tokopedia-logo
Travel
City
Jepara
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Sab, 13 Agu 2022
Check-out
Min, 14 Agu 2022
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Jepara

Filter
RESET
Bintang hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-icon
star-icon
Harga per kamar, per malam
Terendah
Rp
0
Tertinggi
Rp
15.000.000
Rating dari tamu
Semua
6.0
7.0
8.0
9.0
Tipe akomodasi
Hotel
Apartemen
Vila
Hostel
Guest house
Cottage
Perkemahan
lainnya
Kebijakan pesanan
Hygiene Verified
Gratis Pembatalan
Sarapan Gratis
Hygiene Verified
Ocean View Residence

Ocean View Residence

Hotel
star-iconstar-iconstar-icon
Jepara
Jepara
7,3
Memuaskan
Rp1.280.200
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk Kunjungi Jepara
Tentang Jepara
Tempat Wisata Alam di Jepara
Tempat Wisata Sejarah di Jepara
Tempat Wisata Kuliner di Jepara
Akses Menuju Jepara

Tentang Jepara

Jepara adalah salah satu kabupaten yang berada di Jawa Tengah, Indonesia. Hingga tahun 2020 silam, populasi jiwa yang ada di Jepara mencapai sekitar 1.184.947 yang di mana membuat area Jepara menjadi salah satu kawasan yang padat penduduk. Sebab itulah, begitu banyak wisata populer yang dapat Anda temukan dan dikunjungi saat di Jepara. Setidaknya ada 16 atau lebih jenis pantai yang ada di Jepara, lalu berbagai macam gua, air terjun, pulau, gunung, danau, hingga waduk. Terdengar sangat menggoda dan menarik minat para pelancong, bukan?

Selain wisata alamnya, Jepara juga dikenal sebagai tempat yang berhubungan dengan dunia fesyen. Hal ini dikarenakan banyaknya sentra pusat fesyen di Jepara seperti pusat kain tenun, konveksi pakaian yang beragam, kain tenun dengan motif berbeda-beda, serta ukiran-ukiran unik dari Jepara. Selain berlibur, tentunya pengunjung dapat mempelajari banyak hal mengenai kain tenun maupun jenis fesyen lainnya yang ada di Jepara.

Sebagai salah satu destinasi favorit para pelancong, Anda yang berkunjung ke sini tetap dapat menemukan berbagai jenis penginapan di Jepara seperti villa, hotel, apartemen, guest house, maupun resort. Dari berbagai jenis penginapan tersebut, hotel adalah salah satu pilihan yang selalu bertambah setiap tahunnya meski sudah melebihi kebutuhan. Tak hanya nyaman, hotel di Jepara juga kerap menyajikan pandangan yang tak kalah cantik serta unik untuk sekedar menikmati atau berfoto ria. Anda dapat menemukan hotel pilihan dengan mudah dan tentunya terjangkau hanya di Tokopedia. Tidak hanya hotel di Jepara, namun para wisatawan juga dapat menemukan berbagai hotel di Jawa Tengah lainnya seperti hotel di Kudus, hotel di Pati, dan di daerah lainnya.

Tempat Wisata Alam di Jepara

Beberapa lokasi wisata alam di Jepara memang terbilang sangat terkenal dan tentunya dibanjiri pengunjung apalagi saat hari libur. Berikut beberapa wisata alam di Jepara yang patut Anda sambangi.

Taman Nasional Karimunjawa

Saat mengunjungi Jepara, rasanya belum lengkap jika tidak menyebutkan Taman Nasional Karimunjawa sebagai salah satu destinasi yang sama sekali tidak boleh dilewatkan. Pengunjung akan diajak untuk melihat keunikan dan kecantikan pantai bagian utara dari Jawa Tengah. Dengan jernihnya air, bahkan wisatawan dapat melihat berbagai binatang dan tumbuhan laut secara jelas seperti terumbu karang, kerang merah, penyu hijau, ikan hias, penyu sisik, hingga karang lunak. Karimunjawa adalah salah satu surga untuk para penyelam karena memiliki berbagai keindahan bawah laut yang memukau. Tidak akan bosan, banyak hal yang dapat dilakukan para wisatawan di Taman Nasional Karimunjawa ini.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Mulai dari Rp 5.000,-

Pantai Kartini

Selain Karimunjawa, wisata alam di Jepara yang juga tak kalah terkenal adalah pantainya. Salah satunya yaitu Pantai Kartini. Pantai yang memiliki luas total 3.5 hektar ini memiliki hamparan air yang jernih kebiruan dan juga berpasir putih. Para pengunjung dapat melakukan olahraga pantai seperti bermain voli, menyelam, berenang, atau sekadar bersantai di bibir pantai. Tidak hanya itu, pengelola wisata juga menyediakan fasilitas yang dapat dipakai para pengunjung seperti mainan anak-anak, perahu dan kapal untuk menyebrangi pulau lainnya, panggung hiburan, kolam, serta tugu kartini. Salah satu keunikan dari Pantai Kartini adalah adanya tradisi yang bernama Lomban setiap tanggal 1 Syawal di kalender Islam. Lomban sendiri merupakan acara menyerang sesama kapal di tengah laut dengan melemparkan kolang-kaling, telur busuk, dan bahan lainnya ke kapal lain. Tradisi ini bertujuan untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Mulai dari Rp 5.000,-

Air Terjun Jurang Nganten

Berbeda dari jenis wisata lainnya, pengunjung juga bisa mencoba untuk menyambangi Air Terjun Jurang Nganten yang sangat legendaris ini. Jalan yang harus dilalui untuk sampai ke area air terjun tidaklah sulit. Pengunjung dapat memilih dua jenis jalur berbeda yang mengarahkan baik ke bagian puncak air terjun, atau bagian kolam bawah air terjun. Meskipun jalan yang harus dilalui cukup licin dan menantang, namun pengunjung akan merasakan kepuasan saat sudah sampai ke area air terjun tersebut. Dengan suasana yang sepi, senang, dan sangat menyatu bersama alam, kawasan Air Terjun Jurang Nganten sangat cocok untuk dijadikan tempat untuk bersantai dan menikmati kesegaran kolam dari air terjun tersebut.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 5.000,-

Tempat Wisata Sejarah di Jepara

Tak hanya wisata alamnya saja yang mengagumkan, Anda juga dapat mengunjungi beberapa wisata sejarah di Jepara yang selalu didatangi oleh pengunjung juga seperti yang ada di bawah ini.

Benteng Portugis

Tidak hanya kaya dengan wisata alam yang memukau, namun para pengunjung juga dapat mengunjungi wisata sejarahnya yang juga beragam di Jepara. Salah satunya adalah Benteng Portugis yang berlokasi di Donorejo, Banyumanis, Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Benteng ini dahulu dibangun untuk pasukan Bangsa Portugis selama beberapa tahun, lalu dihuni juga oleh Bangsa Jepang. Hingga saat ini, arsitektur dari Benteng Portugis memang tidak sebagus dahulu karena banyak bagian tembok yang sudah rubuh. Namun, nilai sejarah yang ada pada benteng ini masih terasa sangat kental dan juga masih ada beberapa replika meriam untuk mendukung suasana benteng yang dijadikan tempat berteduh dari peperangan dahulu kala. Jika Anda menyukai hal-hal berbau sejarah, maka mengunjungi Benteng Portugis menjadi salah satu destinasi wajib karena banyak hal yang bisa dipelajari dari benteng ini.

Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00 – 20.00 WIB

Harga tiket: Mulai dari Rp 3.000,-

Museum Kartini

Siapa yang tak kenal dengan salah satu pahlawan wanita di Indonesia yang bernama Kartini? Benar sekali! Pahlawan yang lahir di Kota Jepara itu memiliki museum tersendiri yang didalamnya memiliki beberapa hal terkait dengan sejarah pada dahulu kala. Dibangun untuk mengabadikan jasa perjuangan Kartini pada dahulu kala, banyak pengunjung yang datang untuk melihat nilai sejarah yang masih ada. Beberapa ruangan di museum ini juga menyimpan benda-benda bersejarah seperti koleksi benda dan foto peninggalan R.A Kartini, peninggalan Sosro Kartono, hasil kerajinan khas Jepara, serta wujud asli tulang ikan raksasa yang ditemukan di Kepulauan Karimunjawa. Pengunjung juga dapat menikmati fasilitas lainnya seperti ruang opera yang difungsikan untuk penampilan teater, ruang bioskop film Kartini, serta toko souvenir untuk wisatawan.

Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 14.00 WIB

Harga tiket: Mulai dari Rp 1.000,-

Museum Gong Perdamaian Dunia

Wisata sejarah lainnya di Jepara yang patut untuk disambangi adalah Museum Gong Perdamaian Dunia. Di dalam sini, para pengunjung dapat melihat koleksi gong perdamaian Asia Afrika, gong perdamaian nusantara, kendi Pancasila, sumur perdamaian dunia, koleksi foto, tanah 202 negara, air 99 negara, situs pusat bumi, bendera negara seluruh dunia, altar perdamaian dunia, serta berbagai barang sejarah lainnya. Museum ini sangat kental akan budaya sejarah yang menyatukan keseluruhan negara. Jika Anda memutuskan untuk mengunjungi Museum Gong Perdamaian Dunia, ada banyak hal yang dapat diketahui serta dieksplor mengenai tiap-tiap koleksi pustaka yang ada di museum tersebut.

Jam operasional: Senin - Sabtu pukul 08.00 – 17.00 WIB dan Minggu pukul 08.00 – 12.00 WIB

Tempat Wisata Kuliner di Jepara

Setelah berwisata mengelilingi alam dan rekreasinya yang beragam, Anda dapat mencoba berbagai masakan atau kuliner yang sangat dikenal di Jepara. Berikut beberapa wisata kuliner Jepara yang sangat sering dibanjiri oleh pengunjung.

Warung Makan Mak Lampir

Untuk para penikmat kuliner sate, maka mengunjungi Warung Makan Mak Lampir patut dicoba. Anda akan disajikan dengan sepiring sate yang berbahan dasar beragam seperti ayam, sapi, atau kambing. Pengunjung dapat memilih bahan dasarnya sendiri lalu daging dilumuri bumbu, dan dibakar diatas arang. Setelah dibakar, sate akan dihidangkan di piring lalu ditemani potongan tomat, daun bawang, serta ditaburi bawang goreng. Rahasia dari sate Mak Lampir ini terletak pada cita rasa bumbunya yang sangat pedas. Tak heran banyak pecinta pedas akan merasakan “ketagihan” saat mencicipi sate di sini.

Jam operasional: Setiap hari pukul 06.00 – 15.00 WIB

Harga: Rp 10.000,-

Lontong Krubyuk Bu Ripah

Wisata kuliner lainnya yang ada di Jepara dan sudah melegenda di para wisatawan adalah Lontong Krubyuk Bu Ripah. Lontong memang salah satu sajian yang cocok dimakan dengan apapun, dan pasti sebagian besar masyarakat Indonesia sudah mengetahui serta mencicipi lontong. Tapi bagaimana dengan hidangan yang bernama lontong krubyuk? Pastinya tidak semua wisatawan pernah mencoba hidangan ini. Namun jika Anda di Jepara, coba untuk mencicipi hidangan legendaris ala masyarakat lokal Jepara yang satu ini. Pengunjung akan disajikan dengan sepiring lontong yang sudah dipotong-potong lalu ditemani dengan lauk lainnya seperti ayam suwir, tauge, sayuran segar, lalu disiram dengan kuah bercita rasa gurih, dan ditaburi daun bawang di atasnya.

Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00 – 22.00 WIB

Harga: Rp 10.000,-

Gudeg Suyek

Tak kalah terkenal dengan yang lainnya, Gudeg Suyek yang berada di Jl. Mustokoweni Raya No.119, Jobokuto III, Jobokuto, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah ini juga kerap dibanjiri oleh pengunjung. Para pengunjung akan disajikan bahan dasar gudeg yang bisa dipilih seperti nasi atau lontong. Untuk lauknya sendiri ada opor, telur, sate, lalu cabai rawit rebus yang sengaja disajikan utuh agar pengunjung bisa merasakan sensasi pedas dari hidangan gudeg tersebut. Berbeda dengan gudeg yang biasa terasa manis, Gudeg Suyek memiliki cita rasa yang asin, gurih, pedas, dan sedikit manis sehingga cocok di lidah para pendatang yang ingin mencoba.

Jam operasional: Setiap hari pukul 05.30 – 21.30 WIB

Harga: Mulai dari Rp 12.000,-

Akses Menuju Jepara

Untuk mengunjungi Jepara, ada beberapa opsi transportasi yang dapat dipilih oleh para wisatawan seperti yang ada di bawah ini.

Bus

Bagi para pengunjung yang ingin menempuh jalur darat dengan tujuan Jepara, salah satu pilihan terbaik bisa menggunakan bus. Bus yang kerap digunakan adalah bus berjenis Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang akan berhenti di Terminal Jepara. Sesampainya di terminal, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum sekitar menuju lokasi tempat tujuanmu.

Kapal

Alternatif lainnya yang tak kalah menarik adalah melalui jalur perairan yaitu kapal. Dengan menggunakan kapal, Anda dapat menikmati indahnya perjalanan hingga waktu tak terasa sampai di Jepara. Jika menggunakan kapal, Anda dapat berhenti di Pelabuhan Kartini yang berada tepat di Jepara lalu melanjutkan perjalanan hingga lokasi tujuan dengan angkutan umum yang tersedia di sekitar pelabuhan.

Pesawat

Tak ketinggalan, pengunjung juga dapat menempuh Jepara menggunakan jalur udara melalui pesawat yang biasanya kerap digunakan oleh wisatawan asing atau turis. Anda dapat membeli tiket pesawat di Tokopedia dan mendarat di Bandar Udara Internasional Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah. Sesampainya di bandara, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Jepara dengan angkutan umum yang tersedia seperti taksi bandara dengan waktu tempuh setidaknya 2 jam 15 menit.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store