakarta yang itu-itu saja? Jika iya, Anda dapat mencoba menghabiskan akhir pekan dengan berkunjung ke sejumlah tempat bersejarah yang seru dan edukatif. Berikut beberapa di antaranya:

Monumen Nasional

Monumen Nasional atau Monas merupakan ikon bangunan yang paling terkenal di Jakarta. Monumen tugu ini dibangun pada tanggal 17 Agustus 1641 untuk memperingati perjuangan para pahlawan meraih kemerdekaan Indonesia. Monas memiliki tinggi bangunan mencapai 132 meter dengan ujung tugu berbentuk lidah api yang dilapisi dengan lembaran emas. Lidah api emas ini melambangkan semangat perjuangan yang terus menyala.

Berlokasi di Lapangan Merdeka, Jakarta Pusat, Monas memiliki serangkaian aktivitas edukasi yang seru. Mulai dari mendengarkan rekaman pembacaan teks proklamasi oleh Presiden Soekarno, melihat pemandangan kota Jakarta dari atas puncak Monas, berkunjung ke museum monas, hingga mengelilingi area sekitar Monas dengan kereta wisata.

Berada di pusat Kota, hotel di kawasan ini juga sering dipilih wisatawan sebagai lokasi yang sempurna saat berwisata ke Jakarta. Anda dapat memilih berbagai pilihan hotel unik dan menarik di Tokopedia.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00-22.00 WIB.

Harga tiket: Rp2.000 – Rp15.000,-/orang.

Kota Tua

Tempat wisata bersejarah berikutnya yang wajib Anda datangi adalah wisata Kota Tua. Kota Tua merupakan kawasan bersejarah yang terbagi menjadi beberapa tempat, yaitu Museum Fatahilah, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Toko Merah.

Kawasan yang dulu dikenal sebagai Batavia Lama ini terletak di Jalan Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat. Kota Tua merupakan tempat wisata yang selalu ramai pengunjung. Selain mengunjungi tempat-tempat bersejarah dengan bangunan bergaya kolonial, Anda juga dapat menikmati berbagai pertunjukan dan berfoto di berbagai spot menarik.

Jam operasional: Setiap hari, 24 Jam

Harga tiket: Rp1.000-Rp2.500,-/orang.

Museum Nasional

Salah satu Museum bersejarah yang unik dan tidak kalah seru untuk dikunjungi adalah Museum Nasional yang berlokasi di Jalan Merdeka Barat 12, Jakarta Pusat. Museum ini merupakan museum sejarah, arkeologi, etnografi, dan geografi pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Museum yang juga dikenal sebagai Museum Gajah ini dibangun pada tanggal 24 April 1778 oleh pemerintah Belanda, bersamaan dengan berdirinya himpunan Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen. Himpunan tersebut merupakan sebuah lembaga independen yang bertujuan memajukan penelitian dalam bidang seni dan ilmu pengetahuan di bidang biologi, fisika, arkeologi, etnologi, dan sejarah.

Museum Nasional memiliki lebih dari 140.000 buah koleksi benda-benda kuno sejak zaman dahulu kala, seperti prasasti, arca-arca kuno, tekstil, relik sejarah, aneka buku langka, dan benda-benda bersejarah lainya. Tempat wisata ini juga dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu Gedung Gajah di bagian Selatan, Gedung Arca di Utara, Monumen Gajah di depan Museum, dan Halaman dalam yang luas.

Selain dapat berwisata sambil belajar, Museum ini juga sering digunakan sebagai tempat diselenggarakannya sejumlah seminar, diskusi, pameran, hingga festival.

Jam operasional: Pukul 08.30 – 16.00 WIB (Selasa-Jumat), dan pukul 08.30-17.00 WIB (Sabtu-Minggu).

Harga tiket: Rp2.000,- (Anak-Anak), dan Rp5.000,- (Dewasa).

Tempat Wisata Rekreasi di Jakarta

Sebagai kota yang modern, Jakarta juga terkenal dengan aneka wisata rekreasi yang sering jadi tempat favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dunia Fantasi

Dunia Fantasi atau yang juga dikenal dengan Dufan merupakan taman bermain yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan saat musim liburan. Taman bermain ini terletak di kawasan Taman Impian jaya Ancol, Jakarta Utara dan sudah beroperasi sejak tahun 1985. Terdapat lebih dari 40 wahana permainan yang terbagi menjadi beberapa area kawasan, yaitu kawasan Amerika, Eropa, Asia, Indonesia, Jakarta, Fantasi Yunani, Fantasi Hikayat, Kawasan Istana, dan Dunia Kartun.

Dufan merupakan tempat wisata yang sempurna untuk Anda yang menyukai atraksi-atraksi yang dapat memicu adrenalin. Selain itu, di sini Anda juga dapat menyaksikan berbagai pertunjukan dan parade dari para maskot Dufan.

Selain Dufan, di Kawasan Ancol ini terdapat berbagai tempat wisata rekreasi seru lain, seperti Seaworld, Atlantis, dan Ecopark. Bagi Anda yang ingin mencoba semua tempat wisata tersebut, Anda dapat menginap di hotel yang tersedia di dalam Ancol maupun di luar kawasan tersebut.

Jam operasional: Setiap hari, 10.00-17.00 WIB.

Harga tiket: Rp200.000,- (weekday), dan Rp250.000,- (weekend).

Taman Mini Indonesia Indah

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata rekreasi dengan suasana yang unik dan berbeda di Jakarta, maka Anda dapat mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta Timur. Taman Mini Indonesia Indah atau yang disingkat TMII merupakan kawasan taman wisata yang bertemakan budaya Indonesia. TMII menampilkan aneka bangunan, tradisi, dan budaya dari 26 Provinsi di Indonesia.

Di taman yang berluaskan 150 hektare ini, Anda dan keluarga dapat melakukan serangkaian aktivitas seru sambil belajar tentang kebudayaan Indonesia, yaitu seperti menyusuri aneka miniatur bangunan dari berbagai daerah, melihat danau buatan, mengunjungi berbagai museum, menaiki kereta gantung, dan menyaksikan pertunjukan di Teater Tanah Airku dan Teater IMAX Keong Mas.

Jam operasional: Setiap hari, jam 07.00 – 22.00 WIB.

Harga tiket: Rp20.000,-/orang.

Kebun Binatang Ragunan

Jika Anda gemar melihat berbagai macam satwa, Anda dapat mencoba mengunjungi Kebun Binatang Ragunan yang berada di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Berluaskan 140 hektar, kebun ini memiliki 295 spesies satwa yang dapat Anda lihat, termasuk beberapa satwa langka seperti kakatua, orangutan, gorila, anoa, dan gajah.

Kebun binatang yang sudah beroperasi sejak tahun 1864 ini sebelumnya berlokasi di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat dan baru dipindahkan ke daerah Pasar Minggu pada tahun 1961. Kebun Binatang Ragunan menjadi salah satu tempat wisata favorit para wisatawan yang berkunjung ke Jakarta.

Jam operasional: Selasa- Minggu, pukul 07.30 - 15.00 WIB.

Harga tiket: Rp3.000 - Rp15.000,-

Tempat Wisata Kuliner di Jakarta

Jakarta juga dikenal dengan beragam hidangan kuliner khas Betawi. Berikut beberapa makanan asal Betawi yang dapat Anda coba di Jakarta.

Kerak Telor

Hidangan yang satu ini memang sudah dikenal sebagai makanan khas Jakarta sejak dahulu kala. Sering disebut mirip omelette, Kerak Telor merupakan makanan yang terbuat dari telur ayam atau bebek, beras ketan, dan kelapa sangrai yang dimasak diatas wajan menggunakan arang. Hidangan ini dulunya dikenal sebagai makanan yang disajikan saat pesta atau hajatan orang-orang penting. Namun kini, Anda dapat menemukan makanan ini sebagai jajanan kaki lima di berbagai wilayah Jakarta. Salah satu tempat yang banyak menjual jajanan kerak telor ini adalah di sekitar kawasan Kota Tua.

Jam buka: Setiap Hari, 24 jam.

Harga: Rp20.000 – Rp25.000,-

Soto Betawi

Makanan terkenal lainnya dari Kota Jakarta adalah Soto Betawi. Berbeda dengan soto dari daerah lain, Soto Betawi terkenal dengan cita rasa yang gurih dan segar. Semangkuk Soto Betawi biasanya berisikan daging, babat, paru, tomat, kentang, dan emping yang kemudian disiram dengan kuah santan khas yang nikmat.

Makanan ini juga biasanya ditemani dengan sepiring nasi putih dan sering disantap untuk sarapan maupun makan siang. Jika Anda tertarik mencoba hidangan ini, Anda dapat mencoba datang ke Soto Betawi H. Ma'ruf yang telah berdiri sejak tahun 1940. Tempat makan ini berada di dalam kawasan Taman Ismail Marzuki Jalan Cikini Raya No. 73, Cikini, Jakarta Pusat.

Jam buka: Setiap hari, pukul 10.00-20.00 WIB.

Harga: Rp38.000-R50.000,-/porsi.

Kue Pancong

Kue Pancong merupakan camilan khas Jakarta yang terbuat dari tepung beras, santan, dan parutan kelapa. Kue yang berbentuk persegi panjang atau setengah lingkaran ini memiliki tekstur kering di luar dan bagian dalam yang lembut dan creamy. Berbagai macam tingkat kematangan dan aneka topping dapat Anda pilih ketika membeli jajanan ini, mulai dari gula,coklat, keju, green tea hingga durian. Kue pancong bisa Anda temukan di berbagai daerah di Jakarta. Namun, salah satu tempat kue pancong yang sudah terkenal dengan rasanya adalah Kue Pancong Rawa Belong di Jalan Sulaiman Rawa Belong, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Jam buka: Setiap hari, 24 jam.

Harga: Rp4.000 – Rp9.000,-

Akses ke Jakarta

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke Jakarta, maka Anda dapat menggunakan beberapa pilihan transportasi umum di bawah ini.

Bus

Bus merupakan sarana transportasi favorit wisatawan yang ingin berkunjung ke Jakarta, hal ini dikarenakan jakarta memiliki banyak terminal dan harganya yang terjangkau dibandingkan sarana transportasi umum lainnya. Terdapat berbagai terminal di Jakarta yang melayani rute perjalanan antar kota maupun antar provinsi, yaitu seperti Terminal Lebak Bulus, Terminal Pulo Gadung, Terminal Kalideres, Terminal Kampung Rambutan, dan Terminal rawamangun. Anda juga dapat memilih kelas bus yang Anda inginkan sesuai dengan budget yang Anda miliki, yaitu mulai dari kelas ekonomi, bisnis, eksekutif, VIP, hingga suites.

Kereta Api

Selain Bus, Anda juga dapat dapat menggunakan kereta api sebagai sarana transportasi dari dan menuju Jakarta. Jakarta memiliki dua stasiun utama yang melayani rute perjalanan antar kota, yaitu Stasiun Gambir di jakarta pusat untuk penumpang dengan tiket kelas bisnis dan eksekutif, dan Stasiun Pasar Senen untuk penumpang kelas ekonomi.

Pesawat

Pesawat menjadi alternatif transportasi yang cepat dan praktis untuk Anda pilih. Bandara di Jakarta terbagi menjadi dua, yaitu Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Tangerang, dan Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur. Sesuai namanya, Bandara Internasional Soekarno-Hatta melayani penerbangan domestik maupun internasional, sementara Bandara Halim Perdanakusuma dikhususkan untuk penerbangan domestik saja.

Sebagai Ibu kota Indonesia, hampir semua maskapai penerbangan melayani penerbangan dari dan ke Jakarta. Harga yang ditawarkan pun beragam dan dapat bebas Anda pesan sesuai dengan harga dan jadwal penerbangan yang Anda inginkan.

Kapal

Selain melalui jalur darat dan udara, Anda juga dapat berkunjung ke Jakarta menggunakan jalur laut, yaitu kapal. Khususnya bagi para wisatawan yang berdomisili jauh dari kota Jakarta. Jakarta memiliki dua pelabuhan yang dapat Anda pilih, yaitu Pelabuhan Tanjung Priok dan Pelabuhan Merak yang umumnya digunakan untuk perjalanan dari dan menuju ke Pulau Sumatera.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store